frame

Hallo guys, Selamat Datang di Komunitas Bertravel Forum!

Ingin jadi bagian dari Komunitas Bertravel Forum? Silahkan bergabung bersama +80 orang lainnya disini.

Masuk Mendaftar

Howdy, Stranger!

Halo guys.. Selamat datang di Komunitas Bertravel Forum! Ingin berbagi informasi di Komunitas Bertravel Forum, silahkan mendaftar!

Selamat datang di Bertravel Forum! Bagikan informasi dan artikel menarik yang kamu miliki disini. Mendaftar klik Register dan Masuk klik Sign in. Jangan lupa cek email kamu untuk konfirmasi. Jika tidak ditemukan, cek email di folder Spam.

7 Kelebihan Bisnis Budidaya Ikan Lele

LemariusangLemariusang Posts: 44
edited May 3 in Ekonomi Vote Up0Vote Down
7 Kelebihan Bisnis Budidaya Ikan Lele
Ikan lele siap dipanen | Agrotani.com

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang pengalaman saya memulai bisnis budidaya lele. Bisnis budidaya yang saya garap sekarang ini adalah budidaya lele jenis lele dumbo. Lele dumbo adalah jenis lele yang banyak di budidaya di Indonesia, selain itu ada pula jenis lele lain yang sering dibudidayakan di Indonesia yaitu lele Sangkuriang.

Hampir satu bulan bisnis budidaya lele saya berjalan sekarang ini saya sudah memiliki sedikit pengalaman selama memelihara lele dumbo. Harapannya pengalaman ini bisa menjadi pelajaran bagi teman-teman sekalian.


7 Kelebihan Bisnis Budidaya Lele Ikan Lele
Saya sebagai pendatang baru di bisnis budidaya lele dumbo, pengalaman yang saya miliki masih minim, sehingga ada beberapa kendala yang harus saya hadapi ketika mengawali bisnis lele ini. Dibalik itu semua bisnis budidaya lele dumbo memiliki kelebihan yang membuat bisnis ini amat menggiurkan. Berikut ini saya akan menjabarkan lebih dulu mengenai kelebihan bisnis budidaya ikan lele.

1. Benih ikan lele mudah dicari
Harus saya akui bahwa benih ikan lele adalah benih yang paling mudah dicari dibandingkan dengan benih ikan lainnya. Hampir di semua tempat penjualan benih ikan, benih lele dumbo selalu tersedia. Di daerah saya siak Sri Indrapura banyak orang yang memilih untuk budidaya lele karena bibitnya bisa dengan mudah dicari tanpa harus pergi jauh-jauh misalnya pergi ke kota Pekanbaru.

2. Benih ikan lele harganya lebih murah
Tidak tahu kenapa setiap saya ingin membeli benih lele dumbo selalu harga benih ini lebih murah dibandingkan dengan benih ikan lainnya. Dibandingkan dengan benih ikan patin, benih ikan lele jauh lebih murah berkali-kali lipat.

Benih ikan lele yang paling murah yang pernah saya temukan adalah Rp160 sedangkan benih ikan patin yang paling murah yang saya temukan adalah Rp500 per ekor. Jika dilihat dari segi harga Pasti orang memilih lele dumbo karena harga benih nya lebih murah.

3. Masa panen ikan lele lebih cepat
Berdasarkan pengalaman banyak pihak yang pernah budidaya lele atau yang sedang membudidaya lele pasti merasakan bahwa masa panen ikan lele lebih cepat ketimbang ikan jenis lainnya.

Ikan patin kita ambil sebagai contoh, masa panen ikan patin membutuhkan waktu 4 bulan sampai 6 bulan bahkan lebih. Sedangkan ikan lele dengan benih yang lumayan besar hanya butuh waktu 1 bulan lebih sampai 2 bulan lebih kita sudah bisa panen ikan lele. Tentunya jika ingin mendapatkan hasil yang cepat budidaya lele bisa jadi alternatif.

4. Pemasaran ikan lele lebih mudah
Berdasarkan informasi dari pengepul ikan lele yang siap panen, kebanyakan mereka tidak sanggup memenuhi permintaan pasar. Mereka juga mengaku selalu kekurangan stok ikan lele. Dari sini kita bisa tahu bahwa permintaan pasar ikan untuk ikan lele cukup tinggi, jadi tidak perlu khawatir soal pemasaran.

Sebenarnya dalam hal pemasaran untuk ikan lainnya juga mudah. Namun pemasaran permintaan ikan lele lebih tinggi dibandingkan dengan permintaan ikan lain di pasar ikan. Khususnya tempat kami di siak Sri Indrapura.

5. Mudah mencari ilmu untuk budidaya ikan lele
Di kampung kami jika ingin mencari ilmu tentang budidaya ikan lele rasanya sangat mudah sekali, karena banyak warga di kampung kami yang sudah menjalankan usaha budidaya lele. Beberapa diantaranya masih berjalan sampai saat ini.

Kita tinggal bertanya saja ke mereka tentang bagaimana cara bisnis budidaya ikan lele. Tidak perlu jauh-jauh di sekitar rumah banyak yang paham tentang cara-cara budidaya ikan lele. Intinya ilmu budidaya lele mudah, asalkan kita rajin bertanya.

6. Pakan ikan lele mudah dicari dipasar
Mungkin banyak yang sudah tahu jika pakan ikan lele mudah dicari, karena ikan lele termasuk hewan omnivora atau pemakan segalanya. Ikan lele yang sudah besar semuanya di makan termasuk bangkai ikan, bangkai ayam, bangkai bebek, jeroan ayam, jeroan kambing sapi, sayur, sisa makanan dan lain-lainnya. Semuanya masuk ke dalam perut ikan lele. Tapi kalau masih kecil mereka diberi pakan khusus yang ukurannya kecil.

7. Pakai ikan lele harganya murah
Berdasarkan informasi biaya pakan ikan lele tidak terlalu besar. Dengan biaya yang tidak terlalu besar kita sudah bisa panen ikan lele. Selain itu pakan lele alternatif harganya murah dan mudah dicari dipasar. Misalnya jeroan ayam, 10 ribu sudah dapat banyak.

Kesimpulannya
Itulah beberapa kemudahan jika kita menjalankan bisnis budidaya ikan lele. Ini juga yang menjadi alasan mengapa banyak orang di luar sana yang memilih untuk bisnis budidaya ikan lele. Namun perlu diketahui bahwa selain kemudahan ada beberapa kendala yang nantinya bisa terjadi selama budidaya ikan lele.

**
Sign In or Register to comment.