frame

Hallo, Selamat Datang!

Ingin jadi bagian dari Komunitas Bertravel Forum? Silahkan bergabung bersama +60 orang lainnya di Komunitas Bertravel Forum.

Masuk Mendaftar

Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Selamat datang di Bertravel Forum! Bagikan informasi dan artikel menarik yang kamu miliki disini. Mendaftar klik Register dan Masuk klik Sign in. Jangan lupa cek email kamu untuk konfirmasi. Jika tidak ditemukan, cek email di folder Spam.

Sungai Siak Berkah bagi Masyarakat Disekitarnya Namun Terlupakan

Tahukah kamu nama Sungai Siak? Yaps, Sungai Siak adalah salah satu sungai yang terdalam di Indonesia. Bukti bahwa Sungai Siak dalam adalah kapal tanker yang membawa kontainer bisa masuk dan berlayar di Sungai Siak tanpa kendala.

Sungai Siak memiliki peran besar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Siak sejak dahulu hingga saat ini. Kota Pekanbaru adalah ibukota provinsi Riau sekaligus kota bisnis yang memiliki perkembangan ekonomi yang cukup tinggi tidak lepas dari peranan Sungai Siak.

Begitu banyak kontainer yang sudah dibawa masuk ke Pekanbaru melalui Sungai Siak menggunakan kapal yang kemudian didistribusikan ke seluruh provinsi Riau dan sekitarnya. Kota Siak Sri Indrapura yang menjadi ibukota kabupaten Siak memiliki perkembangan yang cukup cepat disebabkan oleh keberadaan Sungai Siak. Sungai Siak membantu dalam hal perekonomian, pembangunan dan lingkungan daerah mana pun yang dilaluinya.

Dalam pembangunan Sungai Siak membantu hal menyalurkan peralatan konstruksi, alat-alat bangunan, bahan bangunan, aspal, di Sri bu Sri bahan bakar minyak, dan banyak lagi.

Dalam hal ekonomi Sungai Siak membantu menyalurkan produk konsumsi bagi masyarakat setempat. Selain itu banyak juga perusahaan industri yang mendirikan pabrik ditepian Sungai Siak. Tentunya keberadaan pabrik industri membantu mengurangi pengangguran.

Ikan-ikan yang ada di Sungai Siak bisa menjadi cadangan makanan warga disekitar Sungai Siak. Mungkin sudah berton-ton ikan diambil dari Sungai Siak. Keberadaan ikan di Sungai Siak juga menjadi mata pencaharian warga yang menjadi nelayan di Sungai Siak. Masyarakat disekitar Sungai Siak tidak perlu kekurangan air karena Sungai Siak memiliki cadangan air yang melimpah.

Dalam hal lingkungan Sungai Siak membantu mensuplai oksigen karena sepanjang tepian Sungai Siak banyak ditumbuhi oleh hutan mangrove. Keberadaan hutan mangrove disekitar Sungai Siak bisa menjaga agar udara yang ada disekitar Sungai Siak tetap bersih dan jauh dari pencemaran udara.

Jika musin hujan tiba, daerah ditepian Sungai Siak tidak perlu khawatir akan terjadi banjir. Selebat apapun hujan langsung bisa dialirkan ke Sungai Siak. Sungai Siak yang besar dan dalam, sehingga sanggup untuk menampung berapapun air yang masuk kesana. Jikalau banjir paling hanya sekian menit, kemudian air langsung surut kembali.

Coba lihat di televisi, hampir tidak pernah daerah disekitar Sungai Siak kebanjiran. Berbeda sekali dengan Jakarta atau daerah lain di Pulau Jawa. Di 'hajar' oleh hujan sebentar saja langsung banjir. Itu karena air tidak diserap oleh tanah dan pepohonan. Sungai yang ada di Pulau Jawa juga kecil dan tidak kuat untuk menampung debit air.

Di Pulau Jawa itu pepohonan sudah jarang, paling hanya hutan disekitar pengunungan. Ditambah lagi oleh ukuran sungai yang tidak sesuai dengan debit air yang masuk ke sungai dan sampah yang mengganggu aliran sungai. Jadi jangan heran jika permukiman warga di Pulau Jawa sering kebanjiran.

Sangat tepat rasanya jika saya menyebut Sungai Siak sebagai sungai yang menjadi berkah dari Allah namun keberadaanya kurang disyukuri dan bahkan terlupakan.

Masyarakat disekitar Sungai Siak harus banyak-banyak bersyukur karena diberikan nikmat yang banyak berupa sungai yang besar dan tidak pernah kering.
Sign In or Register to comment.