frame

Hallo, Selamat Datang di Bertravel Forum!

Ingin jadi bagian dari komunitas ini? Ayo bergabung bersama +100 orang lainnya disini.

Masuk Mendaftar

Howdy, Stranger!

Halo guys.. Selamat datang di Komunitas Bertravel Forum! Ingin berbagi informasi di Komunitas Bertravel Forum, silahkan mendaftar!

 Bertravel Forum adalah Komunitas Menulis dan Blogger
Selamat datang di Bertravel Forum! Bagikan informasi dan artikel menarik yang kamu miliki disini. Mendaftar klik Register dan Masuk klik Sign in. Jangan lupa cek email kamu untuk konfirmasi. Jika tidak ditemukan, cek email di folder Spam.

9 Penyebab Loading Blog Kamu Lambat

9 Penyebab Loading Blog Kamu Lambat

Jika berbicara mengenai lambatnya loading blog atau bahasa lainnya kurang responsif penyebabnya banyak faktor. Saya juga pernah mengalami masalah seperti ini terutama ketika awal-awal memulai blogging.

Karena tidak tau saya santai-santai saja, saya juga tidak tau blog yang responsif atau yang tidak responsive itu seperti apa yang penting blognya bisa dibuka. Tapi setelah lama baru saya sadar bahwa blog saya termasuk kedalam kategori yang loadingnya lama.

Berdasarkan pengalaman berikut ini ada beberapa penyebab lambatnya loading saat membuka blog, diantaranya:

1. Ukuran Template Blog Kamu Payah
Ternyata setelah saya selidiki template itu sangat mempengaruhi cepat atau tidaknya loading blog, ada ukuran templatenya yang besar ada pula ukurannya yang kecil. Biasanya ukuran template bisa terlihat ketika kita mendownload sebuah template yang ingin kita pasang di blog.

Berdasarkan blog yang pernah saya baca ukuran template blog yang responsif itu ukurannya kecil dari 100kb dan jika lebih dari 100kb berarti ukurannya templatenya tergolong besar. Template yang ukurannya kecil tersebut biasanya lebih responsif dan cepat ketika dibuka, kalau ukurannya besar ketika ingin dibuka biasanya lebih lama.

2. Ukuran Gambar yang Kamu Pasang Di Blog Terlalu Besar
Ketika ingin postingan blog kita menarik ada beberapa hal yang biasanya kita lakukan yaitu dengan menambahkan gambar diblog. Tapi memasang gambar dengan ukuran yang besar misalnya di atas 150kb ini berpengaruh terhadap loading blog.

Semakin besar ukuran gambar yang kita pasang di blog maka semakin lama pula loading blog tersebut. Solusinya yaitu dengan menggunakan gambar berukuran kecil yang terpenting bisa menjelaskan maksud yang kita sampaikan.

3. Kamu Memasang Video di Blog Kamu
Blog yang memiliki video terutama video yang diupload sendiri itu loadingnya lebih lama. Ini pernah saya temukan ketika saya membuka blog yang ada videonya. Dan jika memang ingin menjelaskan atau menyampaikan materi diblog sebaiknya gunakan tulisan saja dan videonya diupload ke Youtube. Kalaupun memang harus menggunakan video sertakan saja link yang mengarahkan blog ke video tersebut, atau juga bisa pakai iframe.

4. Kamu Memasang Widget yang Tidak Dibutuhkan
Semua blogger pasti ingin blognya terlihat menarik dan bagus, dan saya sendiri juga seperti itu. Namun ada beberapa kecerobohan yang dilakukan oleh blogger pemula atau yang baru memulai blogging salah satunya dengan memasang gadget atau widget.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan memasang widget di blog tapi yang menjadi masalah para pemula menambahkan widget atau gadget yang berlebihanseperti menambah jam, burung, salju, animasi bergerak, ikan dan banyaknya lagi. Padahal hal tersebut tidak terlalu penting, dan sebaiknya widget seperti ini di buang saja dan jangan digunakan karena bisa loading blog menjadi lebih lama.

5. Kamu Memasang Banner Secara Berlebihan di Blog Kamu
Dalam kegiatan blogging tujuan awalnya adalah untuk menulis dan ingin mencurahkan segala yang ada dipikiran kedalam blog kemudian bisa dibaca oleh orang lain, namun setelah melihat dari berbagai referensi ternyata kegiatan blogging itu bisa mendatangkan penghasilan.

Sehingga ada beberapa blogger yang mengikuti berbagai program afiliasi dan program lainnya kemudian memasang banner diblognya. Tujuannya agar mendapatkan penghasilan. Padahal memasang banner ini jika kita tidak bisa menyeleksinya dengan baik bisa menyebabkan loading blog kita menjadi lama. Syukur kalau benar-benar dapat penghasilan, jika tidak lebih baik dibuang saja.

6. Kamu Memasang Iframe di Blog Kamu
Salah satu iframe yang sering digunakan blogger adalah iframe dari Youtube dan Facebook. Iframe Youtube biasanya digunakan untuk menampilkan video youtube ke blog dan iframe Facebook biasanya digunakan untuk menambahkan tampilan widget fanspage facebook diblog biar fanspage tersebut mudah di like. Tapi dampak bagi blog yang memakai iframe adalah loading blog menjadi lama. Jika ingin blog lebih responsif sebaiknya hindari penggunaan iframe ini.

7. Didalam Blog Kamu Terdapat Banyak Kode Javascript atau CSS
Bagi blogger pemula sulit untuk mengetahui mana yang javascript mana yang bukan. Sebenanrya caranya mudah yaitu kita tinggal melihat kode seperti ini . Kode tersebut bisa terlihat EDIT HTML pada blogger, namun ada juga kode javascript yang dari luar atau kode eksternal biasanya menggunakan kode src=http://www.domain.com/blabla.js ini juga merupakan kode javascript.

Jika ukurannya besar bisa menyebabkan loading blog menjadi lebih lama. Untuk mengetahui ukuran kodenya caranya mudah yaitu dengan memblok kode http sampai [dot]js lalu klik kanan pilih Go to alamat http tersebut, atau dengan mengcopy alamat tersebut lalu mempastenya di tab baru kemudian enter. Nantinya akan telihat ukurannya besar kecilnya kode tersebut. Tapi ketika di EDIT HTML blogger sebaiknya jika bertemu kode seperti ini jangan di hapus semua karena ada bebarapa kode yang penting.

8. Blog Kamu Menggunakan Background Gambar
Menggunakan background bergambar pada blog memang bagus, blog menjadi lebih cantik dan tidak polos. Tapi jika gambar yang di jadikan background berukuran besar ini bisa menyebabkan loading blog menjadi lambat. Solusinya jika tetap menggunakan background sebaiknya gunakan gambar yang berukuran kecil atau tidak bergambar sama sekali.

9. Server Blog Kamu Kurang Bagus
Jika kamu menggunakan wordpress self hosting, server bisa mempengaruhi kecepatan loading blog. Biasanya untuk blog yang menumpang hosting seperti blog saya memiliki kecepatan loading yang lambat. Solusinya bisa menggunakan Cloudflare dan kalau perlu pindah hosting yang lebih josh.

Kesimpulan
Sebenarnya masih banyak lagi faktor lain yang belum saya ketahui tentang cepat lambatnya loading blog. Tapi saya hanya menjelaskan secara singkat dan umum saja. Solusinya untuk mengatasi masalah loading ini mudah, yaitu terletak pada masalah itu sendiri. Jika yang bermasalah pada templatenya maka perbaiki templatenya, jika gambar perbaiki gambar dan seterusnya.

_
Sign In or Register to comment.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...