frame

Hallo guys, Selamat Datang di Komunitas Bertravel Forum!

Ingin jadi bagian dari Komunitas Bertravel Forum? Silahkan bergabung bersama +80 orang lainnya disini.

Masuk Mendaftar

Howdy, Stranger!

Halo guys.. Selamat datang di Komunitas Bertravel Forum! Ingin berbagi informasi di Komunitas Bertravel Forum, silahkan mendaftar!

Selamat datang di Bertravel Forum! Bagikan informasi dan artikel menarik yang kamu miliki disini. Mendaftar klik Register dan Masuk klik Sign in. Jangan lupa cek email kamu untuk konfirmasi. Jika tidak ditemukan, cek email di folder Spam.

Saya panik lebih dari 100 ekor benih lele dumbo mati dalam sehari

Saya panik lebih dari 100 ekor benih lele dumbo mati dalam sehari

Saya sekarang memulai bisnis perikanan lele dumbo. Bisnis ini saya kerjakan sebagai usaha sampingan. Disamping bisnis lele dumbo saya juma menjalankan bisnis madu murni dalam kemasan.

Terhitung hari ini adalah hari kelima saya memasukkan benih lele dumbo kedalam kolam terpal. Kolam terpal ini memiliki panjang sekitar 7 meter lebih, lebarnya 3 meter lebih dan tingginya satu meter lebih. Dibuat tinggi karena rawan dan khawatir dengan biawak, berang-berang, dan hama ikan lainnya. Kalau dibuat rendah takutnya mereka memanjat. Air kami isi baru setinggi 30 centimeter.

Sebelum benih lele ditebar kolam terpal sudah diisi dengan air. Air yang diisi kami biarkan sekitar seminggu agar muncul plankton di air. Kami juga menebar pupuk organik seperti pupuk kandang agar air menjadi hijau berlumut. Selain itu kami juga menggunakan pupuk organik TON.

Kalau dihitung sudah terjadi hujan lebat selama 2 malam berturut-turut. Sejak turun hujan lebat mulailah benih ikan mati mengambang diatas air. Hari ini saja 11 April 2017 jika dihitung mati lebih dari 100 benih ikan lele dumbo. Saya galau karena kalau begini terus bisa rugi. Ini adalah kematian benih ikan yang paling banyak dalam lima hari ini. Sebelumnya memang ada yang mati tapi jumlahnya tidak terlalu banyak seperti sekarang.

Kolam terpal tersebut diisi sekitar 3000 benih ikan lele dumbo. Namun sekarang tidak diketahui berapa jumlah ikan yang masih hidup. Kematian benih ikan lele dumbo bukan hanya yang mengambang saja tapi juga ada yang mati tenggelam didasar kolam terpal.

Hari pertama kami memasukkan benih ikan lele dumbo ketika itu hari cukup cerah dan tidak turun hujan lebat. Kalau pun hujan itu hanya gerimis kecil atau hujanya cuma sebentar. Tidak ada kematian ikan yang sebanyak ini.

Dua hari belakangan ini hujan turun cukup lebat. Volume air kolam terpal meningkat beberapa centimeter. Besar dugaan kami bahwa kematian benih ikan lele dumbo disebabkan oleh air hujan. Air hujan yang banyak masuk ke kolam terpal akan mengubah kadar keasaman atau pH air menjadi tidak normal. Sebelumnya ketika hari cerah (tidak hujan lebat) benih ikan lele aman-aman saja.

Jika ada saran mohon dibagikan disini. Kita saling berbagi ilmu karena saya baru pertama kali pelihara lele dumbo, eh kejadiannya malah begini.

Panik, bingung, galau, dan lain sebagainya bercampur menjadi satu. Salah satu ketakutan kami adalah kerugian.
Sign In or Register to comment.