Wordpress x Joomla x HTMLy : Manakah CMS yang lebih baik dan powerfull?
frame

Hallo, Selamat Datang!

Ingin jadi bagian dari komunitas ini? Ayo bergabung bersama +120 orang lainnya disini.

Masuk Mendaftar

Halo, Tuan!

Tampaknya anda baru di sini. Bila anda ingin ikut terlibat, klik salah satu tombol berikut!

Selamat datang di Bertravel Forum! Bertravel Forum adalah komunitas diskusi online, berbagi informasi, berita, review, artikel menarik dan unik. Bagikan informasi dan artikel menarik yang kamu miliki disini. Mendaftar klik Register dan Masuk klik Sign in. Jangan lupa cek email kamu untuk konfirmasi. Jika tidak ditemukan, cek email di folder Spam.

Wordpress x Joomla x HTMLy : Manakah CMS yang lebih baik dan powerfull?

Wordpress x Joomla x HTMLy : Manakah CMS yang lebih baik dan powerfull?

Menurut saya dari semua nama yang disodorkan Wordpress memang juara dibandingkan dengan Joomla ataupun HTMLy.


Pendapat saya mengenai Wordpress

Ada beberapa penyebab Wordpress ini banyak yang pakai orang diantaranya tips dan triknya bejibun atau mudah ditemukan di internet. Wordpress ini adalah CMS open source yang dikembangkan oleh banyak orang. Ada banyak pihak yang terlibat didalamnya sehingga Wordpress ini tetap yang terbaik.

Salah satu fitur unggulan dari Wordpress adalah pluginnya yang bagus-bagus. Dengan menggunakan plugin gratis yang tersedia di Wordpress website kita semakin cantik dan bagus di search engine. Thema gratis di Wordpress juga banyak yang bagus. Lebih SEO juga kalau pakai Wordpress soalnya tools SEO nya banyak, dan mudah dicari di halaman plugin Wordpress.

Kalau punya kendala seputar Wordpress bisa dicari solusinya. Blog kecil, situs besar dan forum online banyak yang secara khusus membahas Wordpress.

Ohya blog saya yang dulu juga pakai Wordpress. Tapi udah blognya mati sih, soalnya butuh resource yang gede (space hosting yang besar) untuk menampung data. Untuk 500 postingan dengan penyimpanan sebesar 1 GB dirasa masih kurang. Apalagi kalau pakai plugin cache, semakin besar memori penyimpanan yang dibutuhkan.


Pendapat saya mengenai Joomla

Kalau menurut saya fitur Joomla itu cukup banyak. Malahan fiturnya nampak lebih banyak dibandingkan dengan Wordpress. Btw saya tidak langsung menggunakan Joomla tapi saya hanya mencoba demo-nya saja. Sama seperti Wordpress, Joomla adalah software CMS open source. Jadi bisa digunakan secara gratis.

Secara umum Joomla itu bagus, soalnya banyak juga situs online dan forum online yang menggunakan software CMS dari Joomla. Situs online dari Indonesia juga banyak yang pakai Joomla. Namun peminat pengguna Joomla di Indonesia masih kurang. Masih lebih banyak yang pakai Wordpress soalnya lebih simpel dan user friendly.


Pendapat saya mengenai HTMLy

Mungkin banyak orang yang kurang mengenal HTMLy soalnya ini termasuk CMS yang baru diluncurkan. HTMLy termasuk software CMS open source buatan Indonesia. Pembuat HTMLy adalah pemilik dari forum online Bersosial.com.

Keunggulan dari HTMLy adalah hemat dalam pemakaian space hosting. Tidak perlu lagi pakai Mysql seperti Wordpress. Jatah hosting 200 MB kita sudah bisa posting hingga lebih dari 500 postingan.

Kecepatan loadingnya tidak perlu diragukan lagi, cepat banget soalnya. Websitenya ringan kalau tidak percaya silahkan cek di Pingdom. Bisa hemat bandwith juga kalau pakai HTMLy. Pengalaman saya yang pernah pakai Wordpress sempat kekurangan jatah bandwith lo. Soalnya kalau pakai Wordpress itu websitenya bagus tapi ukuran website dalam KB atau MB-nya cukup besar.

Pernah juga saya coba cek website saya yang pakai HTMLy dimesin pencari yang kurang terkenal. Meskipun CMS HTMLy tidak sepopuler Wordpress tapi website saya bisa muncul di mesin pencari seperti Baidu, Ask.com, DuckDuckGo, Naver, Aol dan masih banyak lagi. Padahal saya tidak pernah submit website saya yang pakai HTMLy ke situs tersebut. Mantap kan..

Kekurangan dari HTMLy adalah pilihan thema yang masih sedikit. Seingat saya ada tiga thema gratis yang tersedia. Berhubung saya tidak bisa membuat thema akhirnya saya pakai yang gratisan saja. Fitur HTMLy juga masih terbatas tapi menurut saya fitur tersebut sudah lebih dari cukup.

Yang paling penting itu adalah thema, kalau thema HTMLy bagus-bagus saya yakin pasti pada banyak yang pakai. Satu lagi kalau mencari tutorial penggunaan HTMLy di internet cukup sulit akhirnya otodidak deh.

Semoga bermanfaat yah

*) Jangan lupa mampir lagi kesini lagi untuk mencari dan berbagi tentang website dan informasi blog lainnya. Jangan lupa bergabung di Bertravel Forum.

Image source: Zoho

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.