Apa itu Adwords Express? Manfaat dan Kegunaannya

Apa itu Adwords Express? Manfaat dan Kegunaannya

Apa itu Adwords Express? – AdWords Express adalah versi AdWords (sekarang Google Ads) yang lebih simpel dan efisien. Dengan layanan AdWords Express, kita bisa pilih target dan kategori bisnis, tinggal tulis iklan dan tetapkan anggaran. Isi saldo maka iklan bisa berjalan dengan sendirinya. Layanan AdWords Express sangat tepat untuk usaha UKM fiturnya yang lebih simpel dan lebih mudah digunakan untuk teman-teman UKM.

 

Adwords Adalah “Adik” dari Layanan Google Ads (Sebelumnya Adwords) Versi standar dari Google Adwords sudah diluncurkan pada tahun 2000. Layanan Google Ads juga menjadi menjadi salah satu sumber pemasukan utama Google selama bertahun-tahun.

 

Dengan bantuan Google Ads, dengan membayar sejumlah uang kepada Google, kita akan diizinkan untuk memasang iklan di berbagai layanan yang dimiliki oleh Google. Sering disebut juga bahwa Adwords merupakan “adik” dari layanan Google Ads.

 

Adwords Express

 

Adwords Cocok Digunakan oleh UKM karena Lebih Mudah Digunakan

Adwords Express yang kita bahas dalam artikel ini diluncurkan oleh Google sejak tahun 2011. Google beruntung karena layanan Adwords Express ini cukup laris dipasaran. Sesuai dengan fitur yang dimiliki Adwords Express memiliki tampilan yang simpel dan sederhana.

 

Tidak memiliki banyak tombol yang membingungkan pengguna, sehingga cocok digunakan oleh UKM atau orang awam yang ingin menggunakan layanan pasang iklan di Google.

 

Sudah Tersedia Aplikasi Adwords Express di Toko Aplikasi

Jika ingin memasang iklan di Google menggunakan Adwords Express ini harus mengaksesnya melalui browser di komputer PC atau laptop. Adwords Express memang tersedia dalam bentuk aplikasi, namun aplikasi Adwords Express belum memiliki fitur yang banyak. Ada beberapa fungsi yang tidak bisa digunakan ketika menggunaan Adwords Express. Aplikasi Adwords Express bisa didownload di Google Play Store dan App Store Apple.

 

Tersedia Fitur Bahasa Indonesia dan Fitur Isi Saldo dengan Transfer Bank

Untuk memudahkan para pengguna di Indonesia, Google telah meluncurkan aplikasi AdWords Express ke dalam versi bahasa Indonesia. Pembayaran untuk mengisi saldo iklan pun bisa dilakukan dengan metode transfer bank dari seluruh bank di Indonesia.

Iklan Baris Online Gratis Jualme Indonesia

 

Google juga menyediakan layanan pembayaran dengan kartu kredit dan PayPal. Sistem pembayaran yang paling sering digunakan adalah fitur transfer bank dan kartu kredit. Sekarang kamu tinggal pilih, ingin bayar pakai fitur yang mana. Jika pembayaran dengan transfer bank ada jeda sekitar 2 hari sampai 5 hari, sedangkan menggunakan kartu kredit bisa mengisi saldo pada hari itu juga tanpa ada jeda.

 

Membuat Iklan di Adwords Express

Memasang iklan di Adwords Express sebenarnya mirip dengan cara memasang Google Ads. Tinggal masuk ke dashboard, kemudian buat kampanye, kemudian buat kalimat iklan yang menarik, tinggal menunggu persetujuan. Jika sudah selesai iklan akan muncul.

 

Pebedanya dengan Adwords terletak pada optimasi penargetan keyword (kata kunci, ringkasan hasil, dan data. Di Adwords Express penargetan iklan dilakukan oleh Google secara otomatis. Inilah yang membuat iklan Adwords Express terkadang muncul pada keyword yang tidak kita inginkan.

 

Adwords Tidak Bisa Dijadikan Media Kampanye Ini

Berdasarkan informasi dari Techinasia pada dasarnya, AdWords Express bisa menerima iklan untuk bisnis apapun, asalkan sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia. Karena itu, mereka tidak akan menerima iklan yang berbau pornografi dan perjudian, termasuk iklan produk minuman keras, narkoba, dan rokok.

 

Jika Pasang Adwords Express Jangan lupakan kualitas situs

Untuk para pemilik UKM yang memasang iklan di AdWords Express, disarankan untuk mengiklan situs yang berkualitas dengan tampilan baik untuk bisnis mereka. Pihak Google menjelaskan bahwa situs dengan kualitas yang baik akan lebih sering kami tampilkan di layanan-layanan kami. Itulah penjelasan dari Jennifer.

 

Agar bisa mendapat tampilan iklan yang lebih baik, Jennifer pun menyarankan setiap pelaku UKM untuk mendaftarkan bisnis mereka di direktori bisnis milik Google, yaitu BisnisKu. โ€œUntuk setiap pemasang iklan yang telah terdaftar di BisnisKu, kami akan menampilkan foto-foto produk mereka serta peta lokasi mereka, setiap kali iklan mereka munculโ€ ujar Jennifer Djajapranata, Online Specialist dari Google.

 

Referensi:

9 Cara Jualan di Instagram Agar Cepat Laris

9 Cara Jualan di Instagram Agar Cepat Laris

9 Cara Jualan di Instagram Agar Cepat Laris – Jika ingin berjualan di Instagram ada baiknya membaca artikel ini, disini panduannya lengkap dan mudah untuk diterapkan.

 

Instagram merupakan salah satu sosial media yang populer digunakan dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun banyak sosial media yang lain, namun Instagram ini menjadi lebih menarik karena konten di Instagram dianggap lebih eklusif dibandingkan dengan sosial media lainnya. Ya meskipun Facebook lebih populer dibandingkan Instagram, namun untuk berbisnis Instagram dinilai lebih pas dan cocok.

 

Mengapa orang banyak berjualan di Instagram? Jawabannya karena jumlah pengguna Instagram cukup banyak khususnya di Indonesia ya. Belum lagi diluar negeri jumlah pengguna Instagram lebih banyak lagi.

 

instagram
Sumber Gambar: Pixabay

 

9 Cara Jualan di Instagram Agar Cepat Laris

Kita kembali ke topik utama yaitu cara jitu berjualan di Instagram. Pada kesempatan ini kami dari Bertravel Media ingin membagikan tips dan trik cara berjualan di Instagram.

 

1. Gunakan Foto yang Bagus, Jangan Gunakan Foto yang Asal atau Foto Jelek

Sudah banyak yang tau bahwa bagi mereka yang berjualan di Instagram kualitas foto yang upload menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Foto yang berkualitas tentunya lebih meyakinkan calon pembeli atau calon konsumen untuk bertransaksi. Meskipun belum bertransaksi namun foto yang bagus membuat mereka lebih tertarik untuk mengikuti (follow).

 

Tidak jarang mereka yang fokus berbisnis di Instagram memanfaatkan jasa fotografer profesional untuk konten Instagram mereka. Banyak juga rekan-rekan disana yang menggunakan pegawai khusus untuk desain grafis konten yang diupload ke Instagram.

 

Perlu juga teman-teman ketahui bahwa foto bagus itu bukan hanya agar sekedar barang cepat terjual tapi ada beberapa tujuan lain diantaranya untuk kepentingan brand image, brand awareness, trust (memberikan kepercayaan) dan banyak lagi.

 

Kok ribet ya? Iya, emang sedikit ribet, tapi usaha yang kamu lakukan ini tidak akan mengkhianati hasil. Jika kamu memiliki kemampuan seperti fotografer, jasa desain grafis dan konsep yang bagus kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Namun ingat, standarnya harus tinggi agar hasilnya maksimal.

 

2. Upload Foto Diakun Instagram Sebanyak-Banyaknya

Perlu teman-teman ketahui bahwa memulai bisnis di Instagram tidak semudah membalikkan telapak tangan. Semuanya butuh proses yang tidak sebentar. Bahkan tidak jarang membutuhkan proses yang lama. Kamu sudah memasang foto yang bagus, tapi jumlah yang kamu upload baru 10. Ini hasilnya belum terlalu terlihat dan belum bisa kamu rasakan.

 

Upload atau unggah foto sebanyak-banyaknya. Namun ingat, jangan kamu mengupload foto dalam jumlah banyak dalam waktu singkat. Misalnya ingin jumlah fotonya banyak kamu upload 100 sehari. Sebenarnya tidak harus seperti itu. Cukup 3 sampai 5 setiap harinya, tapi ini dilakukan terus menerus dan konsisten.

 

Untuk contoh kasus atau referensi, kamu bisa cek akun Instagram yang fokus berjualan secara online. Coba kamu lihat jumlah postingan di akun Instagramnya. Kamu akan melihat ada banyak postingan, ada yang ratusan bahkan ribuan. Jika postingannya sudah ribuan tentunya orang-orang akan semakin percaya dengan akun Instagram tersebut.

 

Coba saja tanya pada diri masing-masing, jika ada akun Instagram yang jual hijab syari dengan postingan lebih dari 500. Kamu percaya ga? Ya meskipun tidak beli, yang jelas akun tersebut sudah mendapatkan kepercayaan ๐Ÿ™‚

 

3. Kalau Jualan di Instgram Jangan Lupa Pasang Story

Tahukah kamu fitur story pada Instagram? Fitur ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi yang menjalankan bisnis di Instagram. Instagram Story atau Insta Story bisa menjadi tanda bahwa akun Instagram tersebut aktif di Instagram. Tanpa harus melihat banyak postingan yang lain, dibagian atas Instagram kita bisa pilih story sesuai dengan yang kita mau.

 

Penggunaan story ini bukan hanya digunakan oleh artis, selebgram dan perusahaan saja tapi juga digunakan oleh akun jualan di Instagram. Lagi pula hasil dari dari pemasangan story ini bisa terlihat dari jumlah yang melihat story. Agar lebih kece jangan lupa pasang story dengan foto atau desain story yang bagus.

 

4. Perbanyak Jumlah Followers atau Pengikut Akun Instagram

Setelah kamu membuat konten yang bagus dengan foto yang berkualitas, langkah selanjutnya tingkatkan jumlah followers kamu. Semakin banyak jumlah followers maka semakin banyak peluang produk kamu terjual. Followers instagram itu ibaratkan kelompok orang yang berpotensi untuk membeli produk kamu.

 

Makanya kalau kita mencari selebgram atau akun buzzer dengan followers yang besar tarif yang mereka berikan cukup tinggi. Ini karena jumlah followers yang banyak itu memiliki potensi untuk melakukan transaksi. Yang jelas followers itu penting untuk bisnis. Pembahasan tentang cara menambah follower akan diluncurkan pada kesempatan yang lain.

 

5. Berikan Penawaran Menarik Kepada Followers

Strategi berbisnis di Instagram adalah menjaga followers yang ada dan meningkatkan jumlah followers lebih banyak lagi. Tawaran yang menarik yang bisa diberikan diantaranya.

  • Cashback
  • Diskon
  • Giveaway
  • Folback
  • Beli satu gratis dua ๐Ÿ™‚
  • Dan masih banyak lagi

Penawaran yang menarik seperti ini banyak dilakukan oleh para selebgram, artis, situs besar dan juga Youtuber. Ini diperlukan untuk memperkuat loyalitas para pengikut agar terus mendapatkan informasi dan penawaran menarik lainnya. Pastinya juga menambah jumlah followers.

 

6. Jualan di Instagram Khusus Pakai Akun Bisnis

Banyak orang yang berjualan di Instagram menggunakan akun pribadi. Sebenarnya ini boleh-boleh saja, tapi alangkah lebih bagus jika berjualan menggunakan akun khusus jualan. Tujuannya apa? Agar aktivitas pribadi kamu di Instagram tidak mengganggu jualan kamu di Instagram. Misalnya kamu jualan hijab di Instagram, kemudian kamu malah upload foto makanan di akun tersebut. Tentunya ini tidak berkaitan dan tidak memiliki hubungan sama sekali.

 

Jenis pengguna Instagram itu macam-macam. Ada yang cuma suka dengan dagangan kamu saja. Ada juga yang suka dengan kamu karena kamu cantik menginspirasi, menarik untuk difollow. Tapi meskipun cantik mereka tidak tertarik dengan produk yang kamu jual. Intinya ada aja yang seperti itu.

 

7. Pasang Kontak yang Bisa Dihubungi di Bio Instagram

Kalau kamu jualan di Instagram harus memiliki kontak yang bisa dihubungi. Kontak ini digunakan untuk mereka yang ingin membeli, ingin bertanya, ingin pesan dan lainnya. Meskipun di Instagram sudah terdapat fitur DM Direct Message atau Pesan Langsung, banyak orang diluar sana yang membutuhkan kontak lainnya seperti WhatsApp, LINE, Nomor Telpon, Nomor Handphone dan yang lainnya. Lagi pula kita tidak setiap saat buka pesan DM di Instagram kan?

 

8. Gunakan Instagram Ads untuk Mendapatkan Jangkauan yang Lebih Luas

Kita tau bahwa meskipun jumlah followers kita 10 ribu, tidak 10 ribu tersebut melihat postingan kita di Instagram. Oleh karena itu kita bisa menggunakan Instagram Ads agar postingan kita bisa dilihat oleh banyak orang. Instagram Ads juga membantu mendapatkan prospek baru, followers baru, dan bahkan pembelian produk. Satu lagi penggunaan Instagram Ads juga membantu mendapatkan tanda ceklis biru atau verifikasi dari Instagram.

 

9. Jika Perlu Lakukan Endorse dan Paid Promote di Akun Instagram yang Lain

Teknik endorse merupakan langkah strategi jualan yang sering dilakukan di Instagram. Endorse ini tentunya bisa menambah kredibelitas akun Instagram kamu. Namun kamu harus pilih-pilih juga, jangan asal endorse. Misalnya kamu berjualan hijab maka pilih selebgram yang sering menggunakan hijab. Ini lebih cocok dan sejalur. Jika kamu berjualan hijab, kamu bisa juga menggunakan layanan paid promote (postingan berbayar) di akun buzzer yang islami.

 

Kesimpulannya

Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan agar jualan kamu di Instgram laris manis. Terlihat mudah namun sulit untuk dilakukan. DIbutuhkan ketekunan dan konsistensi.

 

Hashtag: #instagram #sosialmedia #bisnisonline #bisnisdiinstagram



Rp175ribu
Deal

Tingkatkan penjualan offline di toko atau tempat usaha dengan Google Maps. Promo khusus, disini aja cuma 175 Ribu. Harga Normalnya 200 Ribu. Pesan Sekarang!

More Less

Rp150ribu
Deal

Paket iklan murah. Iklan muncul di FB, CUMA SEKALI BAYAR gaiss... Biaya Rp150ribu untuk 3 hari. Jangan ragu, ambil paket iklan murah ini sekarang juga ๐Ÿ˜‰

More Less
Apa itu Bisnis Dropnshop? Baik dan Buruknya

Apa itu Bisnis Dropnshop? Baik dan Buruknya

Apa itu Bisnis DropnShop? Baik dan Buruknya – Jika kamu menggunakan Instagram tentunya akan banyak sekali menemukan akun yang menawarkan bisnis dropnshop ini. Bisnis dropnshop ini adalah bisnis yang menawarkan paket database berupa kontak suplier baik itu kontak WhatsApp, id Line, nomor handphone, kontak hape, nama akun instagram dan lainnya. Bisnis ini cukup menggiurkan karena dengan menjual database dropnshop ini kamu bisa mendapatkan ratusan dan juga jutaan rupiah perharinya. Tak heran jika bisnis ini begitu booming di Instagram.

 

ilustrasi-seorang-businessman-pria-bisnis-pixabay-min.jpg
Sumber Gambar: Pixabay

 

Mungkin juga booming di sosial media yang lain, tapi saya lebih sering menemukannya di Instagram. Tawaran yang cukup menarik berasal dari testimoni anggota yang menjelaskan bahwa dia berhasil mendapatkan penghasilan hingga puluhan juta dalam sebulan. Ada juga yang berhasil membeli rumah, membeli mobil baru, dan bisa juga jalan-jalan dari uang hasil dropnshop.

 

Ada banyak pro dan yang kontra terhadap bisnis ini. Di blog yang satu sangat mendukung bisnis ini, namun di blog/forum online begitu menentang bisnis ini. Namun kita perlu melihat dari dua sisi, sisi baik dan sisi buruknya.

 

Sisi baik dari Bisnis Dropnshop

Bisnis ini sedikit banyak tentunya memberikan manfaat bagi bisnis dan orang yang menjual database. Berdasarkan pengalaman setelah saya bekerja diperusahaan, database itu sangat penting. Dengan database kita bisa mengajak konsumen yang sudah pergi untuk datang kembali membeli produk yang ditawarkan. Bahkan hampir sebagian besar riset yang kita lakukan dikantor sebagian besar menggunakan database.

 

Dalam hal ini bisnis dropnshop berisi sejumlah kontak supplier pebisnis online, yang mana dengan kontak ini bisa meningkatkan volume penjualan produk. Ini membuat barang digudang suplier akan habis terjual. Untuk pemegang database dengan ini bisa dengan mudah menjadi seorang dropship, tanpa harus punya stok barang tapi tetap bisa jualan. Jika berjualan tentunya bisa mendapatkan penghasilan.

 

Sisi Buruk dari Bisnis Dropnshop

Saya sendiri bukan korban dan bukan pula penggiat bisnis dropnshop ini. Jadi disini posisi saya netral. Disebagian orang ada yang beranggapan bahwa bisnis dropnshop ini berisi kontak palsu. Namun saya tidak bisa memberikan kepastian apakah palsu atau tidak. Seandainya ini palsu, tentu ini sangat merugikan mereka yang membeli database seharga 300 ribu sampai 400 ribu. Tentunya ini sangat tidak baik dan masuk dalam kategori cybercrime (penipuan online). Tapi jika database asli ini tidak akan menjadi masalah.

 

Selanjutnya dimasa depan pelaku bisnis jual database ini semakin banyak. Tentunya akan ada saat dimana pasar merasa jenuh. Belum lagi jumlah member dropnshop yang ribuan, tentunya sesama member akan saling bersaing antara satu dengan yang lainnya. Alhasil penghasilan satu orang yang jutaan rupiah perhari tentunya semakin lama akan semakin berkurang. Ini karena diluar sana banyak orang yang ikut menjual database dropnshop.

 

Ilustrasinya seperti ojek online saja. Ketika belum banyak yang orang yang menjadi driver Gojek penghasilan per orang bisa sampai 10 jutaan perbulan. Tetapi setelah driver Gojek semakin banyak maka penghasilan driver gojek menjadi berkurang. Tidak lagi sampai 10 juta perbulan. Ini hanya ilustrasi ya. Semoga bisa dipahami.

 

Singkat kata dari saya, intinya dropnshop bukanlah bisnis yang bagus untuk jangka panjang. Namun kalau kamu ingin mencoba bisnis ini, saya pun tidak melarang karena itu hak anda. Tentunya anda yang bergabung harus siap dengan tantangan dan risiko yang akan dihadapi.

Bisnis Apa yang Cepat Menghasilkan Uang?

Bisnis Apa yang Cepat Menghasilkan Uang?

Bisnis Apa yang Cepat Menghasilkan Uang? – Bercerita tentang bisnis yang cepat menghasilkan uang dengan cepat, sebenarnya tidak ada bisnis yang cepat menghasilkan uang. Bukan karena sok tau, tapi ini berdasarkan pengalaman yang dirasakan oleh masing-masing orang termasuk saya sendiri.

Meskipun banyak orang yang menghasilkan uang dalam jumlah yang besar dalam waktu yang lumayan singkat, namun itu hanya keberhasilan yang diraihnya pada masa sekarang ini. Jika kita balik lagi pada masa 5 hingga 20 tahun kebelakang, kita akan melihat betapa sulitnya keadaan yang dihadapinya dimasa lalu. Hingga pada akhirnya sekarang ini kita bisa menyaksikan kesuksesan yang diraihnya.

Bisnis Apa yang Cepat Menghasilkan Uang?
Sumber: Techinasia.com

Tidak ada Bisnis yang Bisa Menghasilkan Uang secara Instan seperti Merebus Mie Instan

Intinya jarang dan mungkin tidak ada bisnis yang bisa menghasilkan uang dengan cepat. Dapat uang dari bisnis membutuhkan usaha, kerja keras, kesabaran, jerih payah, semangat yang tinggi, perjuangan dan mental yang tidak mudah menyerah.

Banyak orang yang bikin tulisan di blog tentang cara menghasilkan uang dengan cepat melalui internet, blog, aplikasi, jualan online dan lain-lainya. Namun semua itu membutuhkan usaha, yang pasti membutuhkan usaha yang keras.

Semua Usaha atau Bisnis Bisa Membawa Kesuksesan

Perlu teman-teman ketahui bahwa semua bisnis yang dijalankan bisa mendatangkan uang dan mendatangkan kesuksesan. Kalau sudah sukses dan berhasil mencari uang tidak membutuhkan waktu yang lama, yang butuh waktu lama adalah usahanya. Jalan menuju sukses itu panjang dan berliku-liku, sehingga kita harus tetap konsisten dengan usaha yang kita jalankan.

Meskipun banyak orang yang merekomendasikan bisnis yang cepat menghasilkan uang seperti affiliasi, forek, saham, calo atau makelar, blogger, dan jualan online. Semua yang disebutkan juga butuh usaha, jadi tidak bisa tiba-tiba langsung dapat uang banyak.

Kerjakan Bisnis Sesuai dengan Minat, Bakat, Ketertarikan, Passion dan Kemampuan

Sekarang ini banyak sekali orang yang meremehkan bisnis tertentu. Mereka memandang hanya bisnis tertentu saja yang bisa sukses. Namun diluar sana ada banyak model dan bentuk bisnis yang aneh dan janggal namun sukses. Orang yang berpandangan seperti ini membutuhkan piknik agar wawasannya bisa lebih luas.

Jika tertarik dalam bidang musik, maka jadikan musik sebagai bisnis yang menghasilkan. Jika suka menulis jadikan kemampuan menulis sebagai bisnis yang menghasilkan karya yang bernilai jual. Begitu pula dengan bisnis yang lainnya. Satu lagi, perbanyak membaca agar wawasan lebih luas dan pikiran lebih terbuka.

Namun berdasarkan pantauan, bisnis dibidang teknologi menjadi bisnis yang menjanjikan. Karena dalam waktu yang singkat menghasilkan uang dalam jumlah besar.

Oleh sebab itu jika ingin mendapatkan pendapatan yang besar dalam waktu yang relatif singkat, miliki kemampuan dalam bidang teknologi seperti komputer, membuat aplikasi atau software, pakar keamanan jaringan, dan banyak lagi. Ini bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis.

Kesimpulannya

Berusaha lebih keras lagi untuk mendapatkan penghasilan memang penting. Pilih pekerjaan sesuai dengan kemampuan, passion dan latar belakang pendidikan yang kita miliki.

*)

Peluang Usaha : Makanan Apa yang Laku Dijual dan Sering Dibeli oleh Mahasiwa Kampus?

Makanan Apa yang Laku Dijual dan Sering Dibeli oleh Mahasiwa Kampus? – Dunia kampus merupakan dunia yang sangat jauh berbeda dengan dunia sekolah. Lingkungan kampus juga berbeda dengan lingkungan sekolah. Orang-orang yang kita temukan juga berbeda.

Kampus merupakan lingkungan yang menjadi tempat untuk menuntut ilmu bagi banyak orang. Di kampus saya di kota Bandung (UPI Bandung) saja setiap tahun ada sekitar 6.000 mahasiswa baru yang masuk ke kampus.

Diperkirakan mahasiswa untuk kampus saya berjumlah lebih kurang 30.000 mahasiswa. Ini merupakan jumlah yang besar dan berkali-kali lipat dibandingkan dengan jumlah anak sekolah waktu SMA dulu.

Dengan jumlah mahasiswa yang banyak tersebut tentunya kebutuhan untuk konsumsi merupakan hal yang harus dipenuhi oleh mahasiswa. Sehingga berbagai macam permintaan makanan datang dari kalangan mahasiswa.

Makanan Apa yang Laku Dijual dan Sering Dibeli oleh Mahasiwa Kampus?
Sumber: Pixabay

Apa Makanan yang Laku Dijual dan Sering Dibeli oleh Mahasiwa Kampus?

Saya merupakan seorang mahasiswa tingkat akhir (doakan ya skripsi saya cepat selesai hehe), sudah 3 tahun lebih saya menyandang status mahasiswa. Jadi saya tahu betul makanan apa saja yang laku dijual untuk mahasiswa. Apalagi kebanyakan mahasiswa merupakan anak kost jadi saya juga banyak tahu makanan apa saja yang dibutuhkan oleh anak kost.

Untuk jenis makanan yang disukai mahasiswa sebenarnya sedikit berbeda dengan anak SMA. Ketika SMA dulu biasanya lebih menyukai makan ringan atau makanan cemilan alias makanan ringan. Namun berbeda lagi dengan anak kuliah atau mahasiswa yang kuliah di kampus.

Mahasiswa atau anak kuliahan biasanya juga menyukai makanan ringan seperti di SMA dulu tapi dimakan bersama dengan makanan berat. Makanan ringan disini maksudnya kerupuk, gorengan dan jajanan lainnya. Sedangkan makanan berat adalah makanan yang mengandung nasi contohnya nasi dan ayam goreng, nasi padang, nasi goreng dan seterusnya.

Agar lebih mudah akan saya ilustrasikan, misalnya kita makan nasi ayam goreng tapi ditambah dengan gorengan (makanan ringan + makan berat). Tapi yang seperti ini biasanya dilakukan oleh mahasiswa yang memiliki sumber daya uang yang minim contohnya anak kosan.

Mahasiswa kosan biasanya memilih makanan yang bisa untuk sekalian sarapan, makan siang atau makan malam. Jadi tidak ada istilah jajan, karena jajannya sekaligus untuk makan. Namun anak kosan yang memiliki sumber daya dana yang besar biasanya mereka juga membeli makanan lainnya.

Mahasiswa biasanya sering membeli makanan ketempat yang harganya murah meriah seperti warteg, kantin, warung nasi padang dan rumah makan kecil lainnya.

Selain itu mahasiswa biasanya juga menyukai jajanan yang unik dan yang berbeda dengan makanan pada umumnya. Makanan unik yang biasanya sering dibeli oleh mahasiswa diantaranyanya makanan yang berbau Jepangseperti ramen, tepan, teriyaki, dan lain-lain.

Selain itu mahasiswa biasanya sudah mulai suka dengan makanan yang agar kebarat-baratan (western) seperti ayam tepung goreng, burger, spageti ya intinya makanan yang fast food (siap saji) gitu. Intinya mah kalau mau jual makanan ke mahasiswa itu yang terpenting harganya murah (harga mahasiswa) tapi rasanya tetap enak dilidah.

Untuk jenis minuman sebenarnya jual apa saja bisa laku sama mahasiswa asalkan minuman yang dingin atau pakai es gitu.

Sebenarnya untuk jenis makanan yang laku dijual kepada mahasiswa jenis ada banyak sekali. Di kawasan kampus saya saja ada ratusan jenis makanan yang sering dijual kepada mahasiswa dan itu laku. Dan setiap tahun selalu ada jenis makanan dan minuman baru yang muncul.

Kalau ingin jelasnya sebaiknya coba datang berkunjung kekawasan kampus tertentu dan lihat jenis makanan apa saja yang laku dijual disana. Selain itu jika dekat dengan kawasan kota Bandung bisa datang ke kawasan pusat jajanan mahasiswa kampus UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) Bandung yaitu Geger Kalong Girang lokasinya berdekatan dengan Pesantren Darut Tauhiid Aa Gym.

Geger Kalong Girang merupakan nama jalan dan bukan nama bangunan. Nah disepanjang jalan Geger Kalong (disingkat menjadi Gerlong) terdapat banyak sekali jajanan untuk mahasiswa. Datang sekaligus sambil jalan-jalan untuk mendapatkan inspirasi dalam menjalankan usaha kuliner anda.

*)

Peluang Usaha Makanan atau Minumana yang Cocok Dijual untuk Para Pelajar dan Anak Sekolah

Makanan atau Minuman yang Cocok Dijual untuk Para Pelajar dan Anak Sekolah – Berbisnis memang tidak mengenal usia. Tua muda memiliki kesempatan untuk berbisnis namun kembali kepada pribadi masing-masing, ingin memanfaatkan kesempatan itu atau tidak.

Sekolahmerupakan lahan yang cocok untuk berbisnis dan membuka usaha. Yang menjadi target pasar atau konsumen di lingkungan sekolah adalah anak sekolah itu sendiri. Semakin banyak jumlah siswa semakin bagus.

Untuk lingkungan sekolah sebenarnya ada banyak peluang yang bisa manfaatkan untuk berbisnis. Ada bidang kuliner ada bisnis makanan dan minuman yang layak diperjual belikan di lingkungan sekolah.

Makanan atau Minumana yang Cocok Dijual untuk Para Pelajar dan Anak Sekolah
Sumber: Blog Unpad

A. Bisnis Makanan yang Cocok Dijual untuk Para Pelajar dan Anak Sekolah

Untuk bisnis makanan yang layak dijual kepada siswa sebagian besar memiliki harga yang tidak terlalu mahal. Hal ini disesuaikan dengan uang saku yang dibawa oleh para siswa sehingga harganya harus disesuaikan terlebih dahulu.

Misalnya untuk anak SD, SMP dan SMA masing-masing memiliki harga yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Berikut ini ada beberapa daftar makanan yang bisa dijual kepada anak sekolah, diantaranya:

  • Bakwan atau bala-bala.
  • Tahu isi goreng.
  • Bakso goreng atau basreng.
  • Cilok.
  • Cimol.
  • Tempe goreng.
  • Pisang molen.
  • Onde-onde.
  • Pisang goreng.
  • Ubi goreng.
  • Singkong goreng.
  • Ubi rebus.
  • Pisang rebus.
  • Singkong rebus.
  • Pisang coklat.
  • Ayam goreng tepung.
  • Sosis goreng.
  • Sosis bakar.
  • Bakso bakar.
  • Bakso.
  • Bubur ayam.
  • Bubur kacang.
  • Miso.
  • Nasi kuning.
  • Lontong sayur.
  • Lontong kari.
  • Mie goreng.
  • Gulungan telur goreng.
  • Sate.
  • Bakso tahu.
  • Keripik dan kerupuk.
  • Buah-buahan segar.
  • Permen gula-gula.
  • Rujak buah.
  • Batagor.
  • Nasi goreng.
  • Pastel.
  • Lontong.
  • Bakso ikan.
  • Ketoprak.
  • Mie kuah.
  • Snack dan makanan lainnya.

Diatas ada banyak jenis makanan yang biasa ditemukan di lingkungan sekitar sekolah. Disana ada berbagai macam makanan baik itu makanan tradisional maupun makanan yang modern. Jajanan khas dari berbagai macam daerah. Jika kita punya ide lain selain yang diatas juga bisa dijual dilingkungan sekolah.

B. Bisnis Minuman yang Cocok Dijual untuk Para Pelajar dan Anak Sekolah

Untuk bisnis minuman yang biasa dijual dilingkungan sekolah biasanya lebih kepada minuman ringan dan minuman dingin. Apalagi jika siswa sekolah selesai olahraga mereka lebih memilih minuman jenis ini. Namun selain itu juga ada jenis minuman lainnya. Jenis minuman yang cocok dijual dilingkungan sekolah diantaranya.

  • Jus berbagai macam buah.
  • Es buah.
  • Es campur.
  • Es cendol.
  • Es teh manis.
  • Es krim.
  • Es jeruk dan lemon.
  • Es kelapa muda.
  • Es serut.
  • Air putih mineral dalam kemasan.
  • Air minum rasa-rasa lainnya.

Yang disampaikan diatas merupakan jenis minuman yang disukai oleh anak sekolah. Sebagian besar lebih didominasi oleh minuman dingin. Namun juga terdapat jenis minuman air putih.

Tiap sekolah berbeda antara yang satu dengan yang lainnya sehingga selera atau jenis minuman yang disukai juga berbeda. Peluang bisnis diatas layak dicoba, tapi kita juga membutuhkan kreatifitas agar menjadi lebih baik lagi.

*)

5 Peluang Usaha di Lingkungan Sekolah

5 Peluang Usaha di Lingkungan Sekolah – Memulai suatu usaha tidak perlu membutuhkan modal yang besar karena dengan modal yang kecil kita juga bisa memulai usaha. Melakukan usaha tidak melihat umur atau usia karena tua, muda, anak-anak, remaja, orang dewasa, laki-laki dan perempuan semuanya memiliki kesempatan yang sama untuk melakukan usaha.

Anak sekolah juga memiliki kesempatan yang sama untuk melakukan usaha bisnis meskipun dalam skala yang masih kecil. Anak sekolah yang cerdas dalam berbisnis adalah anak sekolah yang mampu melihat peluang yang ada disekitarnya.

5 Peluang Usaha di Lingkungan Sekolah
Sumber: Blog Unpad

5 Peluang Usaha yang Dapat Dimunculkan di Lingkungan Sekolah

Jika kita menyadari ada banyak sekali peluang usaha atau peluang bisnis yang bisa dijalankan oleh anak sekolah. Berikut ini beberapa peluang usaha yang ada dilingkungan sekolah.

1. Usaha Jualan Gorengan di Sekolah

Di lingkungan sekitar kita ada banyak sekali jenis gorengan yang dijual. Berikut ini ada beberapa jenis gorengan yang dikenal di masyarakat, diantaranya:

  • Tahu isi
  • Bala-bala atau bakwan.
  • Tempe.
  • Cireng.
  • Cimol.
  • Cilok.
  • Combro.
  • Cilor.
  • Ubi Keju.
  • Molen.
  • Pisang Goreng.
  • Pastel.
  • Resoles.
  • Dan lain-lain.

Jika dilihat dari daftar diatas ada banyak sekali jenis gorengan yang ada dilingkungan kita sehari-hari. Dari daftar diatas terdapat 13 jenis gorengan yang sering dijual di masyarakat. Tapi saat ini ada banyak makanan gorengan diatas yang dicampur dengan berbahaya dengan tujuan agar lebih enak, gurih dan enak di mulut.

Beberapa bahan bahaya yang sering dicampur kedalam makanan adalah formalin, borak, plastik, pewarna tekstil, dan banyak lagi. Bahan-bahan diatas yang membuat jajanan gorengan diatas menjadi tidak sehat lagi. Sehingga dengan peluang ini kita bisa memanfaatkannya dengan usaha gorengan yang sehat tanpa bahan berbahaya.

2. Berjualan Makanan atau Minuman

Ringan dari Cokelat dan Susu
Saya sebagai orang yang pernah menjadi anak sekolah membuat saya sedikit mengerti dengan selera anak sekolah. Anak sekolahan biasanya menyukai makanan atau minuman yang berbahan dasar susu dan coklat. Karena selain sehat dan bergizi makanan atau minuman dari susu dan coklat bagus untuk otak. Sehingga nanti anak sekolah bisa pintar dan pandai.

Namun terlepas dari itu semua yang jelas anak sekolah suka dengan makanan dari susu dan coklat, karena manis dan harganya terjangkau untuk kantong anak sekolahan. Karena uang saku anak sekolah tidak banyak. Berikut ini beberapa olahan makanan dan minuman dari susu dan coklat.

  • Minuman susu coklat.
  • Minuman susu.
  • Minuman dari coklat cair.
  • Biskuit susu.
  • Biskuit coklat.
  • Puding coklat.
  • Puding susu.
  • Dan lain-lain.

Sebenarnya selain yang diatas ada banyak lagi olahan makanan dan minuman yang terbuat dari susu dan coklat. Yang diatas merupakan gambaran kecil tentang produk yang terbuat dari susu dan coklat. Jika kita memiliki kreatifitas ada banyak jenis produk lain yang bisa dibuat dari olahan susu dan coklat.

3. Usaha Jualan Pulsa dan Paket Data Internet Smartphone

Anak sekolah zaman sekarang tidak sama dengan anak sekolah zaman saya dulu yang tidak memiliki ponsel sendiri. Sekarang ini ada banyak anak sekolah yang membawa ponsel dan banyak juga yang memiliki smartphone atau ponsel pintar.

Jika sudah memiliki ponsel atau smartphone tentunya kita membutuhkan pulsa agar bisa berkomunikasi. Oleh sebab itu untuk memenuhi kebutuhan teman-teman sekolah yang membutuhkan pulsa kita bisa menjadi fasilitator dengan cara jualan pulsa di sekolah.

Namun kita hampir melupakan satu hal yaitu jualan paket data internet. Anak sekolah sekarang sudah akrab dengan teknologi sehingga meskipun masih sekolah tapi sudah bisa menggunakan smartphone. Untuk bisa internetan, Facebookan, Twitteran, Kaskusan, chattingan BBM, LINE, WhatsApp kita butuh internet sehingga disana ada peluang untuk kartu perdana internet.

4. Jual Jasa Pengetikan, Foto Copy dan Print Tugas

Anak sekolah memang akrab dengan tugas dan PR sehingga ada beberapa tugas yang harus diketik, foto copy atau diprint. Jika kita memiliki keahlian dalam mengetik dan print bisa ditawarkan ke teman-teman sekolah. Kan lumayan bisa menambah penghasilan.

Selain pengetikan dan print ada beberapa tugas lain sekolah lain yang bisa tawarkan seperti pembuatan makalah, mencari artikel, mencari gambar dan banyak lagi. Ini juga bisa ditawarkan ke teman-teman sekolah.

5. Usaha Alat Tulis Sekolah

Anak sekolah sangat akrab sekali denga peralatan sekolah seperti buku, pulpen, pensil, penghapus, hvs, tipe X, penggaris, jangka, dan banyak lagi. Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika kita menjual peralatan tersebut karena pasti banyak yang mau membelinya. Agar tidak repot sebaiknya menjual jika ada orderan atau ada pesanan saja.

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa peluang usaha yang sering ada dilingkungan sekolah. Perlu teman-teman ketahui bahwa ini hanyalah contoh dan gambaran saja, selain yang saya sebutkan masih banyak lagi peluang usaha yang ada disekolah. Namun kembali lagi tergantung pada kreatifitas dan kecerdasan pikiran dalam memanfaatkan peluang dan kesempatan yang ada.

*)

8 Peluang Usaha yang Cocok Untuk Daerah Pesisir Pantai

8 Peluang Usaha yang Cocok Untuk Daerah Pesisir Pantai – Bertravel Forum – Daerah pesisir merupakan daerah yang berdekatan dengan laut atau pantai. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki pantai terbanyak di dunia. Bahkan Indonesia didaulat sebagai negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Ini artinya Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dan menguntungkan sekali apabila benar-benar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Di Indonesia pantai juga terbagi menjadi beberapa jenis, tapi secara umum pantai itu terbagi dua yaitu pantai untuk wisata dan pantai untuk nelayan. Sebenarnya baik itu pantai wisata maupun kawasan nelayan, sebenarnya sama saja karena sama-sama bisa dimanfaat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat disekitar pantai kita perlu memanfaatkan peluang-peluang yang ada. Perlu memanfaatkan peluang usaha dan bisnis yang ada disekitar pesisir pantai.

8 Peluang Usaha yang Cocok Untuk Daerah Pesisir Pantai

8 Peluang Usaha yang Cocok Untuk Daerah Pesisir Pantai

Membahas mengenai peluang usaha, peluang bisnis yang cocok dan sesuai untuk daerah disekitar pantai, sebenarnya ada banyak sekali. Dan terkadang peluang usaha tersebut tidak disadari oleh masyarakat sekitar pantai itu sendiri, malahan orang yang bukan dari kawasan pantai yang bisa melihat peluang tersebut. Oleh karena itu kita akan memberikan beberapa gambaran peluang usaha yang terdapat diwilayah sekitar pantai.

1. Usaha Kecil Rumahan Industri Pengolahan Ikan

Tentunya sudah banyak yang mengetahui jika kawasan pesisir pantai memiliki sumber daya alam yang melimpah berupa ikan yang banyak. Selain ikan ada lagi hewan laut lain seperti seperti cumi-cumi, udang, kerang, dan lain-lain.

Tentunya tidak sama dengan wilayah daratan atau wilayah pengunungan yang memiliki jumlah ikan yang sedikit. Namun banyak orang pesisir yang tidak memanfaatkan peluang ini, mereka hanya menjual ikan yang mentah tanpa mengolahnya terlebih dahulu.

Padahal jika ikan yang banyak tersebut diolah lagi menjadi beberapa jenis makanan lain, tentu ikan tersebut menjadi lebih bernilai lagi dan harga jualnya bisa lebih mahal. Untuk pengolahan ikan kita tidak perlu yang muluk-muluk seperti pengolahan ikan menjadi makan ikan yang dikaleng seperti dipabrik-pabrik.

Cukup pengolahan ikan yang sederhana saja seperti ikan atau udang crispy, keripik dan kerupuk ikan, salai ikan, abon udang atau ikan, terasi atau berbagai makanan yang berbahan dasar ikan lainnya.

Mungkin bagi orang pesisir pantai ikan tidak terlalu berharga, karena melimpah banyak orang yang menjual ikan dengan harga murah. Namun perlu kita ketahui bagi orang-orang diwilayah perkotaan yang didaratan ikan merupakan sesuatu yang berharga. Harga jual ikan untuk wilayah yang jauh dari pantai lebih mahal ketimbang diwilayah pantai.

Oleh karena ikan yang banyak harganya menjadi murah dan kita bisa mendapatkan bahan mentah ikan dengan mudah untuk diolah. Usahakan hasil pengolahan ikan menjadi produk yang tahan lama.

Setelah ikan diolah kita perlu melakukan pengemasan ikan yang baik dan menarik agar orang tertarik membelinya. Perlu diketahui bahwa pengemasan bisa mempengaruhi harga jual produk.

Hasil produk olahan ikan jangan cuma di jual diwilayah sekitar pantai tapi disalurkan juga kewilayah perkotaan. Jika dijual dikota harganya pasti lebih mahal. Untuk mendapatkan pembeli jangan lupa manfaatkan sosial media dan internet, dengan internet kita bisa mendapatkan pembeli yang lebih banyak.

Produk olahan ikan biasanya akan laku dipasaran karena bisa dijadikan camilan atau makanan ringan, oleh-oleh, ciri khas suatu wilayah pantai, dan juga untuk konsumsi sebagai lauk pauk.

2. Peluang Usaha Penyaluran atau Pendistribusian Ikan

Untuk peluang bisnis ini saya kira ini sudah banyak diterapkan diberbagai wilayah pantai. Ikan yang ditangkap nelayan nanti akan dibeli dan akan dibawa kedaerah lain untuk dijual. Bisnis ini bagus, hanya saja rawan terjadi tindak kejahatan yang merugikan nelayan.

Tindak kejahatan tersebut bukan berupa pembunuhan dan kriminal lain, tetapi pendistribusi atau bandar (pengepul) membeli ikan dengan harga yang sangat murah dan terkadang malah merugikan nelayan.

Bisnis seperti ini boleh-boleh saja dilakukan tapi kita sebagai pendistribusi atau bandar ada baiknya membeli ikan dari nelayan dengan harga yang wajar. Meskipun bisnis tapi kita juga harus memperhatikan kesejahteraan nelayan setempat. Membayar hasil kerja nelayan dengan harga yang pantas tentuny akan membuat nelayan semangat untuk terus menangkap ikan di laut.

3. Bisnis Budidaya dan Pengolahan Rumput Laut

Rumput laut merupakan salah satu tumbuhan yang hidup dilaut. Rumput laut bisa dibudidayakan dan memiliki banyak manfaat sehingga banyak dicari oleh orang-orang. Rumput laut bisa dijadikan bahan campuran kosmetik, agar-agar gel, dan berbagai macam produk olahan makanan lainnya. Untuk pengepul rumput laut jika jumlahnya banyak bisa diekspor dan terkadang juga dicari oleh perusahaan besar yang mengolah rumput laut.

Selain itu ternyata rumput laut juga bisa dijadikan makan keripik, buktinya banyak olahan rumput laut yang dijadikan keripik yang ditemukan di pasaran. Selain keripik banyak lagi olahan makan lain yang berasal dari rumput laut.

4. Peluang Usaha Aksesoris dari Cangkang Hewan Laut

Wilayah pantai biasanya sering kita temukan cangkang kerang, siput dan cangkang hewan laut lainnya. Cangkang hewan laut seperti ini bisa dijadikan berbagai macam produk seperti gelang, hiasan, kalung, cincin, gantungan kunci, gantung handphone, wadah atau asbak rokok, dan lain-lainnya. Produk seperti ini bisa digunakan sehari-hari, oleh-oleh, perhiasan dan aksesoris lainnya. Bisa dijual secara convensional maupun secara online melalui internet.

5. Peluang Usaha Pendistribusian dan Pengolahan Kelapa

Pohon kelapa sering dijumpai diwilayah pantai, kelapa memiliki banyak manfaat mulai dari batang, daun, buah, cangkang, serabut kelapa dan juga air bisa kita manfaat sebagai peluang bisnis. Untuk buah kita bisa menjualnya kedaerah lain yang pohon kelapanya sedikit. Kelapa bisa dijual mentah bisa juga dijual dalam bentuk olahan buah kelapa.

6. Peluang Usaha Budidaya Mutiara

Mutiara merupakan salah satu hasil laut yang memiliki nilai yang tinggi dan harganya mahal. Mutiara sering dijadikan perhiasan. Mutiara dihasilkan oleh kerang mutiara. Jika kerang mutiara bisa dibudidayakan maka ini bisa menguntungkan karena harga jual yang tinggi. Dan jangan takut tidak laku karena pasti ada yang membelinya.

7. Bisnis dan Peluang Usaha Home Stay, Wisma atau Penginapan

Wilayah pantai yang ramai dikunjungi atau pantai wisata biasanya membutuhkan tempat penginapan untuk tempat tinggal sementara. Apalagi untuk wisatawan yang ingin tinggal beberapa hari didekat pantai.

Bisnis home stay atau penginapan sebenarnya sangat mudah karena rumah biasa juga bisa dijadikan home stay tanpa harus mewah seperti hotel. Penginapan seperti ini biasanya sering dijadikan alternatif karena harganya lebih murah dibandingkan dengan hotel. Bisnis seperti ini sudah banyak diterapkan di berbagai wilayah di Indonesia.

8. Peluang Usaha di Wilayah Pantai Wisata

Pantai wisata merupakan tempat yang banyak memiliki peluang bisnis. Di pantai wisata kita bisa membuka berbagai macam kegiatan bisnis seperti:

  • Perhotelan, penginapan, wisma dan home stay
  • Restoran, rumah makan, warung atau kedai makan
  • Wisata air seperti menyelam, berenang, wisata penyu, dan lain-lain
  • Oleh-oleh pantai wisata
  • Penyewaaan peralatan wisata air seperti perahu, peralatan menyelam, berenang dan banyak lagi
  • Sewa kendaraan bermotor
  • dan lainnya

Kesimpulannya

Jadi peluang itu sebenarnya sudah ada didepan mata kita tinggal kembali kepada diri kita masing-masing mau memanfaatkannya atau tidak. Berdasarkan uraian diatas ada banyak sekali ternyata peluang usaha bisnis untuk wilayah disekitar pantai baik itu berupa barang maupun berupa jas.

Jika itu memang benar-benar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya maka bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat disekitar pantai. Sebagai negara maritim yang memiliki garis pantai terpanjang, seharusnya Indonesia bisa sejahtera dengan pantainya.

*)

7 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Mulai Lelah, Bosan dan Jenuh dalam Berbisnis

7 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Mulai Lelah, Bosan dan Jenuh dalam Berbisnis – Bisnis sebenarnya merupakan suatu yang menyenangkan jika benar-benar kita nikmati. Menikmati bisnis adalah kita nyaman menjalankan bisnis yang kita geluti tersebut. Ada banyak sebab yang menyebabkan bisnis yang kita jalankan menjadi menyenangkan dan ada banyak pula yang menyebabkan kita jenuh dalam berbisnis.

7 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Mulai Lelah, Bosan dan Jenuh dalam Berbisnis
Sumber: Freepik

7 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Mulai Lelah, Bosan dan Jenuh dalam Berbisnis

Untuk mengatasi kejenuhan dalam berbisnis, ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Sebenarnya kita sendirilah yang paling mengerti cara mengatasi kejenuhan yang kita rasakan. Misalnya jika kita jenuh bermain game, kita sendiri yang paling mengerti mengatasi kejenuhan yang kita rasakan ketika bermain game, begitu juga dengan bisnis. Untuk baca uraian berikut ini.

1. Merefresh Pikiran agar Lebih Segar dan Semangat Menjalankan Bisnis

Caranya mengatasi kejenuhan dalam bisnis dengan refresing. Refreshing yang bisa dilakukan dengan jalan-jalan wisata, tidak terlalu memikirkan, berolahraga, menghabiskan waktu dengan teman-teman dan keluarga dan banyak lagi hal yang membuat pikiran kita menjadi segar dan lebih semangat menjalankan bisnis.

Selain yang disebutkan diatas masih banyak lagi yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan kejenuhan kita ketika berbisnis. Oleh karena itu penting bagi kita untuk memanfaatkan waktu liburan untuk menyegarkan pikiran. Jangan sia-siakan waktu liburan untuk bekerja. Waktu libur ya libur, waktu kerja ya kerja. Sehingga nantinya memasuki hari kerja kita tetap bisa semangat.

2. Mengubah Haluan Bisnis atau Menggantinya dengan Bisnis yang Menguntungkan

Sama seperti yang saya rasakan dahulu ketika saya berbisnis dibidang fashion. Hampir setengah tahun saya menjalankan bisnis fashion. Bisnis sudah berjalan lama tapi bisnis tersebut tidak menghasilkan keuntungan yang besar. Bukannya untung tapi malah rugi. Yang saya lakukan adalah mengganti dengan bisnis lain yang lebih menguntungkan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kenyamana dalam berbisnis salah satunya dipengaruhi oleh keuntungan yang didapatkan, makin besar keuntungan makin asik dan nyaman dalam menjalankan bisnis. Apalagi kalau kerjanya mudah tapi dapat untung besar, ini lebih asik lagi. Jujur saja, saya lebih suka kerja yang dapat untung besar tapi kerjanya mudah dan tidak ribet.

Perlu juga diketahui bahwa standar nyaman setiap orang berbeda antara yang satu dengan yang lain. Bisa saja pekerjaan tersebut mengasyikkan menurut orang tertentu, tapi bisa saja menurut yang lain pekerjaan tersebut membosankan. Intinya, pilih bisnis yang lain yang sekiranya bisa membuat kita nyaman dan tidak menbosankan.

3. Mencoba Bisnis yang Lebih Menantang

Tipe orang-orang didunia ini bermacam-macam. Ada yang tipenya menyukai tantangan dan ada pula yang pebisnis yang menghindari tantangan. Jika kita termasuk tipe orang yang menyukai tantangan, bisnis yang menantang seperti ini layak dicoba. Bisnis yang menantang bukan berarti bisnis yang ditentang oleh banyak orang atau hukum, tapi bisnis yang memiliki risiko yang besar.

4. Melakukan Studi Banding dengan Bidang Bisnis yang Sejenis

Sebenarnya yang membuat bisnis yang kita jalankan menyenangkan dan membosankan datang dari diri kita sendiri. Oleh karena kita yang paling tau cara mengatasinya. Cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menggubah strategi atau cara dibisnis yang kita jalankan agar tidak membosankan.

6. Membuat Unit Kegiatan Baru atau Inovasi dalam Berbisnis

Membuat kegiatan baru dalam bisnis bisa membantu mengatasi kejenuhan dan kebosanan dalam menjalankan bisnis. Jenuh dan bosan itu datang karena kegiatan yang sering kita lakukan hanya itu-itu saja, dan tidak ada jenis kegiatan baru. Membuat kegiatan baru dalam bisnis bisa dilakukan dengan cara berinovasi membuat produk baru atau menambah unit kegiatan bisnis yang baru.

7. Berhenti Sementara Waktu atau untuk Jangka Panjang

Berhenti atau vakum dari kegiatan bisnis merupakan langkah terakhir yang bisa dilakukan ketika kita sudah benar-benar jenuh ketika berbisnis. Untuk saat ini ada baiknya langkah ini diambil, tapi akan lebih baik lagi jika kita tetap melanjutkan bisnis yang sudah kita jalankan. Kalau vakum ada baiknya jangan vakum terlalu lama, dan berusahalah untuk tetap bangkit.

Kesimpulannya

Jika kita sudah mengalami kejenuhan dalam berbisnis, penting bagi kita untuk melakukan refresing sehingga kita bisa kembali semangat. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar kita kembali semangat. Jika tidak mau mengeluarkan banyak uang pilihlah yang murah meriah saja. Namun pada intinya kembali lagi pada kebutuhan kita masing-masing.

*)

6 Peluang Usaha yang Cocok untuk Wilayah Jalur Pendakian Gunung

Peluang Usaha yang Cocok untuk Wilayah Jalur Pendakian Gunung – Beberapa tahun terakhir mendaki gunung sudah menjadi trend baru dikalangan orang-orang muda di Indonesia. Sebenarnya mendaki gunung sudah menjadi hobi bagi orang-orang yang menyukai tantangan dan pengalaman perjalanan.

Namun semenjak muncul film dengan tema pendakian gunung yang dibintangi oleh pemain film terkenal, orang-orang mulai berbondong-bondong ingin menjadi pendaki gunung.

Bagi sebagaian orang mendaki gunung tentunya membutuhkan persiapan yang matang agar nantinya bisa sampai kepuncak dengan selamat. Mendaki membutuhkan perbekalan dan persiapan mulai dari mendaki di puncak hingga turun gunung.

Dengan banyaknya kebutuhan selama mendaki gunung, sebenarnya ada peluang bisnis dan peluang usaha yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat disekitar jalur pendakian gunung.

Peluang Usaha yang Cocok untuk Wilayah Jalur Pendakian Gunung
Sumber: Instagram Natgeo

6 Peluang Usaha yang Cocok untuk Wilayah Jalur Pendakian Gunung

Untuk peluang usaha yang bisa dilakukan di jalur pendakian gunung sebenarnya ada banyak. Bahkan sebagian peluang usaha tersebut sudah dijalankan oleh masyarakat sekitar pendakian gunung. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa usaha yang bisa dijalankan oleh masyarakat sekitar jalur pendakian gunung.

1. Peluang Usaha Oleh-Oleh Makanan Khas dan Souvenir

Gunung merupakan salah satu destinasi wisata yang dikunjungi oleh banyak orang dari berbagai daerah. Bukan hanya berasal dari masyarakat sekitar saja tapi dari juga dari daerah lain.

Untuk wisatawan dalam hal ini pendaki gunung sebelum pulang kerumah biasanya mereka akan membawa buah tangan berupa oleh-oleh baik itu makanan maupun camilan khas daerah pendakian tersebut. Beberapa daerah pendakian sudah banyak yang menerapkan ini dan alhamdulillah bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

2. Peluang Usaha Jual Makanan Ringan dan Gorengan di Pos Pendakian

Hampir semua pendaki biasanya sebelum pulang dan berangkat menuju puncak mereka akan berhenti dulu di pos pertama pendakian. Hal ini dilakukan untuk istirahat memulihkan tenaga untuk menuju puncak, menyiapkan perbekalan, sholat, makan atau minum di pos pertama, dan menyiapkan segala kebutuhan lainnya.

Pos pertama seperti ini biasanya ramai dikunjungi pendaki oleh sebab itu ada peluang usaha yang bisa dimanfaatkan yaitu membuka warung kecil yang menjual makanan. Tidak perlu makanan berat cukup jual makanan ringan saja karena sudah pasti dibeli oleh pendaki. Karena saya sendiri dan teman-teman lain ketika naik dan turun gunung pasti berhenti di pos pertama dan membeli makanan ringan.

3. Peluang Usaha Jualan Air Bersih dan Kebutuhan Pokok di Gunung

Secara jujur saya harus mengakui bahwa membawa persediaan air bersih dan beras di gunung merupakan pekerjaan yang berat. Sebenarnya yang membuat bobot tas carier untuk mendaki berat, bukan karena peralatan mendaki tapi karena air minum.

Membawa air minum dengan botol 1.5 liter sebanyak 2 sampai 4 buah menjadi pekerjaan yang sangat melelahkan. Beras juga bisa memberatkan tas. Oleh sebab itu ada baiknya kita memanfaatkan kelelahan pendaki dengan menjual air dan beras di gunung. Perlu juga teman-teman ketahui bahwa air menjadi komoditas yang paling berharga digunung.

4. Peluang Usaha Jual Aksesoris di Gunung

Mendaki gunung menjadi aktivitas yang amat menyenangkan jika kita benar-benar menikmati semua perjalanannya. Agar perjalanan lebih berkesan lagi tentunya ada beberapa aksesoris atau pernak pernik yang bisa dibawa pulang. Pernak pernik ini menjadi bukti bahwa kita pernah mendaki suatu gunung.

Sebenarnya ada banyak pernak pernik yang bisa dijual digunung beberapa di antaranya ada gantungan kunci dan emblem. Meskipun harga rendah tapi jika banyak pendaki yang membeli maka keuntungan yang didapatkan juga akan semakin banyak.

5. Peluang Usaha Jual Perlengkapan Mendaki

Perlengkapan mendaki merupakan kebutuhan yang diharus dibawa oleh pendaki. Perlengkapan untuk mendaki sebenarnya banyak namun kita bisa menjual peralatan mendaki yang kecil-kecil saja seperti ponco atau jaket hujan, sarung tangan, kupluk atau penutup kepala, kaos kaki, tali dan lain-lain. Biasanya pendaki membutuhkan peralatan ini untuk mendaki.

6. Peluang Usaha Tempat Penginapan untuk Pendaki di Gunung

Setiap gunung menerapkan aturan yang berbeda misalnya Gunung Semeru memiliki aturan yang berbeda dengan Gunung Slamet. Penjaga dikaki gunung biasanya juga memiliki jadwal ketika mendaki. Setiap gunung memiliki batas waktu pendakian, untuk pendaki yang melewati batas tidak boleh naik dan harus menginap terlebih dahulu di pos. Saat ini banyak gunung yang belum memiliki tempat untuk menginap.

Kalau tidak hujan kita bisa memasang tenda di luar tapi kalau hujan kita harus menginap di dalam ruangan. Ruangan untuk menginap bagi para pendaki ini bisa dijadikan peluang bisnis. Untuk ruang kita tidak perlu bangunan yang bagus, asalkan bisa tidur istirahat dan bisa memulihkan tenaga untuk esok harinya. Untuk tarif disesuaikan saja dan jangan memasang tarif yang tinggi.

Kesimpulan

Itulah beberapa peluang usaha yang bisa dijalankan di gunung. Selain yang saya sebutkan diatas sebenarnya masih banyak lagi bisnis yang bisa dijalankan digunung. Harapannya peluang ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan mampu meningkat kesejahteraan masyarakat di sekitar jalur pendakian. Dan bisa meningkat pariwisata untuk daerah yang memiliki gunung.

*)

Chat Sekarang!
1
Order Iklan Sekarang? Klik Disini!
Hallo, Saya Mutiara.
Selamat datang di Bertravel Media.
Butuh bantuan, ingin order iklan, ada pertanyaan, konsultasi iklan, ingin buat website, ingin buat landingpage atau yang lainnya.
Klik "Chat Sekarang".