frame

Hallo, Selamat Datang di Bertravel Forum!

Ingin jadi bagian dari komunitas ini? Ayo bergabung bersama +100 orang lainnya disini.

Masuk Mendaftar

Howdy, Stranger!

Halo guys.. Selamat datang di Komunitas Bertravel Forum! Ingin berbagi informasi di Komunitas Bertravel Forum, silahkan mendaftar!

 Bertravel Forum adalah Komunitas Menulis dan Blogger
Selamat datang di Bertravel Forum! Bagikan informasi dan artikel menarik yang kamu miliki disini. Mendaftar klik Register dan Masuk klik Sign in. Jangan lupa cek email kamu untuk konfirmasi. Jika tidak ditemukan, cek email di folder Spam.

8 Widget yang (tidak) Wajib Kamu Pasang di Blog

8 Widget yang (tidak) Wajib Kamu Pasang di Blog

Sebuah blog akan terlihat bagus apabila kita bisa mengelola blog dengan baik. Pengelolaan blog yang baik memberikan beberapa keuntungan tersendiri bagi blog tersebut. Manfaat yang didapatkan jika kita bisa mengelola blog dengan baik diantaranya.
  • Blog akan terlihat menarik.
  • Loading blog menjadi lebih cepat
  • Menambah pageviews blog.
  • Memperbaiki bounce rate atau rasio pentalan blog.
  • Blog menjadi terlihat profesional.
  • Memudahkan pengunjung memahami konten atau isi blog yang kamu miliki.
  • Yang terpenting adalah kenyamanan pengunjung ketika berada di blog kita.
Tampilan blog yang menarik tidak lepas dari bagaimana pemasangan widget di blog. Pada pembahasan kita kali ini kita akan membahas gadget apa saja yang wajib dipasang di blog. Untuk lebih jelasnya berikut ini ada 8 widget yang wajib kamu pasang di blog baik itu wordpress, blogspot, ataupun yang lainnya.

1. Memasang Widget Postingan Terpopuler di Blog
Entri populer ini sama dengan postingan yang paling banyak di buka diblog anda. Ini bermanfaat ketika kita memasang widget ini di blog. Bukan tidak mungkin nantinya mereka akan membuka artikel populer yang ditampilkan oleh widget ini. Widget postingan terpopuler juga membantu pengunjung menemukan artikel yang paling laris dan banyak dibaca di blog kamu.

Untuk memasang widget ini mudah sekali. Jika kamu menggunakan Blogger atau Blogspot kamu bisa memanfaatkan fitur widget di settingan blog yang kamu miliki. Jika kamu menggunakan Wordress kamu bisa menggunakan fitur postingan terpopuler yang tersedia. Ingin tampilan lebih bagus bisa menggunakan plugin.

2. Memasang Widget Postingan Terbaru atau Recent Post di Blog
Widget postingan terbaru atau recent post ini bisa membantu pengunjung menemukan artikel atau konten terbaru yang kamu posting di blog. Selain itu pengunjung juga mengetahui bahwa blog kamu merupakan blog yang aktif dan online terus. Ini akan membuat pengunjung loyal dan terus menerus mengunjungi blog kamu.

3. Memasang Widget Search atau Fitur Pencarian di Blog
Widget search bisa membantu kamu dan pengunjung menemukan artikel yang mereka butuhkan. Misalnya pengunjung ingin mencari informasi seputar "blog" maka pengunjung bisa memasukkan kalimat "blog" untuk menemukan artikel blog yang dibutuhkan.

4. Memasang Widget Related Post atau Artikel Terkait di Blog
Untuk kamu yang ingin memasang widget ini sebenarnya tidak perlu pusing, karena widget ini secara default sudah tersedia di template atau theme blog yang kamu gunakan. Widget ini wajib terpasang karena mampu menambah pageview blog yang kamu kelola.

5. Memasang Widget Sosial Media di Blog
Memasang widget sosial media bisa menambah followers atau pengikut kamu disosial media. Pasang widget fanspage Facebook, Twitter, Google Plus, Youtube untuk membantu mendongkrak popularitas blog kamu. Selain itu akun sosial media juga membantu kamu mendatangkan trafik blog.

Agar tampilan widget lebih menarik kamu bisa memanfaatkan fitur blog seperti plugin. Selain itu kamu juga bisa menggunakan kode javascript atau html untuk membantu kamu membuat widget akun sosial media. Lebih simpel lagi, kamu bisa mencari kodenya di internet.

6. Memasang Fitur Recent Comment atau Komentar Terbaru di Blog (Opsional)
Memasang widget komentar terbaru bisa membuktikan bahwa blog yang kamu kelola ramai dikunjungi. Hal ini dibuktikan oleh komentar terbaru yang muncul di blog yang kamu kelola. Pengunjung terkadang juga merasa senang dan loyal jika komentarnya muncul di blog yang kita miliki.

7. Memasang Widget Subscribe by Email di Blog (Opsional)
Memasang widget subscribe juga direkomendasikan karena bisa menamah jumlah pembaca dan fans blog kamu. Cara ini juga sudah diterapkan oleh situs besar seperti Liputan6, Bukalapak, TechinAsia dan banyak lagi.

8. Memasang Arsip Blog yang Kamu Kelola (Opsional)
Untuk kamu yang baru ngeblog sangat direkomendasikan untuk memasang fitur asrip blog. Dengan widget arsip pengunjung bisa mengetahui artikel yang kamu posting setiap bulannya. Untuk blog yang sudah cukup tua, arsip blog tidak direkomendasikan. Namun kembali lagi kepada selera pemilik blog itu sendiri.

Kesimpulannya
Itulah widget yang harus kamu pasang di blog yang kamu kelola. Hal ini dinilai memiliki manfaat yang besar bagi kelangsungan blog yang kamu kelola. Namun ini hanya saran, kembali lagi kepada selera masing-masing blogger.

_
Sign In or Register to comment.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...