frame

Hallo, Selamat Datang!

Ingin jadi bagian dari Komunitas Bertravel Forum? Silahkan bergabung bersama +60 orang lainnya di Komunitas Bertravel Forum.

Masuk Mendaftar

Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Selamat datang di Bertravel Forum! Bagikan informasi dan artikel menarik yang kamu miliki disini. Mendaftar klik Register dan Masuk klik Sign in. Jangan lupa cek email kamu untuk konfirmasi. Jika tidak ditemukan, cek email di folder Spam.

4 Kekurangan atau Hambatan Bisnis Budidaya Ikan Lele

4 Kekurangan atau Hambatan Bisnis Budidaya Ikan Lele
Ikan lele siap dipanen | Agrotani.com

Artikel sebelumnya saya sudah membagikan tentang beberapa kelebihan bisnis budidaya ikan lele, maka pada kesempatan kali ini saya akan membagikan kendala, kekurangan atau hambatan bisnis budidaya daya ikan lele. Bagi pemula budidaya lele hal ini wajib untuk diketahui.

Rekomendasi: 7 Kelebihan dan Keunggulan Bisnis Budidaya Ikan Lele

Informasi ini saya bagikan berdasarkan pengalaman pribadi setelah menjalankan bisnis budidaya ikan lele, ditambah lagi dengan pengalaman orang lain yang sama-sama atau pernah menggeluti bisnis budidaya ikan lele. Tanpa panjang lebar berikut ini beberapa kekurangan atau Kendal ketika menjalankan bisnis budidaya ikan lele.

1. Ternyata benih ikan lele mudah mati
Sebelum saya menjalankan bisnis budidaya ikan lele, saya mengira bahwa ikan lele adalah ikan yang memiliki daya daya tahan tubuh yang kuat dan tidak mudah mati. Ternyata dugaan saya salah, benih ikan lele mudah mati.

Ada beberapa penyebab benih ikan lele ini mati yaitu karena air hujan, dimakan teman sendiri, jamur, air yang tidak cocok dan banyak lagi. Oleh sebab itu lele yang mudah mati ini perlu diantisipasi jauh-jauh hari bagi mereka yang menjalan usaha budidaya ikan lele.

2. Ikan lele termasuk ikan yang kanibal
Jika mendengar kata kanibal rasanya seram, tapi sebenarnya itulah yang terjadi ikan lele adalah ikan yang kanibal. Fenomena teman makan teman adalah hal yang biasa bagi hewan yang satu ini.

Suatu ketika pada malam hari sayang cek kolam ikan lele yang saya lihat adalah ada seekor ikan lele yang masih kecil bagian tengah badannya sampai ke bagian ekor putus. Dugaan yang paling kuat adalah lele kecil tersebut dimakan oleh ikan lele lainnya yang ukuranya lebih besar.

Pernah juga ketika saya menguras kolam terpal saya melihat banyak bangkai ikan lele yang mengambang di permukaan air dan yang tenggelam. Ada beberapa bangkai ikan lele yang tubuhnya sudah putus yang tersisa cuma daging di bagian kepala ikan. Ada juga bagian tubuh ikan lele yang sudah cacat bekas gigitan ikan lele lainnya.

Dalam dunia ikan lele baik yang ikan besar maupun ikan yang kecil sama-sama kanibal. Jangan heran jika memasuki masa panen jumlah ikan lele banyak berkurang, bisa jadi karena dimakan oleh lele yang lain.

3. Air kolam ikan lele sebaiknya rutin diganti
Untuk kolam ikan lele kita harus bisa memastikan agar kolam ikan lele tetap aman bagi ikan lele. Air yang tidak diganti akan menjadi racun bagi ikan lele. Ikan lele bisa mati jika airnya tidak diganti. Diusahakan kolam ikan lele dekat dengan sumber air bersih tapi hindari penggunaan air hujan untuk kolam ikan lele.

4. Untuk daerah tertentu peminat ikan lele sedikit
Peminat ikan lele yang sedikit tentunya akan menjadi kendala bagi pemasaran ikan lele yang sudah siap untuk dipanen. Ada daerah yang masyarakatnya lebih suka dengan ikan nila ketimbang ikan lele. Keadaan yang seperti ini perlu dipertimbangkan untuk kelancaran bisnis budidaya lele di masa yang akan datang.


Kesimpulan
Itulah beberapa kendala, kekurangan, hambatan jika menjalankan bisnis budidaya ikan lele. Harapannya semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang ingin memulai atau yang sedang menjalankan bisnis budidaya ikan lele. Semoga apa yang disampaikan disini bisa bermanfaat dan bisa dicari solusi solusinya.

**
Sign In or Register to comment.