Apa itu Bisnis PIN Konveksi?

Apa itu Bisnis PIN Konveksi?

Bisnis PIN Konveksi Database adalah.. ? – Tentunya kamu sering melihat berbagai macam postingan disosial media khususnya Instagram yang menawarkan bisnis menghasilkan uang dengan mudah. Bisnis yang paling sering ditawarkan adalah Bisnis Pin Konveksi database. Apa itu bisnis PIN konveksi database?

Nah Bisnis PIN Konveksi database adalah bisnis yang memperjualbelikan kumpulan kontak PIN Blackberry konveksi yang membuat membuat berbagai macam produk baju, celana, tas, boneka, sepatu, sendal, bantal, selimut, kaos dan banyak lagi. Jadi dengan menggunakan PIN kita bisa mendapatkan atau membeli barang dari distributor atau pabriknya langsung dengan harga yang lebih murah dan miring.

Bisnis PIN Konveksi Database adalah.. ?
Gambar: Pixabay

Bisnis PIN Konveksi database ini bisa disebut sebagai bisnis yang menjual database keorang yang membutuhkan. Mereka yang membutuhkan tersebut biasanya adalah kalangan pebisnis online yang ingin mencari supplier barang agar mendapatkan harga yang lebih murah. Namun bisnis PIN konveksi database ini sebenarnya ada baik dan buruknya.

Iklan Baris Online Gratis Jualme Indonesia

Bisnis ini baik jika kontak PIN konveksi yang kita jual itu benar-benar aktif dan bisa dihubungi. Jika benar-benar aktif dan bisa dihubungi maka, bisnis ini halal dan tidak masuk dalam kategori penipuan. Namun bisnis ini juga bisa menjadi bisnis yang buruk, jika kita menjual database PIN konveksi yang palsu. Kita bisa masuk dalam kasus penipuan karena menjual data PIN konveksi yang palsu. Orang sudah membayar sekian ratus ribu untuk mendapatkan PIN yang ASLI tapi database PIN yang kita jual malah pin yang palsu (bohongan).

Sarannya, saya sendiri tidak terlalu merekomendasikan bisnis database PIN ini kepada siapapun. Bisnis ini memang ada baik dan buruknya. Namun karena saya mencari aman, saya tidak mengajak siapapun untuk ikut melakukan bisnis ini. Apakah ada yang menawarkan bisnis ini? Yang menawarkan bisnis ini ada banyak, namun saya tidak tergiur.

Apakah bisnis PIN konveksi termasuk dalam penipuan? Sebenarnya bisnis ini ada yang benar-benar jujur, namun ada juga yang menipu dengan menjual database PIN yang palsu. yang terpenting kita harus menerapkan prinsip untuk tetap berhati-hati.

Definisi dan Pengertian dari Wirausaha Adalah?

Definisi dan Pengertian dari Wirausaha Adalah?

Definisi dan Pengertian dari Wirausaha Adalah? – Tentunya kita seringkali mendengar istilah wirausaha. Wirausaha adalah istilah yang melekat pada orang yang menjalan usaha, memiliki usaha, atau memiliki perusahaan. Orang yang melakukan wirausaha disebut juga dengan wirausahawan. Wisarausahawan sering juga disebut dengan entrepreneur. Tentunya sebagai orang yang berwirausaha untung dan rugi adalah sesuatu yang harus di hadapi.

Definisi dan Pengertian dari Wirausaha Adalah?
Sumber: Pixabay

Dalam berwirausaha tentunya harus berani mengambil risiko, percaya diri, menyukai tantangan, memiliki ambisi untuk maju, menyukai hal baru, menyukai perubahan dan masih banyak lagi karakter yang melekat pada seorang yang berwirausaha. Para ahli menyebutkan bahwa seorang yang menjalankan kegiatan wirausaha tidak harus menjadi seorang penemu namun bisa melakukan inovasi dari hal yang ada. Oleh sebab itu seorang wirausahawan itu harus kreatif.

Rp115ribu
Deal

Dari Bertravel Media, dapat paket iklan murah. Iklan muncul di FB dan IG sekaligus, CUMA SEKALI BAYAR gaiss... Biaya Rp115ribu untuk 3 hari. Jangan ragu, ambil paket iklan murah ini sekarang juga 😉

More Less
26 Situs Referensi untuk Pengusaha UKM

26 Situs Referensi untuk Pengusaha UKM

26 Situs Referensi untuk Pengusaha UKM – UKM atau Usaha Kecil Menengah merupakan usaha kecil yang kekayaannya paling banyak 200 juta rupiah. Saat ini UKM merupakan usaha yang memiliki peran penting dalam perekonomian di Indonesia. Ada jutaan UKM yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk meningkat kualitas UKM maka seorang pengusaha UKM perlu membaca atau mencari referensi yang bisa membantu mengembangkan bisnis UKM yang dijalankannya.

26 Situs Referensi untuk Pengusaha UKM
Sumber: Pixabay

26 Situs Referensi untuk Pengusaha UKM

Sebenarnya ada banyak situs yang bisa dibaca untuk mendapatkan informasi dan referensi seputar UKM. Berikut ini ada 26 situs yang bisa dijadikan referensi untuk pengusaha UKM di Indonesia.

1. Detik Finance

Detik Finance merupakan subdomain dari situs berita Detik. Detik memiliki beberapa subdomain dengan berbagai macam topik. Untuk kamu yang ingin mengetahui informasi seputar UKM bisa membaca berita dari Detik Finance. Selain berita kamu juga bisa membaca artikel, informasi UKM, dan juga berkonsultasi seputar bisnis UKM di Detik Finance.

2. Kompas Ekonomi

Kompas Ekonomi merupakan situs berita dari Kompas.com yang membahas informasi seputar ekonomi, bisnis dan keuangan. Dalam Kompas Ekonomi ada banyak topik yang bisa menjadi referensi para pengusaha UKM dalam mengembangkan bisnisnya.

3. Merdeka

Merdeka merupakan situs berita online yang populer di Indonesia. Ada banyak topik yang dibahas di Merdeka. Merdeka juga membahas berbagai macam topik yang berhubungan seputar UKM di Indonesia.

4. Tribunbisnis

Tribunbisnis merupakan bagian Tribunnews, salah satu situs berita terpopuler di Indonesia. Situs ini berisi berita nasional yang juga membahas berita ekonomi dan bisnis UKM di Indonesia.

5. Bisnis Liputan6

Bisnis Liputan6 merupakan bagian dari situs berita Liputan6.com yang rutin memberikan informasi seputar ekonomi di Indonesia. Ada banyak topik ekonomi dan bisnis yang dibahas di situs ini. Topik seputar UKM merupakan topik yang cukup banyak dibahas di situs Liputan6.

6. Okezone Ekonomi

Okezone Ekonomi merupakan bagian dari situs berita online Okezone. Dalam kolom berita ekonomi ada banyak topik yang dibahas di situs berita online ini. Ada berita ekonomi indonesia, investasi dan juga informasi yang bermanfaat bagi bisnis UKM.

7. Suara

Suara merupakan salah satu portal berita online yang baru berdiri di Indonesia tepatnya pada tahun 2014. Namun sebagai situs berita yang baru berdiri Suara.com menjadi situs yang bisa dijadikan referensi untuk bisnis UKM.

8. Sindonews Ekonomi dan Bisnis

Sindonews merupakan situs berita online yang besar di Indonesia, situs ini bagian dari MNC Media. Kolom berita ekonomi dan bisnis menjadi tempat yang bagus untuk referensi bisnis UKM yang sedang kamu kembangkan.

9. MSN Ekonomi

MSN merupakan portal dari Microsoft yang menghimpun seluruh berita dari situs berita online di dunia. Bukan hanya dari Indonesia saja tapi dari berbagai negara. MSN melakukan kerjasama dengan Telkom Indonesia, sehingga konten berita lokal bisa muncul di MSN.
MSN Ekonomi menjadi kolom berita yang membahas topik seputar ekonomi di Indonesia. Sebenarnya jika kamu sudah membuka MSN kamu tidak perlu lagi membuka situs berita lain, karena semua berita di Indonesia sudah dihimpun di MSN.

10. Tempo Bisnis

Tempo merupakan portal berita online yang populer di Indonesia. Tempo Bisnis secara khusus membahas secara lengkap informasi bisnis di Indonesia. Selain itu ide bisnis juga bisa dengan mudah kamu temukan di Tempo Bisnis.

11. Republika Ekonomi

Republika merupakan portal berita yang juga populer di Indonesia. Ada banyak informasi seputar UKM, UKM yang sukses yang diliput oleh Republika Ekonomi. Republika bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin mengetahui informasi seputar UKM.

12. Rimanews

Rimanews merupakan portal berita yang populer yang banyak menyajikan berita di Indonesia. Selain itu Rimanews juga ruti memberikan informasi seputar bisnis UKM.

13. Metrotvnews

Metrotvnews merupakan portal berita online yang dimiliki oleh Media Indonesia. Media Indonesia merupakan perusahaan media yang besar di Indonesia. Ada banyak topik yang dibahas di portal berita ini, topik bisnis dan ekonomi menjadi topik yang banyak dibahas. Topik UKM menjadi topik yang juga banyak dibahas di Metrotvnews.

14. Viva Bisnis

Viva merupakan portal berita yang populer di Indonesia. Viva Bisnis menjadi kolom berita yang fokus membahas informasi seputar bisnis, investasi, peluang usaha dan UKM. Sehingga dengan infomasi UKM yang tersedia ini bisa menjadi referensi bisnis UKM yang kamu kelola.

15. JPNN

JPNN merupakan portal berita dari Jawa Pos Group. JPNN memberikan informasi seputar UKM dengan kolom berita UKM.

16. Beritasatu

Beritasatu merupakan portal berita online yang membahas banyak topik seputar bisnis dan ekonomi. Selain itu dalam kolom berita Beritasatu juga terdapat informasi bisnis seputar UKM, tapi topiknya masih sedikit.

17. Bisnis

Bisnis merupakan portal berita online yang banyak membahas informasi bisnis. Selain itu Bisnis.com juga memberikan informasi lain seperti teknologi, berita nasional, politik dan informasi lainnya.

18. Pojoksatu

Pojoksatu merupakan portal berita online yang baru berdiri di Indonesia. Namun ada banyak topik yang bisnis yang dibahas di situs berita online yang satu ini.

19. Antaranews Ekonomi

Antaranews merupakan situs berita online dari kantor berita Indonesia ANTARA. Dalam situs berita antara juga tersedia kolom berita yang berisi informasi seputar dunia bisnis dan UKM.

20. BisnisUKM

BisnisUKM.com merupakan media yang memberikan informasi seputar dunia UKM. BisnisUKM juga memberikan informasi seputar peluang bisnis UKM dan promosi UKM.

21. UKM.web.id

UKM.web.id merupakan media yang memberikan informasi UKM dan menjadi direktori usaha UKM di Indonesia.

22. Bisnisukm.id

Bisnisukm.id merupakan situs yang memberikan informasi, ulasan, berita, event seputar bisnis UKM di Indonesia.

23. SeputarUKM

SeputarUKM merupakan media online yang memberikan informasi yang berhubungan dengan UKM. Selain itu SeputarUKM juga menjadi direktori UKM di Indonsia.

24. Maxmanroe

Manmanroe merupakan media blog yang memberikan banyak informasi seputar teknologi, blogging, dan juga informasi peluang usaha UKM yang bisa dilakukan dengan modal kecil.

25. Handokotantra

Handokotantra merupakan blog personal yang fokus membahas tentang bisnis. Informasi yang disampaikan mudah dimengerti dan mudah dipahami. Selain itu blog Handokotantra juga membahas tentang internet marketing. Internet marketing bisa membantu kamu para dalam memasarkan bisnis UKM menggunakan internet.

26. DokterBisnis

DokterBisnis merupakan blog yang membahas bisnis UKM. Ada banyak artikel seputar bisnis yang bisa dibaca di DokterBisnis. DokterBisnis ini juga bisa membantu kamu mempromosikan bisnis yang kamu miliki.

Kesimpulannya

Itulah 26 situs yang bisa kamu jadikan sumber informasi dan inspirasi bagi pengusaha UKM dan juga pengusaha untuk skala besar. Situs ini dinilai memberikan manfaat yang besar dan bisa membantu kamu lewat artikel online yang mereka terbitkan.

Seorang pengusahan UKM diharapkan memiliki wawasan yang luas agar tetap mampu bersaing, caranya dengan memperbanyak membaca agar memiliki banyak informasi. Selain itu ada beberapa diantaranya yang menyediakan ruang untuk promosi secara gratis dan cuma-cuma.

*)

23 Jasa Ekspedisi Logistik untuk Pengiriman Barang untuk Bisnis Online dan UKM

23 Jasa Logistik untuk Pengiriman Barang untuk Bisnis Online dan UKM – Keberadaan perusahaan jasa pengiriman barang sangat dibutuhkan bagi pebisnis online dan pengusaha UKM. Perusahaan jasa pengiriman barang atau yang dikenal dengan kurir bisa membantu pebisnis online dan UKM.

Jasa pengiriman barang ini bukan hanya berguna untuk pebisnis online dan UKM saja, tapi kalangan orang biasa juga bisa menggunakan kurir ini. Misalnya ada dokumen atau barang yang ingin dikirim keluar kota bisa mengunakan jasa kurir ini.

23 Jasa Logistik untuk Pengiriman Barang untuk Bisnis Online dan UKM

Jika kamu seorang pengusaha UKM atau yang sedang melakukan bisnis online, ada 23 jasa pengiriman barang yang bisa kamu gunakan diantaranya.

1. JNE Express

JNE merupakan perusahaan jasa kurir yang cukup populer digunakan khususnya untuk wilayah perkotaan. Kelebihan JNE dalam penawarannya adalah tarif berdasarkan jarak. Jika jaraknya dekat, maka tarifnya bisa menjadi lebih murah. Semakin jauh jarak pengiriman barang maka semakin mahal. JNE sendiri agak kurang populer untuk pengiriman jarak jauh.

2. Pos Indonesia

Pos Indonesia merupakan perusahaan jasa kurir BUMN atau perusahaan yang dimiliki oleh negara. Pos Indonesia menjadi perusahaan jasa yang cukup populer digunakan karena bisa menjangkau daerah terpencil sekalipun. Kelebihan Pos Indonesia yaitu memiliki tarif pengiriman yang murah. Selain itu jauh dan dekat harganya sama dan sangat terjangkau.

3. TIKI atau Titipan Kilat

TIKI merupakan perusahaan jasa untuk pengiriman barang. TIKI bisa menjadi alternatif untuk pengiriman yang lebih cepat. Namun yang menjadi kekurangan adalah biaya pengiriman yang agak mahal dibandingkan JNE dan Pos Indonesia.

4. Wahana Prestasi Logistik

Wahana Prestasi Logistik merupakan perusahaan jasa pengiriman barang atau kurir yang populer di Indonesia. Namun Wahana kebanyakan hanya tersebar di wilayah perkotaan dan belum menjangkau sampai daerah terpencil. Namun ini bisa menjadi alternatif karena biaya pengiriman yang murah.

5. Pandu Logistics

Pandu Logistics merupakan perusahaan jasa pengiriman barang atau kurir yang cukup populer. Pandu Logistics juga pernah dipercaya oleh Lazada Indonesia untuk menjadi partner pengiriman barang. Jaringan Pandu Logistics cukup luas namun belum menjangkau semua wilayah Indonesia.

6. Indah Cargo Logistik

Indah Logistik atau sering disebut sebagai Indah Cargo Logistik merupakan perusahaan jasa yang bergerak dalam pengiriman barang atau kurir. Selain itu Indah Logistik dikenal sebagai perusahaan pengiriman barang yang menerima pengiriman dalam jumlah besar atau yang berukuran berat. Indah Logistik sering digunakan untuk pengiriman grosir atau pengiriman dalam jumlah besar.

7. EMS Indonesia

EMS atau Express Mail Service merupakan layanan pengiriman surat dari Pos Indonesia. Biasanya EMS ini sering digunakan untuk pengiriman surat keluar negeri. Namun saat ini bukan hanya surat yang bisa dikirim dari Indonesia keluar negeri tapi bisa berupa barang dan dokumen.

8. SiCepat Express

SiCepat Express merupakan perusahaan logistik yang baru berdiri di Indonesia. Perusahaan logistik ini berdiri baru berdiri sejak tahun 2004. SiCepat ini bisa menjadi solusi untuk pebisnis online dan UKM. Namun yang menjadi kekurangan, SiCepat masih kurang tersedia di beberapa kota di Indonesia. SiCepat sudah melakukan kerjasama dengan Tokopedia.

9. ESL Express

ESL Express merupakan perusahaan jasa pengiriman barang yang dibantu dengan Armada Bus Lorena Grup. ESL Express saat ini sudah tersebar di 33 provinsi di Indonesia. Saat ini ESL Express hanya memanfaat pengiriman barang menggunakan angkutan darat. ESL Express melayani pengiriman paket, dokumen, kendaraan bermotor maupun kargo.

10. Gojek Indonesia

Gojek merupakan perusahaan startup atau perusahaan yang baru berdiri. Perusahaan Gojek Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang transportasi. Namun selain jasa transportasi, Gojek melayani jasa kurir atau pengiriman barang. Gojek bisa dijadikan pilihan untuk pengiriman barang untuk jarak dekat. Gojek juga dijadikan partner oleh Bukalapak.com untuk membantu proses pengiriman barang.

11. Herona Express

Herona Express adalah perusahan pengiriman barang yang merupakan anak usaha dari PT Kereta Api. Herona Express bisa digunakan untuk mengirimkan barang menggunakan kereta api dan truck box. Namun saat ini Herona Express sudah menambah layanan dengan menggunakan angkutan udara untuk mempercepat proses pengiriman barang.

12. PCP Ekspress

13. Pahala Ekpress

Pahala Express merupakan perusahaan jasa pengiriman yang cukup populer. Pahala express melayani jasa pengiriman barang, kendaraan bermotor seperti sepeda motor dan mobil.

14. Tikindo

Tikindo merupakan salah satu perusahaan jasa pengiriman barang yang melayani jasa kiriman barang baik dalam maupun luar negeri.

15. CitoXpress

CitoXpress adalah perusahaan pengiriman barang pos dan logistik di Indonesia. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1990. CitoXpress sering dijadikan mitra untuk pengiriman barang oleh perusahaan.

16. REX Indonesia

REX Indonesia atau Royal Express Indonesia merupakan perusahaan logistik yang melayani jasa pengiriman barang. REX Indonesia melayani pengiriman barang baik dalam maupun luar negeri.

17. Nex Logistics

Nex Logistics atau Nusa Prima Ekspress adalah perusahaan logistik yang melayani pengiriman barang berupa dokumen maupun produk barang. NEX Logistics juga dijadikan mitra oleh perusahaan ecommerce di Indonesia.

18. Lion Express

Lion Express merupakan perusahaan jasa logistik yang merupakan Grup dari perusahaan penerbangan Lion Group (Lion Air, Batik Air dan Wings Air).

19. Rosalia Express

Rosalia Express merupakan perusahaan logistik yang baru berdiri di Indonesia. Rosalia Express berdiri pada 2004 dan saat ini sudah memiliki cabang diseluruh Indonesia. Rosalia Express memiliki kelebihan yaitu pengiriman barang yang murah.

20. J&T Express

J&T Express merupakan perusahaan logistik yang didirikan oleh perusahaan teknologi OPPO Indonesia. Oppo merupakan perusahaan yang memproduksi berbagai produk smartphone dan produk lainnya.

21. First Logistics

First Logistics merupakan perusahaan logistik untuk pengiriman barang yang baru dikenal di Indonesia. First Logistics mulai dikenal sejak perusahaan ini melakukan kerjasama dengan ecommerce Lazada dan Zalora. Selain itu Tokopedia juga menggunakan First Logistics untuk mempermudah distribusi produk.

22. Cahaya Logistik

Cahaya Logistik merupakan perusahaan logistik untuk pengiriman barang yang berpusat di Jakarta Selatan. Cahaya Logistik saat ini menjadi partner ecommerce Tokopedia untuk proses pengiriman barang.

23. RPX Holding

RPX Holding merupakan perusahaan logistik yang menerima pengiriman berupa barang dan dokumen. Untuk mempercepat proses pengiriman RPX Holding menggunakan angkutan darat, laut dan udara.

Kesimpulannya

Sebenarnya bukan hanya perusahaan UKM dan bisnis online yang menggunakan jasa kurir diatas. Tapi perusahaan besar, pemerintahan, dan perorangan juga bisa menggunakan jasa perusahaan logistik diatas.

*)

Pentingnya Membangun dan Mempertahankan Brand Image Melalui Sosial Media

Pentingnya Membangun dan Mempertahankan Brand Image Melalui Sosial Media – Memasuki era teknologi seperti saat ini kita diharapkan mampu menyesuaikan diri di era seperti saat ini. Era yang saya maksud adalah era teknologi, teknologi apapun itu termasuk didalamnya teknologi informasi dan komunikasi.

Bukan saatnya lagi harus menghindar atau menjauhi perubahan teknologi tersebut, bukan saatnya lagi kita menggunakan teknologi yang sudah lama atau jadul, kita harus terus beradaptasi dengan perubahan-perubahan baru yang ada. Kasus yang akan saya angkat adalah perubahan teknologi informasi bidang sosial media.

Sosial media bisa dikatakan sebagai tempat berkumpulnya orang-orang dari seluruh dunia yang terhubung antara satu dengan yang lain di dunia maya. Di sosial media kita dengan mudah kita bisa menemukan orang-orang baru, ketertarikan yang berbeda dan berbagai macam karakter orang bisa dengan mudah kita temukan di sosial media.

Banyaknya orang yang bergabung kedalam komunitas sosial media, rasanya sayang sekali jika momen ini tidak dimanfaatkan dengan baik untuk membangun brand image. Sosial media bukannya hanya untuk sekedar berkomunikasi antara satu dengan yang lain, tapi dari sekian banyak manfaat sosial media yang bisa diambil adalah untuk membangun brand image (brand image building) dan mempertahankannya.

Pentingnya Membangun dan Mempertahankan Brand Image Melalui Sosial Media
Sumber: Google Image

Mengapa Kita Perlu Membangun Brand Image di Sosial Media?

Dari sekian banyak alasan saya akan mengambil satu alasan yaitu orang-orang di sosial media itu jumlahnya sangat banyak sekali. Jumlah pengguna sosial media di dunia itu milyaran orang. Dengan sosial media, tanpa harus bertatap muka atau beriklan di televisi orang-orang bisa mengenali brand yang kita miliki. Berdasar data statistik yang didapat dari Jessie Baude, Frankly Communication terlihat bahwa Facebook menjadi sosial media yang banyak digunakan.

Sebenarnya ada banyak sumber data yang bisa dijadikan referensi, tapi saya lebih memilih menggunakan data dari website Frankly Communication karena saya rasa data tersebut terbaru dan lebih mendekati. Data terbaru yang saya dapatkan dari referensi lain, ada peningkatkan jumlah pengguna sosial media, tapi pertumbuhan peningkatan sosial media yang paling besar adalah Instagram.

Kembali lagi ketopik mengenai pentingnya membangun brand image di sosial media. Secara umum brand itu menjadi ciri khas atau karakter yang bisa membedakan antara yang satu dengan yang lain.

4 Pembagian Brand Image

Secara umum berdasarkan pengamatan brand image itu bisa dikelompokkan menjadi empat macam. Yang pertama adalah brand image personal, yang kedua brand image kelompok atau komunitas, yang ketiga brand image company atau perusahaan dan yang keempat yaitu brand image lembaga atau instansi.

1. Brand Image Personal

Brand image personal, adalah brand image yang digunakan untuk menunjukkan satu orang atau satu individu. Brand image personalini bisa menunjukkan diri kita berbeda dengan yang lain, baik itu kemampuan, citra, dan ciri khas yang ada pada diri kita masing-masing. Yang paling menonjol personal brand bisa terlihat pada selebritis, kita bisa melihat perbedaan antara yang satu dengan yang lain.

Sebagai contoh selebritis yang sukses membangun personal brandnya yaitu Agnes Monica, yang sukses membangun personal brandnya sebagai penyanyi. Contoh lainnya adalah Raditya Dika, yang sukses membangun personal brand sebagai creativepreneur alias penulis buku. Christiano Ronaldo juga sukses membangun personal brandnya sebagai pemain sepak bola profesional di dunia. Selain mereka masih banyak lagi orang-orang yang sukses membangun personal brandnya.

2. Brand Image Kelompok

Brand image kelompok, bisa dikatakan sebagai brand yang digunakan untuk menunjukkan kelompok tertentu atau komunitas. Ada banyak brand kelompok yang dengan mudah bisa kita temukan misalnya kelompok pemusik yang berada dalam satu grup band, komunitas sosial, ataupun kelompok dan komunitas lainnya. Sebagai contoh saya mengambil contoh pemusik The Beatles, yang sukses membangun brand image kelompoknya sebagai grup musik yang populer di dunia.

3. Brand Image Company

Brand company brand yang menunjukkan atau membedakan perusahaan tertentu dengan perusahaan lainnya. Brand company ini termasuk didalamnya produk yang dibuat oleh perusahaan tersebut. Ada banyak brand company yang terkenal diantaranya Apple, Samsung, Microsoft, Coca Cola, Pepsi, KFC, Nike dan banyak lagi brand perusahaan yang belum saya sebutkan.

Apa pun produk yang mereka buat ini menunjukkan citra perusahaan mereka, saya ambil contoh perusahaan Nike yang sukses menempatkan brand perusahaannya sebagai produsen perlengkapan olahraga yang terkenal didunia.

4. Brand Image Lembaga

Brand instansi atau lembaga yaitu brand yang digunakan untuk menunjukkan lembaga atau instansi tertentu. Brand instansi yang bisa dijadikan contoh adalah KPK, Polri, OJK, Pengadilan Negeri dan banyak lagi.

Membangun Brand Image Melalui Sosial Media

Saat ini banyak sekali orang-orang yang sudah nyaman dengan keadaann yang sudah ada. Padahal tanpa kita sadari, disekeliling kita banyak sekali perubahan yang sudah terjadi. Ada pula yang menyadari perubahan, tapi tidak mau terlibat dengan perubahan tersebut. Ada pula yang tidak pernah menyadari perubahan tersebut.

Perubahan yang paling menonjol saat ini adalah perkembangan pesat di teknologi informasi yaitu sosial media. Sosial media menjadi tempat berbagi informasi yang ampuh sekali untuk membangun brand image, baik itu personal, kelompok, company atau perusahaan dan juga institusi lembaga.

Tak jarang pula banyak yang menggunakan sosial sebagai tempat untuk tetap mempertahankan posisi brandnya dimata masyarakat baik itu brand personal, kelompok atau komunitas, company atau perusahaan, dan instansi atau lembaga. Yang posisinya sudah dipuncak tapi ingin tetap dipuncak, banyak yang menggunakan sosial media.

Ada banyak contoh yang bisa diambil disekitar kita misalnya banyak orang terkenal atau selebritis yang berusaha mempertahankan popularitasnya lewat sosial media. Salah satu caranya mereka juga membuat akun sosial media, tujuannya agar popularitas personal brandnya terjaga, ingin lebih dikenal (personal brand bulding) oleh orang lain yang belum kenal, ingin lebih dekat dengan orang yang mengenalnya dan banyak lagi tujuan atau motif lainnya.

Upaya untuk memanfaat sosial media juga banyak dilakuan oleh brand ternama dunia seperti Nike, Adidas, Apple, Samsung, Acer, Toshiba, Detik, Kompas, Lenovo dan masih banyak lagi. Jika kita lihat yang memanfaatkan sosial media bukan hanya individu saja tapi perusahan besar dan company banyak yang menggunakan sosial media.

Dari kasus yang sudah diberikan bisa diambil kesimpulan betapa efektifnya sosial media dalam membangun dan mempertahankan brand image. Bagi bisnis startup atau bisnis yang baru dirintis dibidang apapun itu menurut saya sayang sekali jika tidak memanfaatkan sosial media. Berdasarkan data statistik yang didapat dari website Statista hanya sebagian kecil bisnis baru (startup) yang memanfaatkan sosial media di tahun 2013.

Padahal berdasarkan data survei yang didapat dari website Socialnomics oleh Arrae dari Bitrebels sosial media memberikan pengaruh besar untuk perkembangan bisnis untuk masa mendatang. Pengaruh yang terbesar diberikan oleh sosial media Facebook yaitu sebesar 47 persen, ini merupakan angka yang besar dan memiliki arti Facebook memberikan pengaruh yang besar bagi brand.

Kesimpulan

Oleh sebab itu penting dan perlu sekali mambangun dan mempertahankan brand image melalui sosial media karena terbukti memiliki pengaruh yang besar. Tapi pada intinya kembali lagi kepada masing-masing, karena tiap kepala memiliki strategi yang berbeda antara yang satu dengan yang lain.

Chat Sekarang!
1
Order Iklan Sekarang? Klik Disini!
Hallo, Saya Mutiara.
Selamat datang di Bertravel Media.
Butuh bantuan, ingin order iklan, ada pertanyaan, konsultasi iklan, ingin buat website, ingin buat landingpage atau yang lainnya.
Klik "Chat Sekarang".