Asal usul berdirinya Kampung Rawang Air Putih di Siak
frame

Hallo, Selamat Datang!

Ingin jadi bagian dari komunitas ini? Ayo bergabung bersama +120 orang lainnya disini.

Masuk Mendaftar

Halo, Tuan!

Tampaknya anda baru di sini. Bila anda ingin ikut terlibat, klik salah satu tombol berikut!

Selamat datang di Bertravel Forum! Bertravel Forum adalah komunitas diskusi online, berbagi informasi, berita, review, artikel menarik dan unik. Bagikan informasi dan artikel menarik yang kamu miliki disini. Mendaftar klik Register dan Masuk klik Sign in. Jangan lupa cek email kamu untuk konfirmasi. Jika tidak ditemukan, cek email di folder Spam.

Asal usul berdirinya Kampung Rawang Air Putih di Siak

Asal usul berdirinya Kampung Rawang Air Putih di Siak

Kampung Rawang Air Putih adalah salah satu desa yang cukup berkembang di Siak. Kampung Rawang Air Putih terletak di kecamatan Siak, kabupaten Siak, provinsi Riau. Kampung Rawang Air Putih merupakan kampung yang baru berdiri di Siak. Kampung Rawang Air Putih berdiri sejak tahun 2005.

Kampung Rawang Air menjadi kampung yang mandiri sejak memisahkan diri dari Desa Merempan Hilir. Kampung Rawang Air Putih memisahkan diri dari Desa Merempan Hilir disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktornya adalah pemekaran kecamatan Siak menjadi dua kecamatan yaitu kecamatan Siak dan kecamatan Mempura.

Ketika itu pusat pemerintahan Desa Merempan Hilir terletak di kecamatan Mempura sedangkan Kampung Rawang Air Putih terletak di kecamatan Siak. Dalam hal ini Rawang Air Putih dan Desa Merempan Hilir dipisahkan oleh aliran Sungai Siak.

Wilayah desa yang berjauhan membuat koordinasi menjadi lebih sulit. Pembangunan wilayah desa menjadi tidak merata. Pada masa itu pembangunan lebih terfokus didaerah Merempan Hilir yang terletak di kecamatan Mempura. Inilah yang membuat kalangan orang tua pendiri Kampung Rawang Air Putih memiliki keinginan untuk berpisah dari Desa Merempan Hilir.

Sejak berpisah dari desa Merempan Hilir dampaknya cukup positif. Kampung Rawang Air Putih bisa lebih maju, pembangunan lebih merata, jalan kampung menjadi lebih bagus, dan akses menuju kota Siak lebih dekat. Taraf pendidikan masyarakat menjadi lebih baik karena akses menuju kota Siak Sri Indrapura sebagai pusat pendidikan menjadi lebih mudah.

Konon kabarnya Rawang Air Putih diambil dari sebuah aliran air yang ada dihutan Rawang Air Putih. Rawang atau rawa tersebut airnya jernih. Rawa ini sampai sekarang masih ada dan masih mengalirkan air. Namun sekarang airnya sudah tidak sejernih dulu lagi. Karena rawa tersebut memiliki air yang putih, jernih dan bersih maka dipilihlah nama Rawang Air Putih sebagai nama kampung.

Hhmm paling itu saja. Semoga bermanfaat ya..

*) Jangan lupa mampir lagi kesini lagi untuk mencari dan berbagi tentang informasi unik dan menarik lainnya. Jangan lupa bergabung di Bertravel Forum.

Image source: Google

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.