frame

Hallo, Selamat Datang di Bertravel Forum!

Ingin jadi bagian dari komunitas ini? Ayo bergabung bersama +100 orang lainnya disini.

Masuk Mendaftar

Howdy, Stranger!

Halo guys.. Selamat datang di Komunitas Bertravel Forum! Ingin berbagi informasi di Komunitas Bertravel Forum, silahkan mendaftar!

 Bertravel Forum adalah Komunitas Menulis dan Blogger
Selamat datang di Bertravel Forum! Bagikan informasi dan artikel menarik yang kamu miliki disini. Mendaftar klik Register dan Masuk klik Sign in. Jangan lupa cek email kamu untuk konfirmasi. Jika tidak ditemukan, cek email di folder Spam.

Misteri Ular Bidai si ular raksasa penunggu Sungai Siak

Misteri Ular Bidai si ular raksasa penunggu Sungai Siak

Sungai Siak adalah salah satu sungai yang terbesar di provinsi Riau, mungkin juga terbesar di Indonesia. Sungai Siak juga masuk dalam daftar sungai yang terdalam di Indonesia.

Sebagai sungai terdalam tentunya Sungai Siak bisa dilalui oleh berbagai jenis sampan, perahu, speed boat, kapal tanker, kapal tunda dan tagboat.

Air sungai yang hitam, keruh dan tenang membuat sungai Siak terlihat menyeramkan. Namun meskipun demikian seram dan menakutkan buat saya, tapi tetap saya banyak anak-anak yang bermain dan berenang di Sungai Siak ini.

Sungai Siak ini sudah ada sejak lama, sejak zaman kerajaan Siak sungai ini sudah ada. Dulunya Sungai Siak ini bernama Sungai Jantan. Sebelum terjadi abrasi sungai Siak sebenarnya tidak sebesar yang sekarang. Abrasi sungai yang menyebabkan sungai menjadi besar dan luas seperti sekarang ini.

Abrasi disebabkan oleh gelombang kapal dan perahu yang melintas di Sungai Siak. Selain itu banyak juga pepohonan mangrove di Sungai Siak yang mati.

Sungai yang besar, luas dan dalam menambah kesan seram Sungai Siak. Dibalik kesan yang menyeramkan beredar kisah dari orang-orang tua dahulu bahwa Sungai Siak dihuni oleh banyak penunggu. Salah satu penunggu yang cukup legendaris adalah si Ular Bidai.


Wujud Ular Bidai

Ular Bidai adalah salah satu sosok makhluk yang masih menjadi misteri di Sungai Siak. Konon katanya Ular Bidai adalah sosok ular raksasa yang panjangnya puluhan kilometer.

Ada yang menyebutkan bahwa panjangnya sepanjang Sungai Siak mengalir. Ada pula yang menyebutkan bahwa Ular Bidai panjangnya dari sungai depan Istana Siak sampai Pekanbaru.

Ada pula yang menyebutkan bahwa Ular Bidai ini sosoknya seperti ular naga penunggu Sungai Siak. Ada pula yang menyebutkan bahwa Ular Bidai bukan berbentuk naga.


Ular Bidai Menjelma

Konon kabarnya Ular Bidai ini bisanya mengubah wujudnya menjadi benda lain. Banyak yang menyebutkan bahwa Ular Bidai pernah menjelma menjari tikar daun pandan. Ada pula yang menyebutkan bahwa Ular Bidai menjelma menjadi batang kayu yang tiba-tiba muncul di tengah Sungai Siak.

Kabarnya jika menemukan gulungan tikar pandan di Sungai Siak jika dimasukkan kedalam sampan atau perahu maka kita bisa tenggelam.

Ini menyebabkan muncul mitos dimasyarakat di sekitar aliran Sungai Siak bahwa pada saat menemukan gulungan tikar pandan atau sejenisnya hanyut di Sungai Siak sebaiknya jangan diambil. Kalau diambil sampan atau perahu bisa tenggelam akibat kekuatan gaib dari Ular Bidai.

Pernah juga beredar kabar bahwa pernah ada sepasang pengantin yang baru menikah tenggelam di Sungai Siak. Kabarnya sampan yang mereka gunakan tenggelam disebabkan oleh batang kayu besar. Batang kayu besar itu menyebabkan sampan mereka menjadi terbalik dan sepasang pengantin meninggal.

Bukan karna pengantin itu tidak pandai berenang tapi keadaan tidak mendukung. Suasana ketika itu malam gelap yang gelap gulita, sehingga tidak tau lagi dimana posisi sampan dan tepian yang hendak dituju. Kehabisan tenaga menyebabkan mereka meninggal dunia.


Ular Bidai adalah Jelmaan Jin Penunggu Sungai Siak

Beredar pula perbincangan di masyarakat bahwa Ular Bidai bukanlah ular yang sebenarnya. Ular Bidai adalah jelmaan dari jin penunggu Sungai Siak. Karena jika dicerna dengan akal, tidak mungkin ada ular sebesar itu. Hanya ular siluman jelmaan jin yang bisa melakukannya.


Kesimpulannya

Sampai sekarang tidak ada data yang pasti wujud asli Ular Bidai. Tidak ada data ilmiah yang benar-benar menujukkan bahwa Ular Bidai ini ada. Namun seiring perkembangan zaman cerita tentang Ular Bidai ini mulai dilupakan oleh masyarakat.



Gambar: Segiempat

Jangan lupa mampir lagi kesini lagi untuk mencari dan berbagi informasi informasi unik dan cerita mitos lainnya. Jangan lupa bergabung di Bertravel Forum.

_

Sign In or Register to comment.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...