Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan OLX?

Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan OLX?

Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan OLX? –  OLX adalah salah satu situs iklan baris yang populer di Indonesia. OLX menjadi salah satu situs jual beli online yang memiliki banyak pengguna dan paling ramai di Indonesia. Namun ada banyak orang yang menanyakan sumber penghasilan, sumber pendapatan, sumber pemasukan OLX berasal darimana karena kita berjualan disana gratis.

 

Logo olx Indonesia
Sumber Gambar: Tekno Tempo co

 

Sumber Penghasilan atau Pendapatan OLX

Berdasarkan data sumber pendapatan OLX berasal dari pengguna OLX yang menggunakan fitur premium atau fitur iklan berbayar. Jadi fitur iklan berbayar ini diberikan kepada pedagang OLX yang ingin mendapatkan fitur berbayar. Tentunya iklan berbayar ini memiliki fitur yang lebih canggih dan lebih bagus dari fitur gratis yang biasa digunakan orang.

 

Contoh fitur berbayar adalah postingan produk yang mana pedagang OLX dengan bisa muncul diposisi paling atas, paling strategis, paling laris dan paling ramai diklik. Jika menggunakan fitur iklan berbayar ini tentunya barang yang dijual di OLX akan lebih cepat laris dibandingkan dengan menjual barang dengan fitur gratisan.

 

Fitur yang mirip dengan iklan berbayar ini juga diterapkan oleh Bukalapak, Tokopedia dan Shopee. Nah dari sinilah sumber pendapatan, pemasukan dan penghasilan OLX. Dengan cara ini OLX juga berhasil mendapatkan penghasilan jutaan rupiah setiap bulannya. Semakin banyak penjual di OLX yang menggunakan fitur iklan berbayar, maka semakin banyak juga penghasilan OLX.

 

Pendapatan OLX juga Berasal dari Google Adsense

Iklan Google Adsense tentunya sering kita lihat di situs OLX. Sebelumnya iklan Google Adsense ini tidak ada, namun sekarang iklan Google Adsense. Penghasilan dari Google Adsense juga menjadi sumber penghasilan, sumber pendapatan, dan sumber pemasukan untuk OLX. Semakin banyak yang membuka situs OLX dan semakin banyak yang klik iklan Google Adsense maka akan semakin besar pemasukan OLX. Namun berdasarkan pengalaman menggunakan Google Ads, jumlah bayaran klik di OLX tergolong besar dibandingkan situs blog biasa.

Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan Shopee?

Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan Shopee?

Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan Shopee? –  Shopee adalah salah satu marketplace populer di Indonesia bersama dengan Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan Blibli. Shopee menjadi salah satu situs jual beli online yang memiliki banyak pengguna, paling ramai dan perkembangan paling cepat di Indonesia. Namun ada banyak orang yang menanyakan sumber penghasilan, sumber pendapatan, sumber pemasukan Shopee berasal darimana karena kita berjualan disana gratis.

 

Logo Shopee
Sumber Gambar: Shopee

 

Sumber Pendapatan Shopee dari Pedagang Shopee

Berdasarkan data sumber pendapatan Shopee berasal dari pedagang di Shopee yang menggunakan fitur premium atau fitur Iklanku. Jadi fitur Iklanku ini diberikan kepada pedagang Shopee yang ingin mendapatkan fitur berbayar. Tentunya Iklanku ini memiliki fitur yang lebih canggih dan lebih bagus dari fitur gratis yang biasa digunakan orang.

 

Contoh fitur berbayar adalah postingan produk yang mana pedagang Shopee dengan Iklanku bisa muncul diposisi paling atas, paling strategis, paling laris dan paling ramai diklik. Jika menggunakan fitur premium ini tentunya barang yang dijual di Shopee akan lebih cepat laris dibandingkan dengan menjual barang dengan fitur gratisan. Data pembelian di Iklanku juga bisa dipantau dengan baik.

 

Fitur yang mirip dengan Iklanku ini juga diterapkan oleh Bukalapak, Tokopedia yang merupakan kompetitor dari Shopee. Nah dari sinilah sumber pendapatan, pemasukan dan penghasilan Shopee. Dengan cara ini Shopee juga berhasil mendapatkan penghasilan miliaran rupiah setiap bulannya. Semakin banyak pedagang di Shopee yang menggunakan fitur berbayar Iklanku, maka semakin banyak juga penghasilan Shopee.

 

Induk dari Perusahaan Shopee Merugi

Namun berdasarkan data dari Tirto.id tahun 2016 dan 2017 perusahaan induk dari Shopee yaitu Sea Ltd mengalami kerugian yang cukup besar. Kerugian yang mereka derita juga cukup besar yaitu US$ 224,9 juta pada tahun 2016 dan US$ 561,1 juta pada tahun 2017. Meskipun merugi dalam jumlah yang tidak sedikit anak usahanya seperti Garena, Shopee, dan Airpay cukup laris dipasaran. Jadi meskipun fitur Iklanku ini banyak digunakan penjual di Shoppe, itu tidak menjamin bahwa Shopee bisa menutupi kerugian mereka yang begitu besar.

 

Sumber: Shopee, Tirto.id, Kompasiana

Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan Tokopedia?

Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan Tokopedia?

Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan Tokopedia? –  Tokopedia adalah salah satu marketplace paling populer di Indonesia. Tokopedia menjadi salah satu situs jual beli online yang memiliki banyak pengguna, paling ramai dan paling top di Indonesia. Namun ada banyak orang yang menanyakan sumber penghasilan, sumber pendapatan, sumber pemasukan Tokopedia berasal darimana karena kita berjualan disana gratis.

Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan Tokopedia?
Sumber: Tokopedia

Berdasarkan data sumber pendapatan Tokopedia berasal dari pedagang di Tokopedia yang menggunakan fitur premium atau Gold Merchant. Jadi fitur premium ini diberikan kepada pedagang Tokopedia yang ingin mendapatkan fitur berbayar. Tentunya fitur premium ini memiliki fitur yang lebih canggih dan lebih bagus dari fitur gratis yang biasa digunakan orang.

Contoh fitur berbayar adalah promoted content yang mana pedagang Tokopedia premium bisa muncul diposisi paling atas, paling strategis, paling laris dan paling ramai diklik. Jika menggunakan fitur premium ini tentunya barang yang dijual di Tokopedia akan lebih cepat laris dibandingkan dengan menjual barang dengan fitur gratisan. Data pembeli di Gold Merchant juga bisa dipantau dengan baik.

Fitur Premium ini harga paketnnya bermacam-macam. Ada yang harganya murah ada pula yang harganya jutaan. Semakin mahal tentunya akan semakin bagus fitur yang didapatkan. Fitur ini juga diterapkan oleh Bukalapak yang merupakan kompetitor dari Tokopedia. Nah dari sinilah sumber pendapatan, pemasukan dan penghasilan Tokopedia. Dengan cara ini Tokopedia juga berhasil mendapatkan penghasilan miliaran rupiah setiap bulannya. Semakin banyak pedagang di Tokopedia yang menggunakan fitur berbayar, maka semakin banyak juga penghasilan Tokopedia.

Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan Bukalapak?

Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan Bukalapak?

Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan Bukalapak? –  Bukalapak adalah salah satu marketplace paling populer di Indonesia. Bukalapak menjadi salah satu situs jual beli online yang memiliki banyak pengguna, paling ramai dan paling top di Indonesia. Namun ada banyak orang yang menanyakan sumber penghasilan, sumber pendapatan, sumber pemasukan Bukalapak berasal darimana.

Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan Bukalapak?
Sumber: Bukalapak

Berdasarkan data dari Techno.id, founder Bukalapak Achmad Zaky menyampaikan bahwa sumber pendapatan Bukalapak berasal dari pedagang di Bukalapak yang menggunakan fitur premium. Jadi fitur premium ini diberikan kepada pedagang Bukalapak yang ingin mendapatkan fitur berbayar. Tentunya fitur premium ini memiliki fitur yang lebih canggih dan lebih bagus dari fitur gratis.

Contoh fitur berbayar adalah promoted content yang mana pedagang Bukalapak premium bisa muncul diposisi paling atas, paling strategis, paling laris dan paling ramai diklik. Jika menggunakan fitur premium ini tentunya barang yang dijual di Bukalapak akan lebih cepat laris dibandingkan dengan menjual barang dengan fitur gratisan.

Fitur Premium ini harga paketnnya bermacam-macam. Ada yang harganya murah ada pula yang harganya jutaan. Semakin mahal tentunya akan semakin bagus fitur yang didapatkan. Fitur ini juga diterapkan oleh Tokopedia yang merupakan kompetitor dari Bukalapak. Nah dari sinilah sumber pendapatan, pemasukan dan penghasilan Bukalapak. Dengan cara ini Bukalapak juga berhasil mendapatkan penghasilan miliaran rupiah setiap bulannya. Semakin banyak pedagang di Bukalapak yang menggunakan fitur berbayar, maka semakin banyak juga penghasilan Bukalapak.

Bisakah menghapus akun di Bukalapak?

Bisakah menghapus akun di Bukalapak?

Bisakah menghapus akun di Bukalapak? – Saya kalau ada apa-apa lebih suka langsung cek ke situs resmi Bukalapak. Soalnya kalau tanya ke forum atau cari informasi ditempat takutnya tidak valid. Singkat cerita akhirnya saya memastikan apakah akun Bukalap saya bisa dihapus atau tidak. Soalnya fitur hapus akun tidak ditemukan di Bukalapak.

Bisakah menghapus akun di Bukalapak?
Sumber: Bukalapak

Berdasarkan keterangan resmi dari situs resmi Bukalapak, saya mendapatkan informasi bahwa akun yang sudah terdaftar di Bukalapak memang tidak bisa dihapus. Bukalapak tidak seperti akun Facebook, Google atau Twitter yang bisa dihapus.

Berikut ini kalimat yang tertera disitus resmi Bukalapak:

Untuk saat ini akun Bukalapak yang sudah dibuat TIDAK DAPAT dihapus/ditutup. Jika ingin menonaktifkan akun silakan kirimkan email ke Customer Support Bukalapak

Sebenarnya agak disayangkan karena kebanyakan layanan memberikan kebebasan kepada pengguna untuk menghapus akun tapi di Bukalapak fitur hapus akun malah tidak tersedia.

Sebenarnya kebijakan ini ada positif dan negatifnya. Positifnya karena jejak pelaku penipuan bisa ditelusuri, apalagi sekarang banyak modus penipuan. Negatifnya ini tentunya sangat mengganggu pengguna karena pengguna tidak mendapatkan kebebasan.

Contoh kasusnya seperti saya. Saya memiliki sekitar tiga akun Bukalapak. Yang paling sering dipakai untuk belanja di Bukalapak cuma satu. Jadi yang dua lagi ingin saya hapus, soalnya tidak terpakai juga akunnya. Lagi pula promo Bukalapak yang masuk ke email itu banyak banget dan ganggu banget. Otomatis kalau akunnya dihapus tidak akan ada lagi email promosi yang mengganggu yang masuk.Tapi apa mau dikata, di Bukalapak tidak bisa hapus akun.

Kesimpulannya

Jadi intinya pengguna Bukalapak tidak bisa menghapus akunnya. Selagi Bukalapak masih ada maka akun Bukalapak akan tetap hidup meskipun sudah tidak dipakai. 🙂

Referensi:

1. Bukalapak

StarOfService.co.id, Pusat Informasi Penyedia Jasa Profesional

StarOfService.co.id, Pusat Informasi Penyedia Jasa Profesional – Mungkin bagi para pakar e-commerce sudah mengenal apa yang dimaksud dengan marketplace. Bukan hanya pakar e-commerce yang memahami hal ini tetapi banyak pula masyarakat Indonesia yang terbiasa dengan istilah ini. Untuk yang masih kurang paham dengan istilah marketlace, akan saya berikan definisi umum dari marketplace.

Apa itu Marketplace?

Dari asal katanya, “Market” memiliki arti pasar. Dari istilah pasar kita bisa mengetahui bahwa pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli. Selain itu gambaran pasar dalam benak kita merupakan tempat dimana ada banyak pihak yang menawarkan produk barang atau jasa, disisi lain ada banyak pula yang datang untuk membeli produk barang atau jasa yang di jual dipasar.

Istilah marketplace juga memiliki definisi yang hampir sama dengan pasar. Marketplace merupakan tempat atau ruang online berupa situs yang menjadi tempat bertemunya pihak yang menawarkan barang atau jasa dengan orang yang membutuhkan barang atau jasa.

Di Indonesia sendiri sekarang ini sudah banyak marketplace yang berkembang bahkan sudah menjadi marketplace yang besar. Berikut ini ada beberapa nama marketplace Indonesia yang sudah maju diantaranya:

1. FJB Kaskus
2. Tokopedia
3. Bukalapak
4. Elevenia
5. OLX (Merger Tokobagus dan Berniaga)
7. Jualo
8. Ekiosku

Dan mungkin banyak lagi lainnya yang masih dalam tahap perkembangan yang belum disebutkan disini. Saya yakin dengan contoh yang sudah diberikan akan menjadi lebh paham tentang marketplace.

Di Indonesia, Marketplace untuk Produk Barang Memang Banyak Tapi Marketplace Jasa Masih Langka

Sekarang ini marketplace di Indonesia memang sudah banyak tetapi masih sedikit yang mengusung konsep marketplace khusus menawarkan jasa. Mungkin kita mengenal OLX sebagai marketplace yang menawarkan barang adan jasa, tapi OLX sendiri masih didominasi oleh penawaran produk berupa barang.

Marketplace dengan konsep penawaran produk sudah terlalu mainstream, karena sudah banyak yang menggusung konsep marketplace yang seperti ini. Oleh karena itu, StarOfService hadir sebagai marketplace khusus jasa di Indonesia.

Apa itu StarOfService.co.id?

Mungkin banyak yang masih asing dengan nama StarOfService. StarOfService merupakan salah satu startup yang berasal dari Perancis yang membuka cabangnya di Indonesia. Cabang StarOfService di Indonesia dengan domain www.starofservice.co.id dibuka pada pertengahan tahun 2015. StarOfService didirikan oleh Lucas Lambertini sebagai CEO, bersama dengan Toni Pignant dan Maël Leclair di Perancis.

StarOfService merupakan startup yang terbilang baru karena berdiri di Perancis pada November 2013, namun meskipun startup baru StarOfService termasuk startup yang memiliki perkembangan yang cepat. Dengan perkembangan yang cepat banyak investor yang tertarik untuk menanamkan modal di StarOfService.

Dari data yang disampaikan oleh StarOfService Indonesia kepada Tuliside.com, StarOfService sudah mendapatkan dana lebih dari 1.69 juta USD dari investor di Eropa. Selain itu StarOfService dengan usia yang masih muda sudah bisa mengumpulkan omset lebih dari 150 juta Euro dan berhasil membuka cabang di 80 negara.

StarOfService memang memiliki kemiripan dengan Thumbtack. Thumbtack merupaka situs marketplace penyedia jasa yang terkemuka di Amerika Serikat. StarOfService berdiri mendapatkan inspirasi dari Thumbtack.

Apa Keuntungan Bergabung ke StarOfService?

Yang namanya manusia untuk melakukan dan memutuskan sesuatu selalu mempertimbangkan untung rugi. Jika untung maka dipilih, jika rugi maka tinggalkan saja. Nah berikut ini ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan bergabung ke StarOfService, diantaranya:

Keuntungan Bagi Pengguna atau yang Membutuhkan Jasa

1. Bisa menemukann ahli yang profesional dengan dibidangnya.
2. Bisa memilih jasa dengan budget yang kita miliki.

Keuntungan Bagi Penyedia Jasa Profesional

1. Bisa mendapatkan pelanggan dengan mudah.
2. Menambah pemasukan atau pendapatan dengan keahlian yang dimiliki.
3. Untuk mengetahui cara kerja StarOfService bisa membaca keterangan Cara Kerja StarOfService.

Kesimpulannya

Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh StarOfService sekarang ini sudah banyak yang tergabung di StarOfService untuk mendapatkan jasa atau menawarkan jasa. Jika tertarik untuk bergabung ke StarOfService bisa Mendaftar di StarOfService.

*)

Bisakah menghapus akun di Tokopedia?

Bisakah menghapus akun di Tokopedia? – Saya kalau ada apa-apa lebih suka langsung tanya ke CS Tokopedia. Soalnya kalau tanya ke forum atau cari informasi ditempat takutnya tidak valid. Singkat cerita akhirnya saya menanyakan apakah akun Tokopedia saya bisa dihapus atau tidak. Soalnya fitur hapus akun tidak ditemukan di Tokopedia.

 

Bisakah menghapus akun di Tokopedia?
Sumber: Tokopedia

Berdasarkan keterangan dari CS, saya mendapatkan informasi bahwa akun yang sudah terdaftar di Tokopedia memang tidak bisa dihapus. Tokopedia tidak seperti akun Facebook, Google atau Twitter yang bisa dihapus. Pertanyaan semacam ini juga pernah ditanyakan oleh pengguna Instagram lainnya melalui akun Facebook Tokopedia. Jawabannya juga sama seperti yang saya dapatkan dahulu yaitu akun Tokopedia tidak bisa dihapus.

 

Sebenarnya agak disayangkan karena kebanyakan layanan memberikan kebebasan kepada pengguna untuk menghapus akun tapi di Tokopedia fitur hapus akun malah tidak tersedia. Sama halnya dengan Bukalapak, akun Bukalapak juga tidak bisa dihapus.

 

Sebenarnya kebijakan ini ada positif dan negatifnya. Positifnya karena jejak pelaku penipuan bisa ditelusuri, apalagi sekarang banyak modus penipuan. Negatifnya ini tentunya sangat mengganggu pengguna karena pengguna tidak mendapatkan kebebasan.

 

Contoh kasusnya seperti saya. Saya memiliki sekitar tiga akun Tokopedia. Yang paling sering dipakai untuk belanja di Tokopedia cuma satu. Jadi yang dua lagi ingin saya hapus, soalnya tidak terpakai juga akunnya. Lagi pula promo Tokopedia yang masuk ke email itu banyak banget dan ganggu banget. Otomatis kalau akunnya dihapus tidak akan ada lagi email promosi yang mengganggu yang masuk.Tapi apa mau dikata, di Tokopedia tidak bisa hapus akun.

 

Kesimpulannya

Jadi intinya pengguna Tokopedia tidak bisa menghapus akunnya. Selagi Tokopedia masih ada maka akun Tokopedia akan tetap hidup meskipun sudah tidak dipakai. Bagi yang penasaran, ingin mencari cara untuk menghapus akun Instagram kami persilahkan.

Pasarwarga.com, situs marketplace bisa cicil tanpa kartu kredit

Pasarwarga.com, situs marketplace bisa cicil tanpa kartu kredit – Sedang asyik browsing mencari informasi tentang game, dibanyak blog saya sering menemukan iklan Pasarwarga atau Pasarwarga. Iklan tersebut sering kali saya temukan namun saya sendiri tidak pernah mengetahui Pasarwarga.

Tanpa ragu langsung saya klik dan langsung mengunjungi situs Pasarwarga. Ternyata situs Pasarwarga adalah situs marketplace untuk pembelian berbagai macam barang.

Pasarwarga.com, situs marketplace bisa cicil tanpa kartu kredit

Di situs Pasarwarga paling banyak ditemukan berbagai macam produk elektronik khususnya smartphone. Uniknya lagi di Pasarwarga kita bisa membeli barang secara kredit tanpa harus memiliki kartu kredit.

Berdasarkan informasi dari Pasarwarga, sekarang ini layanannya tersedia untuk seluruh Indonesia. Namun nampaknya yang paling banyak menggunakan layanan Pasarwarga adalah warga Jabodetabek. Khusus Jabodetabek kita bisa mendapatkan layanan pengiriman dari JNE.

Bagi yang tertarik menggunakan layanan kredit dari Pasarwarga bisa membaca petunjuk pembelian di situs Pasarwarga.

Sekali lagi diingatkan bahwa Pasarwarga tidak hanya menjual smartphone, tapi berbagai macam barang bisa ditemukan di Pasarwarga.

Pada intinya Pasarwarga memberikan kemudahan mendapatkan barang secara kredit tanpa harus memiliki kartu kredit. Pastinya tanpa ribet bisa mendapatkan barang yang kita inginkan.

Tertarik langsung saja meluncur ke Pasarwarga.com 😉

Bisakah mengganti nama toko di Tokopedia?

Bisakah mengganti nama toko di Tokopedia? – Sebelum membahas cara mengganti nama toko di Tokopedia ada baik saya cerita dulu mengenai pengalaman saya bersama Tokopedia. Ketika itu saya ingin mengganti nama toko di Tokopedia dikarenakan kesalahan penulisan. Lagi pula sebagai pengguna Tokopedia saya belum terlalu paham dengan aturan penamaan toko di Tokopedia.

Setelah dicari tau ternyata nama toko di Tokopedia tidak bisa diubah. Di Tokopedia nama pengguna berbeda dengan nama toko. Misalnya nama pengguna Hasyim tapi nama tokonya “tokojersey”. Di Tokopedia juga tidak tersedia fitur mengganti nama toko. Saya sendiri sudah coba otak-atik sendiri akun Tokopedia tapi tidak ditemukan fitur untuk mengganti nama toko di Tokopedia.

Bisakah mengganti nama toko di Tokopedia?
Sumber: Tokopedia

Perlu diketahui bahwa Tokopedia itu tidak seperti Facebook atau Twitter yang mana kita bisa mengganti nama sesuai dengan keinginan. Namun setelah saya pikir kembali wajar saja jika di Tokopedia susah mengganti nama toko ini demi alasan keamanan transaksi.

Dulunya ketika saya ingin mengganti nama toko di Tokopedia, internet tidak tersedia tutorialnya. Yang membahas tentang cara mengubah nama toko di Tokopedia belum ada. Akhirnya saya langsung menanyakan langsung ke CS Tokopedia. Dulu saya menghubungi CS lewat Facebook.

Dari penjelasan di Facebook, CS menyebutkan bahwa di Tokopedia memang tidak tersedia fitur untuk mengganti nama toko di Tokopedia. Jika ingin mengganti nama toko sebaiknya melibatkan admin Tokopedia. CS di Facebook menjelaskan bahwa pergantian nama toko di Tokopedia hanya bisa dilakukan satu kali. Jika besoknya ingin mengganti nama toko tidak bisa lagi.

Singkat cerita dari chatting saya dengan pihak Tokopedia akhirnya nama toko saya di Tokopedia pun berubah. Kata si CS besok kalau mau ganti nama toko di Tokopedia tidak bisa lagi.

Kesimpulannya

Kita bisa mengganti nama toko di Tokopedia. Jika ingin mengganti nama toko di Tokopedia hanya diberikan kesempatan satu kali saya. Namun kebijakan ini bisa saja berubah atau tidak bisa mengganti nama toko sama sekali. Dalam proses penggantian nama ini melibatkan admin Tokopedia. Prosesnya berlangsung cepat dalam 1 x 24 jam (pengalaman saya seperti itu). Jika ingin mengganti nama toko di Tokopedia harus menghubungi CS lewat www.tokopedia.com/contact.pl . Pengalaman saya CS Tokopedia cukup cepat dalam menanggapi keluhan konsumen.

Sejak Raisa bersama Hamish Daud kepopuleran Elevenia langsung menurun

Sejak Raisa bersama Hamish Daud kepopuleran Elevenia langsung menurun – Dalam artikel kali ini kita akan membahas pamor e-commerce Elevenia yang semakin menurun sejak Raisa tidak lagi muncul sebagai brand ambassador di layar televisi. Hal ini sebenarnya sudah lama saya perhatikan, namun belum sempat saya tuangkan ke dalam artikel.

Pasti kamu sangat menyadari bahwa televisi rumah kamu tak muncul lagi iklan Elevenia bersama Raisa. Entah karena Raisa sudah menikah dengan Hamish Daud? Hmm entahlah, kita juga tidak tau apa yang sebenarnya terjadi. Bisa jadi kontrak kerjasama Raisa dan Elevenia sudah berakhir.

Sejak Raisa bersama Hamish Daud kepopuleran Elevenia langsung menurun

Namun yang jelas data dari Alexa terlihat jelas sekali bahwa rangking situs Elevenia.co.id semakin hari semakin memburuk. Data dari Alexa menunjukkan bahwa rangking situs Elevenia terperosok jauh sekali. Dalam rangking global Elevenia masuk dalam angka 25 ribuan. Di Indonesia rangking Alexa, Elevenia jatuh ke posisi papan bawah.

Data tak resmi dari SimilarWeb menunjukkan bahwa dalam beberapa bulan terakhir terlihat jumlah pageviews Elevenia terperosok sangat jauh. Di bulan April, Mei, dan Juni tahun 2017 jumlah pageviews Elevenia lebih dari 50 juta pageviews. Namun dibulan Agustus dan September 2017 tiba-tiba pageviews Elevenia berada dibawah 10 juta pageviews.

Bagi saya ini sebuah pertanyaan besar, bagaimana mungkin sebuah brand besar seperti Elevenia bisa mengalami kejatuhan. Padahal sebelumnya Elevenia masuk dalam jajaran top 10 e-commerce di Indonesia.

Apakah ini tanda-tanda bahwa Elevenia akan bangkrut? Apakah ini tanda-tanda kalau Elevenia akan ditutup? Kemungkinan tersebut bisa saja terjadi. Apalagi di Indonesia ini pernah ada sebuah e-commerce yang secara resmi ditutup yaitu Rakuten.

Rakuten adalah brand e-commerce yang ternama di Jepang. Tapi persaingan yang tinggi dikancah e-commerce Indonesia, Rakuten akhirnya menyerah. Bisa jadi nantinya Elevenia masuk dalam daftar e-commerce yang ditutup di Indonesia kalau performa mereka tidak diperbaiki.

Harapannya semoga ini terjadi tak berlangsung lama dan Elevenia tetap bisa berkompetisi bersama dengan e-commerce lainnya di Indonesia. Amat sangat disayangkan jika Elevenia harus bangkrut, kemudian ditutup. Ini adalah sebuah ironi yang sangat menyedihkan jika hal ini benar-benar terjadi pada Elevenia.

_

Chat Sekarang!
1
Order Iklan Sekarang? Klik Disini!
Hallo, Saya Mutiara.
Selamat datang di Bertravel Media.
Butuh bantuan, ingin order iklan, ada pertanyaan, konsultasi iklan, ingin buat website, ingin buat landingpage atau yang lainnya.
Klik "Chat Sekarang".