Pertanyaan & Penawaran Harga?

Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan Grab?

Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan Grab?

Jika Bermanfaat Bagikan Sekarang..
Iklan Baris Online Gratis Jualme Indonesia

Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan Grab? – Grab adalah salah satu perusahaan teknologi yang berstatus unicorn dari Singapura. Grab juga termasuk perusahaan teknologi yang bergerak dibidang transportasi asal negeri tetangga yang juga menjalankan bisnisnya di Indonesia. Layanan utama Grab pada awalnya hanya untuk layanan transportasi saja, namun sekarang Grab juga merambah kebisnis yang lainnya seperti jasa kurir, jual tiket nonton, jual paket data serta pulsa, dan lain sebagainya.

 

Startup Grab
Sumber Gambar: Vulcan Post

 

Grab ini didirikan oleh Anthony Tan sejak tahun 2012 dan berkantor pusat di Singapura. Selain Singapura, Grab kini juga membuka layanan di negara lain seperti Indonesia, Filipina, Malaysia, Vietnam, Thailand, Myanmar dan Kamboja. Bersama dengan Gojek kita juga pasti ingat bahwa ketika awal kemunculan Grab ada banyak insiden yang terjadi. Salah satunya bentrok antara driver dan tukang ojek pangkalan. Namun Grab tetap maju dan terus berkembang sebagai perusahaan teknologi transportasi yang terbesar di Asia Tenggara.

 

Sumber Penghasilan atau Pendapatan Grab

Sumber penghasilan Grab itu berasal dari layanan Grab itu sendiri. Layanan Grab yang terdiri dari GrabBika, GrabCar, GrabTaxi, GrabExpress, GrabFood dan layanan lainnya. Cara Grab mendapatkan penghasilan atau pendapatan yaitu dengan sistem bagi hasil dengan mitra yang bekerjasama dengan Grab. Namun tidak ditemukan data akurat jumlah penghasilan bersih yang diterima oleh Grab.

 

Ada sumber yang menyebutkan bahwa perusahaan startup sekelas Grab belum mendapatkan keuntungan yang besar, bahkan ada kecenderungan merugi. Meskipun ada kecenderungan merugi, mengapa Grab tetap bertahan dan masih beroperasi hingga saat ini?

 

Seperti yang dilakukan oleh banyak perusahaan teknologi, mereka tetap menjalankan operasional perusahaan berkat bantuan dan dukungan dana dari investor. Dana dari investor inilah yang digunakan Grab untuk keperluan operasional seperti memberikan gaji karyawan, pembiayaan server, sewa gedung, bayar listrik, biaya ekspansi serta pengembangan bisnis dan biaya lainnya.

 

Rugi diawal tidak masalah. Harapannya dengan rugi diawal nantinya pada akhirnya tetap bisa mendapatkan keuntungan untuk masa yang akan datang. Selain itu untuk masa yang akan datang dengan market share yang besar tentunya Grab akan bisa berkembang, maju dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dimasa yang akan datang.

 

Investor yang Memberikan Dana ke Grab

Investor Grab sendiri ada banyak diantaranya Didi Kuaidi, Oppenheimer Funds, Ping An Capital China, Paul Allen Vulcan Capita, Macquire Capital, Lightspeed Venture Partners, Yamaha Motor, Microsoft, Hyundai Motor, Booking Holdings, Toyota Motor, Softbank, dan lain-lainnya. Total dana investor yang masuk dalam jumlah besar membuat nilai perusahaan Grab semakin besar dan mahal dan paling bernilai di Asia Tenggara.

Jika Bermanfaat Bagikan Sekarang..
Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan Gojek?

Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan Gojek?

Jika Bermanfaat Bagikan Sekarang..

Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan Gojek? –  Gojek adalah salah satu perusahaan teknologi yang berstatus unicorn dari Indonesia. Gojek juga termasuk perusahaan teknologi yang bergerak dibidang transportasi asal Indonesia. Namun sekarang Gojek juga merambah kebisnis yang lainnya seperti fintech, jasa kurir, jual tiket nonton, jual paket data serta pulsa, dan lain sebagainya.

Gojek ini didirikan oleh Nadiem Makarim sejak tahun 2010. Diperkirakan Gojek sudah memiliki ratusan ribu mitra driver yang tersebar diberbagai kota di Indonesia. Kita juga pasti ingat bahwa ketika awal kemunculan Gojek ada banyak insiden yang terjadi. Salah satunya bentrok antara driver dan tukang ojek pangkalan. Namun Gojek tetap maju dan terus berkembang sebagai perusahaan teknologi yang terbesar di Indonesia.

Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan Gojek?
Gambar: Merdeka.com

Sumber Penghasilan atau Pendapatan Gojek

Sumber penghasilan Gojek itu berasal dari layanan Gojek itu sendiri. Layanan Gojek yang terdiri dari Go-Ride, Go-Car, Go-Food, Go-Send, Go-Pulsa, Go-Tix, Go-Mart, Go-Shop, Go-Massage, Go-Clean, dan layanan lainnya. Cara Gojek mendapatkan penghasilan atau pendapatan yaitu dengan sistem bagi hasil dengan mitra yang bekerjasama dengan Gojek. Untuk Go-Ride misalnya Gojek menerapkan bagi hasil 80% untuk pengemudi dan 20% persen untuk Gojek.

Iklan Baris Online Gratis Jualme Indonesia

Untuk layanan Gojek yang lain juga sama yaitu menerapkan sistem bagi hasil untuk mitra Gojek. Namun sayangnya kita belum mendapatkan data akurat berapa jumlah penghasilan atau pendapatan Gojek. Ada sumber yang menyebutkan bahwa perusahaan startup sekelas Gojek belum mendapatkan keuntungan yang besar, bahkan ada kecenderungan merugi.

Meskipun ada kecenderungan merugi, mengapa Gojek tetap bertahan dan masih beroperasi hingga saat ini? Seperti yang dilakukan oleh banyak perusahaan teknologi, mereka tetap menjalankan operasional perusahaan berkat bantuan dan dukungan dana dari investor. Dana dari investor inilah yang digunakan Gojek untuk keperluan operasional seperti memberikan gaji karyawan, pembiayaan server, sewa gedung, bayar listrik, biaya ekspansi serta pengembangan bisnis dan biaya lainnya.

Perusahaan yang Menjadi Investor di Gojek

Investor Gojek sendiri ada banyak diantaranya Astra Internasional, Grup Djarum, KKR, Warburg Pincus, Farallon Capital, Capital Group Market, Tencent, JD.com, Google, Temasek Holding, dan lain-lainnya. Total dana investor yang masuk  dalam jumlah besar membuat nilai perusahaan Gojek semakin besar dan mahal.

Jika Bermanfaat Bagikan Sekarang..

Mengunjungi Bandung Digital Valley dalam Acara Workshop Friday Talk ke-4

Jika Bermanfaat Bagikan Sekarang..

Mengunjungi Bandung Digital Valley dalam Acara Workshop Friday Talk ke-4 – Kami dari Bertravel Forum pada hari Jumat, 16 Desember 2016 mengunjungi Bandung Digital Valley (BDV). Pada kesempatan tersebut kami berkunjung untuk hadir dalam kegiatan Workshop Friday Talk ke-4 dengan tema “Creating a Digital Marketing Plan for Small Business and Startup”.

Bandung Digital Valley sering juga disebut sebagai Silicon Valley versi Indonesia. Sesuai dengan namanya Bandung Digital Valley berlokasi di Bandung yang dikelola oleh perusahaan BUMN Indonesia yakni Telkom Indonesia.

Pada workshop kali ini pembicaranya adalah Yose Rizal, beliau adalah seorang dosen dari SBM ITB. Beliau juga termasuk pengusaha, pemilik sekaligus pendiri dari startup Mediawave.

Workshop kali ini dilakukan untuk memperingati hari ulang tahun Bandung Digital Valley (BDV) yang ke-5. Dalam workshop ini turut hadir bapak Agung Aswamedha sebagai manager Bandung Digital Valley, pengusaha startup, pengusaha UKM, mahasiswa dan pelajar.

Untuk tahap awal mungkin kita baru bisa berkunjung ke Bandung Digital Valley di Indonesia. Semoga dimasa mendatang kita bisa datang ke Sillicon Valley langsung yang ada di Amerika Serikat.

Pada workshop kali ini kami sebagai peserta disuguhkan dengan materi yang berhubungan dengan digital marketing. Pada intinya digital marketing itu memiliki cakupan yang amat luas dan memiliki perkembangan yang amat cepat.

Ada banyak kelebihan yang didapatkan jika menerapkan digital marketing bagi startup an UKM. Sehingga tidak ada alasan bagi pengusaha UKM dan startup untuk tidak menerapkan digital marketing. Tak heran jika penerapan digital marketing ini banyak diterapkan oleh perusahaan besar maupun UKM.

Dalam workshop kali ini pemateri memberikan contoh beberapa perusahaan yang sukses menerapkan digital marketing. Setidaknya ini bisa menjadi bukti bahwa digital marketing memiliki pengaruh yang besar untuk kemajuan bisnis.

Intinya pada workshop kali ini digital marketing adalah cara pemasaran produk baik berupa barang atau jasa melalui media digital seperti internet termasuk didalamnya website, blog, SEO, SEM, sosial media, instant messenger dan lain sebagainya.

*)

Iklan Baris Online Gratis Jualme Indonesia
Jika Bermanfaat Bagikan Sekarang..
9 Hal yang harus Diperhatikan Sebelum Berinvestasi di Perusahaan Startup

9 Hal yang harus Diperhatikan Sebelum Berinvestasi di Perusahaan Startup

Jika Bermanfaat Bagikan Sekarang..

9 Hal yang harus Diperhatikan Sebelum Berinvestasi di Perusahaan Startup – Memasuki tahun teknologi semakin hari semakin banyak perusahaan yang berbasis teknologi yang muncul di seluruh dunia tanpa terkecuali di Indonesia. Perusahaan startup merupakan perusahaan rintisan yang baru berdiri dan bergerak dibidang teknologi. Beberapa perusahaan startup yang terkenal didunia diantaranya Facebook, Twitter, Instagram dan Google.

9 Hal yang harus Diperhatikan Sebelum Berinvestasi di Perusahaan Startup
Sumber: Freepik

9 Hal yang harus Diperhatikan Sebelum Berinvestasi di Perusahaan Startup

Sebelum berinvestasi diperusahaan startup ada banyak pertimbangan yang harus kita lakukan. Mengingat dan menimbang perusahaan startup merupakan perusahaan rintisan yang usianya masih muda.

Pertimbangan ini kita lakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama proses investasi ini berlangsung. Hal terburuk yang harus kita hadapi ketika berinvestasi adalah kerugian. Oleh sebeb itu berikut ini beberapa pertimbangan yang perlu dilakukan sebelum berinvestasi diperusahaan startup.

1. Memperhatikan Reputasi Perusahaan Startup

Penilaian baik buruknya kinerja perusahaan startup menjadi pertimbangan yang harus dilakukan oleh investor. Jangan sampai perusahaan startup yang reputasinya buruk tapi kita malah memberanikan diri untuk berinvestasi.

Itu sama saja dengan bunuh diri. Ada banyak indikator yang bisa dijadikan acuan reputasi sebuah perusahaan startup diantaranya prestasinya, nama besarnya, laba yang diperoleh dan banyak lagi.

2. Track Record dalam Beberapa Tahun Terakhir

Untuk menguji track record atau rekam jejak perusahaan bisa terlihat dalam beberapa tahun terakhir. Track record hampir sama dengan reputasi, kinerja yang baik dalam beberapa tahun terakhir bisa dijadikan pedoman untuk beberapa tahun kedepannya.

Jika dalam beberapa tahun terakhir track recordnya jelek maka bisa diprediksi bahwa untuk kedepannya kinerjanya juga ikut memburuk. Sebagai saran, jangan mengambil risiko dengan berinvestasi diperusahaan yan track recordnya buruk.

3. Tingkat Pengembalian Investasi

Sudah pasti, orang yang berinvestasi ingin mendapatkan pengembalian yang cepat, apalagi untuk investasi berjangka. Misalnya saja kita berinvestasi dengan uang 1 miliar rupiah disuatu perusahaan investasi selama 5 tahun.

Investasi yang baik adalah kurang dari 5 tahun kita sudah bisa mengembalikan 1 miliar. Semakin cepat tingkat pengembalian, semakin rekomended untuk berinvestasi.

4. Tingkat Keuntungan yang Didapatkan oleh Perusahaan Startup

Berinvestasi diperusahaan startup kita harus melihat keuntungan yang diperolehnya dalam satu tahun. Semakin besar keuntungan yang diperolehnya dalam satu tahun maka akan semakin bagus perusahaan startup tersebut.

Logika sederhana yang bisa digunakan adalah, jika keuntungannya besar berarti akan semakin besar pula kemampuan perusahaan startup memberikan deviden kepada investornya.

5. Jumlah Dividen yang Diberikan Kepada Investor

Perusahaan yang dilirik untuk mendapatkan investasi adalah perusahaan yang mampu memberikan jumlah dividen yang besar. Semakin besar dividen atau pembagian keuntungan maka semakin rekomended untuk tempat berinvestasi.

Tapi investor perlu mempertimbangkan beberapa hal, karena terkadang ada perusahaan yang memberikan iming-iming pembagian keuntungan yang besar tapi pada nyatanya tidak bisa merealisasikan janjinya.

6. Konsistensi atau Kestabilan Perusahaan Startup

Perusahaan startup yang konsisten dan stabil dalam menjalankan bisnisnya lebih bagus dijadikan perusahaan startup yang labil. Perusahaan yang labil atau naik turun ini lebih berisiko ketimbang perusahaan yang stabil. Mungkin kita bisa untuk banyak kalau posisi perusahaan ada diatas tapi akan berisiko jika posisinya berada dibawah.

7. Kecintaan Kita Kepada Bidang Startup

Cinta memang mengalahkan segalanya, termasuk ketika kita berinvestasi disuatu perusahaan startup. Jika kita memang menyukai bidang bisnis, meskipun untungnya kecil tidak masalah jika kita berinvestasi diperusahaan tersebut.

Misalnya saya termasuk pecinta dunia bisnis e-commerce, jika kita memang menyukai bidang bisnis tersebut tidak apa-apa kita berinvestasi di e-commerce meskipun untungnya tidak terlalu besar.

8. Mengenal Lebih Jauh Siapa saja yang Pernah Berinvestasi di Perusahaan Startup

Untuk mengetahui track record sebuah perusahaan startup kita harus mengetahui siapa saja yang pernah atau yang sedang berinvesasi diperusahaan startup tersebut. Coba cari tahu bagaimana kesan-kesan dan pengalaman yang mereka dapatkan selama berinvestasi diperusahaan tersebut. Jika banyak kesan baik yang mereka dapatkan, maka perusahaan tersebut cocok dijadikan tempat berinvestasi.

9. Mengetahui Hubungan Komunikasi yang Dilakukan oleh Perusahaan Startup kepada Investor

Alasan kita berinvestasi disuatu perusahaan startup bukan semata karena keuntungan yang kita dapatkan, tapi ada faktor lainnya. Perusahaan startup yang baik akan menjalin komunikasi yang baik dengan para investornya. Jadi intinya ada keintiman atau hubungan emosional yang kuat, yang didapatkan investor dari perusahaan startup.

Kesimpulan

Intinya dari semua penjelasan yang disampaikan diatas, hal yang diperhatikan sebelum berinvestasi diperusahaan startup lebih mengarah kepada kondisi keuangan perusahaan startup. Berinvestasi diperusahaan startup sama dengan berinvestasi diperusahaan lain yang memiliki risiko.

Jika perusahaan startup kondisi keuangannya baik besar kemungkinan ada kemampuan perusahaan untuk membayarkan dividen kepada investor. Dan sebaliknya jika kondisi keuangannya buruk atau kurang sehat, bisa dipastikan perusahaan tersebut belum mampu membayarkan dividen ke investor.

*)

Jika Bermanfaat Bagikan Sekarang..

Tahukah Anda, Apa itu Brainly.co.id?

Jika Bermanfaat Bagikan Sekarang..

Tahukah Anda, Apa itu Brainly.co.id? – Saat ini proses belajar dan diskusi bukan hanya dilakukan disekolah tapi juga bisa dilakukan sendiri menggunakan website. Website yang bisa digunakan untuk belajar dan diskusi adalah www.brainly.co.id. Situs Brainly.co.id merupakan jejaring sosial untuk media pembelajaran untuk siswa sekolah.

Semua anak sekolah bisa bertanya dan ikut berdiskusi di Brainly. Anak sekolah dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) juga bisa ikut bertanya, berdiskusi dan menjawab pertanyaan yang ada di Brainly.co.id. Setiap hari ada ribuan pertanyaan yang masuk ke Brainly.

Untuk bertanya dan menjawab pertanyaan kita bisa menggunakan situs ini dengan cara mendaftar terlebih dahulu. Setelah itu barulah kita bisa menjawab dan bertanya pertanyaan yang ada di Brainly.co.id. Di Brainly meskipun kita meminta jawaban tapi kita juga diminta untuk memberikan jawaban kepada teman kita yang lain sehingga bisa saling berbagi ilmu.

Situs Brainly juga memiliki tujuan untuk meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan Indonesia melalui internet. Sehingga semua anak Indonesia mendapatkan pengetahuan yang merata. Anak-anak yang mendapatkan pendidikan yang belum layak juga bisa belajar melalui Brainly.

*)

Jika Bermanfaat Bagikan Sekarang..

9 Hal Positif yang Bisa Kamu Temukan Jika Bekerja Perusahaan Startup

Jika Bermanfaat Bagikan Sekarang..

9 Hal Positif yang Bisa Kamu Temukan Jika Bekerja Perusahaan Startup – Sudah lama sekali rasanya tidak membagikan artikel baru di Tuliside.com, sekarang saya akan berbagi sedikit pengalaman tentang perusahaan startup. Hal ini ditulis berdasarkan pengalaman kerja diperusahaan startup di Bandung.

9 Hal Positif yang Bisa Kamu Temukan Jika Bekerja Perusahaan Startup

Untuk kamu yang memiliki minat yang tinggi ingin bekerja diperusahaan startup maka ada baiknya kamu membaca artikel ini. Informasinya berhubungan dengan hal positif yang nantinya bisa kita temukan di perusahaan startup. Hal positif ini ada baiknya dijadikan pelajaran yang bisa diambil manfaatnya.

1. Perusahaan Startup Memiliki Semangat yang Tinggi

Meskipun startup merupakan perusahaan baru atau rintisan, namun perusahaan ini perkembangannya cukup cepat. Meskipun ada banyak startup yang berjatuhan, namun ada satu hal yang patut kita tiru yaitu memiliki semangat yang tinggi untuk terus maju. Salah satu faktor yang menjadikan startup ini bersemangat ialah jiwa muda dari anak-anak muda yang ada disana.

2. Perusahaan Startup Dimiliki oleh Anak Muda

Pada intinya saya sangat senang jika ada seorang anak muda yang berkarya diwaktu muda. Waktu muda tidak terbuang sia-sia untuk kegiatan hura-hura. Pemilik perusahaan startup rata-rata berusia 20-an sampai 30-an. Namun meskipun demikian perusahaan startupnya sudah bisa menggarap proyek miliaran.

Satu lagi dalam membangun perusahaan ia juga memikirkan nasib pegawainya sehingga mereka tidak memikirkan diri sendiri saja tapi juga memikirkan orang lain. Meskipun kamu belum memiliki perusahaan startup seperti mereka, sepertinya ada hal positif yang bisa kamu tiru disini.

3. Tenaga Kerjanya Anak Muda

Seperti yang kita ketahui bersama anak muda merupakan kelompok yang memiliki semangat yang tinggi, semangat untuk bersaing, semangat untuk maju, semangat untuk menjadi yang terbaik dan memiliki kreativitas yang tinggi. Tentunya dengan tenaga anak muda ini akan mampu membawa perusahaan ketitik yang tinggi yang ingin dicapai.

4. Tidak Menggunakan Seragam Kantoran

Saya termasuk orang yang tidak terlalu menyukai hal yang formal misalnya wajib menggunakan seragam, pakai sepatu pantofel, wajib kemeja, dasi dan sebagianya. Hal positif yang bisa diambil yang bisa diambil dari perusahaan startup, mereka tidak mewajibkan pakaian formal.

Malahan dengan celana pendek dan baju kaos oblong kamu tetap bisa bekerja dikantor perusahaan startup. Intinya meskipun penampilan seperti itu tapi proyek yang dikerjakannya nilainya miliaran, otaknya pun cerdas dibandingkan dengan anak muda lainnya.

5. Suasana Kerja yang Santai Namun Penuh dengan Kejutan

Kerja diperusahaan startup memang santai karena pekerjaan kita tidak seperti kantor pada umumnya. Jika pekerjaan sudah selesai, kita akan terlihat seperti pengangguran yang asik internetan dan mendengarkan lagu streaming. Namun jika kamu pekerjaan datang lagi maka kamu bisa tidak tidur semalaman untuk mengerjakan tugas sebelum deadline tiba.

6. Memiliki Kekeluargaan yang Tinggi

Tidak seperti perusahaan pada umumnya yang kita sibuk dengan pekerjaan masing-masing. Kalau diperusahaan startup kita bisa akrab antara satu dengan yang lain, sehingga tercipta rasa kekeluargaan antar sesama pekerja di perusahaan startup. Suasana seperti ini agak jarang ditemukan diperusahaan besar.

7. Akrab dengan Si Bos Besar Perusahaan Startup

Seperti perusahaan besar pada umumnya kebanyakan karyawan tidak akrab dengan si bos atau CEO perusahaan. Kalaupun akrab, tapi tidak akan akrab seperti diperusahaan startup. Hal ini disebabkan oleh kesibukan tertentu sehingga banyak orang yang tidak terlalu mengenal bos besar diperusahaan startup.

Tapi kalau kamu bekerja diperusahaan startup tentunya kamu akan menemukan keakraban antara bos dengan karyawannya, sehingga tidak ada batasan-batasan yang menghalangi sibos dengan karyawannya. Hal ini didukung oleh usia bos yang masih muda dan berjiwa muda. Wejangan langsung dari si bos, biasanya langsung mampu membakar semangat pekerja di perusahaan startup.

8. Kebanyakan Startup Bergerak Dibidang Teknologi

Perusahaan startup sendiri merupakan perusahaan rintisan atau perusahaan yang masih dalam tahap perkembangan. Kebanyakan startup didunia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang teknologi dan informasi. Ketika kamu bekerja diperusahaan startup maka kamu tidak akan jauh-jauh dari teknologi dan informasi, sehingga kamu akan paham dibidang teknologi informasi.

9. Memiliki Kreativitas yang Tinggi

Berbeda dengan perusahaan biasa pada umumnya yang terkesan agak kaku, sedangkan diperusahaan startup kamu bisa mengasah kreativitas kamu. Kamu juga bisa mengembangkan kreativitas kamu diperusahaan startup. Namun kreativitas kamu perlu disesuaikan tujuan, visi dan misi perusahaan agar bisa sejalan.

Kesimpulan

Itulah beberapa hal positif yang bisa kamu temukan jika bekerja diperusahaan startup. Ini ditulis berdasarkan pengalaman kerja saya diperusahaan startup di Bandung. Semoga bisa diambil manfaatnya. Mohon maaf mungkin ada beberapa hal yang tidak sama dengan pengalaman teman-teman yang lainnya, karena seperti kata orang-orang tua dulu “beda lubuk beda pula ikannya”.

*)

Jika Bermanfaat Bagikan Sekarang..

Heinrich Wendel Co Founder iprice Group Berbagi Tips Sukses Mendirikan Startup

Jika Bermanfaat Bagikan Sekarang..

Heinrich Wendel Co Founder iprice Group Berbagi Tips Sukses Mendirikan Startup – Iprice adalah sebuah perusahaan e-commerce dengan konsep market aggregator dimana konsumen dapat menemukan jutaan produk dari beberapa merchant tanpa harus mengunjungi satu persatu website saat belanja online.

Iprice juga memberikan berbagai kupon diskon eksklusif untuk memastikan konsumen mendapatkan harga terbaik. Menghemat waktu dan biaya adalah alasan mengapa iprice berbeda dari e-commerce lainnya.

Didirikan pada Oktober 2014, iprice eksis di tujuh negara Asia Tenggara (Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Thailand dan Hongkong), memiliki lebih dari 30 juta produk dari 10.000 merchant lokal dan internasional termasuk didalamnya Lazada, Zalora, Hermo, Damn I love Indonesia, dan lain sebagainya.

Berkomitmen untuk memberikan harga terbaik bagi konsumen, iprice juga membantu Usaha Kecil dan Menegah dan berbagai startup lokal untuk memasarkan produk mereka secara online.

Heinrich Wendel adalah pria dibalik ide brilian tersebut. Heinrich seorang lulusan IT dari Jerman yang mendirikan dan memimpin tim teknologi iprice untuk selalu berevolusi kearah yang lebih baik. Jika Anda adalah seorang lulusan IT atau mahasiswa jurusan IT dan bermimpi untuk mendirikan sebuah startup yang sukses, Heinrich adalah role model yang tepat.

Heinrich Wendel, Si Pecinta Teknologi dan Internet yang Suka Belajar

Sejak kecil Heinrich tertarik dengan teknologi dan internet, menurutnya hanya dengan teknologi dan internet sebuah ide dapat menyentuh jutaan masyarakat di berbagai belahan dunia. Ia berkata, jika Anda memiliki ide yang brilian, namun menggunakan cara konvensional maka jangkauan pasar yang bisa Anda raih sangatlah terbatas.

Ia memilih untuk mendalami Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer hingga jenjang master. Lalu Heinrich bekerja di Google, German Aerospace Center, dan Microsoft. Menurutnya, ilmu dasar yang harus dimiliki seluruh penggelut IT adalah kemauan dan kemampuan untuk belajar.

“It’s important for you to learn how to learn”

Ilmu teoritis yang dapat Anda pelajari di bangku kuliah akan sangat bermanfaat di masa mendatang, Anda tidak tahu bagian pelajaran mana yang akan sesuai dengan kebutuhan Anda, maka pastikan untuk serius dalam menimba ilmu.

Setelah lulus kuliah, Anda akan dihadapi dengan kenyataan bahwa begitu banyak hal yang harus Anda pelajari, segala rumus dan teori di bangku kuliah tidak cukup untuk menghadapi segala tantangan, inilah yang disebut dengan praktek yang sebenarnya.

Heinrich memilih untuk bekerja di perusahaan ternama untuk belajar bagaimana cara mereka membaca dan beradaptasi dengan pasar, menggabungkan kemampuan teknis dengan realita, memahami perspektif bisnis teknologi dari kacamata perusahaan multinasional yang telah mengubah dunia.

“Ilmu teknologi tidak cukup, untuk mendirikan startup Anda harus mempelajari apa yang pasar butuhkan dan bagaimana memberikan apa yang mereka mau.”

Proses Mendirikan iprice Group

Mimpi untuk mendirikan startup sudah lama Ia miliki, namun Ia sadar masih banyak hal yang harus Ia pelajari sebelum membuat startup nya sendiri. Setelah bekerja lebih dari 8 tahun di berbagai perusahaan terkemuka, Heinrich merasa telah memiliki cukup fondasi untuk membentuk startup.

1. Menentukan Ide Startup

Seperti pertanyaan umum yang dimiliki oleh semua yang bermimpi memiliki startup sendiri:

“Startup apa yang harus saya buat? Dan bagaimana memulainya?”

Berdasarkan pengalaman bekerja sekian lama di Microsoft, Heinrich memiliki berbagai relasi yang tepat untuk mendiskusikan ide startup nya. Suatu hari Ia bertemu dengan Tim Marbach, CEO Asian Venture Group. Tim menyatakan bahwa Asia Tenggara baru memulai masa e-commerce, bisnis ini memiliki peluang yang sangat luas di masa mendatang.

Ide startup bisa didapat dari diri sendiri (passion) dan diskusi dengan pihak lain yang telah lama berkecimpung didunia teknologi.

2. Evaluasi Pasar

Setelah mendapatkan gambaran dan ide dari Tim, Heinrich mulai mempelajari pasar e-commerce Asia Tenggara. Ia melihat bahwa Asia Tenggara baru pada masa awal penggunaan internet sebagai media bisnis. Jumlah penduduk yang begitu besar, ketertarikan kepada dunia internet yang tinggi dan beberapa kisah sukses dari e-commerce seperti Lazada, Zalora dalam waktu singkat, merupakan tanda pasar menginginkan e-commerce.

“Saat mencari ide startup jangan pernah berpikir ide Anda adalah yang terbaik, selalu kolaborasi dengan orang yang lebih berpengalaman, temukan kelemahan dari ide Anda dan cari solusinya”.

“Pahami apa yang pasar mau, hindari untuk mendirikan sesuatu dimana Anda harus meyakinkan pasar bahwa mereka membutuhkan atau menginginkannya”.

Kumpulkan data sebanyak mungkin, pastikan bahwa keputusan yang akan Anda ambil akurat berdasarkan data.

3. Menemukan Investor

Sembari melanjutkan pekerjaannya di Microsoft dan mengevaluasi ide startup, Heinrich akhirnya yakin bahwa e-commerce adalah bentuk startup yang ingin ia dirikan. Kembali menghubungi Tim Marbach, dan Tim setuju untuk memberikan investasi bagi iprice.

4. Membentuk Tim

Heinrich menyadari bahwa Ia hanya seorang Tech Guy, Ia tidak mahir dalam manajemen, promosi produk, finansial, ataupun hubungan masyarakat. Kesuksesan sebuah startup adalah suksesnya kolaborasi dari tim.

Heinrich mengakui hingga saat ini, Ia menghabiskan lebih dari 50% waktunya untuk berinteraksi dengan tim dalam perusahaan dan mewawancarai potensial anggota tim baru. Menemukan orang yang tepat penting bagi bisnis startup Anda.

Kini iprice memiliki sekitar 80 karyawan dengan dua puluh dua kebangsaan yang berbeda. Kepala penjualan iprice berasal dari India, Kepala tim kupon berasal dari Pakistan, CEO nya berasal dari Ceko, analisa bisnisnya datang dari Amerika Serikat. Tim iprice berasal dari berbagai belahan dunia dan pindah ke Asia hanya untuk bekerja di perusahaan ini.

Pesan Heinrich Bagi Para Calon Pendiri Startup

Pastikan bahwa Anda memiliki ide yang akan bermanfaat bagi orang banyak, karena Anda akan bekerja lebih dari 8 jam sehari, dan terus menerus memikirkan startup Anda. Namun, jika Anda memiliki niat mendirikan startup yang tulus dan bermanfaat bagi banyak orang, ini tidak terasa seperti bekerja, lebih kepada membuat perubahan yang menguntungkan orang lain.

Mendirikan sebuah startup merupakan perjuangan yang tidak mudah, Anda harus memastikan secara teknis website dan segala layanannya berjalan dengan lancar, perubahan adalah sesuatu yang pasti di startup demi mencapai hasil yang lebih baik.

Jangan ragu untuk menghabiskan waktu mendapatkan anggota tim yang tepat, tim startup Anda akan menjadi alasan Anda senang berangkat ke kantor setiap hari, dan menjadikan perjuangan ini lebih berwarna dan bermakna.

Selamat memulai perjalanan startup Anda! 🙂

*)

Jika Bermanfaat Bagikan Sekarang..

Setipe.com, Situs Cari Jodoh untuk Para Jomblo Indonesia

Jika Bermanfaat Bagikan Sekarang..

Setipe.com, Situs Cari Jodoh untuk Para Jomblo – Jomblo merupakan suatu kondisi dimana seorang lelaki atau perempuan belum memiliki pasangan, entah itu pacar atau pasangan hidup suami istri. Bagi sebagian orang jomblo merupakan status yang bisa menjadi beban, apalagi jika sudah waktunya untuk mencari pasangan hidup atau menikah tapi belum bertemu dengan pasangan yang pas.

Mungkin bagi sebagian orang status jomblo tidak jadi masalah, tapi kalau sebagiannya yang lainnya ini masalah. Usia sudah semakin bertambah, sudah waktunya mencari pasangan hidup tapi masih belum bertemu dengan orang yang pas dengan alasan aku dan dia berbeda.

Tapi tenang di Indonesia kini telah hadir startup buatan Indonesia yang bisa menjawab semua masalah perjodohan atau masalah status jomblo yang selama ini menjadi beban. Startup Setipe.comdidirikan pada Oktober 2013 oleh Razi Thalib (co-founder), Christian Sugiono, Kevin Aluwi dan Pingkan Rumondor M.Psi.

Sejak awal berdiri kini Setipe.com sudah memiliki lebih dari 80 ribu member dengan status jomblo atau lajang. Dengan lebih dari 7000 member baru setiap bulannya. Jadi dengan jumlah lebih dari 80 pengguna setidaknya para jomblo bisa menemukan pasangannya di Setipe.com. Untuk komposisi penggunanya sendiri di dominasi oleh 55 persen laki-laki dan 45 persen perempuan.

Sebelumnya sudah ada beberapa situs dating atau situs kencan di Indonesia tapi hanya sekedar menjadi member saja. Tetapi situs Setipe.com ini ketika mendaftar menjadi member ada sejumlah kuisioner mengenai kepribadian yang harus di isi si calon member.

Lewat kuisioner inilah nantinya Setipe.com mencocokkan kepribadian membernya yang memiliki banyak kesamaan dengan member yang lain (tentunya antara laki-laki dan perempuan), sehingga tidak ada lagi alasan jomblo karena beda kepribadian.

Selain itu Setipe.com dalam membuat sejumlah pertanyaan dalam kuisioner dibantu oleh pakar psikologi yang sudah ahli sehingga bisa membuat semacam pertanyaan yang bisa mengambarkan kerpribadian membernya.

Bukan hanya itu saja Setipe.com juga dibantu oleh pakar IT yang sudah ahli didalam mencocokkan hasil jawaban dari member Setipe.com. Selama satu tahun berjalan Setipe.com sudah berhasil mempertemukan 4 pasang yang rencananya akan menikah. Nah buktinya sudah ada silah Anda mencoba, semoga beruntung menemukan pasangan Anda di sini.

*)

Jika Bermanfaat Bagikan Sekarang..

1Cak.com, Situs Humor ala 9Gag Buatan Orang Indonesia

Jika Bermanfaat Bagikan Sekarang..

1Cak.com, Situs Humor ala 9Gag Buatan Orang Indonesia – Di dunia internet kita sudah mengenal situs komedi visual berupa gambar atau video 9Gag.com yang diciptakan di Hongkong pada tahun 2008 oleh Chris Chan, Ray Chan, Derek Chan, Marco Fung, dan Brian Yu. Di Indonesia juga memiliki situs 1Cak.com yang memiliki genre yang sama dengan 9Gag.

1Cak.com, Situs Humor ala 9Gag Buatan Orang Indonesia

1Cak merupakan situs asli buatan Indonesia yang berisi rege comic atau meme (dibaca: mim) lucu yang mengundang gelak tawa bagi yang melihatnya. Meme atau rege comic yang diunggah membernya biasayaa digunakan untuk membahas fenomena sosial atau kejadian yang ada dalam kehidupan sehari-hari tapi yang dibahas secara kocak dan lucu.

1Cak hampir mirip dengan 9Gag, baik itu tampilan dan fitur-fitur yang tersedia didalamnya. 1Cak sendiri awalnya juga terinspirasi dari 9Gag, terinspirasi bukan berarti menjiplak.Hal ini terbukti dari karakter yang hadir dalam tokoh meme di 1Cak, yaitu Mad dog.

Mad dog merupakan tokoh yang diambil dari film The Raid atau lebih dikenal dengan Mr. Greget. Bukan hanya itu saja, 1Cak juga berisi gambar atau video dan fenomena yang ada di masyarakat Indonesia. Ada yang berisi sekedar lelucon, ada yang berisi pesan dan ada juga yang berisi pesan tersirat yang dikemas secara menarik dan unik.

Melihat kesuksesan yang berhasil diraih oleh 9Gag dan potensi yang dimiliki Indonesia untuk membuat startup komedi humor akhirnya Aji Ramadhan atau nama aslinya R Aji Kaloko kelahiran Sragen ini mendirikan situs humor 1Cak.com.

Pada tanggal 17 Februari 2012 1Cak resmi diluncurkan. Tapi awalnya bernama 1Cuk.com, tapi karena kurang enak didengar dan terkesan agak negatif akhirnya pada 30 September 2012 nama 1Cuk diganti menjadi 1Cak. Tidak membutuhkan waktu yang lama 1Cak akhirnya bisa terkenal di kalangan pengguna internet di Indonesia, terutama yang usia muda.

Yang membuat 1Cak semakin terkenal karena partisipasi member, anggota atau member bisa berkontribusi membagikan meme lucu karyanya sendiri dan membagikan di 1Cak, kemudian member lain bisa menilai tingkat kelucuannya, juga bisa berkomentar dan membagikannya di sosial media Facebook dan Twitter. Membagikan dijejaring sosial seperti ini lah yang membuat 1Cak semakin terkenal terutama dikalangan anak muda Indonesia.

1Cak memberikan kemudahan jika ingin mendaftar menjadi member di 1Cak yaitu dengan menggunakan sosial media Facebook, kemudahan ini juga turut membantu meningkatkan popularitas 1Cak.

1Cak juga menyediakan aplikasi 1Cak untuk smartphone Android , sehingga member bisa mengakses 1Cak dengan menggunakan aplikasi tanpa harus membuka browser. Dalam mendanai websitenya pemilik 1Cak Aji Ramadhan mendapatkan penghasilan dari Google Adsense dan Tribal Fusion.

Keberhasilan yang diraih oleh 1Cak terbukti ketika Februari 2014, 1Cak berhasil mendapatkan kurang lebih 9 juta pageviews dengan unique visitornya sebanyak 560 ribu. Di bulan Oktober 2012 yang disampaikan lewat Kompas Tekno 1Cak berhasil mendapatkan keuntungan dari iklan Google Adsense sekitar 1.400 dollar AS. Itu masih data yang lama dan kemungkinan data tersebut bisa berubah dan bertambah menjadi lebih banyak lagi.

Prestasi yang berhasil diraih oleh Aji Ramadhan ini membuktikan bahwa Indonesia juga bisa berkarya. Semoga keberhasilan yang diraih oleh Aji Ramadhan ini bisa menjadi motivasi bagi anak-anak indonesia yang lain untuk bisa berkarya. Dan juga memacu memunculkan startup-startup baru asal Indonesia lainnya yang siap bersaing di kancah Internasional.

*)

Jika Bermanfaat Bagikan Sekarang..

Kwikku.com, Sosial Media Asli Buatan Malang Indonesia

Jika Bermanfaat Bagikan Sekarang..

Kwikku.com, Sosial Media Asli Buatan Malang – Dalam hal sosial media kita tentunya sudah tidak asing lagi dengan sosial media Facebook, Twitter dan yang baru naik daun yaitu sosial media berbagi foto Instagram. Sosial media diatas sudah sejak lama menduduki papan atas sosial media di dunia. Dan tidak bisa kita pungkiri bahwa sosial media dari luar negeri selalu berhasil menarik hati pengguna sosial media di Indonesia.

Dengan jumlah penduduk yang sangat banyak yaitu sekitar 240 juta jiwa yang didominasi usia muda, bisa dibilang Indonesia merupakan pasar yang empuk untuk dinikmati para developer dan pengembang sosial media di dunia.

Sebut saja Facebook, dari wilayah Indonesia saja sudah berhasil mendapatkan sekitar 70 juta pengguna. Dan jika dihitung-hitung secara matematika, 70 juta bukanlah jumlah yang sedikit. 70 juta itu 2 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan jumlah penduduk Malaysia. Penduduk Malaysia saja diakhir tahun 2014 kemarin baru mencapai lebih kurang 30 juta jiwa. Dan ini selesihnya sauh sekali.

70 juta pengguna itu hampir setara dengan jumlah peduduk di negara Iran, Mesir, Turki, Ethiopia, Thailand, Prancis, Britania Raya (Inggris Raya), dan negara lain. Bahkan jumlah pengguna Facebook Indonesia mengalahkan jumlah penduduk negara-negara lain di dunia. Waaw.. banyak sekali bukan.

Twitter juga hampir sama, mereka telah berhasil menarik hati para pengguna sosial media di Indonesia. Di buktikan dengan keberhasilan yang sudah Twitter raih yaitu 19,5 juta pengguna. Berdasarkan data dari Kominfo.go.id, Indonesia menempati posisi ke 5 dengan pengguna Twitter terbanyak setelah Amerika Serikat, Brazil, Jepang dan Inggris.

Sekilas Tentang Sosial Media Kwikku

Walaupun sudah banyak sosial media yang merajai sosial media ditanah air. Anak Indonesia tidak mau kalah, mereka berhasil mendirikan startup dalam bidang sosial media dengan nama Kwikku. Kwikku didirikan oleh mahasiswa jurusan Teknik Informatika (TI) UIN Maliki Malang. Nama pendiri Kwikku adalah Gema Hamdi Musaad (Founder Kwikku) yang lahir pada 18 Agustus 1993, mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) yang berdarah Ambon.

Dengan kemampuannya dibidang Teknik Informatika Gema Hamdi Musaad bersama dengan Ifa Alif (Co-founder) pun membuat sosial media Kwikku. Kwikku merupakan sosial media yang berbasis popularitas, popularitas bisa terlihat dari persentase yang terdapat pada profil penggunanya.

Kwikku didirikan pada 26 September 2013, dan bisa dibilang start-up sosial media yang masih muda. Di awal berdirinya Kwikku sudah berhasil mendapatkan penghargaan Research Expo On Computing 2013, Cakrawala Award dan beberapa penghargaan lainnya.

Keberhasilan Kwikku diawal berdirinya sudah berhasil memperoleh lebih dari 31 ribu pengguna yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, dengan 150 sampai 400 pengguna baru di Kwikku. Nama Kwikku sendiri diambil dari bahasa Jawa yaitu “Kuwi” dan “iku”, tujuan penamaan ini agar cita rasa lokal Indonesia lebih terasa.

Saat ini personil yang dikerahkan oleh pendiri Kwikku (red:Hamdi) berjumlah 10 orang yang yaitu bagian desain, codingan, dan fitur-fitur lain. Kantor pusat Kwikku sendiri berada tak jauh dari alun-alun Kota Malang, Jawa Timur.

Latar Belakang Berdirinya Sosial Media Kwikku

Dari beberapa sumber yang saya baca tujuan pendirian Kwikku ini berawal dari keprihatinan melihat trend sosial media di Indonesia. Di Indonesia hanya ada beberapa sosial media saja yang bisa mengusai Indonesia yaitu Facebook, yang kemudian diikuti sosial media asing yang lain. Sosial media yang berkembang di Indonesia pun yang bernotabene miliki asing.

Facebook, Twitter, Instagram, Path semuanya dari luar negeri yaitu Amerika Serikat. Padahal jika dilihat dari sumber daya yang dimiliki orang Indonesia sendiri sebenarnya memiliki potensi untuk menciptakan sosial media. Apalagi dengan sumber daya yang banyak dan mampu bersaing, bukan tidak mungkin orang Indonesia bisa mandiri tanpa harus bergantung pada sosial media asing.

Melihat kondisi seperti itulah pendiri Kwikku tergerak hatinya untuk membuat sosial media buatan Indonesia. Ingin membuktikan kepada dunia bahwa orang Indonesia tidak hanya sebagai user sosial media saja tapi orang Indonesia juga bisa menjadi developer sosial media.

Selain itu disosial media asing yang lain terkadang juga bisa mengganggu kegiatan para penggunanya. Misalnya saja kerena menggunakan sosial media penggunanya lupa mengerjakan tugas dan kewajiban akademiknya. Dan banyak lagi kekurangan sosial media lainnya. Sehingga dengan kekurangan itu pendiri sosial Kwikku ingin melengkapi semua kekurangan yang ada di sosial media lain dengan melengkapi semua fiturnya di Kwikku.

Ketika awal berdiri sosial media Kwikku juga tidak lepas dari pro dan kontra. Ada yang setuju da juga yang tidak setuju. Tentunya dengan alasan-alasan tertentu. Namun founder Kwikku melihat pro dan kontra ini sebagai suatu hal yang wajar.

Sekian tentang penjelasan singkat mengenai Kwikku.com, semoga dengan munculnya start-up sosial media ini bisa membuat para developer lain untuk membuat start-up lainnya. Semoga jaya star-up Indonesia.

*)

Jika Bermanfaat Bagikan Sekarang..
Open chat
1
Hallo, Saya Shelly.
Selamat datang di Bertravel Media.
Ada yang bisa kami bantu?