frame

Hallo, Selamat Datang di Bertravel Forum!

Ingin jadi bagian dari komunitas ini? Ayo bergabung bersama +100 orang lainnya disini.

Masuk Mendaftar

Howdy, Stranger!

Halo guys.. Selamat datang di Komunitas Bertravel Forum! Ingin berbagi informasi di Komunitas Bertravel Forum, silahkan mendaftar!

 Bertravel Forum adalah Komunitas Menulis dan Blogger
Selamat datang di Bertravel Forum! Bagikan informasi dan artikel menarik yang kamu miliki disini. Mendaftar klik Register dan Masuk klik Sign in. Jangan lupa cek email kamu untuk konfirmasi. Jika tidak ditemukan, cek email di folder Spam.

Tumblr: Sosial media sekaligus platform microblogging paling simpel yang digemari anak muda

Tumblr: Sosial media sekaligus platform microblogging paling simpel yang digemari anak muda

Tumblr adalah platform blogging dengan desain simpel, mudah digunakan dan digemari oleh anak muda. Tumblr disebut sebagai blog karena fiturnya memiliki kesamaan dengan platform blog lain seperti Blogger dan Wordpress. Tumblr bisa diakses melalui situs website dan aplikasi mobile.

Di Tumblr pengguna bisa berbagi tulisan, video, audio, foto, video, link, quote dan chat. Fitur tambahan di Tumblr diantaranya fitur reblog, follow, explore, dan hashtag. Tumblr tersedia dalam bentuk aplikasi mobile untuk smartphone Android dan iOS.

Keunikan dari Tumblr adalah pilihan desain/theme blog yang manis, simpel, unik, lucu dan menggemaskan. Theme blog yang manis membuat Tumblr digemari oleh anak muda. Wajar jika Tumblr langsung populer dalam waktu yang tak lama.


Awal mula berdirinya Tumblr

Tumblr ini berhasil diciptakan oleh David Karp pada tahun 2007, tapi proyek Tumblr sebenarnya sudah mulai digarap sejak Januari 2006. Dalam menciptakan Tumblr David Karp dibantu oleh temannya Marco Arment.

Singkat cerita akhirnya Tumblr berhasil diluncurkan. Tak butuh waktu lama Tumblr bisa mendapatkan 75 ribu pengguna dalam waktu 2 minggu.

Perlu diketahui bahwa waktu David Karp menciptakan Tumblr usianya baru 19 tahun. Dari awal berdiri sampai tahun 2013 Tumblr dikelola sendiri dibawah naungan Tumblr Inc. Kemudian sejak tahun 2013 sampai sekarang, Tumblr dikelola oleh Yahoo.


Statistik Tumblr

Kini statistik menunjukkan, per 27 Januari 2016 Tumblr sudah menampung sebanyak 276,3 juta blog, menerbitkan lebih dari 128,3 miliar postingan, dan setiap bulannya ada lebih dari 555 juta pengunjung. Besar kemungkinan angka ini semakin lama semakin meningkat dari waktu ke waktu.


Tumblr diakuisisi oleh Yahoo

Kepopuleran Tumblr dikancah blogging dan sosial media membuat Yahoo berminat mengakuisisi Tumblr. Tawaran akuisisi dari Yahoo diterima oleh Tumblr, akhirnya pada 20 Mei 2013 resmi sudah Tumblr jadi milik Yahoo.

Untuk mendapatkan Tumblr, Yahoo harus merogoh saku dalam-dalam karena dibeli dengan harga 1,1 miliar dollar. Kalau pakai kurs rupiah 13 ribu rupiah harga Tumblr sekitar 14 triliun rupiah lebih.


Tumblr di Indonesia

Di Indonesia Tumblr termasuk situs yang populer, situs ini banyak digunakan oleh anak muda. Bagi anak muda Tumblr sebagai diary online tempat berbagi curahan hati, foto pribadi, video, quote, dan informasi lainnya.

Beberapa waktu yang lalu pemerintah Indonesia melalui Kominfo berencana akan memblokir Tumblr. Tumblr terdeteksi sebagai sosial media sekaligus blog yang banyak ditemukan konten pornografi baik gambar, gif ataupun video.

Banyak pihak yang setuju dengan rencana ini, namun tidak sedikit yang tidak setuju. Bahkan petisi online diajukan oleh masyarakat sebagai bentuk protes kepada pemerintah.

Singkat cerita, pemerintah akhirnya membatalkan rencananya untuk memblokir Tumblr.


Monetisasi di Tumblr

Kekurangan dari Tumblr adalah tidak adanya fitur monetisasi seperti di Blogger dan Wordpress. Jadi jika ngeblog di Tumblr ya ngeblog aja, tidak bisa dijadikan sumber penghasilan.

Bagi kamu yang memiliki kemampuan membuat theme blog, bisa menjual theme blog premium di Tumblr. Tercatat ada banyak desainer yang menjual theme blog premium di Tumblr.

*Sumber: Daily Social, Wikipedia)

_
Sign In or Register to comment.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...