frame

Hallo, Selamat Datang!

Ingin jadi bagian dari Komunitas Bertravel Forum? Silahkan bergabung bersama +60 orang lainnya di Komunitas Bertravel Forum.

Masuk Mendaftar

Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Selamat datang di Bertravel Forum! Bagikan informasi dan artikel menarik yang kamu miliki disini. Mendaftar klik Register dan Masuk klik Sign in. Jangan lupa cek email kamu untuk konfirmasi. Jika tidak ditemukan, cek email di folder Spam.

[Share] Ganti Oli Mesin Sepeda Motor Minimal 3 Bulan Sekali

Ganti Oli Mesin Sepeda Motor Minimal 3 Bulan Sekali - Keluarga saya saat ini memiliki dua sepeda motor. Sepeda motor yang pertama yang kami beli adalah Yamaha Vega ZR tahun 2011. Motor ini kami beli dengan cara kredit, cicil atau leasing selama 3 tahun. Alhamdulillah bisa lunas meskipun banyak kendala yang harus dihadapi.

Keluarga saya adalah tipe keluarga yang mudah panik jika terjadi sesuatu pada sepeda motor. Ini wajar karena jika sepeda motor rusak pasti akan membutuhkan biaya yang cukup besar. Apalagi keluarga saya bukan orang yang berada.

Salah satu cara yang bisa kami lakukan adalah dengan merawat mesin sepeda motor, jangan sampai oli didalam mesin kering. Jika kering maka biaya untuk memperbaikinya bisa mencapai jutaan rupiah.

Selama 6 tahun kami memiliki sepeda motor Yamaha Vega ZR, alhamdulillah belum pernah mengalami kasus oli kering. Setiap 3 bulan sekali harus diganti dengan oli yang baru. Biasanya emak saya selalu ngomel-ngomel jika oli tidak segera diganti. Emak takut kalau oli habis mesinnya malah rusak parah. Nah kalau yang sering ganti oli yang sering disuruh adalah adik saya, soalnya dia yang paling sering pakai motor tersebut.

Oli yang paling sering dipakai untuk sepeda motor kami adalah Unioil dan Yamalube. Unioil memang bagus dan harganya lebih murah sedikit, tapi tarikan mesin motor terasa kurang josh kalau pakai Unioil. Paling mantap pakai Yamalube, tarikan mesin lebih ringan dan lebih cepat dibandingkan dengan Unioil.

Kalau Yamalube warna olinya sedikit lebih jernih dibandingkan dengan Unioil. Kalau Unioil lebih hitam pekat. Yamalube biasanya lebih mahal sedikit, beda 3 ribu sampai 5 ribu dibandingkan dengan Unioil. Kalau saya sih, tidak masalah harga mahal sedikit yang penting tarikan mesinnya jadi lebih oke.

Pernah dulu oli baru diganti 6 bulan, ya biasanya karena keuangan keluarga. Tapi sekarang rata-rata 3 bulan sekali oli mesin langsung diganti. Tujuannya agar mesinnya awet dan tidak cepat rusak. Kan sayang kalau rusak, biasanya sekali rusak besoknya suka rusak lagi tuh.

Kesimpulannya
Jadi intinya biar mesin sepeda motor tetap oke, ganti oli dalam 3 bulan sekali. Lebih bagus lagi kalau tiap satu atau dua bulan sekali ganti oli. Tapi itu disesuaikan dengan keuangan keluarga yang penting jangan menunda waktu ganti oli, apalagi kalau sudah waktunya

Semoga informasinya bermanfaat, jika ada tambahan dipersilahkan..
Sign In or Register to comment.