frame

Hallo, Selamat Datang!

Ingin jadi bagian dari komunitas ini? Ayo bergabung bersama +140 orang lainnya disini.

Masuk Mendaftar

Halo, Tuan!

Tampaknya anda baru di sini. Bila anda ingin ikut terlibat, klik salah satu tombol berikut!

Selamat datang di Bertravel Forum! Bertravel Forum adalah komunitas diskusi online, situs berbagi informasi teknologi, viral, ekonomi, bisnis, sains, gaming, lifestyle, kesehatan, traveling, otomotif, opini, dan inspirasi. Bagikan informasi dan artikel menarik yang kamu miliki disini. Mendaftar klik Register dan Masuk klik Sign in. Jangan lupa cek email kamu untuk konfirmasi. Jika tidak ditemukan, cek email di folder Spam.

Berdasarkan data Indonesia adalah negara ke-4 startup terbanyak di dunia

Berdasarkan data Indonesia adalah negara ke-4 startup terbanyak di dunia

Internet dengan segala potensinya tidak bisa dianggap enteng. Setiap harinya bertambah orang-orang yang mencoba bahkan aktif di internet. Mungkin Anda juga melihat fenomena ini terjadi di sekitar Anda.

Maraknya bisnis berbasis internet ini bisa dilihat dari data Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang menyebut, sepanjang tahun 2017 terdapat 1.600 perusahaan rintisan (startup) di Tanah Air.

Data lain yang dirilis StartUpRanking juga menyebut Indonesia berada di urutan ke-4 negara dengan jumlah startup terbanyak di dunia, setelah Amerika Serikat, India, dan Inggris.    

Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Santoso Sungkari mengungkapkan, dengan jumlah sebanyak itu, seharusnya keberadaan startup bisa memberikan sumbangan signifikan bagi ekonomi nasional.

Sayangnya, menurut Hari Santoso, dari sekitar 1.600 startup tersebut, hanya beberapa saja yang terlihat eksistensinya, sedangkan sebagian besar masih berskala kecil. Tulisan ini dikutip dari Sindo.

Ketua Asosiasi Modal Ventura Indonesia untuk Startup Indonesia, Jefri R Sirait menambahkan, nilai transaksi di bidang e-commerce pada tahun 2017 diperkirakan mencapai Rp160 triliun. Angka tersebut meningkat signifikan dibanding 2016 di mana transaksi e-commerce-nya hanya di kisaran Rp70 triliun.

Data-data di atas menunjukkan bahwa kian bertambah orang-orang yang aktif dan bertransaksi di internet. Ini peluang bagi kita semua. Bukan saja bagi market place. Maka, sudah saatnya kita semua jadi pemain, melek internet, bukan sekadar jadi penonton.

© Ippho Santosa

*) Jangan lupa mampir lagi kesini lagi untuk mencari dan berbagi tentang motivasi dan inspirasi lainnya dari Ippho Santosa. Jangan lupa bergabung di Bertravel Forum.

Image source: Elegant Themes

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.