frame

Hallo, Selamat Datang di Bertravel Forum!

Ingin jadi bagian dari komunitas ini? Ayo bergabung bersama +100 orang lainnya disini.

Masuk Mendaftar

Howdy, Stranger!

Halo guys.. Selamat datang di Komunitas Bertravel Forum! Ingin berbagi informasi di Komunitas Bertravel Forum, silahkan mendaftar!

 Bertravel Forum adalah Komunitas Menulis dan Blogger
Selamat datang di Bertravel Forum! Bagikan informasi dan artikel menarik yang kamu miliki disini. Mendaftar klik Register dan Masuk klik Sign in. Jangan lupa cek email kamu untuk konfirmasi. Jika tidak ditemukan, cek email di folder Spam.

Saya dapat SMS dari KOMINFO tentang Antisipasi Ransomware

Saya dapat SMS dari KOMINFO tentang Ransomware
Ilustrasi Ransomware | Jatimtech.com

Pada 15 Mei 2017 tepatnya pada sore hari saya mendapatkan SMS dari KOMINFO melalui Telkomsel menginformasikan tentang ransomware dan cara mencegahnya. Saya sendiri awalnya bingung dengan ransomware, karena istilah ini jarang didengar. Kemudian saya mencoba untuk mencari informasi di internet tentang ransomware.
Isi sms singkat dari KOMINFO: Antisipasi Ransomware #1 Pengelola TI menonaktifkan LAN/Hotspot #2 Masing2 agar BACKUP DATA ke Storage TERPISAH - selengkapnya hxxp://s.id/oW5
Berdasarkan informasi ransomware adalah malware yang disisipkan kemudian mengunci semua data penting pengguna. Ada juga yang mengekripsi data pengguna kemudian meminta tebusan berupa uang atau bitcoin pada pengguna yang terinfeksi jika ingin mendapatkan data kembali. Secara tidak langsung ransomware ini adalah bentuk pemerasan di dunia maya.

Saya juga baru menyadari bahwa pada 5 Mei 2017 kemarin terjadi serangan ransomware besar-besaran di seluruh dunia. Indonesia merupakan salah satu negara yang terkena dampak ransomware. Berapa media online terkemuka di dunia dan Indonesia juga sudah memberitakan tentang ransomware ini diantaranya Tribunnews, BBC News, Info Komputer dan lain sebagainya.

Di daerah saya sendiri di Riau serangan ransomware ini tidak terlalu berdampak dan heboh karena fasilitas yang ada di Riau tidak terlalu banyak yang terhubung ke internet, namun meskipun demikian kita tetap harus berhati-hati.

*)
Sign In or Register to comment.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...