Jangan jual barang yang kita sendiri nggak pakai atau nggak puas
frame

Hallo, Selamat Datang!

Ingin jadi bagian dari komunitas ini? Ayo bergabung bersama +120 orang lainnya disini.

Masuk Mendaftar

Halo, Tuan!

Tampaknya anda baru di sini. Bila anda ingin ikut terlibat, klik salah satu tombol berikut!

Selamat datang di Bertravel Forum! Bertravel Forum adalah komunitas diskusi online, berbagi informasi, berita, review, artikel menarik dan unik. Bagikan informasi dan artikel menarik yang kamu miliki disini. Mendaftar klik Register dan Masuk klik Sign in. Jangan lupa cek email kamu untuk konfirmasi. Jika tidak ditemukan, cek email di folder Spam.

Jangan jual barang yang kita sendiri nggak pakai atau nggak puas

Jangan jual barang yang kita sendiri nggak pakai atau nggak puas

Jangan jual barang yang kita sendiri nggak pakai atau nggak puas. Pastikan dipakai sendiri dan puas, barulah sampaikan ke orang-orang terdekat dan mereka yang bener-bener butuh.

Terus, gimana baiknya? Ada yang dijual, ada pula yang dikasih. Dua-duanya bagus dan berkah. Kalau dijual, namanya muamalah. Kalau dikasih, namanya sedekah. Ini berlaku pada produk apa saja, termasuk suplemen.

Kasih (gratis) ke orang-orang terdekat yang kita kenal dan sepertinya perlu produk kita. Jangan kasih ke orang yang nggak perlu atau ogah-ogahan. Yah, percuma.

Selanjutnya, kasih ke orang yang bener-bener butuh. Tapi jangan dibikin serba mudah. Bersyarat saja, misal suruh dia jogging 7 kali berturut-turut. Setelah itu, kasih produk kita (contohnya suplemen kesehatan). Atau suruh dia bayar seikhlasnya. Kalau bener-bener butuh, pastilah dia mau sedikit berkorban. Setelah itu, minta testimoni dari dia. Testimoninya lebih ampuh tuh.

Satu lagi. Kasih juga ke orang yang ahli. Ya, ahli tentang produk yang kita jual. Komen dari sang ahli ini akan membuat produk seperti teruji. Sama seperti dapat sertifikasi tertentu. Pada akhirnya ini akan menambah nilai jual produk kita.

Begitulah. Ada yang dijual, ada pula yang dikasih. Kalaupun mau dikasih, pastikan kasih ke orang-orang yang tepat. Sepakat?

© Ippho Santosa

*) Jangan lupa mampir lagi kesini lagi untuk mencari dan berbagi tentang motivasi dan inspirasi lainnya dari Ippho Santosa. Jangan lupa bergabung di Bertravel Forum.

Image source: Pixabay

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.