frame

Hallo, Selamat Datang!

Ingin jadi bagian dari komunitas ini? Ayo bergabung bersama +140 orang lainnya disini.

Masuk Mendaftar

Halo, Tuan!

Tampaknya anda baru di sini. Bila anda ingin ikut terlibat, klik salah satu tombol berikut!

Selamat datang di Bertravel Forum! Bertravel Forum adalah komunitas diskusi online, situs berbagi informasi teknologi, viral, ekonomi, bisnis, sains, gaming, lifestyle, kesehatan, traveling, otomotif, opini, dan inspirasi. Bagikan informasi dan artikel menarik yang kamu miliki disini. Mendaftar klik Register dan Masuk klik Sign in. Jangan lupa cek email kamu untuk konfirmasi. Jika tidak ditemukan, cek email di folder Spam.

Potensi Pariwisata Sungai Siak Belum Dikelola Secara Optimal

sunting Maret 2017 dalam Travel
Potensi Tersembunyi Pariwisata Sungai Siak Belum Dikelola oleh Pemerintah, Masyarakat dan Swasta
Sungai Siak | Sumber: Liandamarta.com


Sungai Siak merupakan salah satu sungai yang kabarnya terdalam di Indonesia. Sebagai Sungai terdalam di Indonesia tentunya sungai Siak menjadi sungai yang bisa dilalui oleh kapal tanker, tug boat dan perahu dengan berbagai ukuran.

Sejauh ini Sungai Siak hanya dimanfaatkan untuk transportasi air dan jalur distribusi usaha perdagangan dan jasa saja. Padahal jika dimanfaatkan lebih jauh lagi sungai Siak bisa dimanfaatkan untuk wisata air di Riau.

Sungai Siak melewati kabupaten Siak dan kota Pekanbaru, alangkah lebih baiknya jika kedua wilayah ini memanfaatkan potensi wisata yang dimiliki oleh Sungai Siak. Amat sangat disayangkan potensi wisata yang besar malah disia-siakan.

Sebenarnya potensi wisata yang dimiliki oleh Sungai Siak bisa dikembangkan oleh masyarakat di sekitar Sungai Siak tanpa harus bergantung kepada pemerintah daerah Siak atau kota Pekanbaru.

Masyarakat seharusnya lebih kreatif lagi untuk mengembangkan potensi wisata di daerahnya. Masyarakat di sekitar Sungai Siak harus belajar dari masyarakat di daerah lain yang mengembangkan potensi wisata di daerahnya seperti kota dan daerah lain di Indonesia.

Beberapa daerah-daerah di Indonesia yang berhasil mengembangkan potensi wisata di daerahnya dengan cara swadaya masyarakat diantaranya kota Bandung, Subang, Lembang, Garut, Tasikmalaya, Semarang, Solo, Malang, Jogjakarta, Bali, dan Lombok. Selain itu masih banyak lagi daerah di Indonesia yang mengembangkan pariwisata secara swadaya masyarakat setempat.

Selain itu pihak swasta juga memiliki peran penting dalam mengembangkan pariwisata suatu daerah.

Jadi pada intinya pemerintah, masyarakat, dan swasta saling saling bersinergi untuk mengembangkan potensi wisata yang dimiliki oleh Sungai Siak.

*)
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.