Ini penjelasan ilmiah kenapa tidak boleh memberikan minuman beralkohol ke hewan
frame

Hallo, Selamat Datang!

Ingin jadi bagian dari komunitas ini? Ayo bergabung bersama +120 orang lainnya disini.

Masuk Mendaftar

Halo, Tuan!

Tampaknya anda baru di sini. Bila anda ingin ikut terlibat, klik salah satu tombol berikut!

Selamat datang di Bertravel Forum! Bertravel Forum adalah komunitas diskusi online, berbagi informasi, berita, review, artikel menarik dan unik. Bagikan informasi dan artikel menarik yang kamu miliki disini. Mendaftar klik Register dan Masuk klik Sign in. Jangan lupa cek email kamu untuk konfirmasi. Jika tidak ditemukan, cek email di folder Spam.

Ini penjelasan ilmiah kenapa tidak boleh memberikan minuman beralkohol ke hewan

Ini penjelasan ilmiah kenapa tidak boleh memberikan minuman beralkohol ke hewan

Perihal berita hangat belakangan ini. Supaya tidak dibilang kudate. Sekedar berbagi pemahaman, khususnya untuk teman-teman animal lover dimana pun kalian.

Kalian mungkin sudah tak asing kaan dengan kata ini.. "jackpoottt"... Kalau sudah melihat video yang sedang di "geramkan" oleh warga net.
Yup... Video viral mengenai ulah pengunjung di Taman Safari Indonesia Bogor.

Dan wajar jika ada yg bertanya..
"Gem.. Geemm... memang kenapa kalau hewan minum alkohol..? Gak boleh ya..? Bisa mabuk gak kayak orang..?? " kurang lebih seperti itu ringkasnya pertanyaan teman saya.
Bahaya gak yaa kalau hewan minum minuman beralkohol...

Semua hewan mulai dari hewan peliharaan seperti Anjing, kucing dan hewan lainnya termasuk ternak.. tidak baik terpapar dengan alkohol karena alkohol adalah racun bagi mereka. Jangankan untuk meminum alkohol, makanan fermentasi yang mengandung sedikit alkohol saja dapat berdampak buruk bagi kesehatan mereka.

Beberapa minuman beralkohol lebih berbahaya bagi hewan kesayangan, misalnya beer yang mengandung 4% alkohol, wine 10% alkohol bahkan liquor bisa mencapai 90% alkohol. Persentase alkohol di dalam minuman akan berdampak semakin buruk bagi kesehatan hewan. Bahkan, sedikit saja jumlah alkohol yang tertelan berpotensi menyebabkan kematian.

Seperti halnya pada manusia, ketika hewan terekspos dengan alkohol, maka tubuh akan menjadi depresi (depresi sistem syaraf), efek yang sama dirasakan manusia saat minum alkohol. Kemudian hewan akan bergerak lambat, lunglai, bahkan kehilangan keseimbangannya.

Ketika mereka terminum alkohol dengan konsentrasi yang lebih tinggi, nervous sistemnya akan melambat yang akan berefek kepada melemahnya sistem pernafasan serta menurunkan detak jantung serta hal ini akan berdampak pada turunnya temperatur tumbuh hewan.

Darah hewan kemudian akan menjadi asam atau biasa disebut metabolic acidosis. Pada kondisi seperti ini, jika hewan tidak ditolong dengan pertolongan medis, hewan akan mati karena terjadinya kegagalan fungsi jantung. Jika hewan masih bertahan hidup, alkohol akan merusak organ lainnya seperti ginjal dan hati.

Artinya, penyakit yang sejalur akan berdatangan dan kualitas hidup hewan akan menurun setiap waktu.

Apa yang harus dilakukan jika hewan anda tertelan alkohol tidak sengaja?

Pertama lihat gejalanya, misalnya hewan berbau alkohol, tidak seimbang, tidak dapat berjalan seperti normal dan sebagainya. Biasanya gejala akan muncul 2 jam setelah minum alkohol. Jika hewan anda sudah dalam kondisi ini, segera di bawa ke dokter hewan terdekat, agar diberikan bantuan atau pertolongan sesuai gejala hewan yang anda bawa......

Jadiiii... pikirkanlah terlebih dahulu sebelum melakukan hal. Jangan karena sebatas jempol, emot, love, and coment di socmed.. Harus membahayakan makhluk lain.

Salam Tri Hita Karana

Nb: penjelasan saya kutip dari jurnal, karena saya juga masih belajar.

Soo.. Just sharing...

#jurnaldohe #harianveterinary #catatandohe

source

*) Semoga bermanfaat gais, agar kita lebih bijak lagi ya. Jangan lupa bergabung di Bertravel Forum.

Image source: Kompas.com

_
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.