frame

Hallo, Selamat Datang!

Ingin jadi bagian dari Komunitas Bertravel Forum? Silahkan bergabung bersama +60 orang lainnya di Komunitas Bertravel Forum.

Masuk Mendaftar

Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Selamat datang di Bertravel Forum! Bagikan informasi dan artikel menarik yang kamu miliki disini. Mendaftar klik Register dan Masuk klik Sign in. Jangan lupa cek email kamu untuk konfirmasi. Jika tidak ditemukan, cek email di folder Spam.

Apa makanan khas atau oleh-oleh yang terkenal di Majalengka?

haryono95haryono95 Posts: 198
edited April 19 in Travel Vote Up0Vote Down
Q: Apa makanan khas atau oleh-oleh yang terkenal di Majalengka?

Mungkin inilah pertanyaan orang-orang yang datang ke Majalengka. Sama, saya juga seperti itu. Kalau berkunjung ke Garut orang-pasti langsung tau ada produk Dodol Garut dan Chokodot. Ada banyak deretan toko oleh-oleh yang menjual makan khas di Garut. Begitu juga di Bandung, Tasikmalaya dan juga Sumedang.
Bro, apa makanan khas atau oleh-oleh yang terkenal di Majalengka?
Ketika saya tanya-tanya ke teman saya dari Majalengka dia mengatakan bahwa "Duh bingung yon, karena kebanyakan makanan disini hampir sama dengan makanan khas dari daerah lain. Tidak ada makanan yang benar-benar khas dari Majalengka".

Ada benarnya juga siih, soalnya kebanyakan makanan yang katanya khas Majalengka sebenarnya sudah ada didaerah lain. Contohnya oncom, tutut, pepes, lumpia, seblak, lotek, bakso katanya khas Majalengka tapi didaerah Bandung banyak juga makanan yang beginian.

Akhirnya dalam perjalanan pulang saya dibelikan buah mangga bentuknya agak bulat dan agak berwarna hijau bercampur dengan warna merah muda. Katanya yang benar-benar khas Majalengka hanya buah mangga ini, didaerah lain tidak punya mangga yang seperti ini.

Saya bingung ini namanya buah mangga jenis apa, setelah searching di internet ternyata itu adalah Buah Gincu Majalengka. Disebut buah gincu karena buahnya warnanya pink seperti warna pada gincu. Konon katanya buah ini dulunya cuma bisa dimakan oleh orang-orang keraton, bangsawan kerajaan, kalau rakyat jelata ga boleh makan buah ini.

Singkat cerita saya pun dibelikan Buah Gincu Majalengka ini lebih kurang 2 kilogram untuk dibawa ke Bandung. Alhamdulillah sampai di Bandung langsung disantap ternyata rasanya mantap, daging buahnya tebal dan tidak ada ulatnya.

Mungkin kalau yang bingung cari oleh-oleh di Majalengka bisa beli buah ini. Kalau kemarin kita membelinya diwarung pinggir jalan dekat perbatasan Majalengka - Sumendang. Kalau harga saya tidak tau soalnya dibayarkan sama teman saya itu.

**
Sign In or Register to comment.