frame

Hallo, Selamat Datang di Bertravel Forum!

Ingin jadi bagian dari komunitas ini? Ayo bergabung bersama +100 orang lainnya disini.

Masuk Mendaftar

Howdy, Stranger!

Halo guys.. Selamat datang di Komunitas Bertravel Forum! Ingin berbagi informasi di Komunitas Bertravel Forum, silahkan mendaftar!

 Bertravel Forum adalah Komunitas Menulis dan Blogger
Selamat datang di Bertravel Forum! Bagikan informasi dan artikel menarik yang kamu miliki disini. Mendaftar klik Register dan Masuk klik Sign in. Jangan lupa cek email kamu untuk konfirmasi. Jika tidak ditemukan, cek email di folder Spam.

Duh! dari 3000 ekor benih lele dumbo, yang mati lebih dari 1000 ekor

LemariusangLemariusang Posts: 553
edited April 14 in Bisnis Vote Up0Vote Down
Menurut saya ini merupakan pengalaman yang cukup pahit bagi saya karena dari 3000 benih lele dumbo yang kami tebar malah mati lebih dari 1000 ekor. Kematian benih lele dumbo terjadi dalam waktu yang tak lama alias dalam waktu singkat. Padahal baru seminggu benih lele dumbo ditebar kedalam kolam terpal.

Selama 4-5 hari sejak benih lele dumbo kami tebar, memang ada beberapa ekor benih lele dombo yang mati. Tapi jumlahnya tidak terlalu banyak, paling banyak 30 ekor saja.

Namun kematian massal lele dumbo mulai terjadi sejak hujan lebat pada malam hari selama dua malam berturut-turut. Ketika waktu pagi kami bisa menemukan lebih dari 100 ekor lele dumbo. Belum lagi bangkai benih lele dumbo pada siang dan malam harinya. Jumlahnya bisa lebih dari 200 ekor benih lele dumbo mati mengambang dan ada juga yang tenggelam didasar kolam.

Melihat kejadian tersebut kami langsung memindahkan atau mengambil ikan dari kolam untuk dipindahkan kedalam wadah besar. Meskipun sudah kami usahakan untuk memindahkan semua benih lele dumbo, namun sia-sia masih banyak yang tersisa di kolam. Lele yang tersisa dan belum dipindahkan keesokan hari kembali mati menggambang dan ada yang tenggelam kedasar kolam.

Sejak terjadinya hujan lebat dan deras kematian massal benih lele dumbo dimulai. Bahkan dalam sehari saya berhasil menghitung lebih dari 350 ekor lele dumbo. Mungkin juga sekitar 400 lebih sedikit yang mati pada hari itu. Pernah juga saya hitung dalam sehari mati sekitar 300 ekor lebih (kalau tidak salah segitu).

Selama peristiwa kematian massal lele dumbo dumbo terhitung sudah lebih dari 900 ekor yang mati. Belum lagi bangkai lele dumbo yang tidak terhitung dan jumlahnya sudah puluhan bahkan ratusan. Kalau dihitung matematis maka jumlah kematian benih lele dumbo lebih dari 1/3.

Kacau, itulah yang terjadi untuk pengalaman pertama kami memelihara ikan lele dumbo dikolam terpal. Kolam terpal yang kami buat ukurannya 3,8 meter x 7,8 meter. Kedalaman airnya hanya 30 centimeter, karena benih lele dumbo masih kecil-kecil.

Obat-obatan organik sudah kami berikan. Pupuk organik untuk tambak atau kolam juga sudah kami berikan, namun tetap saja kematian massal ikan lele dumbo tidak bisa kami hindarkan.

Intinya dalam berwirausaha, kita manusia hanya berusaha, namun Allah yang berkehendak.
Sign In or Register to comment.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...