frame

Hallo, Selamat Datang!

Ingin jadi bagian dari komunitas ini? Ayo bergabung bersama +120 orang lainnya disini.

Masuk Mendaftar

Halo, Tuan!

Tampaknya anda baru di sini. Bila anda ingin ikut terlibat, klik salah satu tombol berikut!

Selamat datang di Bertravel Forum! Bertravel Forum adalah komunitas diskusi online, berbagi informasi, berita, review, artikel menarik dan unik. Bagikan informasi dan artikel menarik yang kamu miliki disini. Mendaftar klik Register dan Masuk klik Sign in. Jangan lupa cek email kamu untuk konfirmasi. Jika tidak ditemukan, cek email di folder Spam.

Ini caranya agar rangking universitas kamu bisa meningkat menjadi lebih baik

Ini caranya agar rangking universitas kamu bisa meningkat menjadi lebih baik

Sekarang ini ada banyak lembaga yang memberikan penilaian rangking universitas di Indonesia. Beberapa lembaga atau situs yang dikenal dalam memberikan rangking kampus diantaranya:

1. www.webometrics.info
2. www.4icu.org
3. www.topuniversities.com

Untuk referensi rangking website yang paling sering dipakai di Indonesia adalah 4icu.org. Dalam banyak sumber hampir sebagian besarnya menggunakan sumber dari 4icu.org.

Dalam sistem rangking universitas banyak orang yang tidak mengetahui dari segi apa penilaian yang diberikan oleh 4icu.org. Sebenarnya ada beberapa aspek yang dinilai leh 4icu.org dan mungkin oleh lembaga lainnya. Namun yang paling sering digunakan adalah:

1. Reputasi alumni atau lulusan universitas
2. Prestasi universitas dalam 4 tahun terakhir
3. Reputasi fakultas di universitas
4. Prestasi individu termasuk dosen dan mahasiswa dalam universitas
5. Reputasi fakultas atau jurusan internasional
6. Publikasi penelitian baik jurnal, skripsi dan lain sebagainya
7. Pemanfaatan website resmi kampus

Jadi pada intinya semua pihak baik mahasiswa, alumni dan dosen semuanya terlibat dalam hal ini. Semuanya harus bekerjasama untuk membawa rangking universitas untuk menjadi lebih baik.

Saya melihat dari banyak universitas di Indonesia hanya ada 3 universitas yang nampaknya berhasil menerapkan yang tujuh poin diatas. Universitas yang dimaksud adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Tak heran jika tiga universitas ini punya nama besar dan masuk dalam universitas yang berpengaruh di Indonesia.

Yaps, mereka punya alumni yang bagus dilembaga besar manapun. Alumni kampus tersebut selalu ada. Mereka punya banyak prestasi. Prestasi dan reputasi fakultas, jurusan, dosen dan mahasiswa sudah terbukti. Publikasi penelitian kampus mereka bisa dengan mudah dicari. Mereka juga memanfaatkan secara optimal penggunaan website resmi kampus.

Namun nampaknya banyak kampus yang belum menyadari tujuh poin ini. Sehingga banyak mereka yang nampaknya kurang peduli. Terutama hal yang berhubungan dengan publikasi penelitian dan penggunaan website resmi kampus.

Termasuk situs yang paling ngetop didaerah saya yaitu Universitas Riau, belum memanfaatkan website resmi secara optimal. Kalau dari segi prestasi mahasiswa, dosen dan alumni mungkin tak jauh berbeda dengan yang lainnya.

Sebaiknya kampus-kampus di Indonesia harus banyak belajar dari tiga kampus yang disebutkan tadi (UI, ITB dan UGM). Mari belajar dari mereka karena mereka sudah memanfaatkan website resmi dengan sebaik-baiknya.

Jika ingin bukti silahkan buka sendiri tiga situs ini. Cek juga rangking website mereka di Alexa.com/siteinfo

1. Universitas Indonesia
2. Universitas Gajah Mada
3. Institut Teknologi Bandung
4. Bonus: Universitas Pendidikan Indonesia

Informasi apapun yang berhubungan dengan universitas bisa ditemukan dengan mudah disana. Universitas tersebut sudah memanfaatkan website resmi dengan sebaik-baiknya. Mereka menggunakan website untuk berbagai keperluan diantaranya:

1. Informasi dan pengumuman kampus yang terbaru
2. Publikasi jurnal dan berbagai penelitian
3. Memudahkan masyarakat luar untuk mendapatkan informasi tentang kampus
4. Melihat berbagai informasi dan berita seputar kampus
5. Informasi lowongan kerja bisa ditemukan disana

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, pemanfaatan situs resmi kampus sangat penting sekali. Ini tentunya mudahkan banyak pihak untuk mendapatkan informasi terbaru. Karena sudah tidak mungkin lagi masyarakat datang ke tiap-tiap gedung atau fakultas untuk mencari informasi.

Area kampus yang begitu luas, sudah seharusnya semua informasi ada didalam website resmi.

Kampus di Indonesia nampaknya juga harus belajar dari universitas di luar negeri. Situs resmi universitas luar negeri dikelola secara profesional. Padahal mereka sendiri jarang mempromosikan universitas mereka. Tapi banyak orang yang mengenal universitas mereka, salah satu faktornya adalah pemanfaatan website resmi kampus untuk kegiatan publikasi.

Ingin bukti? Tidak percaya silahkan buka website resmi universitas ini.

1. Massachusetts Institute of Technology
2. Stanford University
3. Harvard University
4. University of California, Berkeley
5. University of Washington
6. University of Oxford
7. University of Cambridge


Kesimpulannya

Di era yang serba digital seperti saat ini nampaknya peran website sangat diperlukan. Keberadaan website ini sangat penting untuk berbagai keperluan. Amat sangat disayangkan jika kampus melupakan website begitu saja.

Mungkin hanya itu yang bisa disampaikan, semoga informasi yang disampaikan disini bisa bermanfaat. Semoga dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan di Indonesia semakin maju dan berkembang.

*)
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.