frame

Hallo, Selamat Datang!

Ingin jadi bagian dari Komunitas Bertravel Forum? Silahkan bergabung bersama +60 orang lainnya di Komunitas Bertravel Forum.

Masuk Mendaftar

Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Selamat datang di Bertravel Forum! Bagikan informasi dan artikel menarik yang kamu miliki disini. Mendaftar klik Register dan Masuk klik Sign in. Jangan lupa cek email kamu untuk konfirmasi. Jika tidak ditemukan, cek email di folder Spam.

5 Cara agar Ikan Lele Budidaya Bisa Dipanen Cepat dan dalam Waktu yang Tak Lama

5 Cara agar Ikan Lele Budidaya Bisa Dipanen Cepat dan dalam Waktu yang Tak Lama
Ikan lele siap dipanen | Agrotani.com

Halo apa kabar semuanya? Semoga kabarnya baik-baik saja selalu sehat mudah rezeki dan dilancarkan urusannya. Sekitar sebulan yang lalu saya memulai bisnis budidaya ikan lele. Ikan lele yang saya budidaya adalah ikan lele dumbo. Di tempat saya benih ikan lele dumbo lebih mudah ditemukan dan harganya murah.

Dalam artikel ini saya akan membagikan tentang 5 cara agar ikan lele yang di budidaya bisa dipanen dengan cepat dalam waktu singkat.

1. Pilih benih ikan lele yang ukurannya sudah lumayan besar
Perlu diketahui bahwa dalam membudidaya ikan lele ukuran benih akan menentukan waktu panen. Semakin besar benih ikan lele semakin cepat pula proses pembesaran ikan lele. Benih ikan lele yang berukuran besar memang memiliki harga yang lebih tinggi ketimbang benih ikan lele yang ukurannya masih kecil.

Salah satu keuntungannya jika membeli benih yang ukurannya sudah besar waktu panen bisa lebih cepat. Di tempat saya benih ikan lele yang agak besar panjangnya sekitar 10 cm sampai 13 cm. Harganya pasti lebih tinggi dan benih ikan lele yang sebesar ini sekitar Rp350.

Mungkin di daerah lain harganya bisa lebih tinggi atau lebih rendah sedikit dibandingkan dengan harga di tempat saya ini.

2. Pilihlah benih ikan lele unggul
Benih unggul atau bibit unggul biasanya memiliki kelebihan dibandingkan dengan benih biasa. Salah satu kelebihan dari ikan lele benih unggul adalah cepat besar sehingga waktu yang dibutuhkan hingga panen tidak terlalu lama. Terkadang lele biasa meskipun sudah dikasih makan banyak dan bergizi tapi badannya masih kecil karena bukan ikan lele dari bibit unggul.

3. Berikan pakan dalam jumlah yang banyak
Memberi makan ikan dalam jumlah banyak tentunya akan mempercepat proses pertumbuhan ikan lele yang kita budidaya. Selain ikan cepat besar makan yang cukup akan membuat ikan menjadi lebih sehat dan gemuk. Ikan lele yang sehat dan gemuk bisa dipanen dalam waktu cepat.

4. Berikan pakan yang bergizi dan bernutrisi
Memberi makan ikan dengan pakan yang kurang bergizi akan menyebabkan ikan lele kekurangan gizi. Ikan yang kekurangan gizi badannya lebih kurus dan ukurannya lebih kecil. Oleh karena itu perlu bagi pembudidaya ikan memberikan makan yang bernutrisi dan bergizi bagi ikan lele budidaya agar panen bisa lebih cepat dilakukan.

Memang sih harga pakan yang bergizi bisa lebih mahal. Tapi jangan khawatir karena bisa menggunakan pakan alternatif yang harganya lebih murah.

5. Memberikan vitamin dan lainnya sebagai gizi tambahan bagi ikan
Memberikan vitamin dan lainnya akan memacu pertumbuhan ikan menjadi lebih cepat. Ada banyak vitamin dan gizi tambahan bagi ikan yang dijual di pasaran yang terkenal diantaranya pupuk organik NASA, Viterna NASA, Raja Siam dan banyak lagi.

Kesimpulan
Itulah beberapa beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para pembudidaya ikan lele agar ikannya bisa cepat dipanen. Sebenarnya bukan cuma ikan lele, cara ini juga bisa diterapkan pada ikan lainnya. Semoga Informasi yang disampaikan disini bisa bermanfaat bagi Pembaca sekalian. Salam sukses bagi pembudidaya ikan lele seluruh dunia.

**
Sign In or Register to comment.