7 Cara Mengatasi Persaingan Keyword di Mesin Pencari

7 Cara Mengatasi Persaingan Keyword di Mesin Pencari

7 Cara Mengatasi Persaingan Keyword di Mesin Pencari – Setiap blogger, pemilik usaha, para marketer pasti ingin menjadi nomor satu di mesin pencari atau menjadi juara di search engine baik itu Google, Yahoo ataupun Bing. Mengapa banyak yang orang menginginkan posisi nomor satu di search engine? Karena peringkat satu di mesin pencari merupakan ladang trafik bagi siapapun yang menempati posisi ini.

Bagi blogger yang menempati peringkat 1 maka akan mendatangkan trafik yang melimpah dan menguntungkan jika mengikuti program iklan Google Adsense atau program yang lain. Bagi yang memiliki bisnis online maka pendapatan melalui penjualan dan orderan semakin meningkat, dan banyak manfaat yang kita dapatkan ketika berada di peringkat 1 mesin pencari.

Namun yang menjadi pertanyaan bagaimanakah cara agar berada di peringkat 1 mesin pencari? Bagaimana cara mengatasi persaingan keyword ini? Jawabnya jika ingin menjadi yang peringkat satu di mesin pencari yaitu dengan menyesuaikan keyword. Keyword sama dengan kata kunci yang mengarahkan mesin pencari untuk menemukan blog atau website kita.

7 Cara Mengatasi Persaingan Keyword di Mesin Pencari
Sumber: Pixabay

7 Cara Mengatasi Persaingan Keyword di Mesin Pencari

Saat ini persaingan keyword atau kata kunci yang posisinya strategis (paling banyak peminatnya) kini sudah semakin sengit dan jumlah kompetitornya semakin banyak. Dalam mengatasi persaingan keyword atau kata kunci ini ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan.

1. Menempatkan Keyword yang Menjadi Target dalam Alamat URL Blog

Jika kita ingin menjadi rangking pertama di mesin pencari penggunaan kata kunci yang tepat memang sangat penting. Misalnya kata kunci atau keyword yang ingin kita jadikan target adalah Tutorial Komputer, maka yang harus dilakukan adalah menempatkan kata kunci Tutorial Komputer ke dalam blog atau website kita.

Bisa dengan memasukkan keyword yang ingin kita tuju kedalam ALAMAT BLOG ATAU WEBSITE kita contohnya www.tutorial-komputer.com atau tutorial-komputer.blogspot.com atau tutorial-komputer.wordpress.com.

2. Menempatkan Keyword yang Menjadi Target dalam Nama Blog

Agar semakin kuat gunakan kata kunci pada JUDUL BLOG kita misalnya Tutorial Komputer. Agar lebih kuat lagi masukkan META TAG DESKRIPSI DAN META KEYWORD pada blog atau website, cara memasang deskripsi pada blog ada di Mengatasi Masalah Skor SEO CHKME.

Iklan Baris Online Gratis Jualme Indonesia

Agar semakin kuat masukkan juga keyword misalnya Tutorial Komputer kedalam setiap POSTINGAN minimal 3 kali pengulangan keyword atau kata kunci semakin banyak semakin bagus. Agar semakin kuat lagi beri LABEL postingan atau KATEGORI dengan keyword didalamnya misalnya dengan memberikan label Tutorial Komputer.

3. Membuat Konten dengan Rutin Minimal 1 Kali Seminggu, lebih banyak lagi lebih bagus

Buatlah konten yang bagus dengan rutin di blog atau website. Konten harus selalu di update atau diisi dengan konten baru atau postingan baru yang berkualitas agar blog atau website kita tidak menjadi web atau blog yang statis.

4. Membuat Konten yang Berkualitas dan Memberikan Manfaat bagi Pengunjung

Boleh-boleh saja membuat konten dengan rutin namun konten harus syarat dengan bobot kontennya. Jangan asal-asalan tapi harus berbobot dan bernilai.

5. Menerapkan Strategi “Blue Ocean Strategy”

Menurut beberapa artikel yang saya baca penerapan blue ocean strategy ini biasanya dilakukan dalam dunia bisnis, misalnya dengan menjalankan bisnis yang belum ada saingannya. Strategi samudra biru atau blue ocean strategy ini bisa diterapkan dalam dunia internet marketing.

Marketing itu sendiri bukan hanya sekedar menjual barang saja tapi proses mengkomunikasikan, mengenalkan itu juga termasuk bagian marketing. Blue ocean strategy ini bisa dibilang cara kita menghindari persaingan yang berdarah-darah (red ocean strategy) kemudian mencari peluang baru atau samudra yang biru (hening tanpa persaingan).

Ketika kita masuk kesini tidak ada siapa-siapa, jadi kitalah yang memulainya lebih dahulu dibandingkan orang lain. Ini juga berlaku dalam memenangkan persaingan keyword di mesin pencari, ketika orang lain belum menggunakan keyword tersebut kitalah yang memakai keyword tersebut.

Memang benar kalau kita menggunakan kata kunci atau keyword yang belum pernah atau peminatnya sedikit awalnya memang sepi. Tapi jangan khawatir seiring dengan berjalannya waktu nanti kata kunci ini akan semakin ramai dan walaupun ramai kita berpeluang besar menjadi juaranya.

6. Menerapkan Konsep Blog yang Membahas Pada Topik Tertentu Saja atau Blog Niche

Membuat blog yang fokus pada topik tertentu bisa membantu kamu memenangkan persaingan keyword tertentu. Misalnya kamu membuat blog tentang komputer maka sebaiknya buatlah konten yang fokus membahas komputer saja.

7. Menerapkan Teknik Optimasi Mesin Pencari yang Sesuai dan Relevan

Sebenarnya beberapa poin yang sudah disampaikan diatas sudah termasuk dengan teknik optimasi. Namun teknik optimasi yang disampaikan masih sederhana. Optimasi merupakan cara untuk mengoptimalkan blog dan postingan agar muncul dimesin pencari dan bisa memenangkan persaingan keyword dimesin pencari.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk memenangkan persaingan keyword di mesin pencari. Cara ini sudah banyak membantu dan sudah diterapkan. Cara ini aman dan bisa diterapkan di blog dan website masing-masing.

*)

Indri Lidiawati, Blogger Wanita Indonesia yang Sukses dari Malang

Indri Lidiawati, Blogger Wanita Indonesia yang Sukses dari Malang – Bagi kalangan blogger tentunya sudah mengenal sosok ibu rumah tangga ini. Siapa sih yang tidak kenal dengan mbak Indri Lidiawati? Saya lebih suka menyebutnya dengan panggilan mbak karena mbak Indri merupakan blogger wanita yang berasal dari Malang, Jawa Timur.

Mbak Indri merupakan seorang ibu rumah tangga yang terkenal karena kegigihannya dalam membangun sebuah blog. Tidak mudah baginya untuk mendapatkan apa yang sudah dicapainya pada saat ini. Berkali-kali mbak Indri jatuh bangun dan terus bangkit lagi, hingga ia bisa seperti sekarang ini.

Indri Lidiawati, Blogger Wanita Indonesia yang Sukses dari Malang
Sumber: Pixabay

Indri Lidiawati Pemilik dari Blog Juragancipir

Indri Lidiawati merupakan blogger yang tidak pelit untuk membagikan ilmunya. Semua pengalaman manis dan pahitnya dia curahkan kedalam tulisan di blognya. Dari awal mengenal blog hingga menjadi menjadi blogger terkenal. Dari yang tidak tahu apa-apa tentang Google Adsense hingga menjadi ahli dalam bidang Google Adsense. Semua ceritanya bisa dibaca di blog Jurangan Cipir di Juragancipir.

Sebenarnya selain blog dengan domain Juragancipir masih banyak lagi blog yang dikelola oleh mbak Indri. Hanya saja yang menjadi blog utama adalah blog Juragancipir.

Dulu blog Juragancipir masih menggunakan platform Blogger, yaitu blog dengan hosting gratis dari Google yang bisa digunakan secara gratis oleh siapapun. Tapi karena sudah memiliki dana yang cukup akhirnya Juragancipir beralih menggunakan sendiri (self hosting).

Topik yang Dibahas di Blog Jurangancipir

Sebagian besar topik yang dibahas di Blog Jurangancipir membahas tentang Google Adsense. Di sana dibahas secara lengkap tentang cara,tips, petunjuk dalam bermain Google Adsense.

Topik ini merupakan topik favorit para blogger karena banyak sekali blogger yang mencari informasi tentang Google Adsense, tapi tidak banyak yang mau berbagi pengalaman lewat tulisan di blog seperti mbak Indri.

Selain membahas Google Adsense blog mbak Indri ini juga membahas topik lain seperti dunia binatang, kuliner, tempat wisata, tips blogging, search engine optimization (seo) dan topik menarik lainnya. Blog mbak ini sering juga disebut sebagai blog gado-gado karena topiknya yang beragam.

Saat ini blog Juragancipir bukan hanya sebatas blog biasa, blog ini sudah punya tulisan yang jumlahnya diatas 2000 postingan. Sekarang ini blognya juga sudah memiliki rangking Alexa yang bagus. Tidak banyak blogger yang bisa mendapatkan rangking sebagus itu.

Untuk mempertahankan kepopuleran blognya mbak Indri juga sudah membuat forum kedalam blognya. Blogger-blogger lain bisa ikut berdiskusi membahas tentang Google Adsense di forum Juragancipir. Selain itu bagi mereka yang sudah terdaftar di forum Juragancipir bisa menjadi penulis atau kontributor di situs Juragancipir.

Tersedianya forum di blog Juragancipir ternyata sudah mengundang banyak penulis, sehingga tulisan di blog Juragancipir tidak lagi berasal dari Mbak Indri sendiri. Meskipun Mbak Indri tidak menulis ada banyak orang yang yang siap menulis di blognya.

Menurut saya ini strategi yang cerdik dari mbak Indri. Besar kemungkinan nantinya blog mbak Indri bisa menjadi seperti Kompasiana, Bersosial, Ads.id, Kaskus dan forum online yang besar lainnya.

Besar Pendapatan Blog Juragancipir

Saya pernah mencoba mencari tau tentang pendapatan blog Juragancipir di internet melalui beberapa website. Berdasarkan prediksi dari situs Siteprice.org blog Juragancipir.com bisa mendapatkan 6000 – 8000 dollar setiap bulannya. Tapi ini hanya prediksi, untuk lebih akuratnya mbak Indri lebih mengetahuinya ketimbang Siteprice.org.

Yang jelas sekarang ini blog Juragancipir sudah menghasilkan dollar. Hasil atau pendapatan blog Juragancipir sudah diterima setiap bulannya oleh mbak Indri Lidiawati. Namun kabarnya rangking blog Juragancipir terus mengalami penurunan.

Semoga informasi diatas bisa berguna dan bermaanfaat bagi pembaca. Bisa menjadi motivasi atau penyemangat bagi mereka yang masih berusaha mengejar pendapatan dari Google Adsense.

*)

Rp115ribu
Deal

Dari Bertravel Media, dapat paket iklan murah. Iklan muncul di FB dan IG sekaligus, CUMA SEKALI BAYAR gaiss... Biaya Rp115ribu untuk 3 hari. Jangan ragu, ambil paket iklan murah ini sekarang juga 😉

More Less

Marikxon Manurung, Blogger Indonesia yang Sukses dari Jakarta

Marikxon Manurung, Blogger yang Sukses dari Jakarta – Untuk mereka yang suka berselancara di internet yang ingin mencari materi tentang bisnis online, bisnis ukm, tips blogging tentunya pernah sampai ke blog ini Maxmanroe.com. Blog ini merupakan salah satu blog yang sukses dan berpegaruh di Indonesia dan memiliki banyak pengunjung setiap harinya. Blog yang sudah terkenal ini merupakan blog yang dimiliki oleh Marikxon Manurung.

Marikxon Manurung, Blogger Indonesia yang Sukses dari Jakarta
Sumber: Pixabay

Awal Mula Memasuki Dunia Blogging

Berdasarkan informasi Marikxon Manurung mulai mengenal dunia blogging dimulai sejak dunia tahun 2009 yang berawal dari teman kantor yang memiliki blog. Melihat teman yang memiliki blog akhirnya teritarik pula untuk ikut memiliki sebuah blog.

Searching ke internet hingga sampai ke situs yang mengajaarkan tentang cara membangun sebuah blog, internet marketing, bisnis online dan juga search engine optimization (SEO). Situs yang digunakan untuk belajar adalah AsianBrain.com dan Ads.id (dulunya Adsense-id.com).

Selain mendapatkan ilmu blogging dari AsianBrain.com dan Ads.id, Marikxon Manurung juga menerapkan ilmu blogging yang didapatkan secara otodidak yang dikolaborasikan dengan pengalaman pribadi di dunia blogging.

Sumber Trafik Blog Maxmanroe

Untuk mendapatkan banyak trafik Marikxon melakukan beberapa strategi yaitu dengan menggunakan mesin pencari (search engine), sosial media, email marketing dan memasang feed diblog lain. Untuk mendapatkan pengunjung dari mesin pencari Marikxon Manurung menerapkan teknik SEO (search engine optimization) agar selalu muncul di mesin pencari.

Untuk sosial media blog Maxmanroe memanfaatkan Facebook, Twitter, Pinterest dan Google Plusuntuk mendatangkan trafik karena blog Maxmanroe sudah memiliki banyak penggemar yang jumlahnya sudah puluhan ribu. Memasang feed atau semacam link dari blog lain juga dilakukan untuk mendapatkan trafik.

Berkat penerapan strategi blog ini berhasil mendapatkan banyak pengunjung blog setiap harinya yaitu berkisar antara 13.000 sampai dengan 16.000 setiap harinya. Jika angka ini dibandingkan dengan pengunjung blog lain jumlah pengunjung blog ini terbilang besar.

Sumber Pendapatan dan Pemasukan dari Blog

Sumber pendapatan Marikxom ini berasal dari banyak sumber dintaranya adalah Affiliasi Amazon, Google Adsense, iklan mandiri, toko online internet, dan beberapa sumber pendapatan lainnya. Marikxon sendiri memiliki beberapa blog yang bisa dijadikan sumber pendapatan.

Blog Maxmnroe.com sendiri sudah menghasilkan pendapatan yang besar bagi Marikxon. Berdasarkan prediksi (data ini belum bisa dipastikan kebenarannya) dari situs Siteprice.org yang diambil pada Oktober 2015, blog Maxmanroe.com bisa mendapatkan pendapatan perbulan sebanyak USD 4.925 perbulan atau setara dengan 60 jutaan perbulan. Diperkirakan pendapatan blog ini akan terus meningkat setiap bulan dan tahunnya namun bisa juga menurun.

Disaat banyak blogger lain yang berhenti dari profesi sebagai blogger, namun Marikxon Manurung tetap konsisten dalam dunia blognya.

*)

10 Cara Agar Artikel Cepat Terindeks di Google

10 Cara Agar Artikel Cepat Terindeks di Google – Ada berbagai macam cara yang bisa kita lakukan agar blog kita bisa terindeks oleh Google. Ada inilah itulah, banyak juga teman-teman blogger yang lain yang sudah menyampaikan pendapatnya. Hampir semua yang mereka sampaikan sama intinya itu-itu saja.

Namun yang salah dalam pemahaman adalah blog yang terindeks sama dengan blog yang berada pada halaman pertama pencarian Google, padahal hal tersebut salah. Yang dimaksud sudah terindeks adalah sudah masuk dalam hasil pencarian Google hanya saja belum muncul dihalaman pertama, mungkin saja berada di halaman ke empat lima dan seterusnya.

10 Cara Agar Artikel Cepat Terindeks di Google
Sumber: Pixabay

10 Cara Agar Artikel Cepat Terindeks di Google

Sebenarnya agar artikel di blog bisa di indeks dengan cepat bisa dilakukan dengan banyak cara dan cara ini mudah sekali diterapkan oleh kamu yang suka ngeblog.

1. Mendaftarkan Blog di Google Search Console agar Artikel bisa di Indeks

Jika ingin blog kita cepat terindeks oleh Google sebaiknya daftarkan blog di Webmaster Google (sekarang Google Webmaster menjadi Google Search Console). Bukan saya saja yang mengatakan ini penting, banyak yang lain juga mengatakan jika Webmaster Google mempengaruhi cepat lambatnya postingan terindex oleh Google.

Tidak bisa di pungkiri jika sumber trafik terbesar untuk blog itu yang paling besar berasal dari Google, jadi sudah seharusnya kita mendaftarkan blog ke Webmaster Google. Mendaftarkan webmaster Google caranya mudah hanya membutuhkan akun Google kemudian tinggal mengikuti langkahnya saja.

Ketika kita sudah mendaftarkan blog di Webmaster Google nantinya kita akan diberikan semacam kode verifikasi yang wajib kita pasang di HTML blog kita, jika kode sudah terpasang dengan benar maka di Webmaster Google akan ada pemberitahuan jika blog kita sudah tervefikasi.

2. Submit Sitemap Blog ke Google Search Console agar Artikel Cepat di Indeks

Ketika blog sudah terdaftar di Webmaster Google, sebaiknya kita harus memasukkan sitemap atau peta situs blog kita. Peta situs ini hanya bisa dibaca oleh mesin pencari saja. Peta situs tiap-tiap blog beda, misalnya wordpress dan blogger saja berbeda.

3. Submit Setiap Postingan ke Google

Katanya caranya lumayan bisa diandalkan apalagi jika blog kita masih baru atau domain baru, sudah seharusnya mensubmit artikel atau postingan terbaru kita disana. Ini bertujuan untuk memberitahukan Google jika blog kita itu ada dan sudah memiliki postingan terbaru. Tapi hati-hati jika terlalu sering mensubmit artikel ke Google nanti bisa di anggap sebagai SPAM.

Informasi: Sebenarnya kalau blog kamu sudah sering muncul di halaman Google. Kamu tidak perlu lagi terus menerus submit artikel ke Google.

4. Share ke Situs Berpagerank Tinggi dan Trafiknya Ramai

Share ke situs berpage rank tinggi bisa dilakukan dengan membagikan postingan blog kita misalnya ke situs yang reputasinya sudah baik menurut Google. Misalnya bisa kita lakukan dengan memposting artikel atau postingan kita disana dan disertai alamat url blog kita. Situs berpage rank tinggi misalnya situs social bookmark seperti Delicious, Lintas me, Lintas berita, Reddit, Vivalog, dan situs social bookmark lainnya.

Selain itu juga bisa di forum situs besar seperti forum Detik, Kompasiana, forum Tribunnews, forum Viva, forum Kaskus, dan banyaklagi forum yang lain. Jika memiliki akun media sosial seperti Twitter atau Facebook juga bisa dibagikan disana, semakin banyak orang mengunjungi blog lewati situs tersebut semakin mudah artikel atau postingan di index oleh Google.

5. Kamu Harus Rajin Memposting atau Membuat Artikel Baru di Blog yang Kamu Miliki

Google paling suka sama blog yang rajin mengupdate blog dengan memasang artikel terbaru. Semakin sering di update Google akan semakin suka dan mudah di index, tapi ingat postingannya harus buatan sendiri. Karena kalau hasil copy paste sama saja bunuh diri dan bakal dapat sanksi dari Google.

Semakin sering blog di update maka Google akan semakin kenal dengan blog kita. Nah pasti kita pernah melihat ketika mencari sesuatu dan portal berita berada di posisi paling atas bukan? Yap itu karena portal berita selalu mengupdate konten beritanya, padahal beritanya baru muncul beberapa menit yang lalu.

6. Perpanjangan Umur Domain atau Umur Blog yang Kamu Kelola

Biasanya semakin tua usia domain blog yang kita gunakan maka semakin cepat pula di index oleh Google. Jika usia domain blog tersebut tua maka Google sudah semakin kenal dengan domain tersebut, tetapi sebaliknya jika umur domain tersebut masih baru biasanya agak lama baru bisa terindex oleh Google karena Google belum mengenali domain baru tersebut dan butuh waktu yang lama agar Google mengenali blog baru tersebut.

Hal ini pasti dirasakan oleh teman blogger yang lain juga, tapi ketika domain blog kita sudah tua atau lama maka postingan blog kita semakin cepat terindex oleh Google bahkan dalam waktu beberapa menit saja sudah terindex. Bagi teman-teman yang masih baru sarannya yang sabar saja ambil menunggu usia domainnya tua.

7. Membangun Link Internal Menuju Blog yang Kamu Kelola

Membangun link internal caranya mudah misalnya membuat widget atau sidebar seperti posting terbaru, postingan populer, artikel terkait, link dalam postingan dan link lainnya. Hal ini juga membantu artikel kamu yang baru di posting cepat terindeks di Google.

8. Menggunakan Situs Ping untuk Memanggil Googlebot

Ping ini berguna untuk memberitahukan kepada mesin pencari bahwa kita memiliki domain baru atau postingan baru. Dengan Ping ini akan mempercepat proses penelusuran robot Google.

Ada beberapa situs ping yang sering digunakan saya sendiri mengguna pingmyurl.com, selain ada beberapa situs ping lainnya seperti pingomatic.com dan lain-lain. Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai terlalu sering melakukan Ping, dikhawatirkan takut dianggap SPAM dan malah tidak di index Google.

9. Membangun Link Eksternal yang Menuju ke Blog Kita

Ada juga yang mengatakan jika blog kita memiliki backlink akan semakin cepat di indeks oleh Google. Tapi menurut saya backlink untuk blog baru tidak usah terlalu dipikirkan, karena jika blog yang masih baru tapi sudah memiliki backlink yang banyak ini bisa di curigai oleh Google dan bisa terkena sanksi.

Saran saya gunakan yang normal-normal saja, yang tidak berdampak buruk bagi blog kita salah satunya dengan backlink organik. Bisa dengan berkomentar atau blog walking di blog wordpress.

10. Menghindari Sanksi dari Google

Ini cara terakhir yang paling ampuh agar blog kita bisa di indeks oleh Google dengan cara menghindari sanksi Google. Karena jika blog kita sudah mendapatkan sanksi dan sanksi tersebut merupakan sanksi yang paling keras dari Google maka dalam sekejap blog kita pun bisa hilang dari peredarannya atau disebut dengan deindex. Jangankan blog, situs besar sekalipun bisa terkena sanksi Google.

Situs besar saja bisa terkena sanksi apalagi situs web blog yang kecil, jadi jangan berpikir bahwa blog kita bisa aman dari sanksi Google. Masih mending blog kita berada di halaman pencarian ke dua atau tiga dan seterusnya yang penting masih dianggap, tapi jika sudah tidak di indeks Google maka wassalam buat blog kita. Copy paste jadi penyebab blog kamu dikenakan sanksi Google.

Kesimpulannya

Itulah cara yang bisa kamu lakukan agar blog kamu bisa dengan cepat di indeks oleh Google, semoga bermanfaat.

*)

5 Manfaat Menerima Pemasangan Iklan di Blog

5 Manfaat Menerima Pemasangan Iklan di Blog – Mengelola situs seperti blog atau web jika benar-benar dinikmati akan sangat mengasyikkan. Saya sendiri merasakan jika ngeblog merupakan bagian dari diri saya, saya menyukai tulis menulis dan mengeluarkan ide dalam bentuk tulisan. Sampai pada satu waktu saya merasa jika ngeblog merupakan hobi yang bisa memberikan manfaat bagi diri kita sendiri.

5 Manfaat Menerima Pemasangan Iklan di Blog
Sumber: Pixabay

5 Manfaat Menerima Pemasangan Iklan di Blog

Jika bercerita menfaat ngeblog, manfaatnya sangat banyak sekali. Dari sekian banyak manfaat ngeblog yang paling dirasakan adalah ketika blog kita sudah menerima pendapatan dari blog yang berasal dari iklan.

Pendapatan di blog hanya salah satu manfaat yang kita rasakan ketika blog kita sudah menerima pemasangan iklan, sebenarnya jika ditelaah lebih dalam lagi ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari memasang iklan di blog, diantaranya:

1. Memasang Iklan di Blog Bisa Menambah Pendapatan

Saya kira ini sudah dirasakan oleh semua blogger di seluruh Indonesia bahkan dunia. Dari blogger kita bisa mendapatkan pendapatan dalam ratusan hingga jutaan rupiah bahkan dalam mata uang dollar.

Jika kita menolak tawaran iklan yang masuk. Sudah pasti peluang pendapatan yang kita terima akan hilang alias tidak mendapatkan pemasukan sama sekali. Dan ini pernah saya lakukan ketika ada tawaran iklan yang masuk, lalu dengan alasan tertentu saya menolak tawaran iklan tersebut. Jika ditolak sudah pasti saya tidak mendapatkan penghasilan.

2. Menjadi Terkenal Dikalangan Advertiser dan Orang-Orang di Internet

Jika blog kita berhasil mendapatkan pendapatan yang fantastis dari iklan, kita bukan hanya dikenal untuk kawasan regional di Indonesia saja. Kita juga bisa dikenal oleh orang-orang yang ada dijagat internet dari seluruh dunia.

Sebagai contohnya Linda Ikeji, seorang blogger yang berasal dari Nigeria yang berhasil mendapatkan pendapatan yang ditaksir mencapai 300 juta rupiah perbulan. Nama Linda Ikeji saat ini sudah terkenal di kalangan blogger di seluruh dunia.

3. Blog Jadi Terlihat Profesional Dibandingkan dengan Blog Tanpa Iklan

Untuk blog yang tanpa iklan memang bagus karena bisa mempercepat loading blog. Namun untuk mereka yang ingin memasang iklan biasanya akan melihat dulu apakah cocok dijadikan tempat memasang iklan atau tidak. Untuk blog yang masih polos biasanya para pemasang iklan belum berani untuk memasang iklan.

Untuk blog yang sudah terpasang iklan ini akan terlihat profesional tentunya ini akan mengundang para advertiser memasang iklan di blog kamu. Jadi pasang iklan dengan bentuk yang profesional untuk mengundang advertiser memasang iklan.

4. Menambah Kepercayaan Advertiser untuk Memasang Iklan di Blog Kamu

Untuk kamu yang blognya sudah terpasang iklan akan membat pemasang iklan menjadi percaya. Ini menunjukkan reputasi blog kamu baik dimata advertiser. Buktinya bisa terlihat dari iklan yang sudah terpasang di blog.

5. Bisa Menambah Catatan Portofolio Blog yang Kamu Miliki

Portofolio itu penting, portofolio bisa membuat advertiser semakin yakin bahwa blog kamu cocok dijadikan tempat untuk memasang iklan. Portofolio ini berupa catatan yang berisi informasi advertiser yang memasang iklan di blog. Jika ada 20 perusahaan berarti ada 20 catatan portofolio.

Kesimpulan

Nah itulah manfaat yang bisa didapatkan jika menerima pemasangan iklan di blog. Bukan hanya sekadar pendapat, tapi ini benar-benar dirasakan oleh blogger yang menerima pemasangan iklan di blog.

*)

10 Cara agar Artikel dapat Bersaing di Mesin Pencari

10 Cara agar Artikel dapat Bersaing di Mesin Pencari – Blog yang bagus adalah blog yang bisa bermanfaat bagi para pengunjungnya. Blog yang bermanfaat biasanya selalu muncul dan mampu bersaing dihalaman pencarian. Sebenarnya cara agar postingan blog bisa bersaing yang paling vital adalah konten itu sendiri. Hanya mengandalkan konte maka kamu bisa menjadi nomor satu di Google.

10 Cara agar Artikel dapat Bersaing di Mesin Pencari
Sumber: Pixabay

10 Cara agar Artikel dapat Bersaing di Mesin Pencari

Namun selain konten ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan agar blog kamu bisa bersaing di mesin pencari Google, Yahoo, Bing dan kawan-kawan. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas mengenai cara agar postingan blog kamu bisa bersaing di mesin pencari.

1. Hindari Memposting Artikel Hasil Copy Paste Situs Lain

Semakin ketatnya aturan yang diberikan Google membuat banyak blog yang tersingkir dari pencarian dan akhirnya tidak bisa bersaing di pencarian Google. Penyebab tersingkirnya dari pencarian Google yang paling sering adalah menggunakan artikel copy paste dari blog orang lain, dari situs lain, dari buku, dari status Facebook dan dari referensi copy paste yang lainnya.

Ada beberapa blogger yang mempersilahkan orang lain untuk mengcopy paste postingan blognya tapi dengan syarat menyertakan link sumber. Sebenarnya yang namanya copy paste walaupun kita sudah menyertakan link sumber, tetap saja Google mendeteksi bahwa blog kita blog copy paste.

Yang harus sobat ketahui jika ada blogger yang mengizinkan copy paste dan menyertakan link sumber tak lain dan tidak bukan tujuannya adalah untuk mendapatkan backlink dari blog tukang copas. Dulunya artikel copy paste bisa bersaing dengan artikel yang asli alias original bahkan bisa mengalahkan popularitas artikel yang aslinya.

Tapi sekarang semenjak perubahan algoritma Google, artikel abal-abal dan copy paste tidak akan berkutik. Jadi jangan berharap lebih artikel copy pastenya bisa bersaing dan muncul dihalaman pertama pencarian.

2. Optimasi Search Engine Optimization Postingan Blog

Optimasi ini ada yang menyebutnya menseokan postingan blog. Menurut mas Azmi (Blogger Tautweb.com), sebenarnya tidak ada orang yang benar-benar ahli dalam hal menseokan blog atau website. Karena optimasi yang sesungguhnya adalah konten itu sendiri, semakin bagus konten maka semakin bagus pula SEO blog kita.

Dan yang menilai bagus tidaknya adalah pengunjung yang membaca bukan mesin pencari. Hanya saja optimasi atau SEO itu tujuannya untuk mempermudah mesin pencari, jadi kalau posting artikel sebaiknya ditujukan untuk pembaca blog bukan untuk mesin pencari.

Namun ada pula beberapa blogger yang melihat SEO dari skor SEO CHKME. Tapi cara sederhana mengoptimasi postingan blog bisa dilakukan dengan membuat artikel original no copas, optimasi gambar di postingan blog, optimasi permalink, optimasi dengan menambahkan mete deskripsi postingan blog. Langkah mudah agar blog kamu ebih SO pilih theme atau template blog yang lebih SEO.

3. Membuat Konten Berkualitas yang Memiliki Manfaat bagi Pengunjung

Yang mengetahui konten sebuah blog berkualitas atau tidaknya hanya dirasakan oleh pembaca. Saya lebih suka menyebutnya pembaca karena banyak orang yang mengunjungi tapi tidak membaca, tapi jika pembaca sudah pasti menjadi pengunjung.

Menurut saya artikel yang berkualitas adalah artikel yang informasi didalamnya bisa berguna dan bermanfaat bagi pembaca, informasinya di butuhkan oleh pembaca, informasi yang cari ditemukan jawabannya di blog kita, informasi yang dicari banyak orang dan banyak lagi ukuran artikel berkualitas yang lain. Ini hanya pendapat, tapi ini bisa dijadikan referensi.

Untuk blog yang isi curhatan jangan berharap banyak blognya akan dikunjungi banyak orang, karena yang butuh atau yang mau baca curhatan kita siapa? Toh kalaupun ada yang baca paling Cuma gebetan, pacar, mantan, teman dekat atau kalau pengunjung lain yang datang itupun pasti karena tersesat.

Satu lagi kualitas artikel atau postingan blog bisa terlihat dari jumlah halaman postingan yang dibuka oleh pengunjung. Jika setiap pengunjung membuka lebih dari satu bahkan sampai sepuluh artikel, ini berarti blog kamu memiliki konten yang bagus dimata pengunjung.

4. Update Blog Secara Berkala dan Rutin Baik itu Mingguan atau Bulanan

Jika kita sudah menulis artikel berkualitas, tidak copy paste, sudah di optimasi tapi jika postingannya hanya satu itu sama saja bohong. Karena Google itu suka dengan blog yang postingannya selalu di update dan di tambah postingannya secara berkala.

Coba saja kita lihat, biasanya blog yang muncul dan mampu bersaing di pencarian itu adalah blog yang postingan blognya banyak. Dan hampir tidak saya temukan blog yang muncul di halaman pertama tapi postingannnya Cuma satu, hampir tidak ada yang seperti ini. Coba kita lihat blog yang bisa bersaing itu sebagian besar dari mereka merupakan blog yang memiliki postingan dengan jumlah puluhan, ratusan bahkan ribuan.

Saya sendiri dulu juga begitu, ketika postingan saya masih sedikit blog saya belum muncul di halaman pertama pencarian Google tapi setelah banyak barulah muncul dihalaman pencarian Google dan bisa bersaing dengan postingan blog yang sudah terkenal lainnya.

5. Bangun Link Internal di Blog untuk Memudahkan Pengunjung Membuka Artikel atau Halaman Blog yang Lain

Membangun link antar postingan bisa membuat blog kita mampu bersaing dihalaman pencarian mesin pencari. Cara ini mudah sekali dilakukan memberikan widget di sidebar seperti postingan yang populer, artikel terkait, menu, link halaman, dan link dalam postingan.

6. Pastikan Blog Sudah Terindex di Mesin Pencari dengan Cara Memverifikasi Blog ke Situs Mesin Pencari seperti Google, Bing dan lainnya

Biasanya blog yang belum terindex oleh mesin pencari adalah blog yang belum terverifikasi . Misalnya kita bisa mendaftarkan blog kita ke Webmaster Google dan Bing & Yahoo Webmaster. Agar blog terverifikasi sebaiknya kamu harus mengirimkan sitemap blog ke situs seperti Google dan Bing.

Blog yang sudah terverifikasi sudah pasti akan muncul di halaman pencarian mesin pencari tapi jika belum terdaftar dan belum terverifikasi butuh waktu yang lama untuk muncul di halaman mesin pencari bahkan ada yang tidak muncul sama sekali. Bagaimana bersaing jika blog kita belum terindex mesin pencari.

7. Memperpanjang Umur Blog dan Membangun Otoritas Domain Blog yang Kamu Miliki

Biasanya blog yang mampu bersaing adalah blog yang sudah tua yang umurnya sudah bertahun-tahun ditambah pula dengan kekuatan domain yang mereka miliki. Untuk blog yang masih baru sekali biasanya agak lama baru bisa bersaing di mesin pencari.

Tetapi meskipun demikian kita tetap bisa bersaing dan mengalahkan blog yang sudah tua dengan memperbaharui konten dengan rutin. Selain itu agar blog kamu bisa bersaing kamu harus menambah nilai manfaat dari blog kamu. Sehingga pengunjung bisa loyal dan rutin mengunjungi blog kamu.

Biasanya semakin domain tersebut populer maka semakin bagus reputasi sebuah domain dimata mesin pencari. Contohnya saja domain Detik, Kompas, Liputan6, Kaskus, Tokopedia, Bukalapak dan yang lainnya.

8. Mengatasi Persaingan Kata Kunci dengan Membuat Artikel yang Lebih Menarik dan Jumlah Kata Minimal 1000 Kata

Persaingan kata kunci memang sesuatu yang merupakan hal yang sering dibicarakan dan dibahas. Jika blog kita sudah menguasai kata kunci tertentu ini tentunya sangat mempermudah kita mendapatkan posisi puncak, bukan hanya bisa bersaing tapi kita bisa menjadi juaranya.

Persaingan kata kunci bisa kita lihat dari hasil penelusuran mesin pencari misalnya Google, jika hasil pencariannya masih dibawah 100.000 hasil pencarian ini berarti persaingan kata kuncinya masih mudah. Tapi jika sudah diatas 100.000 hasil pencarian maka ini sudah bisa dibilang persaingannya ketat, ketat disini bukan berarti sulit karena masih berpotensi menang.

Sebaiknya pilih saja dikata kunci atau keyword yang memiliki peluang menang. Kunci untuk mengalahkan persaingan dengan cara membuat tulisan lebih dari 1000 kata. Dengan modal 1000 kata, maka seperti Detik.com bisa kamu kalahkan dimesin pencari.

9. Meramaikan Blog dengan Komentar yang Bagus

Beruntunglah jika postingan blog sudah memiliki banyak komentar, karena mesin pencari menilai blog yang memiliki banyak komentar cenderung disukai oleh pembaca yang mengunjunginya. Blog yang komentarnya banyak akan lebih di prioritaskan untuk di tampilkan di halaman pencarian mesin pencari seperti Google.

Komentar yang banyak akan mempermudah menghadapi persaingan dan komentar juga mempermudah mesin pencari menemukan kata kunci di blog kita. Tapi ingat hanya komentar tertentu saja yang disukai mesin pencari, komentar yang dibenci adalah komentar SPAM.

Update: Saat ini komentar sudah tidak terlalu berpengaruh terhadap persaingan di mesi pencari. Buktinya banyak blog dan situs yang sepi komentar tapi tetap mampu bersaing di mesin pencari.

10. Bangun Blog  agar Mendapatkan Pagerank yang Tinggi

Dulunya blog yang memiliki page rank bisa bersaing di mesin pencari seperti Google, Yahoo dan Bing. Page rank mempermudah blog untuk bersaing mengalahkan blog yang lain, apalagi melawan blog yang tidak memiliki page rank.

Semakin tua usia blog tentunya dengan kualitas postingan yang bagus tentunya akan mempermudah blog mendapatkan page rank. Tapi bagi sobat yang belum memiliki page rank jangan khawatir karena sebenarnya siapa saja memiliki kesempatan untuk bisa bersaing di mesin pencari.

Update: Saat ini pagerank tidak terlalu memberikan pengaruh terhadap persaingan dimesin pencari karena banyak situs dan blog yang tidak memiliki pagerank tapi mampu bersaing di mesin pencari.

Kesimpulannya

Kira-kira itu lah penjelasan tentang cara agar postingan blog bisa bersaing di mesin pencari seperti Google, Yahoo & Bing. Sebenarnya yang menjadi solusi agar artikel yang kamu posting bisa bersaing dimesin pencari adalah kualitas artikel yang kamu buat.

Jika tulisan kamu bagus, kalimatnya mudah dicerna, mudah dimengerti dan bisa membantu orang pasti orang akan loyal berkunjung ke blog kamu. Otomatis blog kamu akan populer dimesin pencari.

*)

6 Bahaya Mengizinkan Orang Lain Copy Paste di Blog

6 Bahaya Mengizinkan Orang Lain Copy Paste di Blog – Ketika saya berkunjung ke sebuah blog yang sudah terkenal dan beberapa blogger lain ada diantaranya yang mengizinkan kontennya untuk di copy paste. Tapi dengan syarat harus menyertakan link sumber yaitu alamat blognya.

Saya tau maksudnya, tak lain adalah untuk mendapatkan backlink dari blogger tukang copas tersebut. Namun tanpa disadari tindakan mengizinkan blogger lain untuk mengcopy paste atau menduplikat memiliki beberapa dampak buruk.

6 Bahaya Mengizinkan Orang Lain Copy Paste di Blog
Sumber: Pixabay

6 Bahaya Mengizinkan Orang Lain Copy Paste di Blog

Mungkin ada yang peduli dengan hal ini dan mungkin banyak pula yang tidak peduli akan hal ini. Salah satu yang jadi penyebab mereka tidak peduli yaitu kurangnya pengetahuan mereka. Untuk itu bagi kita yang peduli, ada baiknya untuk memberikan informasi. Berikut ini ada beberapa bahaya yang bisa kamu dapatkan jika mengizinkan copy paste.

1. Mematikan Kreatifitas Sahabat Blogger

Saya sangat menyayangkan tindakan mengizinkan copy paste blog, karena inti dari kegiatan blogging adalah menulis dengan gaya penulisan masing-masing. Tapi kalau kita mengizinkan copy paste itu sama saja memelihara sifat malas para blogger lain untuk berkarya, jika malas nantinya mereka hanya mengandalkan copy paste tulisan orang lain.

Sudah jelas jika malas menulis tidak akan ada hasil karya kreatif yang di ciptakan. Ketika kita melarang bukan berarti kita tamak atau pelit karena tujuannya tak lain agar kita bisa menunjukkan hasil karya kita masing-masing. Semakin banyak blogger kreatif maka semakin baik blogger Indonesia di mata dunia. Bukan kita ingin jika blogger kita terkenal di dunia?

2. Memelihara Kriminalitas

Plagiat merupakan bentuk tindakan kriminal dalam hal pencurian hasil karya cipta orang lain. Di dalam TOS (Term of Service) Google terdapat aturan konten, disana berisi beberapa pasal. Blogger sendiri memiliki aturan konten blogger yang harus di patuhi. Dan dalam aturan perundang-undangan di Indonesia plagiat juga merupakan hal yang dilarang dan ada sanksinya.

3. Dapat Backlink yang Tidak Berkualitas

Biasanya ada blogger yang mengizinkan copy paste dengan syarat harus menyertakan link sumber atau alamat blognya. Nantinya jika di posting di blog copas akan ada backlink yang mengarah ke sumber yan asli.

Tapi perlu sobat ketahui bahwa backlink yang diperhitungkan oleh mesin pencari adalah backlink yang berkualitas dan bukan backlink abal-abal alias backlink blog yang suka copy paste artikel orang lain.

4. Mengganggu Proses Indeks Mesin Pencari

Postingan blog yang sudah terkenal dan berada di deretan atas mesin pencari dan sudah bertahan lama disana sepertinya tidak masalah jika di copy paste, tapi jika postingan blog yang masih baru langsung di copy paste nah ini yang bikin masalah. Bisa saja nantinya si blog yang tukang copas bisa lebih tenar ketimbang blog kita.

5. Bisa Kalah Tenar

Dulu sebelum perubahan algoritma Google banyak blog copy paste yang muncul di halaman pertama pencarian. Nah jika hal ini terjadi yang akan rugi adalah blog yang mengizinkan copy paste.

Sudah capek-capek dan bersusah payah menulis yang dapat untungnya malah blog orang lain, kan jadinya rugi sendiri. Tapi beruntung bagi blog yang artikelnya asli karena sekarang mesin pencari seperti Google mengutamakan tulisan yang orisinil dan asli.

6. Merusak Atmosfer Blogger

Menurut Ahmad Khoirul Azmi pendiri Tautweb, blogger itu identik dengan kegiatan tulis menulis tentunya menulis hasil karya sendiri dan bukan hasil copy paste orang lain. Jika ada blogger yang mengizinkan copy paste ini sama saja memperburuk citra blogger.

Satu blogger yang berbuat blogger lain malah terkena dampaknya. Padahal belum tentu semua blogger itu plagiat atau copas.

Kesimpulannya

Kira-kira itu kerugiannya jika kita mengizinkan orang lain untuk copy paste blog. Ini hanya pendapat tapi bisa dijadikan referensi dalam kegiatan blogging. Mungkin masih banyak lagi dampak buruk yang bisa kita dapatkan, tapi disini dirangkum menjadi enam saja.

*)

9 Manfaat Link Internal Bagi Blog

9 Manfaat Link Internal Bagi Blog – Link internal masuk kedalam kategori SEO onpage atau optimasi yang di lakukan di dalam website atau blog. Link internal memiliki arti yang lebih kurang demikian, yaitu suatu link atau tautan yang gunakan untuk mengarah ke postingan/page yang satu ke postingan/page yang lain tetapi masih dalam satu halaman situs atau blog.

Tanpa harus bersusah payah sebenarnya kita bisa dengan mudah membuat link intenal di situs atau blog. Untuk blogspot sudah tersedia gadget seperti artikel terpopuler, related post, archive post, recent post, menu di navbar dan link internal lainnya. Sedangkan untuk WordPress hampir sama dan sudah tersedia plugin yang bisa di pasang di blog wordpress-nya.

Link internal ini berfungsi untuk mempermudah navigasi pengunjung yang datang ke blog, misalnya ketika berkunjung ke blog atau situs ada artikel yang berkaitan dengan postingan yang kita baca. Sehingga pengunjung atau pembaca tidak lagi kesulitan dalam mencari informasi yang dibutuhkannya.

9 Manfaat Link Internal Bagi Blog
Sumber: Pixabay

9 Manfaat Link Internal Bagi Blog

Link internal populer di gunakan di blog dan situs-situs terkenal di dunia. Bahkan Google juga menggunakan link internal. Link internal paling populer digunakan oleh Wikipedia, disitus Wikipedia bisa terlihat disetiap kata kunci tertentu ada link internal yang mengarahkan ke halaman lain dari Wikipedia. Link Internal memiliki banyak manfaat. Untuk lebih jelasnya berikut ini ada beberapa manfaat memasang link internal di blog.

1. Mempermudah Pengunjung Menemukan Informasi yang di Butuhkan

Pasti kita pernah berkunjung ke situs yang memasang banyak link internal di situs atau blog. Misalnya ketika situs atau blog tersebut menjelaskan suatu topik kemudian di beberapa point ada kata kunci yang bisa di klik untuk mengarahkan ke postingan lainnya.

Contoh umum adalah Wikipedia. Karena banyaknya link yang tersebar di situs tersebut memudahkan pengunjung menemukan semua informasi yang dibutuhkan, pengunjung juga beranggapan jika situs atau blog kita memiliki informasi yang lengkap. Karena setiap postingan ada link untuk penjelasan yang lebih detailnya.

2. Mampu Meningkatkan Pengalaman Pengguna atau Menjadi Betah Berlama di Blog yang Kamu miliki

Bagi blog yang mengutamakan user experience memasang link internal sangat manjur di gunakan, karena pengalaman pengguna bisa dilihat dari seberapa banyak postingan yang dibuka dan seberapa nyaman penggunjung berada situs atau blog dalam sekali kunjungan.

Situs atau blog yang memiliki pengalaman pengguna yang bagus bukan hanya mempermudah pengunjung tapi juga mempermudah blog untuk mendapat reputasi dan penilaian yang baik di mesin pencari. Jika ingin mendaftarkan blog ke program Google Adsense pengalaman pengguna merupakan salah satu syarat agar bisa diterima di Google Adsense.

3. Bisa Menambah  Jumlah Pageview Blog Hingga 2 Kali Lipat

Ini sudah pasti, ketika orang membuka suatu halaman disitus atau blog maka ini akan dihitung sebagai pageview. Jumlah pageview bisa melihat seberapa banyak jumlah halaman blog atau situs yang dibuka oleh pengunjungnya.

Jika ingin pageview blog atau situsnya banyak tinggal buat saja link internal di situs atau blog dan tentunya link harus berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Bisa kita hitung jika kita memiliki lima link internal jika link tersebut dibuka semua maka akan ada enam pageview yang bisa kita dapatkan dari satu visitor.

4. Memperbaiki Angka Bounce Rate Blog

Bounce rate mungkin sudah menjadi istilah yang tidak asing lagi bagi web developer dan para blogger. Bounce rate bisa menunjukkan seberapa bagus dan berguna informasi yang disampaikan di blog. Jika kita tidak memiliki link internal ketika pengunjung sudah menemukan informasi yang dibutuhkan biasanya pengunjung akan langsung menekan tombol close atau close tab di browser.

Tapi jika blog memiliki link internal setidaknya pengunjung yang langsung menekan tombol close bisa dikurangi dan di minimalisir. Bisa di bayangkan ketika blog kita hanya posting saja, tanpa ada link lain yang bisa dibuka, sudah bisa dipastikan pengunjung langsung pergi. Jika semakin banyak pengunjung yang hanya membuka satu postingan atau halaman, maka akan semakin tinggi pula bounce rate blog atau situs kita, begitu pula sebaliknya.

5. Memperbaiki Posisi Postingan di Ranking SERP atau Pencarian Mesin Pencari

Ketika blog yang memiliki postingan yang didalamnya terdapat link internal ini akan mempermudah blog untuk bersaing di pencarian atau SERP. Misalnya postingan blog yang seharusnya berada di halaman pencarian yang jauh misalnya ke enam tapi ketika sudah ditempatkan link internal postingan di artikel yang lain maka rangking postingan blog otomatis akan terkoreksi dan berubah menjadi lebih baik misalnya maju ke halaman lima dan seterusnya. Bahkan bisa menempati halaman pertama pencarian mesin pencari seperti Google.

6. Membantu Blog Kamu Bersaing dengan Blog Lain

Persaingan dalam kata kunci tertentu membuat banyak para blogger terkadang melakukan hal-hal konyol, bahkan terkadang hal yang dilarang pun dilakukan. Padahal cara untuk bersaing itu caranya mudah, salah satunya dengan memasang link internal di blog atau situs.

Misalnya saja blog kita harus menunggu waktu yang lama untuk muncul dan berada di deretan papan atas pencarian tapi dengan memasang link internal kita hanya membutuhkan sedikit waktu agar bisa bersaing bersama deretan nama papan atas situs dan blog yang lain.

7. Meningkatkan Search Engine Optimazation (SEO) Onpage Blog Kamu

Pada awal pembahasan topik ini sudah saya jelaskan sebelumnya jika link internal merupakan salah satu bentuk optimasi atau SEO onpage situs atau blog. Cara ini aman bila dibandingkan dengan SEO offpage seperti backlink, karena banyak backlink yang terdeteksi sebagai link SPAM. Cara ini juga bisa digunakan untuk mengatasi sanksi Google, apalagi sanksi Google sekarang ini sudah semakin ketat.

8. Meningkatkan Popularitas Postingan yang Lain di Blog

Ketika postingan blog atau situs kita sudah semakin terpuruk berkat link internal ini bisa membantu meningkatkan popularitas postingan yang terpuruk tersebut. Tidak hanya itu saja, bahkan postingan yang sudah populer juga akan semakin populer berkat link internal ini. Strategi ini bisa kita lakukan kapan pun tanpa harus menunggu postingan tertentu terpuruk atau menunggu menjadi postingan populer.

Hal ini juga saya rasakan ketika saya memiliki postingan dengan topik yang baru, agar postingan populer saya menyertakan link postingan kedalam artikel yang sudah terkenal atau artikel yang lain. Hasilnya postingan tersebut ikut naik daun, walaupun tidak sepopuler artikel yang sudah terkenal.

9. Mempermudah dan Mempercepat Mesin Pencari Mengindeks Postingan Blog

Dengan memasang link internal ini mempermudah robot spider mesin pencari untuk mengcrawl situs atau blog. Postingan yang baru biasanya cenderung membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk di crawl atau di telusuri mesin pencari ketimbang postingan yang sudah lama.

Postingan yang sudah lama sudah terdata di halaman pencarian (SERP) seperti Google ataupun Yahoo & Bing. Jika kita memasang postingan yang baru dengan memasang link internal di postingan yang lain, maka ini akan membantu proses index yang dilakukan mesin pencari.

Kesimpulan

Itulah beberapa manfaat link internal bagi blog. Sebenarnya tanpa kita sadari kita sudah menerapkan link internal. Namun jangan lupakan link internal dalam postingan, karena bisa menambah jumlah pageview blog.

*)

6 Ciri Komentar Blog yang Disukai Mesin Pencari Google

6 Ciri Komentar Blog yang Disukai Mesin Pencari Google – Banyak orang yang acuh tak acuh dengan komentar di blognya, ini sering saya lihat ketika berkunjung ke blog teman blogger yang lain. Masih banyak diantar mereka yang mengabaikan pentingnya mengatur komentar. Bahkan tak jarang dari teman-teman blogger yang lain membiarkan banyak komentar SPAM menumpuk di blognya, ada komentar yang keluar dari topik, ada komentar yang mengandung link aktif, ada komentar yang sekedar say hai, komentar ala kadarnya dan banyak lagi jenis komentar yang tidak berbobot lainnya.

Komentar memang perlu dan ini menunjukkan bahwa blog kita cukup populer dikalangan pembaca blog. Komentar yang banyak juga membantu menaikkan rangking artikel blog di SERP mesin pencari. Namun ada beberapa hal yang dilupakan dalam menerbitkan komentar di blog. Komentar merupakan hal yang sepele tapi ini amat berpengaruh dalam mengdongkrak peringkat blog di SERP. Yaitu komentar yang berkualitas yang akan membantu menaikkan rangking artikel atau postingan di SERP mesin pencari.

Mesin pencari saat ini amat memperhatikan respon pembaca di blognya, komentar yang baik menurut mesin pencari akan membantu dan menjaga popularitas blog. Bisa kita lihat teman-teman blogger kita yang memiliki postingan artikel yang dengan banyak komentar didalamnya, mereka bisa menjadi juara di mesin pencari. Terkadang postingannya baru 2 bulan tapi sudah bisa nangkring di posisi pertama pencarian.

6 Ciri Komentar Blog yang Disukai Mesin Pencari Google
Sumber: Pixabay

6 Ciri Komentar yang Disukai Mesin Pencari Google

Lalu muncul pertanyaan. Apa saja ciri-ciri komentar yang disukai mesin pencari seperti Google? Berikut ini tuliside akan berbagi tentang ciri-ciri atau tanda komentar yang disukai oleh mesin pencari seperti Google.

1. Komentar yang Berhubungan dengan Topik yang Dibahas

Sering kali kita melupakan ini, asal ada komentar yang masuk langsung diterbitkan. Terkadang kita tidak melihat apakah komentar tersebut berhubungan atau tidak dengan topik yang kita bahas. Contoh kecil misalnya “nice post gan”, “oh saya baru tau, thank you gan”, dan lain-lain.

Komentar ini termasuk komentar SPAM dan tidak berhubungan sama sekali, tentunya kita semua sudah tahu jika komentar SPAM merupakan komentar yang amat dibenci oleh Google. Bentuk lain dari komentar SPAM bermacam-macam, ada yang minta kunjungan balik, ada yang jualan produk, ada yang promosi kontes, ada pertamax, dan banyak lagi komentar lain yan tidak memiliki hubungan sama sekali dengan topik yang dibahas.

Solusi untuk mengatasi komentar yang diluar topik seperti ini sebaiknya dihapus saja, selain mengganggu juga akan merusak reputasi blog dikalangan blogger, karena blogger yang profesional tidak akan membiarkan komentar SPAM berada di blognya.

2. Komentar yang Mengandung Kata Kunci atau Keyword dari Konten

Ini sudah pasti, komentar yang mengandung kata kunci atau keyword sangat disukai mesin pencari. Komentar yang seperti inilah yang wajib di jaga dan dilindungi (tidak dihapus). Komentar seperti ini misalnya berupa informasi tambahan melengkapi yang sebelumnya disampaikan di konten artikel blog. Ada pula komentar yang berisi pertanyaan yang masih berhubungan dengan topik yang disampaikan.

Contohnya kita memiliki postingan dengan judul “Bahaya Memiliki Komentar SPAM di Blog”. Kemudian ada yang bertanya misalnya “Gan bagaimana jika blog yang saya miliki sudah terlanjur banyak memiliki komentar SPAM?”. Nah kata kunci atau keyword komentar SPAM yang ada dalam pertanyaan seperti inilah yang disukai oleh mesin pencari Google.

3. Komentar yang Panjang

Komentar yang panjang sebenarnya tidak bisa menjadi jaminan jika blog di sukai mesin pencari. Percuma saja komentar panjang tapi komentar yang panjang tersebut hanya SPAM. Tapi yang dimaksudkan disini adalah komentar panjang yang berguna dan bermanfaat.

Hampir sama halnya dengan konten artikel yang kita posting di blog ketika konten dibahas secara lengkap dan panjang, ini sangat disukai mesin pencari. Begitu juga dengan komentar, semakin panjang semakin bagus menurut mesin pencari.

4. Komentar yang Tidak Memiliki Link Aktif

Ada beberapa komentar blogger yang berusaha mendapatkan backlink dari blog orang lain salah satunya dengan memasukkan link aktif dalam kalimat tertentu. Komentar seperti ini tidak disukai Google dan lampu kuning bagi blog yang memiliki komentar seperti ini. Ini bukan hanya merugikan si pemasang link, tetapi ini juga merugikan pihak yang mendapatkan komentar yang berisi link aktif.

5. Komentar yang Berbobot dan Berkualitas

Komentar berbobot dan berkualitas bisa terlihat dari apa yang disampaikan ketika berkomentar. Komentar yang berbobot dan berkualitas tidak asal-asal dalam berkomentar, sesuai dengan topik dan pembicaraan dalam komentar juga sarat dengan pengetahuan dan informasi yang bermanfaat.

6. Komentar yang Berguna bagi Pembaca yang Lain

Sudah barang tentu jika komentar yang bermanfaat akan berguna bagi pembaca yang lain ketika berkunjung ke website blog. Google akan melihat seberapa berguna informasi yang disampaikan di komentar apakah berhubungan atau tidak, semakin berguna dan bermanfaat bagi pembaca maka Google akan semakin suka. Karena Google saat ini tidak lagi asal-asal dalam menampilkan hasil pencarian tentunya pengalaman penggunalah yang dinomor satukan.

Kesimpulan

Itulah beberapa ciri komentar yang disukai oleh mesin pencari seperti Google. Hal ini penting untuk diketahui karena bisa membantu mendongkrak artikel keposisi yang lebih bagus dimesin pencari seperti Google.

*)

6 Risiko Menggunakan Jasa Penyedia Backlink

6 Risiko Menggunakan Jasa Penyedia Backlink – Artikel ini ditulis karena masih sedikitnya artikel yang membahas resiko, bahaya dan dampak buruk mengguna jasa penyedia backlink. Kebanyakan dari artikel yang saya baca hanya membahas kelebihan dan keuntungan menggunakan backlink sehingga banyak bermunculan penyedia jasa backlink abal-abal dan jasa SEO murah dengan memberikan iming-iming website bisa muncul di halaman pertama pencarian.

Keuntungan menggunakan jasa backlink salah satu yaitu bisa nangkring di halaman pertama. Tapi resiko terburuk yang diterima bisa-bisa terjungkal dan hilang dari peredaran Google. Apakah Anda mau dengan menggunakan penyedia jasa backlink yang katanya ahli SEO tapi blog atau website Anda terjun bebas? Sebaiknya Anda wajib membaca ini sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk menggunakan jasa penyedia backlink.

6 Risiko Menggunakan Jasa Penyedia Backlink
Sumber: Pixabay

6 Risiko Menggunakan Jasa Penyedia Backlink

Untuk kamu yang tertarik untuk menggunakan jasa backlink sebaiknya harus memahami risiko yang bisa dihadapi jika menggunakan penyedia jasa backlink. Berdasarkan pantauan, berikut ini risiko, bahaya dan dampak buruk yang dihadapi oleh blogger atau siapapun yang menggunakan jasa backlink.

1. Resiko Ditipu Penyedia Jasa Backlink

Meminta penyedia jasa backlink yang asal-asal akan memberikan dampak buruk bagi blog atau website. Kebanyakan dari mereka gencar melakukan promosi dan kita juga tidak mengetahui track record penyedia jasa backlink bisa saja kita salah pilih dalam memilih penyedia jasa backlink. Yang katanya bisa membantu meningkat posisi blog Anda di SERP.

Ada pula penyedia jasa backlink yang menawarkan paket backlink yang menggiurkan misalnya 10.000 backlink berpage rank tinggi hanya dengan harga Rp100.000. Jika ada yang menawarkan seperti ini patut dicurigai karena mencari backlink dengan jumlah sebanyak itu sangat sulit. Kita juga tidak bisa mengontrol dan mengetahui dari situs mana saja backlink kita berasal. Penanaman backlink yang tidak terkontrol seperti ini akan berisiko untuk blog atau website.

2. Bisa Dianggap Sebagai Blog SPAM oleh Google

Ketika kita mengunakan jasa backlink berarti kita sepenuhnya telah menyerahkan tugas mencarikan backlink untuk blog atau website kita kepada penyedia jasa backlink. Kita juga tidak tau di situs mana saja si penyedia jasa backlink menanamkan link blog atau website kita. Syukur-syukur jika blog atau website kita ditanamkan linknya dengan benar, jika tidak maka habislah blog atau website kita.

Penanaman backlink dalam jumlah yang banyak misalnya dengan membeli 10.000 backlink ini bisa dicurigai oleh Google. Tidak mungkin blog atau website dalam waktu sekejap bisa memiliki backlink dalam jumlah yang banyak. Kalau seperti ini siap-siap saja blog website kita dianggap SPAM, sanksi Google pun sudah menanti didepan mata.

3. Lebih Besar Resiko Daripada Keuntungan yang Diperoleh

Ketika menggunakan penyedia jasa backlink keuntungan yang bisa diperoleh misalnya bisa menduduki halaman pertama mesin pencari. Memang benar jika backlink yang banyak bisa membuat blog atau website menduduki halaman pertama pencarian.

Tapi biasanya penyedia jasa backlink hanya memberikan garansi hanya beberapa bulan saja, dan setelah garansi habis pun blog atau website akan kembali jatuh dan kita tidak tahu bagaimana memperbaikinya. Website atau blog yang susah payah kita bangun, tapi malah habis dihajar mesin pencari Google, uang habis tapi blog atau website posisinya malah jatuh.

Bahkan di beberapa blog yang membahas backlink dan di forum seperti Kaskus, tidak sedikit dari mereka yang mengeluh karena posisi rangking blog atau website setelah beberapa bulan menggunakan backlink posisinya semakin memburuk.

4. Berisiko Besar Mendapatkan Sanksi dari Google

Semakin ketetnya algoritma Google membuat banyaknya blog bahkan situs besar pun yang terkena dampaknya. Sudah banyak situs yang mati dihantam algoritma Google salah satu penyebabnya adalah pemasangan backlink yang membabi buta. Dulu website yang memiliki backlink yang banyak bisa berbangga hati berhasil menduduki halaman pertama. Tapi sekarang sudah banyak blog atau website yang dihantam dan mati dihajar algoritma Google.

Sebenarnya jika backlink yang kita dapatkan jumlahnya masih wajar dan berkualitas tidak masalah, tapi kalau backlink yang banyak dan seakan nge-boom ini yang akan menjadi masalah. Karena Google akan menilai pergerakan yang tidak wajar, dan ini berpotensi mendapatkan sanksi dari Google dan yang paling ekstrim bisa di hapus dari Google.

5. Blog atau Website Menjadi Semakin Tidak SEO dan Sulit Ditemukan di Mesin Pencari

Tidak ada tujuan lain jika kita menggunakan jasa penyedia backlink agar blog atau website menjadi semakin SEO. Tapi apa yang mau dikata ketika sudah menggunakan jasa penyedia backlink lalu posisi blog pun akan semakin terjungkal. Ketika batas waktu garansi yang diberikan penyedia jasa sudah berakhir sebagai pemiliki blog pun kita tidak bisa berbuat apa-apa.

6. Jika Terkena Sanksi, Menjadi Malas untuk Menggelola Blog atau Website

Mengelola blog atau website itu membutuhkan ketekunan, ketika meminta penyedia jasa backlink untuk mencarikan backlink ini menunjukkan bahwa kita menjadi pribadi yang malas mengelola blog atau website. Di tambah lagi ketika blog atau website posisi jatuh, bisa dipastikan jika kita semakin malas mengelola blog atau website.

Kesimpulannya

Jangan langsung tergiur dengan penawaran yang tawarkan oleh penyedia jasa backlink, harga mahal atau murah tidak akan bisa menjadi jaminan. Yang terpenting lakukan optimasi SEO backlink sewajarnya saja dan menggunakan backlink organik tanpa ada kesan di paksakan. Backlink bukanlah satu-satunya faktor masih banyak faktor lain yang mempengaruhi SEO, salah satunya konten. Jika ingin mengoptimasi SEO sebaiknya buat konten yang berbobot, berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca dan pengunjung blog.

*)

Chat Sekarang!
1
Order Iklan Sekarang? Klik Disini!
Hallo, Saya Mutiara.
Selamat datang di Bertravel Media.
Butuh bantuan, ingin order iklan, ada pertanyaan, konsultasi iklan, ingin buat website, ingin buat landingpage atau yang lainnya.
Klik "Chat Sekarang".