frame

Hallo, Selamat Datang di Bertravel Forum!

Ingin jadi bagian dari komunitas ini? Ayo bergabung bersama +100 orang lainnya disini.

Masuk Mendaftar

Howdy, Stranger!

Halo guys.. Selamat datang di Komunitas Bertravel Forum! Ingin berbagi informasi di Komunitas Bertravel Forum, silahkan mendaftar!

[Share] Pengalaman membuat kolam terpal ikan patin modal 3 juta sekaligus dengan 4000 bibit

Beberapa waktu yang lalu saya baru saja selesai membantu membuat kolam terpal untuk ikan patin milik teman saya. Setelah melalui proses panjang dan melelahkan akhirnya kolam ikan patin selesai dibuat. Kolam terpal untuk ikan patin dibuat dengan ukuran 8 meter x 4 meter dengan tinggi 1 meter.

Kolam terpal tersebut diisi sebanyak 4000 ekor benih ikan patin. Dimasukkan juga benih yang ukurannya cukup besar yaitu panjang 8 centimeter sampai 11 centimeter. Harga benihnya cukup mahal siih yaitu Rp500 per ekor. Total dana untuk benih ikan patin adalah 2 juta rupiah.

Jika dijumlahkan seluruhnya total biaya yang dikeluarkan oleh teman saya keseluruhannya hampir 3 juta. Itu sudah termasuk dengan biaya konsumsi dan snack, membeli terpal, biaya tenaga kerja, dan biaya lain-lain.

Salah satu kemudahan membuat kolam terpal untuk ikan patin adalah bahannya mudah dicari. Bambu bisa dicari dibelakang rumah, kayu bisa dicari dihutan. Itu gratis karena dikampung teman saya kayu dan bambu masih mudah dicari dan banyak.

Sebenarnya memang lumayan besar kalau dilihat dari nominalnya. Tapi kalau dibandingkan dengan membuat kolam batu atau kolam galian ditanah biayanya bisa lebih besar lagi. Selain itu tenaga fisik juga banyak yang harus dikeluarkan kalau tidak pakai kolam terpal.

Pada postingan selanjutnya saya akan berbagi rincian biaya yang harus dikeluarkan untuk bikin kolam terpal ikan patin.

**
Sign In or Register to comment.