Pengguna sosial media adalah pasar bisnis masa sekarang dan masa depan
frame

Hallo, Selamat Datang!

Ingin jadi bagian dari komunitas ini? Ayo bergabung bersama +140 orang lainnya disini.

Masuk Mendaftar

Halo, Tuan!

Tampaknya anda baru di sini. Bila anda ingin ikut terlibat, klik salah satu tombol berikut!

Selamat datang di Bertravel Forum! Bertravel Forum adalah komunitas diskusi online, situs berbagi informasi teknologi, viral, ekonomi, bisnis, sains, gaming, lifestyle, kesehatan, traveling, otomotif, opini, dan inspirasi. Bagikan informasi dan artikel menarik yang kamu miliki disini. Mendaftar klik Register dan Masuk klik Sign in. Jangan lupa cek email kamu untuk konfirmasi. Jika tidak ditemukan, cek email di folder Spam.

Pengguna sosial media adalah pasar bisnis masa sekarang dan masa depan

Pengguna sosial media adalah pasar bisnis masa sekarang dan masa depan

Pakar sosiologi dan antropologi mungkin bingung dengan situasi Indonesia. Ketika berada di dalam kelas, diskusi antara pengajar dan murid biasanya minim interaksi. Tapi begitu masuk ke media sosial, wah mereka mendadak cerewet.

Laporan Tetra Pak Index 2017 yang belum lama diluncurkan, mencatatkan ada sekitar 132 juta pengguna internet di Indonesia. Sementara hampir setengahnya adalah penggila media sosial.

"Tingkat penetrasi internet di Indonesia mencapai 40 persen. Diperkirakan pada tahun 2020 penetrasi ini akan meningkat lebih pesat," ujar Tony Lin. Bahkan menurut berbagai survei, penetrasi internet di Indonesia mencapai 46 persen.

Serunya, tercatat 97,4 persen orang Indonesia mengakses akun-akun media sosial saat menggunakan internet. Itu artinya, sangat mudah bagi kita untuk promosi atau setidaknya menawarkan sesuatu via internet, terutama media sosial.

Sayangnya, sebagian besar UKM kita kurang melek internet. Padahal internet adalah now market dan next market. Maksudnya? Saat ini, sangat besar. Ke depannya, jauh lebih besar. Terus, sampai kapan kita cuma diam jadi penonton? Jadilah pemain. Jadilah pelaku.

Dengan internet, kita tidak perlu lagi menyewa ruko atau buka stand. Tidak perlu lagi memasang spanduk, flyer, dan iklan koran. Hemat tho? Sangat hemat. Cukuplah kita mengoptimasi Facebook, Instagram, dan Blogspot, sehingga otomatis bisnis kita muncul di mana-mana ketika konsumen mencari.

Saya harap kita semua siap. Anda siap?

© Ippho Santosa

*) Jangan lupa mampir lagi kesini lagi untuk mencari dan berbagi tentang motivasi dan inspirasi lainnya dari Ippho Santosa. Jangan lupa bergabung di Bertravel Forum.

_
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.