frame

Hallo guys, Selamat Datang di Komunitas Bertravel Forum!

Ingin jadi bagian dari Komunitas Bertravel Forum? Silahkan bergabung bersama +80 orang lainnya disini.

Masuk Mendaftar

Howdy, Stranger!

Halo guys.. Selamat datang di Komunitas Bertravel Forum! Ingin berbagi informasi di Komunitas Bertravel Forum, silahkan mendaftar!

Selamat datang di Bertravel Forum! Bagikan informasi dan artikel menarik yang kamu miliki disini. Mendaftar klik Register dan Masuk klik Sign in. Jangan lupa cek email kamu untuk konfirmasi. Jika tidak ditemukan, cek email di folder Spam.

[Share] Mengatasi Sepeda Motor yang Sulit Dihidupkan di Pagi Hari

Mengatasi Sepeda Motor yang Sulit Dihidupkan di Pagi Hari

Sebelumnya mohon maaf jika mengganggu teman-teman sekalian. Saya cuma ingin berbagi pengalaman mengenai sepeda motor. Dirumah saya memiliki sepeda motor merek Yamaha yaiti Vega ZR produksi tahun 2011. Jika dilihat dari usianya wajar jika sepeda motor kami sering sakit-sakitan alias sering rusak ini itu karena memang sudah tua siih.

Alhamdulillah diusianya yang menginjak 6 tahun, sepeda motor kami masih oke. Tarikannya masih bagus. Mesinnya juga belum pernah dibongkar. Padahal banyak juga teman-teman yang punya motor sejak 2011 tapi sudah ada yang jim dan banyak yang sudah dilemer. Ada pula yang sudah mengeluarkan asap.

Motor ini dulunya adalah satu-satunya motor dikeluarga kami. Kami tidak membeli motor lain karena memang tidak punya banyak uang. Motor ini kami beli dengan cara kredit, cicilan bulanan, atau leasing. Cukup berat memang membayar kredit, apalagi penghasilan keluarga hanya berasal dari kebun karet.

Motor ini biasa dipakai untuk berangkat sekolah dan acara keluarga. Berangkat sekolah pakai motor soalnya jarak sekolah dengan rumah cukup jauh, kasihan kalau berangkat pakai sepeda dengan jarak sejauh itu.

Setelah saya lulus kuliah, motor ini pun juga dipakai oleh adik-adik saya yang masih SMP dan SMA. Setelah saya lulus kuliah motor ini tetap oke, masih dipakai oleh adik saya yang saat ini duduk dibangku SMP.

Namun ada kejadian disatu pagi sepeda motor sangat sulit sekali dihidupkan. Sudah bersusah payah tidak juga bisa dihidupkan. Nantinya jika hari mulai terik dan panas, barulah si motor bisa dihidupkan. Dulu sepeda motor memang pernah hampir tidak bisa dihidupkan, tapi lama-lama akhirnya bisa dihidupkan kembali.

Adik saya yang masih SMP sudah nangis-nangis karena tidak bisa berangkat sekolah. Apalagi hari itu dia akan ujian akhir. Untung ada sepeda motor bekas merek Honda BEAT yang baru dibeli sekitar dua tahun yang lalu. Langsung saja saya antar ke sekolah pakai motor honda beat ke sekolah. Alhamdulillah sampai meskipun terlambat 15 menit.

Pulang dari sekolah langsung saya beli busi. Singkat cerita ternyata meskipun busi sudah diganti, sepeda motor ketika pagi hari sangat sulit dihidupkan. Meskipun sudah diganti dengan busi yang baru tetap saja, jika pagi hari motor sulit dihidupkan. Nantinya pas siang barulah motor bisa dihidupkan dengan mudah.

Ketika motor bisa dihidupkan langsung saja motor saya bawa ke bengkel untuk diservice. Karburatornya dibersihkan dari noda kuning bahan bakar bensin. Saringan hawa motor juga dibersihkan oleh tukang service motor. Setelah diservice, alhamdulillah bunyi motor kembali normal.

Keesokan harinya ketika pagi hari saya coba hidupkan motor. Alhamdulillah motor bisa dengan mudah dihidupkan kembali. Tidak perlu berlama-lama, cukup dua kali langsung bisa hidup. Malahan cuma satu kali langsung motor bisa hidup. Sekarang motor sudah hidup dengan normal. Bisa dipakai kemana-mana.

Kesimpulannya
Jika motor sulit dihidupkan dipagi hari solusi yang bisa dilakukan adalah membawa motor ke bengkel untuk diservice. Salah satunya dengan membersihkan karburator motor sekaligus dengan mengganti busi. Saya sendiri heran, padahal cuma membersihkan karburator tapi motor bisa kembali hidup dengan normal. Untuk tambahan, jika membersihkan karburator bisa sekaligus membersihkan saringan hawanya.

Cukup sekian semoga informasinya bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan atau mengalami masalah yang sama.

Keterangan:
Saringan hawa = filter udara
Sign In or Register to comment.