7 Cara untuk Menghemat Gaji yang Bisa Dilakukan

7 Cara untuk Menghemat Gaji yang Bisa Dilakukan  – Bekerja merupakan sesuatu yang harus dilakukan oleh setiap orang terutama bagi mereka yang sudah memasuki usia produktif. Ada banyak pekerjaan yang dilakukan ada yang kerja kantoran, ada yang kerja lapangan, ada yang kerja full time, ada yang kerja paruh waktu, ada yang kerja di bidang jasa dan manufaktur.

Untuk seorang karyawan atau orang yang bekerja dalam periode tertentu misalnya satu bulan bekerja biasanya akan menerima gaji. Gaji yang diterima tergantung kebijakan dari perusahaan dan bisa pula bersifat fleksibel. Ada yang awal bulan, akhir bulan dan ada juga yang tengah bulan. Namun sering kali banyak orang yang cenderung boros dalam menggunakan gaji pertama, padahal ini tidak seharusnya mereka lakukan.

7 Cara untuk Menghemat Gaji yang Bisa Dilakukan
Sumber: Pixabay

7 Cara untuk Menghemat Gaji yang Bisa Dilakukan 

Gaji merupakan bayaran yang kita terima atas kerja keras yang kita lakukan kepada perusahaan atau usaha kita. Gaji itu tidak seharusnya dihabiskan dalam satu waktu, kita harus menghematnya. Berikut ini cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menghemat gaji pertama, diantaranya.

1. Segera Sisihkan Uang Gaji Pertama untuk Ditabung

Seringkali orang salah kaprah dalam memaknai kegiatan menabung. Menabung malah dilakukan diakhir, sisa dari gaji bekerja selama satu periode tertentu. Terkadang malah uang gaji habis tidak bersisa.

Menabung merupakan sesuatu yang dilakukan untuk menyimpan uang agar uang yang ada tidak dihabiskan begitu saja. Oleh karena itu menabung yang baik harus dilakukan diawal. Jika kita misalnya memiliki gaji sebanyak 4 juta perbulan maka kita harus menyisihkan langsung uang gaji kita misalnya sebanyak 250 ribu – 500 ribu.

2. Membuat Rekening Tabungan di Bank

Untuk jenis pekerjaan tertentu biasanya kita akan diberikan rekening dari perusahaan tempat bekerja atau rekening tabungan sendiri, namun ada juga uang gaji yang disetorkan tunai secara langsung. Nantinya gaji tersebut akan kita terima setiap penerimaan gaji.

Untuk menjaga agar uang yang disisihkan untuk tabungan tetap utuh maka sebaiknya kita harus membuat rekening bank yang baru. Nanti uang tabungan langsung disetor kerekening tabungan yang baru, karena khawatir takut terambil ketika kita mengambil uang jika rekening disatukan.

Iklan Baris Online Gratis Jualme Indonesia

Sebagai saran sebaiknya pilih bank syariah karena dibank syariah terdapat produk keuangan dengan nama titipan atau wadiah, nantinya uang tabungan tidak akan berkurang. Kalaupun ada biaya administrasi di bank syariah, jumlahnya lebih kecil dibandingkan dengan bank konvensional.

3. Sisihkan Uang Gaji Pertama untuk Diberikan kepada Orang Tua

Sebagai orang yang baru bekerja banyak dari kita yang masih tinggal bersama dengan orang tua. Untuk membantu keuangan orang tua ada baiknya kita menyisihkan sedikit uang untuk membantu keuangan keluarga. Selain bermanfaat bagi orang uang tua, ini menunjukkan bahwa kita berbakti dan tidak melupakan jasa kedua orang tua dan keluarga.

4. Jangan Lupa untuk Berzakat

Dalam ajaran Islam kita diwajibkan berzakat, untuk itu kita sebaiknya menyisihkan uang gaji yang kita miliki sekian persen. Zakat harta dari gaji yang kita miliki adalah sebanyak 2,5 persen. Jika yang beragama lain bisa digunakan untuk berbagi dengan yang lain.

Sebenarnya ini dilakukan untuk melatih kita belajar berbagi dengan sesama, sehingga nantinya kita menjadi orang yang ringan tangan untuk memberi orang lain dan menjauhkan diri dari sifat tamak.

5. Jangan Terlalu Terbawa oleh Gaya Hidup

Ada sebagian orang yang menerima gaji habis untuk memenuhi kebutuhan gaya hidupnya. Sebagai contoh misalnya kita asik menghabiskan uang gaji untuk membeli barang branded, gonta-ganti gadget, habis berfoya-foya makan-makan, ke club malam, dan banyak lagi. Jika kita menerima gaji hal diatas tidak perlu dilakukan karena mencari uang itu sulit, dan ini bisa menghabiskan uang gaji kurang dari satu bulannya.

6. Gunakan Uang Gaji Seperlunya Terutama yang Berhubungan dengan Pekerjaan

Ada orang-orang tertentu yang menghabiskan uang gajinya dalam satu waktu, kurang dari satu bulan uang gajinya sudah habis. Ini terjadi karena kita terlalu boros dalam menggunakan uang.

Perlu diketahui bahwa uang gaji itu harus bisa digunakan untuk satu bulan kedepan. Sikap boros harus kita hindari. Gunakan uang seperlunya misalnya untuk pulsa, konsumsi, biaya transportasi, dan keperluan lain yang dibutuhkan.

7. Selalu Memikirkan Masa Depan

Ketika kita sudah bekerja bukan saatnya lagi kita harus menghabiskan semua uang yang kita milik. Mulailah berpikir tentang jodoh, tempat tinggal atau rumah, kendaraan pribadi, dan kebutuhan lainnya untuk masa yang akan datang. Bukan saatnya lagi kita terlalu asik bermain, pikirkan itu karena tidak selamanya kita muda karena nantinya kita juga bakal tua.

Selalu memikirkan masa depan membuat kita menjadi lebih semangat dalam bekerja. Selain itu jodoh bisa menjadi alasan yang kuat agar kita bisa berhemat dan tetap berkerja.

Kesimpulan

Itulah yang bisa dilakukan agar kita bisa berhemat dengan gaji yang kita miliki. Berpikirlah secara dewasa agar nantinya gaji yang kita terima tidak terbuang sia-sia dan tentu buat diri kita khususnya dan buat orang lain yang ada disekitar kita.
*)

Manfaat dan Pentingnya Menabung serta Investasi

Manfaat dan Pentingnya Menabung serta Investasi – Indonesia merupakan negara yang negara pertumbuhan ekonominya lumayan tinggi di dunia. Sehingga Indonesia berhasil menjadi bagian dari 20 negara dengan perekonomian terbesar di dunia bersama Amerika Serikat, Jerman, China, Jepang dan lain-lain.

Pertumbuhan ekonomi yang tinggi, menyebabkan jumlah masyarakat kelas menengah di Indonesia menjadi meningkat. Ini artinya jumlah orang-orang yang berduit jumlahnya semakin banyak. Meskipun tidak kaya raya, tapi masyarakat kelas menengah seperti ini memiliki kemampuan daya beli yang tinggi.

Manfaat dan Pentingnya Menabung serta Investasi
Sumber: Pixabay

Daya beli yang masih tinggi bisa terlihat dari pola konsumsi masyarakat Indonesia. Meskipun perekonomian negara-negara di Amerika dan Eropa melambat dan mengalami krisis, orang-orang di Indonesia masih sanggup membeli barang-barang seperti gadget, mobil, motor, rumah dan lain-lain, baik itu secara kredit ataupun lunas.

Sebagai negara yang pertumbuhan ekonominya tinggi, ada baiknya pola konsumsi yang tinggi ini porsinya dikurangi, diganti dengan kegiatan investasi atau menabung. Sehingga uang yang kita miliki tidak dihabiskan semuanya, tapi ada sebagian yang disisihkan. Manfaatnya juga bisa kita dapatkan nanti untuk masa yang akan datang, lima, sepuluh, atau dua puluh tahun yang akan datang.

Kita harus belajar dari negara kecil di Asia Tenggara yang memiliki perekonomian yang maju yaitu Singapura. Singapura jika dibandingkan dengan negara lain di Asia, Singapura sudah sangat maju dan sejajar dengan Jepang, Korea Selatan dan China Tiongkok.

Di Singapura masyarakatnya di wajibkan untuk menabung, hal ini diperkuat dengan aturan hukum perundang-undang yang mengaturnya. Sehingga ketika dimasa tua orang-orang Singapura masih memiliki cadangan uang meskipun tidak full time bekerja. Untuk menabung atau berinvestasi orang Singapura, biasa menyimpannya dalam bentuk uang tunai, emas batangan dan bentuk lainnya.

Dan menurut saya, menabung dan berinvestasi yang dilakukan oleh orang Singapura patut ditiru dan dicontoh. Sangat disayangkan sekali jika uang yang banyak dimiliki oleh orang Indonesia habis begitu saja tanpa disisihkan. Jika belikan makanan uang yang banyak tersebut akan kembali menjadi (maaf) kotoran.

Jika dibelikan gadget atau barang branded luar negeri toh nilainya juga akan berkurang. Selain itu uangnya juga akan mengalir keluar negeri, itu artinya uang hasil penjualan tersebut akan menjadi milik orang luar negeri.

Tapi berbeda halnya jika uang yang kita miliki kita simpan atau di investasikan, uang tersebut tetap berada di Indonesia. Jika disimpan dalam bentuk emas batangan, harga emas batangan tidak akan pernah berkurang atau turun, tapi malah naik dan meningkat menjadi lebih tinggi lagi.

Kesimpulannya, ketika kita memiliki pendapatan (meskipun kecil) penting bagi kita untuk melakukan perencanaan keuangan untuk masa depan kita. Bisa ditabung atau diinvestasikan, karena manfaatnya akan kembali pada diri kita masing-masing.

Tidak salah jika pepatah mengatakan “Menabung pangkal Kaya”, karena bisa kita lihat sendiri negara Singapura dan negara maju lain menjadi negara yang kaya karena mau berinvestasi dan menabung mereka bisa menjadi negara yang kaya. Oleh sebab itu #MarilahMenabung, agar perekonomian menjadi lebih baik.

Sumber: Detik

*)

Rp115ribu
Deal

Dari Bertravel Media, dapat paket iklan murah. Iklan muncul di FB dan IG sekaligus, CUMA SEKALI BAYAR gaiss... Biaya Rp115ribu untuk 3 hari. Jangan ragu, ambil paket iklan murah ini sekarang juga 😉

More Less
Chat Sekarang!
1
Order Iklan Sekarang? Klik Disini!
Hallo, Saya Mutiara.
Selamat datang di Bertravel Media.
Butuh bantuan, ingin order iklan, ada pertanyaan, konsultasi iklan, ingin buat website, ingin buat landingpage atau yang lainnya.
Klik "Chat Sekarang".