Daftar Barang atau Produk yang Laris dan Laku Dijual untuk Pelajar di Sekolah

Daftar Barang atau Produk yang Laris dan Laku Dijual untuk Pelajar di Sekolah

Daftar Barang atau Produk yang Laris dan Laku Dijual untuk Kalangan Pelajar di Sekolah – Mengenai barang apa saja yang laku dan laris dijual dikalangan para pelajar, syaratnya adalah barang yang dibutuhkan oleh pelajar itu sendiri. Jadi kita harus menyesuaikan dengan kebutuhan pelajar agar mereka mau membeli produk yang kita jual.

Untuk bisnis atau usaha yang berada dekat dengan lingkungan pendidikan seperti sekolah dan kampus, maka produk yang dijual ada produk yang sering digunakan untuk keperluan pendidikan. Tapi meskipun demikian produk makanan jadi produk yang wajib ada dilingkungan sekolah.

Daftar Barang atau Produk yang Laris dan Laku Dijual untuk Kalangan Pelajar di Sekolah
Sumber: Blog Unpad

Daftar Barang atau Produk yang Laris dan Laku Dijual untuk Kalangan Pelajar

Saya dulunya pernah menjadi anak sekolah jadi sedikit banyak bisa mengetahui produk yang dibutuhkan anak sekolah. Berikut ini daftar kebutuhan anak sekolah.

Iklan Baris Online Gratis Jualme Indonesia

  • Buku tulis
  • Penghapus
  • Pensil
  • Pensil warna
  • Penggaris
  • Jangka
  • Pulpen atau pena
  • Spidol
  • Spidol warna-warni
  • Kertas HVS
  • Peruncing pensil
  • Penghapus tinta pulpen (ini namanya saya lupa).
  • Dasi
  • Topi
  • Kaos kaki
  • Karton
  • Lem atau perekat
  • Penggaris khusus untuk ujian UN
  • Dan aneka makanan baik itu makanan ringan maupun makanan berat.

Mungkin ada yang bertanya, kok produknya malah ini?

Iya, inilah produk yang paling dibutuhkan oleh anak sekolah. Bahkan ada diantaranya yang juga dibutuhkan oleh anak kuliahan.

Perlu juga kita ketahui bahwa tidak semua anak sekolah itu kebutuhkannya sama. Kebutuhan anak SMA, SMP dan SD memiliki kebutuhan yang berbeda. Meskipun mereka sama-sama anak sekolah tetap saja berbeda.

Saya sering memperhatikan bahwa untuk ditiap-tiap sekolah itu kebutuhan anak sekolahnya hampir sama. Kalaupun ada perbedaan, hanya berbeda sedikit saja. Nah yang paling dibutuhkan anak sekolah adalah produk makanan baik itu jajanan ringan maupun jajanan berupa makanan berat.

Kesimpulannya

Jadi untuk produk atau barang yang dibutuhkan oleh anak sekolah masih didominasi oleh produk makanan. Jadi kita harus pandai menentukan strategi dan menyesuaikan dengan kebutuhan anak sekolah. Sehingga produk yang dijual bisa laku dan dibeli oleh anak sekolah.

*)

Makanan yang Laku Dijual di Kampus Ketika Pagi Hari

Makanan yang Laku Dijual di Kampus Ketika Pagi Hari

Makanan yang Laku Dijual di Kampus Ketika Pagi Hari – Bagi teman-teman yang sekarang sedang mencari ide untuk jualan dikampus sebaiknya perlu memperhatikan beberapa hal dibawah ini. Berjualan dikampus memang menyenangkan karena dengan mudah kita bisa mendapatkan pembeli. Produk apapun yang dijual bisa laku dikampus asal harganya terjangkau.

Makanan yang Laku Dijual di Kampus Ketika Pagi Hari
Sumber: Diet-Sehat.co

Makanan yang Laku Dijual di Kampus Ketika Pagi Hari

Bagi yang berjualan dikampus sebaiknya perlu memperhatikan atau memilih terlebih dahulu jenis makanan yang akan dijual dikampus ketika pagi hari. Biasanya untuk kalangan mahasiswa terutama yang anak kostan yang bukan warga local, biasanya mereka banyak yang tidak sarapan. Mereka sarapan ketika waktu sudah agak sedikit siang. Walau demikian banyak pula yang sarapan pagi diwarung atau diwarteg.

Jika target pasar adalah mahasiswa, pilihlah makanan yang dibutuhkan oleh mahasiswa ketika pagi hari. Berikut ini ada beberapa daftar menu makanan yang bisa dijual dipagi hari:

  • Donat
  • Roti
  • Aneka Gorengan (bakwan, tahu isi, pisang cokelat, resoles, pastel, dan jenis gorengan lainnya)
  • Susu
  • Cokelat
  • Nasi uduk
  • Nasi kuning
  • Nasi goreng
  • Mie goreng
  • Bubur kacang hijau
  • Bubur ayam
  • Lontong sayur, lontong kari atau kupat tahu
  • Dan aneka makanan lainya

Daftar makanan ini diperolah dari pengalaman pribadi selama 3 tahun lebih menjadi mahasiswa, sehingga sudah mengerti dan memahami betul apa yang dibutuhkan oleh mahasiswa, khususnya anak kostan.

Untuk anak rumah atau warga local, jenis makanan diatas tidak lagi mereka beli karena dirumah mereka sendiri sudah tersedia makanan untuk sarapan pagi.

Kesimpulannya

Untuk bisnis atau berjualan di kampus kita harus bisa mengikuti selera pasara atau selera konsumen. Jika kita bisa menyesuaikan dengan apa yang dibutuhkan oleh pasar Insya Allah (kalau konsisten) bisa mendapatkan keuntungan. Bahkan banyak orang yang bisa menghidupi keluarganya dari bisnis kecil disekitar kampus. Untuk tambahan informasi tentang jajanan, bisa mengunjungi website di bawah ini:

Info Jajanan Bango
Info Kuliner
Kuliner Kota

Update: 2 February 2016

*)

Rp115ribu
Deal

Dari Bertravel Media, dapat paket iklan murah. Iklan muncul di FB dan IG sekaligus, CUMA SEKALI BAYAR gaiss... Biaya Rp115ribu untuk 3 hari. Jangan ragu, ambil paket iklan murah ini sekarang juga 😉

More Less
Peluang Usaha : Bisnis Sewa Halaman Rumah Dijadikan Lapangan Parkir

Peluang Usaha : Bisnis Sewa Halaman Rumah Dijadikan Lapangan Parkir

Bisnis Sewa Halaman Rumah Dijadikan Lapangan Parkir – Bagi sebagian orang mungkin ini terdengar konyol, khususnya bagi teman-teman yang berada didaerah. Halaman rumah tidak mungkin bisa dijadikan lahan bisnissewa parkir. Namun untuk wilayah perkotaan ini merupakan hal yang biasa.

Di perkotaan lahan kosong sudah menjadi sesuatu yang langka, karena lahan kosong banyak yang beralih fungsi menjadi tempat berdiriya gedung-gedung tinggi atau bangunan besar, serta dijadikan permukiman warga. Jadi jangan heran jika banyak warga perkotaan yang membangun rumah diatas bantaran sungai, karena diperkotaan sulit sekali mencari lahan luas yang harganya murah.

Bisnis Sewa Halaman Rumah Dijadikan Lapangan Parkir
Sumber: Pixabay

Lahan Kosong di Perkotaan Harganya Sangat Mahal

Harga tanah diperkotaan memang sangat mahal membuat banyak tempat yang ramai dikunjungi kekurangan lahan parkir. Diperkotaan harga lahan atau tanah sepetak yang ukurannya hanya beberapa meter untuk parkir sangat mahal, jadi banyak orang yang memiliki mobil memarkirkan mobilnya dipinggir jalan (agar dapat parkir secara gratis).

Selain itu ada pula yang memilih memarkirkan mobilnya di mall, masjid, kampus dan tempat yang menyediakan parkir murah lainnya. Dengan keadaan yang seperti ini ada baiknya kita memanfaatkannya sebagai lahan bisnis.

Bisnis Buka Tempat Penyewaan Lahan Parkir

Ini bisa dilakukan bagi mereka yang diperkotaan tidak memanfaatkan lahan untuk didirikan bangunan. Ini bisa dilakukan dengan mudah yaitu dengan menyediakan lahan kosong lalu tinggal dikasi mesin atau palang pintu khusus mesin parkir.

Ada pula yang lebih simple lagi yaitu tidak menggunakan mesin parkir. Jadi system perhitungannya menggunakan system member yang dibayar disetiap akhir bulan. Nantinya mereka yang terdaftar sebagai member yang boleh parkir ditempat tersebut.

Agar kapasitasnya lebih besar lagi bisa dengan menambah gedung dengan bertingkat keatas hingga 3 sampai 4 tingkat. Ini kapasitas parkirnya akan lebih besar lagi. Sistem parkir seperti ini banyak diterapkan oleh mall besar di kota besar di Indonesia. Sistem seperti ini juga bisa diadopsi untuk bisnis parkiryang kita jalankan (kalau punya modal besar).

Dengan besarnya peluang ini ada salah satu tempat dekat dengan Mall Bandung Electronic Centre (BEC) tempat yang dulunya bangunan malah dirobohkan atau dibongkar hingga rata dengan tanah. Sekarang tempat tersebut malah diganti menjadi lahan parkir motor.

Lahan tersebut memang tidak begitu luas hanya berukuran 8 meter x 20 meter saja. Namu dengan jumlah kendaraan yang selalu ramai, bisa dipastikan sangat besar keuntungan yang didapatkannya.

Bisa Menjadi Passive Income

Pekerjaan ini memang mudah sekali karena tidak seperti bisnis lain yang membutuhkan totalitas tinggi. Bisnis ini bisa ditinggal tanpa harus diperhatikan setiap hari, agar mudah bisa mempekerjaan karyawan 1 sampai 2 orang. Dengan bisnis seperti ini tanpa harus dikelola terus menerus bisa jadi sumber pendapatan yang bisa diambil tiap hari atau tiap bulan.

Bisnis ini Tidak Cocok Diterapkan Disemua Tempat

Seperti yang saya sampaikan diatas tadi, bisnis ini merupakan bisnis yang cocok dilakukan untuk wilayahh perkotaan saja karena lahan parkir yang sempit. Namun untuk daerah yang penduduknya tidak padat seperti didaerah, bisnis tidak direkomendasikan.

Cocok sekali untuk daerah yang dekat dengan pusat keramaian seperti mall, pusat perbelanjaan di perkotaan, kampus swasta dan permukiman yang padat penduduk.

Kesimpulannya

Bisnis itu tidak memandang tempat dan keadaan, bahkan keadaan yang sempit (lahan sempit) bisa dijadikan lahan bisnis yang menghasilkan uang. Namun kembali lagi kepada kita masing-masing ini memanfaatkan bisnis ini atau tidak. Kalaupun bisnis ini tidak menguntungkan, bisa memilih alternative bisnis lainnya.

*)

Peluang Usaha Bisnis Jasa Event Organizer

Peluang Usaha Bisnis Jasa Event Organizer

Peluang Usaha Bisnis Jasa Event Organizer – Event organizer merupakan suatu istilah yang biasa disebutkan bagi mereka yang mengerjakan sebuat event atau jadi panitia event. Namun seperti yang kita ketahui panitia adalah orang yang terlibat dalam suatu acara dan biasanya tidak digaji. Bisnis event organizer sendiri merupakan salah satu bentuk bisnis jasa. Event organizer tidak sama dengan panitia acara kampus (yang gratis).

Peluang Usaha Bisnis Jasa Event Organizer
Sumber: Pixabay

Pengalaman saya sendiri yang sering menjadi panitia untuk kegiatan organisasi dikampus tidak pernah menerima gaji seperserpun karena semuanya dilakukan secara sukarela dengan alasan yang simple yaitu cinta almamater. Namun berbeda dengan event organizer yang bisa jadi lahan bisnis.

Peluang Usaha Bisnis Jasa Event Organizer

Untuk bisnis event organizer biasanya berguna untuk penyelenggaraan acara besar seperi event yang dilakukan oleh instansi atau lembaga tertentu yang menggunakan dana yang besar. Mereka yang menggunakana jasa event organizer biasanya hanya memberikan uang dengan jumlah tertentu untuk mengelola event, sehingga si pihak penyelenggara hanya tau acara tersebut terselenggara dengam baik.

Untuk contoh saya berikan ilustrasinya. Misalnya pemerintah daerah kota Bandung ingin melakukan event konser untuk merayakan hari ulang tahun kota Bandung. Pemerintah kota Bandung sendiri sudah menyediakan anggaran sekitar 1 mliliar untuk acara event.

Pemerintah kota Bandung kurang mengerti cara mengelola event sebesar itu, sehingga mereka menyerahkan program dan rencana yang akan diselenggarakan tersebut kepada pihak event organizer. Yang jelas dengan dana 1 miliar tersebut acara bisa terselenggara dengan baik dan lancer.

Jadi dengan anggaran 1 miliar, si pemilik event organizer harus bisa menyelenggarakan acara dengan baik. Kalau perlu kurang dari 1 miliar atau 700 juta acara bisa terselenggara dengan baik. jadi ada sekitar 300 juta keuntungan kotor yang bisa diterima oleh pemilik event organizer.

Mengelola Bisnis Event Organizer Memang Tidak Mudah

Seperti yang saya contohkan, mengerjakan bisnis event organizer terlihat mudah dan keuntungan yang didapatkan bisa banyak sekali. Tapi perlu diingat itu hanya teori saja, akan berbeda lagi jika diterapkan pada dunia nyata.

Event organizer nantinya akan mengurus semua hal yang berhubungan dengan acara yang akan diselenggarakan mulai dari logistic, konsumsi, acara, humas atau public relation, dan unit divisi lain sebagian besar dikerjakan oleh event organizer.

Yang jelas menjelang dan tepat di hari H, event organizer harus bekerja keras (ini pekerjaan yang melelahkan sekali) untuk mempersiapkan acara. Jika nantinya acaranya gagal maka yang disalahkan (bertanggungjawab) adalah si event organizer.

Event Organizer Membutuhkan Sumber Daya Manusia yang Banyak

Membangun sebuah event organizer tidak membutuhkan banyak orang, tapi untuk pelaksanaannya yang membutuhkan banyak orang. Tidak bisa menjalan bisnis event organizer hanya dengan orang intinya saja, solusi yang bisa dipilih adalah melakukan open recruitmen.

Merekrut orang luar untuk turut serta membantu berlangsungnya acara. Dengan bantuan yang mereka berikan, maka pemilik event organizer harus memberikan upah atau semacam imbalan balas jasa. Bisa berupa uang ataupun berupa barang.

Modal yang Dibutuhkan untuk Membangun Bisnis Event Organizer

Modal utama yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis event organizer adalah relasi atau jaringan komunikasi yang luas. Misalnya punya banyak kenalan yang bisa membantu bisnis event organizer. Selain itu kemampuan komunikasi, public relation dan negoisasi juga penting dimiliki oleh orang yang menjalan bisnis event organizer.

Tantangan Menjalan Bisnis Event Organizer

Peluang keuntungaan yang didapatkan dari bisnis event organizer memang besar. Tapi pertanggung jawaban untuk acara yang hanya berlangsung dalam beberapa hari juga besar. Di bisnis event organizer kita mempertaruhkan reputasi dan nama baik. Jika penyelenggaraan acaranya buruk, maka jangan harap orang mau menggunakan jasa kita lagi.

Pengalaman Mereka yang Menjalan Bisnis Event Organizer

Saya sendiri memiliki beberapa kenalan yang menggeluti bisnis event organizer. Tapi orang yang saya kenal tersebut hanya menjalankan bisnis event organizer untuk skala kecil. Pada hari H memang memang melelahkan, tapi keuntungan kotor dalam sehari bisa 8 juta – 25 juta. Acara yang mereka selenggarakan biasanya acara konser music, pertunjukan dan pernikahan.

Kesimpulannya

Peluang keuntungan yang besar memang bisa didapatkan dari bisnis event organizer, tapi resiko yang dihadapi dalam menjalankan bisnis ini juga besar. Selain itu bisnis ini tidak cocok diterapkan disemua tempat atau daerah. Untuk kota besar biasanya ada persaingan bisnis event organizer juga lebih ketat. Kunci kesuksesan bisnis event organizer adalah komitmen untuk menyelenggarakan acara, agar acara bisa memuaskan.

Peluang Usaha : Bisnis Jualan Hijab Online di Sosial Media Instagram

Peluang Usaha : Bisnis Jualan Hijab Online di Sosial Media Instagram

Peluang Usaha Bisnis Jualan Hijab Online di Sosial Media Instagram – Sekarang ini bisnis online bukan hanya bisa dilakukan di situs jual beli saja, tapi juga bisa dilakukan melalui social media seperti Instagram. Sebelum booming social media Instagram, sudah booming terlebih dahulu Facebook dan Twitter. Tak lama setelah itu muncul lagi social media berbagi foto dan video yaitu Instagram.

Sekarang ini Instagram sudah mulai mencapai puncak kepopulerannya karena penggunanya sudah lebih dari 400 juta pengguna. Selain itu sudah banyak pula public figure seperti artis, selebriti atau orang terkenal yang menggunakan Instagram. Orang-orang seperti mereka juga menjadi daya tarik orang-orang untuk menggunakan social media Instagram.

Peluang Usaha Bisnis Jualan Hijab Online di Sosial Media Instagram
Selebgram Hijab Ria Ricis | Sumber: Instagram Ria Ricis

Peluang Usaha Bisnis Jualan Hijab Online di Sosial Media Instagram

Berdasarkan informasi yang didapat dari sumber terpercaya, pengguna Instagram banyak berasal dari Indonesia. Pengguna Instagram didominasi oleh usia muda yang melek teknologi. Dengan data tersebut ini merupakan peluang bagi pebisnis online. Bisnis hijab online juga bisa dijual melalui social media Instagram.

Ini terbukti dengan banyak orang yang sudah terjun kedalam bisnis online hijab, dan banyak pula dari mereka sudah sukses dan berhasil dengan omset jutaan. Hijab merupakan bagian dari dari fashion, produk fashion sendiri merupakan produk yang paling laku di Instagram.

Tips dan Trik untuk Bisnis Online Hijab di Instagram

Berbisnis melalui social media Instagram harus memahami tips dan triknya. Kita harus menerapkan trik dan tipsnya agar bisnis online hijab bisa mendapatkan pendapatan yang besar. Sekarang banyak artikel di internet yang membahas tentang cara berjualan melalui Instagram. Jika rajin membaca maka ada banyak informasi yang bisa didapatkan dari artikel tersebut.

Berikut ini ada salah satu kunci kesuksesan bisnis online Instagram yang diterapkan oleh @Voriasocks. @Voriasocks menerapkan user interface atau tampilan antar mukaInstagram yang rapi dan enak dipandang. Cara agar user interface Instagram menjadi lebih menarik adalah:

  • Foto yang bagus, unik, menarik dan terlihat professional.
  • Tampilan foto akun yang rapi dan tertata.
  • Tampilan foto yang lebih berwarna dan tidak monoton.
  • Menjadi akun yang tidak hanya sebagai tempat berjualan, tapi juga jadi referensi fashion (role mode).
  • Pemberian caption dan hashtag yang rapi.

@Voriasocks merupakan salah satu akun online shop yang menjual berbagai macam produk kaos kaki. @Voriasocks juga salah satu online shop yang cukup terkenal, sukses dan berhasil mendapatkan omset yang besar dari Instagram.

Banyak Hijab Online di Instagram yang Sudah Terkenal

Sekarang ini jika kita mencari nama akun dengan kata hijab, pasti banyak nama online shop yang muncul di pencarian Instagram. Ini menandakan bahwa hijab online memang memiliki peluang yang besar untuk berkembang.

Bisnis Hijab Online Instagram yang dimiliki oleh teman saya Siti Latifah dan Siti Rohani

Bisnis Hijab Online Instagram yang dimiliki oleh teman saya Siti Latifah dan Siti Rohani, meskipun jumlah followersnya belum terlalu banyak tapi keuntungan yang didapatkannya sudah lumayan banyak.

Teman saya sendiri yang menjual hijab secara online di Instagram juga banyak mendapatkan orderan. Padahal jika dilihat dengan seksama akunnya belum memiliki jumlah followers yang banyak. Teman saya ini memiliki nama @syahidaindonesia. Selain itu banyak juga online shop yang lain yang berjualan lewat Instagram.

Manfaat dan Keuntungan Jualan Hijab Online di Sosial Media Instagram

Jika berjualan melalui saluran digital seperti social media Instagram ini ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Berikut ada berapa keuntungan serta manfaat berjualan secara online di Instagram, diantaranya:

  • Lebih simple karena tidak memerlukan lapak offline atau kios seperti toko konvensional.
  • Tidak membutuhkan modal yang besar karena ada banyak biaya yang dipangkas berkat system online.
  • Hanya membutuhkan smartphone untuk mengelola toko online.
  • Wilayah geografis tidak menjadi hambatan untuk mendapatkan pembeli, sehingga orang dari manapun bisa membeli secara online.
  • Fleksible, nyantai dan lebih bebas mengelola toko online karena sambil duduk santai tetap bisa mengelola akun online shop.
  • Dan banyak lagi manfaat dan keuntungan berjualan hijab secara online di Instagram yang belum saya sebutkan.

Kesimpulannya

Berkat social media kita bisa berbisnis secara online di social media, termasuk juga bisnis online hijab. Peluang tersebut sudah terbuka. Dengan berbagai macam keuntungan dan kelebihan dalam berbisnis hijab online di Instagram, kembali lagi kepada kita masing-masing ingin menjalankannya atau tidak.

*)

Peluang Usaha Sewa Rental Sound System

Peluang Usaha Sewa Rental Sound System

Peluang Usaha Sewa Rental Sound System – Jika dilihat perkembangannya dari waktu ke waktu kebutuhan orang akan sound system semakin meningkat. Hal ini bisa terlihat dari acara atau event yang sering kali membutuhkan sound system. Sound system yang digunakan di acara event merupakan sound system yang disewa dari tempat penyewaan sound system.

Peluang Usaha Sewa Rental Sound System
Sumber: Pixabay

Berdasarkan pengamatan saya, peluang ini akan bagus sekali jika dimanfaatkan karena bisa mendatangkan pendapatan. Di kota Bandungsendiri banyak yang sudah memanfaatkan peluang ini, bukan tidak mungkin peluang bisnis ini juga bisa diterapkan diberbagai wilayah lain di Indonesia. Sound system seperti ini biasanya sering digunakan diberbagai acara baik itu acara besar maupun acara kecil di kota Bandung.

Peluang Usaha Sewa (Rental) Sound System

Sekarang ini peluang usaha sewa atau rental sound system ini masih terbuka lebar karena tidak banyak orang yang bermain dipasar ini. Menjalankan usaha rental sound system ini tidak perlu modal yang muluk harus seperti peralatan konser di televisi. Yang penting sesuaikan saja dengan jumlah kebutuhan calon konsumen.

Untuk mempermudah saya akan memberikan ilustrasinya, misalnya target pasar kita adalah untuk acara mahasiswa dan acara pernikahan. Jadi yang kita sediakan adalah paket sound system untuk acara sekelas mahasiswa atau acara pernikahan saja. Seperti yang diketahui bahwa acara mahasiswa tidak membutuhkan banyak peralatan sound system, sama hal dengan acara pernikahan. Kita pun nantinya tidak terlalu menghamburkan banyak uang untuk modal awal.

Modal yang Dibutuhkan untuk Memulai Usaha Rental Sound System

Untuk membangun usaha sewa rental sound system memang membutuhkan modal yang lumayan besar. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh harga sound system yang terbilang tinggi. Semakin ukurannya besar dan kualitasnya bagus tentu harganya semakin mahal.

Namun tidak perlu khawatir karena kita tidak perlu membeli semua jenis sound system, yang kita butuhkan adalah sound system sesuai dengan target pasar kita saja. Jika targetnya untuk kelangan mahasiswa maka belilah perlengkapan sound system sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Begitu juga dengan acara pernikahan dan acara yang lainnya.

Sekarang ini ada banyak pihak yang menyediakan jasa pengadaan sound system. Biasanya juga terdapat paketan atau kategori yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan kita. Ada yang harga paketan 30 juta, 40 juta, 60 juta dan seterusnya. Namun jangan khawatir meskipun modalnya terlihat besar tapi jika bisnisnya dikelola dengan baik akan mendatangkan keuntungan dan bisa dengan cepat mengembalikan modal.

Tantangan dan Hambatan Mengelola Bisnis Sewa (Rental) Sound System

Setiap bisnis yang dijalankan tentunya memiliki hambatan dan tantangan yang harus kita hadapi. Namun tantangan tersebut tidak akan ada apa-apanya jika kita mampu mengatasinya. Untuk tantangan dalam memilih bisnis ini adalah kurang banyaknya acara yang membutuhkan sound system. Memang harus kita akui bahwa tidak setiap saat selalu ada acara atau event, jadi banyak waktu menunggu yang terbuang.

Namun jangan khawatir, untuk mendapatkan orderan sebaiknya gunakan channel digital untuk mempromosikan usaha sewa rental sound system. Caranya dengan menggunakan internet mempromosikan jasa sewa di situs jual beli seperti OLX, Indonetwork, social media, e-commerce atau menggunakan situs website atau blog. Jangan lupa juga terapkan SEO, agar iklannya bisa muncul dimesin pencari Google.

Selain itu jangan lupa juga agar meminta orang lain untuk menjadi pegawai. Hal ini dibutuhkan untuk membantu operasional usaha sewa rental sound system. Jika kita berhalangan atau ada kesibukan ada yang menggantikan kita.

Untuk pesaing sendiri jangan terlalu diambil pusing, karena masing-masing sudah ada rezekinya. Yang terpenting tetap gencar melakukan promosi, tetap memberikan kualitas layanan yang terbaik, dan tidak memberikan iming-iming yang berlebihan kepada calon pengguna jasa sewa sound system. Tetap utamakan kejujuran dan menjunjung etika dalam berbisnis, insya Allah bisnisnya lancer.

Kesimpulannya

Jadi bagi yang berminat menjalankan bisnis ini silahkan dijalankan. Tapi ingat bahwa setiap bisnis itu ada risiko yang akan kita hadapi termasuk juga bisnis sewa rental sound system ini. Namun jangan khawatir semuanya akan berjalan lancar jika kita bisa menanganinya.

Penting!

Perlu diketahui bahwa bisnis ini bersifat musiman yang artinya tidak setiap hari ada yang menggunakan jasa sewa rental sound system ini. Jadi dibutuhkan kesabaran untuk menunggu orderan selanjutnya. Untuk tahap awal, biasanya bisnis ini belum terlalu banyak mendapatkan orderan karena masih dalam tahap membangun portofolio. Jadi bersabar saja dulu.

*)

Peluang Usaha : 6 Jenis Budidaya yang Cocok Diterapkan di Wilayah Pesisir Pantai

Peluang Usaha : 6 Jenis Budidaya yang Cocok Diterapkan di Wilayah Pesisir Pantai

6 Jenis Budidaya yang Cocok Diterapkan di Wilayah Pesisir Pantai – Sebenarnya ada banyak bisnis yang bisa diterapkan diwilayah pesisir pantai. Hanya saja masih ada orang yang berada dikawasan tersebut yang belum menyadarinya, sehingga perlu disadarkan dengan cara memberikan informasi tentang bisnis yang cocok mereka kerjakan diwilayah pesisir pantai.

Dalam artikel sebelumnya yang berjudul 8 Usaha Bisnis yang Cocok dan Bisa Dilakukan di Pesisir Pantai. Silahkan dibaca, diartikel tersebut sudah disampaikan beberapa usaha yang bisa dilakukan oleh masyarakat pesisir pantai, juga ada budidaya didalamya.

Peluang Usaha : 6 Jenis Budidaya yang Cocok Diterapkan di Wilayah Pesisir Pantai
Sumber: Pixabay

6 Jenis Usaha Budidaya yang Cocok Diterapkan di Wilayah Pesisir Pantai

Mengenai bisnis budidaya ada banyak sekali budidaya yang bisa dilakukan oleh masyarakat pesisir pantai. Berikut ini ada beberapa jenis usaha budidaya yang cocok dijalankan oleh masyarakat pesisir pantai.

1. Usaha Budidaya Kerang Mutiara

Kerang mutiara merupakan jenis kerang yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi dibandingkan dengan jenis kerang lainnya. Kerang jenis lain memang memiliki nilai ekonomis namun harganya tidak terlalu tinggi, karena hanya untuk konsumsi saja. Sedangkan kerang jenis mutiara merupakan kerang yang bisa dijadikan bahan baku untuk perhiasan. Kaum perempuan biasanya menggemari perhiasan dari mutiara ini.

Harga kerang memang mahal namun dibutuhkan kesabaran dan ketelitian khusus agar kerangnya bisa berkembang. Tidak semua tempat kerang mutiara bisa hidup karena kerang mutiara harus berada didaerah yang air lautnya bersih dan jauh dari pencemaran. Untuk daerah perairan seperti Jakarta yang air lautnya sudah tercemar sulit sekali untuk mengembang biakkan kerang jenis ini.

2. Usaha Budidaya Rumput Laut

Rumput laut merupakan jenis tanaman rumput yang hidup dilaut yang sering dijadikan bahan dasar untuk pembuatan agar-agar. Selain lain untuk keperluan konsumsi (dijadikan agar-agar) rumput laut juga bisa dijadikan bahan kosmetik. Rumput laut ini sangat laku dijual didalam negeri maupun diluar negeri.

Sekarang sudah banyak yang mulai mengembangkan budidaya rumput laut. Ada banyak produk lagi yang bisa dihasilkan dari rumput laut. Sehingga produknya tidak itu-itu saja. Indonesia sendiri sebagai negara yang memiliki garis pantai paling panjang memiliki peluang yang besar sebagai penghasil rumput laut terbesar didunia.

3. Usaha Budidaya Udang Laut

Sekarang ini sudah banyak yang membudidayakan ini, udang sendiri merupakan jenis hewan laut yang dikonsumsi karena memiliki protein yang tinggi dan baik untuk kesehatan. Namun selain itu udang juga menyimpan bahaya karena memiliki kadar kolestrol yang lumayan tinggi (jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak).

Sekarang ini pihak yang melakukan budidaya udang banyak mendapatkan permintaan dari luar negeri dan dalam negeri. Untuk luar negeri sudah pasti barang tersebut di ekspor, sedangkan dari dalam negeri sendiri berasal dari masyarakat (pasar rakyat/tradisional/mall) dan juga restoran. Untuk permintaan biasanya jumlahnya banyak, sehingga potensi pendapatan yang diterima juga besar.

4. Usaha Budidaya Ikan Laut

Ikan laut memiliki banyak jenis sehingga tidak semuanya cocok dibudidayakan. Budidaya ikan yang memiliki nilai jual tinggi adalah ikan kerapu. Ikan kerapu merupakan jenis ikan yang memiliki harga jual yang tinggi, harganya bisa mencapai ratusan ribu.

Jadi untuk budidaya ikan kerapu tidak seperti jenis ikan lain yang harus memiliki jumlah yang banyak baru bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Dengan jumlah yang tidak terlalu banyak, kita bisa mendapatkan uang jutaan dari budidaya ikan kerapu.

5. Usaha Budidaya Garam

Mungkin banyak orang mengira budidaya garam hanya cocok dilakukan di Pulau Madura saja, namun sebenarnya daerah lain juga bisa membudidayakan. Selagi laut itu airnya masih asin kita bisa memproduksi garam.

Namun perlu diketahui bahwa membuat garam itu membutuhkan area yang luas agar produksinya bisa banyak. Semakin banyak semakin besar potensi keuntungan yang didapatkan. Selain itu garam merupakan komoditas yang paling dicari karena kebutuhan orang akan garam selalu meningkat.

Malahan karena kurangnya pasokan garam Indonesia memilih untuk impor garam. Padahal untuk apa susah-susah impor garam toh laut Indonesia masih luas dan pasti cukup memenuhi kebutuhan garam orang-orang Indonesia.

6. Usaha Budidaya Lobster

Lobster merupakan jenis hewan air yang mirip dengan udang, namun lobster berbeda dengan udang pada umumnya. Lobster ini memiliki gizi yang tinggi dan memiliki rasa yang enak, sehingga harga lobster ini mahal.

Hal ini bisa terlihat ketika kita datang ke rumah makan atau restoran seafood, menu lobster merupakan menu yang harganya mahal dibandingkan menu seafood yang lain.

Permintaan lobster yang tinggi bisa menjadi peluang bagi kita yang ingin membudidayakan lobster, khususnya lobster air asin (laut). Lobster ini ada dua macam ada yang lobster air tawar ada pula lobster air asin. Untuk kawasan pesisir pantai sepertinya akan lebih cocok untuk budidaya lobster air asin.

Kesimpulannya

Dengan banyaknya peluang budidaya dikawasan pesisir maka ada baiknya peluang ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Mungkin tidak semuanya cocok diterapkan dimasing-masing daerah pesisir, namun setidaknya ada satu atau dua yang bisa dijalankan didaerah masing-masing.

Yang disampaikan disini merupakan contoh kecil dari budidaya yang ada di Indonesia, jadi tidak menutup kemungkinan jika ada budidaya jenis lain yang bisa diterapkan di daerah pesisir pantai masing-masing.

*)

Peluang Usaha dan Bisnis Jasa Pembuatan Seni Doodle Art

Peluang Usaha dan Bisnis Jasa Pembuatan Seni Doodle Art

Peluang Usaha dan Bisnis Jasa Pembuatan Seni Doodle – Mungkin banyak orang tidak telalu mengerti tentang apa itu Doodle art. Mungkin banyak pula yang tidak mengerti bagaimana cara membuat doodle yang bagus dan menarik. Untuk lebih jelasnya berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai doodle dan bagaimana cara menjalankan bisnis jasa pembuatan doodle.

Peluang Usaha dan Bisnis Jasa Pembuatan Seni Doodle
Doodle yang dijual | Sumber: Flickr

Apa itu Doodle Art atau Seni Doodle?

Berdasarkan banyak sumber doodle art merupakan seni yang dibuat dengan cara coret-mencoret yang bentuknya abstrak namun terlihat menarik,unik, tapi tetap bagus dilihat. Hasil coretan doodle art ini kadang bisa memiliki makna dan bisa pula tidak bermakna. Kadang kita tidak menyadari bahwa coretan-coretan yang dibuat merupakan bentuk dari doodle art.

Oleh sebab itu dengan kemampuan membuat doodle art ada baiknya ini dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan dari hobi membuat doodle art. Salah satu caranya dengan membuat usaha jasa pembuatan doodle art.

Peluang Usaha dan Bisnis Jasa Pembuatan Seni Doodle

Sebenarnya kemampuan apapun yang kita miliki seharusnya bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan. Tidak benar jika ada yang mengatakan bahwa mendapatkan uang itu harus dengan kerja keras. Padahal dengan kerja mudah, santai,bebas berkreasi dan bisa menyalurkan hobi pun bisa mendatangkan penghasilan.

Punya kemampuan menggambar doodle art bisa dimanfaatkan dengan membuka usaha jasa doodle art. Sekarang ini doodle art sudah mulai memiliki banyak pengemar, hal ini terbukti dari adanya orang yang membuka jasa doodle art. Ini merupakan gambar yang diambil dari Flickr.com seorang doodler dengan nama akun Linderesa yang berhasil membuat bisnis jasa pembuatan doodle art.

Peluang Usaha dan Bisnis Jasa Pembuatan Seni Doodle
Sumber: Flickr

Cara Promosi, Agar Usaha Jasa Pembuatan Doodle Art di Kenal Orang

Agar bisnis jasa doodle art yang dibuat bisa berhasil mendatangkan calon pengguna jasa sebaiknya ada beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan yaitu dengan cara mempromosikannya. Ada banyak tempat untuk berpromosi usaha jasa pembuatan doodle art yaitu dengan:

  • Menggunakan situs jual beli seperti OLX, Bukalapak, Tokopedia, atau situs lainnya.
  • Menggunakan sosial media seperti Instagram, Google Plus, Facebook, Twitter, Flickr dan banyak lagi.
  • Menggunakan blog baik itu WordPress, Blogspot, Blog, Blogdetik, dan banyak lagi.
  • Menggunakan forum baik itu Kaskus, Detik, Kompas, Tribunnews, Merdeka, Bersosial, dan banyak lagi situs forum lainnya.
  • Menggunakan instan message seperti Line, BBM dan lain-lainnya.
  • Menggunakan media lain seperti brosur atau promosi dari mulut kemulut.

Cara agar Usaha Jasa Pembuatan Doodle Art Laku Dilirik Orang

Memang tidak mudah dalam menarik minat orang untuk menggunakan jasa kita oleh sebab itu perlu membuat beberapa cara agar kita benar-benar dipercaya oleh orang lain.

  • Membuat portofolio, ini berguna agar orang bisa melihat hasil doodle art yang pernah kita kerjakan. Ini sebagai bukti bahwa kita memang bisa membuat doodle art.
  • Caranya dengan mendokumentasikan doodle art yang kita buat untuk orang lain kemudian di posting di blog, sosial media atau di messeger (BBM, Line).
  • Buat tampilan yang menarik dan unik, jika perlu tambahkan warna agar lebih joss.Jangan lupa foto dengan kamera resolusi tinggi agar gambar yang dilihat orang lebih jernih dan bagus.
  • Buka sistem custom atau calon pembeli bisa membuat doodle sesuai dengan yang diinginkannya misalnya memberikan bingkai, pilihan ukuran dan banyak lagi.

Kesimpulannya

Nah itulah peluang bisnis jasa pembuatan doodle art yang bisa mendatangkan penghasilan. Meskipun ini simple namun jika ditekuni dengan serius bisa mendatangkan pundi-pundi uang terutama bagi mereka yang memiliki hobi membuat doodle art. Semoga sukses buat para doodler, semoga tidak berhenti berkarya.

*)

Peluang Usaha dan Bisnis Tanpa Modal dengan Cara Menjadi Reseller

Peluang Usaha dan Bisnis Tanpa Modal dengan Cara Menjadi Reseller

Peluang Usaha dan Bisnis Tanpa Modal dengan Cara Menjadi Reseller – Sebenarnya berbagai macam cara bisa dilakukan untuk mendapatkan uang serta penghasilan. Cara yang dilakukan merupakan cara yang halal dan tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Salah satu yang bisnis halal yang bisa dijalankan adalah menjadi reseller produk tertentu.

Peluang Usaha dan Bisnis Tanpa Modal dengan Cara Menjadi Reseller
Sumber: Techinasia.com

Apa itu bisnis Reseller?

Banyak orang yang mengatakan bahwa reseller merupakn cara berbisnis tanpa harus mengeluarkan banyak modal, bahkan ada yang mengatakan reseller merupakan cara berbisnis tanpa modal. Tapi yang jelas reseller adalah bisnis menjualkan kembali barang orang lain dengan harga yang sedikit lebih tinggi (meskipun selisihnya tidak terlalu tinggi) dari selisih harga inilah kita bisa mendapatkan keuntungan.

Untuk mendapatkan harga yang lebih murah lagi sebaiknya minta izin (lisensi) terlebih dahulu dari penjual (produsen) asal, dengan cara seperti ini keuntungan yang didapatkan bisa lebih besar dari sebelumnya. Bahasa yang lebih sederhana lagi, reseller adalah berbisnis untuk menjaul produk orang lain, tanpa terikat dengan orang yang produknya kita jual.

Memulai Bisnis Tanpa Modal dengan Cara Menjadi Reseller

Bagi teman-teman yang ingin memuali bisnis tanpa modal, menjadi reseller merupakan pilihan yang tepat. Menjadi reseller tidak membutuhkan modal berupa uang, yang dibutuhkan adalah jaringan, relasi dan bisa berhubungan dengan banyak orang.

Beruntunglah mereka yang memiliki banyak teman, karena teman merupakan calon konsumen yang bisa membeli produk reseller. Berdasarkan pengalaman sendiri, menjadi reseller kita bisa memberikan harga yang tinggi, dengan syarat minta izin terlebih dahulu dan menjelaskan apa adanya. Selain itu teman biasanaya mau membayar lebih dari harga yang ditetapkan, meskipun harga sebenarnya tidak terlalu mahal.

Banyak orang yang sebelumnya menjadi reseller, tapi setelah itu memiliki usaha sendiri dan tidak menjadi seorang reseller lagi. Cara ini dilakukan ketika ketika dulunya dia menjadi seorang reseller mengambil banyak pelajaran.

Pelajaran yang Bisa Didapatkan Ketika Menjadi Seorang Reseller

Ada banyak sekali pelajaran yang bisa diambil ketika menjadi seorang reseller. Berikut ini ada beberapa pelajaran yang bisa dipetik ketika menjadi seorang reseller, yaitu:

  • Bisa mengetahui bisnis yang sesungguhanya.
  • Bisa mengetahui bahwa modal utama dalam menjalankan bisnis bukan uang, tapi kemauan diri sendiri.
  • Bisa belajar bisnis melalui prakteknya secara langsung, bukan hanya sekadar teori saja.
  • Bisa membangun relasi dengan banyak orang.
  • Belajar berkomunikasi yang baik dengan banyak orang.
  • Mendapatkan pelajaran tentang pentingnya teman, kejujuran dan kesabaran.
  • Dan banyak lagi pelajaran lain yang bisa didapatkan ketika menjalankan bisnis reseller. Yang mana pelajaran itu hanya bisa didapatkan bagi mereka yang mau mencobanya.

Produk yang Bisa Dijual dengan Cara Reseller

Jika bertanya apa saja produk yang bisa dijual dengan cara reseller, produknya ada banyak sekali. Produk yang sering dijual berupa barang seperti, produk fashion (pakaian pria wanita,sepatu, tas, jam tangan dan banyak lagi), produk kecantikan seperti peralatan make up atau produk kosmetik, produk olahraga, aksesoris dan berbagai macam produk lainnya.

Menjadi Reseller Bisa Jadi Batu Loncatan untuk Bisnis Dimasa yang akan Datang

Tidak harus selamanya seorang reseller tetap menjadi reseller, ada kalanya seorang reseller malah menjadi seorang bos yang produknya dijual oleh reseller lain. Ini terjadi untuk seoranfg reseller yang mengambil banyak pelajaran ketika menjadi reseller dulu.

Ketika dulunya menjadi reseller, dia tidak lupa untuk menabung dari keuntungan yang didapatkannya untuk membangun bisnis dan usaha yang dikembangkan sendiri. Ketika dulunya menjadi seorang reseller tentunya memiliki banyak kenalan, dari kenalan atau hubungan ini bisa jadi modal bisnis yang selanjutnya.

Saya sendiri memiliki kenalan pebisnis yang dulunya seorang reseller kaos kaki, tapi sekarang malah menjadi pemiliki usaha kaos kaki sendiri. Sekarang ini omset bisnis kaus kaki yang dijalankannya sudah memiliki omset belasan juta perbulan. Padahal usianya masih muda dan belum menikah tapi sudah memiliki pendapatan sendiri.

*)

Peluang Usaha : 4 Produk Berharga yang Bisa Dibuat dari Tulang

Peluang Usaha : 4 Produk Berharga yang Bisa Dibuat dari Tulang

4 Produk Berharga yang Bisa Dibuat dari Tulang –  Sekarang ini mencari uang memang sulit, hal ini terbukti masih banyaknya orang yang kesusahan dan kesulitan untuk mendapatkan uang. Namun ternyata diluar sana ada banyak orang yang berhasil mendapatkan uang dengan mudahnya, tanpa harus melakukan usaha atau kerja keras seperti orang pada umumnya. Salah satu usaha, produk yang bernilai ekonomis ternyata bisa dibuat dari tulang.

Peluang Usaha: 4 Produk Berharga yang Bisa Dibuat dari Tulang
Karya Seni Mobil Terbuat dari Tulang | Sumber: Artcarsentral.com

4 Produk Berharga yang Bisa Dibuat dari Tulang

Siapa yang menyangka dari tulang kita bisa dapat uang, hal ini baru saya sadari ketika saya sedang membeli makanan seblak. Makanan ini merupakan makanan ringan yang sering jajanan yang harganya terjangkau. Seblak biasanya terbuat dari kerupuk mentah yang dimasak menggunakan bumbu khusus dan rasanya pedas, tapi tetap enak.

Awal mula seblak terbuat dari kerupuk mentah, tapi seiring berjalannnya waktu para pedagang mulai mencari ide agar seblek menjadi lebih unik lagi. Sehingga munculah seblak tulang yang dikolaborasikan dengan kerupuk.

Dari sini bisa diambil kesimpulan bahwa, dengan mudahnya hanya dengan menjual tulang kita bisa dapat uang dan penghasilan. Selain tulang, ada beberapa produk yang bisa dihasilkan dari tulang yang bisa memiliki nilai ekonomis.

1. Tulang Dijadikan Makanan SUP

Diantara kita tentunya sudah banyak yang tau kalau dengan tulang kita bisa membuat makanan SUP yang bisa dijual. SUP merupakan makanan yang berkuah yang berbahan dasar tulang sapi, tulang kerbau, tulang kambing atau pun bahan lainnya. Jika mau dan pakai mengolah tulang menjadi makanan bukan tidak mungkin ini bisa menambah pundi keuangan.

2. Tulang Jadi Makanan Seblak

Seperti yang sudah disampaikan diatas, tulang yang bisa dijadikan bahan untuk seblak adalah tulang ayam dan bukan tulang sapi atau kambing. Dengan campuran bahan serta resep seblak, maka seblak tulang bisa menjadi makanan yang memiliki nilai ekonomis.

Di kota Bandung sendiri dipasar-pasar bisa dengan mudah menemukan pedagang yang menjual tulang dengan harga yang murah yang bisa dijadikan bahan baku untuk membuat seblak. Kalau kreatif mungkin bisa dibuat makanan jenis lainnya.

3. Tulang Jadi Perhiasan

Bagi sebagian orang mungkin tulang akan menjadi barang sisa yang terbuang begitu saja. Namun ditangan orang yang kreatif tulang bisa menjadi perhiasan. Ada banyak kerajinan yang bisa dihasilkan dari tulang yaitu kalung, gelang, batu cincin, tasbih, dan banyak lagi perhiasan lainnya. Tulang yang biasa digunakan untuk dijadikan perhiasanyan adalah tulang yang keras, tebal dan awet seperti tulang onta, sapi dan kerbau.

4. Tulang Jadi Barang Peralatan Sehari-Hari

Salah satu produk yang pernah saya temukan yang digunakan orang untuk dijadikan peralatan adalah tangkai pisau yang terbuat dari tulang. Saya sendiri kurang mengerti caranya, namun saya salut dengan orang seperti ini yang mampu membuat tulang jadi tangkai pisau. Sebenarnya selain tangkai pisau masih banyak lagi peralatan yang bisa dibuat, kreasi dari tulang.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa produk yang bisa menghasilkan uang yang berbahan dasar tulang. Bagi sebagian orang ini tulang merupakan sampah, tapi ditangan orang yang kreatif ini bisa menjadi barang yang bermanfaat yang bisa memiliki nilai jual. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi untuk tetap berkarya dan berinovasi.

*)

Chat Sekarang!
1
Order Iklan Sekarang? Klik Disini!
Hallo, Saya Mutiara.
Selamat datang di Bertravel Media.
Butuh bantuan, ingin order iklan, ada pertanyaan, konsultasi iklan, ingin buat website, ingin buat landingpage atau yang lainnya.
Klik "Chat Sekarang".