frame

Hallo, Selamat Datang!

Ingin jadi bagian dari komunitas ini? Ayo bergabung bersama +140 orang lainnya disini.

Masuk Mendaftar

Halo, Tuan!

Tampaknya anda baru di sini. Bila anda ingin ikut terlibat, klik salah satu tombol berikut!

Selamat datang di Bertravel Forum! Bertravel Forum adalah komunitas diskusi online, situs berbagi informasi teknologi, viral, ekonomi, bisnis, sains, gaming, lifestyle, kesehatan, traveling, otomotif, opini, dan inspirasi. Bagikan informasi dan artikel menarik yang kamu miliki disini. Mendaftar klik Register dan Masuk klik Sign in. Jangan lupa cek email kamu untuk konfirmasi. Jika tidak ditemukan, cek email di folder Spam.

Sosok Dilan sebenarnya adalah?

Siapa yang tidak mengenal sosok Dilan. Dilan adalah salah satu tokoh utama dalam novel yang dibuat oleh Pidi Baiq. Novel Dilan karya Pidi Baiq diambil dari kisah nyata dua insan yang pernah terjadi dimasa lalu tahun 1990-an. Btw tahun 1990 saya belum lahir.

Karena novel Dilan ini begitu populer, kisah cinta dua insan yang diceritakan dalam novel Dilan ini akhirnya diangkat kedalam film layar lebar yang digarap oleh Falcon Pictures dan Max Pictures. Bagi saya kisahnya unik dan asik, dan mirip dengan kisah cinta anak zaman dulu yang belum mengenal gadget, sosial media dan lain sebagainya. Masih pakai surat. Tentunya itu pula yang membuat saya tertarik menonton film Dilan 1990 yang sedang tayang di bioskop diseluruh Indonesia.

Namun yang menjadi pertanyaan siapakah sosok Dilan yang konon katanya benar-benar ada. Banyak yang menduga bahwa tokoh yang diceritakan adalah penulis novel sendiri yaitu Pidi Baiq. Singkat cerita tokoh Dilan adalah Pidi Baik itu sendiri.

Mengapa sosok Dilan adalah Pidi Baiq sendiri? Berikut ini beberapa fakta dan data yang mendukung bahwa Dilan adalah Pidi Baiq itu sendiri.

1. Dari nama Pidi Baiq, PiDilan Baiq. Namanya Pidi Baiq kalau disambungkan jadi cocok.

2. Diceritakan bahwa Dilan adalah orang asli Bandung, seperti yang kita ketahui Pidi Baiq adalah orang asli Bandung.

3. Dilan yang diceritakan pernah berkuliah di perguruan tinggi negeri ternama di Bandung. Diceritakan bahwa ketika itu banyak yang tidak menyangka bahwa Dilan bisa lulus masuk kedalam perguruan tinggi tersebut. Cocok sekali, bahwa Pidi Baiq adalah alumni ITB. Pasti pada tau jika ITB adalah perguruan tinggi negeri yang ternama di Bandung dan Indonesia.

4. Diceritakan bahwa Dilan pernah tergabung dalam geng motor ternama di Bandung. Berdasarkan postingan Pidi Baiq di sosial media disebutkan bahwa sebelum insaf dulunya dia juga tergabung dalam geng motor Bandung.

5. Sosok ilustrasi dibuku Dilan mirip dengan foto Pidi Baiq ketika masih SMA dulu. Perbandingan foto Pidi Baiq sudah dishare di banyak akun Instagram. Fotonya juga sudah banyak beredar. Silahkan dicari sendiri.

6. Pidi Baiq tahun kelahirannya 1972 dan pada tahun 1990 usianya 18 tahun. Cocok sekali tokoh Dilan yang diceritakan usianya juga 18 tahun.

7. Tokoh Dilan yang diceritakan amat sangat detail diceritakan oleh Pidi Baiq. Tidak mungkin Pidi Baiq bisa sangat detail menjelaskan sosok Dilan ini kalau itu bukan dirinya.

8. Tokoh Dilan yang difilmkan adalah Iqbal dan ini dipilih langsung oleh Pidi Baiq.

9. Iqbal diarahkan langsung oleh Pidi Baiq untuk memerankan tokoh Dilan.

10. Saya memiliki teman anggota geng motor XTC. Dia menyebutkan bahwa Pidi Baiq ini dulunya anggota geng motor XTC Bandung. Piqi Baiq juga sempat menjabat sebagai pembina XTC. Di Instagram ditemukan video pemimpin regional geng motor XTC mengarahkan anggotanya untuk menonton film Dilan. Harus diakui bahwa Pidi Baiq memiliki kedekatan khusus dengan geng motor XTC.

11. Pidi Baiq kedapatan berbalas mention di Twitter dengan tokoh Milea. Mereka terlihat akrab layaknya Dilan dan Milea yang diceritakan didalam novel.

12. Gaya bahasa Dilan yang diceritakan didalam novel amat sangat mirip dengan gaya bahasa Pidi Baiq di Twitter dan blog Tumblr miliknya.

13. Di blog lain disebutkan juga bahwa Pidi Baiq tinggal di Buahbatu Bandung. Yaps tokoh Dilan yang diceritakan dalam novel juga tinggal di Buahbatu Bandung.

14. Disebutkan juga bahwa tokoh Dilan yang diceritakan dalam novel orangnya tidak terlalu ganteng, sedangkan tokoh Milea yang diceritakan orangnya cantik. Pas banget, Pidi Baiq orangnya tidak terlalu ganteng sedangkan Milea yang asli itu orangnya cantik.

15. Tokoh Dilan yang diceritakan didalam buku dikeluarkan dari sekolah karena kasus perkelahian dengan temannya Anhar. Akhirnya tokoh Dilan ini pindah kesekolah lain. Pas banget, disalah satu media online disebutkan bahwa Pidi Baiq dulunya pernah pindah sekolah.

16. Yang ke enam belas silahkan cari sendiri ya..

Barangkali ada tannggapan dipersilahkan.. Btw saya juga tidak mencantumkan gambar dan sumber data. Kalau penasaran silahkan dicari sendiri ya hehe :D

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.