frame

Hallo, Selamat Datang di Bertravel Forum!

Ingin jadi bagian dari komunitas ini? Ayo bergabung bersama +100 orang lainnya disini.

Masuk Mendaftar

Howdy, Stranger!

Halo guys.. Selamat datang di Komunitas Bertravel Forum! Ingin berbagi informasi di Komunitas Bertravel Forum, silahkan mendaftar!

9 Cara yang Bisa Dilakukan Agar Artikel Kamu Lebih SEO Friendly

Pembahasan tentang SEO atau Search Engine Optimization memang tidak pernah ada habisnya. Setiap hari banyak artikel baru yang membahas tentang SEO. Baik itu oleh blog dan juga oleh situs besar yang sudah memiliki nama besar. Salah satu situs yang fokus membahas tentang SEO adalah SearchEngineLand. Pembahasan tentang SEO bermacam-macam, biar lebih mudah berikut ini ada beberapa rincian pembahasan SEO yang marak di internet.
  • SEO blog atau web.
  • SEO artikel konten blog atau web.
  • SEO URL atau permalink.
  • SEO video.
  • SEO gambar.
  • Berita terbaru tentang SEO.
  • Dan banyak lagi pembahasan tentang SEO lainnya.

9 Cara yang Bisa Dilakukan Agar Artikel Kamu Lebih SEO Friendly

.
SEO memang sangat membantu banyak orang dalam mendatangkan banyak kunjungan, tambahan penghasilan situs dan bisa sebagai alat promosi gratis. Dengan SEO suatu situs bisa muncul dihalaman pertama mesin pencari seperti Google, Yahoo dan Bing. Berikut ini ada 8 cara yang bisa kita lakukan agar artikel kita lebih SEO.

1. Membuat Artikel yang Sepanjang-Panjangnya di Blog

.
Banyak orang mengabaikan hal ini, padahal dalam beberapa artikel yang saya baca panjang pendeknya artikel sangat mempengaruhi SEO tidaknya konten artikel di blog atau web. Mereka hanya menulis sedikit kata, malahan ada yang menulis artikel hanya dengan satu paragraf saja, atau diperkirakan sekitar 100 kata saja. Kalaupun kurang hanya kurang sedikit, kalau lebih katanya hanya lebih sedikit saja.

Agar artikel kita diblog lebih SEO saya tidak bisa membatasi berapa jumlah kata minimumnya. Banyak blog atau situs yang memberikan tips SEO menyarankan menulis artikel dengan minimum 300 kata, ada yang 600 kata, ada yang 1000 kata, bahkan ada yang lebih dari 1000 kata.

Namun pada intinya, artikel yang panjang harus memiliki manfaatkan dan memiliki banyak infomasi yang dibutuhkan oleh pembaca. Percuma panjang tapi isinya hanya basa-basi yang tidak dibutuhkan oleh pembaca.

2. Menambahkan Gambar dengan Judul, Deskripsi dan ALT yang Sesuai dengan Topik

.
Gambar yang SEO mempermudah blog atau web kita ditemukan di mesin pencari, khususnya pencarian gambar di Google, Yahoo, Bing dan Ask. Berdasarkan pengalaman saya sendiri banyak blog atau web yang ditemukan melalui pencarian gambar misalnya di pencarian gambar di Google.

Bahkan blog saya sendiri sering dikunjungi oleh pengunjung melalui pencarian gambar di Google. Cara ini lumayan membantu kamu dalam mendapatkan trafik kunjungan dari gambar.

3. Memasang Permalink atau alamat URL yang Sesuai dengan Artikel

.
Agar postingan konten artikel di blog atau web, ada baiknya kita mengoptimasi alamat URL artikel blog. URL ini merupakan alamat link yang mengarahkan orang-orang untuk bisa mengunjungi artikel yang kita buat. Misalnya kita memiliki artikel dengan judul "8 Cara yang Bisa Dilakukan Agar Artikel Kamu Lebih SEO Friendly”.

Alamat URL yang SEO itu sebaiknya menggunakan atau terdapat kata kunci dalam alamat URL tersebut, contohnya www.bertravel.com/cara-yang-bisa-dilakukan-agar-artikel-kamu-lebih-seo-friendly/.

Kadang ada beberapa web atau blog yang memiliki artikel dengan judul yang hampir sama tapi memiliki alamat URL misalnya www.contohsaja.com/page234.html, dan alamat URL yang seperti ini biasanya kurang SEO, karena URLnya tidak memiliki kalimat atau kata yang berhubungan dengan artikel yang dibuatnya.

4. Otoritas atau Kekuatan Domain yang Dimiliki Sebuah Blog atau Web

.
Otoritas domain atau kekuatan domain dimata mesin pencari. Ilustrasi yang saya ambil misalnya saya menulis topik yang sama dengan Wikipedia, tapi karena Wikipedia memiliki otoritas domain yang kuat tetap saja artikel kita bisa kalah SEO dibandingkan dengan artikel Wikipedia. Perbandingan ini bukan hanya berlaku denga situs Wikipedia saja, untuk situs-situs lain juga berlaku.

For your infomation, nilai otoritas domain sebenarnya bisa ditingkatkan. Semakin populer dan tinggi rangking blog atau web, bisa semakin tinggi pula nilai otoritas domain suatu blog atau website.

5. Judul Postingan Harus Mewakili Artikel yang Kamu Tulis

.
Yang ini hampir saja saya lupakan untuk ditulis, padahal judul postingan yang sesuai dengan artikel yang kita tulis bisa mewakili keseluruhan isi konten yang ada di dalam blog. Khusus untuk blog atau mengandalkan mesin pencari dalam mendapatkan trafik kunjungannya, judul yang sesuai dengan isi artikel akan mempengaruhi SEO artikel di blog atau web.

Pemilihan judul postingan yang sesuai dengan isi keseluruhan artikel menjadi penting, ketika nantinya orang memasukkan kata kunci tertentu di pencarian mesin pencari nantinya, artikel blog atau web yang dibuat bisa muncul dan ditemukan dimesin pencari. Cara ini juga membantu pengunjung betah dan nyaman berkunjung di blog kamu.

6. Struktur Kode H1 H2 H3 di Blog atau Web

.
Untuk pemasangan H1 H2 H3 dan seterusnya, bagi orang awam mungkin banyak yang belum mengerti. Tapi bagi yang menggunakan Blogger, kita bisa memilih template yang sudah tersusun H1 H2 H3nya.

Banyak template gratis yang sudah menyediakan penempatan h1 h2 h3 diblog, sehingga kita tidak perlu lagi pusing-pusing memikirkan h1 h2 h3 ini. Untuk pengguna Wordpress, biasanya sudah tersedia thema yang menyediakan struktur HTML h1 h2 h3 di Wordpress.

7. Mencari Backlink yang Berkualitas

.
Bagi yang belum memahami apa itu backlink, backlink merupakan suatu link atau tautan alamat blog atau web yang ditanamkan atau terpasang di blog atau web lain menuju blog atau web kita.

Semakin banyak backlink semakin banyak pula trafik atau kunjungan dari situs tempat link kita dipasang menuju ke blog atau web yang kita miliki. Namun kamu tidak terlalu fokus mencari backlink, fokuslah membuat konten yang bermanfaat.

8. Membuat Artikel Tanpa Copy Paste

.
Percuma saja artikel yang dibuat sudah memenuhi petunjuk yang sudah saya sebutkan diatas tapi artikelnya adalah artikel copy paste. Jika masih suka copy paste tulisan dari blog atau web lain. Besar pula kemungkinan jika tulisan kita hasil copy paste mengakibatkan blog atau web kita mendapat sanksi dan tidak muncul di hasil pencarian Google.

9. Menambahkan Video yang Sesuai dengan Topik yang Dibahas

.
Menambahkan video ke blog juga membantu kamu dalam membuat artikel yang SEO. Video bisa menambah durasi kunjungan pengguna di blog. Selain itu video juga memberikan nilai tambah. Namun videonya harus sesuai dengan topik yang dibahas. Cara mudah bisa menambahkan video Youtube ke blog.

Kesimpulannya

.
Itulah cara yang mudah diterapkan agar artikel di blog menjadi lebih SEO friendly. SEO merupakan cara mengoptimal artikel agar muncul di mesin pencari seperti Google, BIng dan Yahoo. Cara ini bukan hanya untuk blog saja, tapi website lain seperti website kampus, perusahaan, pemerintah, situs berita dan yang lain juga perlu menerapkan cara ini.

*)
Tagged:

Comments

  • 2 Comments sorted by Votes Date Added
  • "Struktur Kode H1 H2 H3 di Blog atau Web"
    Mau tanya kalo misalnya saya mau optimasi situs utama www.toprankindonesia.com dengan backlink di blog A, apakah blog A tsb juga harus pake Heading meskipun tujuannya bukan buat optimisasi blog?
  • seoffpage said:

    "Struktur Kode H1 H2 H3 di Blog atau Web"
    Mau tanya kalo misalnya saya mau optimasi situs utama www.toprankindonesia.com dengan backlink di blog A, apakah blog A tsb juga harus pake Heading meskipun tujuannya bukan buat optimisasi blog?

    Sepertinya pertanyaan ini tidak perlu dijawab. Yang bertanya pasti lebih paham dibandingkan dengan yang ditanya :D wkwkwk
Sign In or Register to comment.