Cara Cek dan Mengetahui SEO Website atau Blog

Cara Cek dan Mengetahui SEO Website atau Blog

Cara Cek dan Mengetahui SEO Website atau Blog – Ada beberapa faktor yang mempengaruhi SEO atau blog. Mulai dari template atau thema yang digunakan, verifikasi websiite, jumlah backlink, jumlah artikel posting, kode meta tag, kecepatan loading, judul, dan banyak faktor lainnya. Bagi pemula tentunya akan merasa sulit bagaimana cara mengetahui apakah wesite sudah SEO atau tidak.

 

SEO atau Search Engine Optimization
Sumber Gambar: Freepik

Cara Cek dan Mengetahui SEO Website atau Blog

1. Cek dengan Bertanya Kepada Ahli SEO

Ada banyak orang yang bisa SEO, tidak harus orang tersebut ahli SEO atau seorang yang expert dibidang SEO. Jika punya teman yang sering mengelola website, sering mengelola blog, bisa jadi orang tersebut bisa mengetahui apakah website kita sudah SEO atau belum.

 

Sebenarnya diluar sana ada banyak orang yang yang ahli dalam SEO namun mereka tidak mendeklarasikan diri sebagai ahli SEO atau SEO profesional. Jika anda memiliki teman yang ahli SEO maka anda beruntung anda bisa bertanya dan konsultasi SEO secara gratis. Jika ingin mengetahui SEO atau tidaknya website memang disarankan kepada ahli SEO.

Iklan Baris Online Gratis Jualme Indonesia

 

2. Cek SEO dengan Penyedia Jasa SEO Profesional

Mengunakan layanan jasa SEO profesional juga bisa membantu mengetahui apakah website sudah SEO atau belum. Namun kita harus berhati-hati karena diluar sana ada banyak yang mengaku penyedia jasa profesional, tapi kita tidak tau secara pasti beneran SEO profesional atau bukan. Biasanya penyedia jasa SEO juga memberikan layanan jasa SEO website.

 

3. Cek SEO Menggunakan Website Penyedia Layanan Cek SEO

Jika kamu ingin mengetahui suatu website sudah SEO atau belum bisa menggunakan website yang menyediakan tools, alat atau layanan cek SEO gratis. Di internet ada banyak sekali website yang memberikan layanan cek SEO website gratis. Disini kami akan memberikan daftar website penyedia layanan cek SEO website.

 

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah website kita sudah SEO atau belum. Ada cara gratis ada pula cara yang berbayar. Kita bisa memilih sesuai dengan keinginan, kebutuhan dan anggaran yang kita miliki.

SEO vs Viral: Tinggal Bikin Konten Viral Apakah SEO Masih Penting

SEO vs Viral: Tinggal Bikin Konten Viral Apakah SEO Masih Penting

SEO vs Viral: Tinggal Bikin Konten Viral Apakah SEO Masih Penting – SEO atau Search Engine Optimization adalah upaya untuk mengoptimalkan situs web agar mendapatkan posisi paling atas dimesin pencari. Jika tidak berada diposisi paling atas setidaknya muncul dihalaman pertama mesin pencari. Namun ada yang bertanya apakah SEO masih penting ? Sekarang sudah ada media sosial, tinggal membuat konten yang viral kita bisa dikenal oleh banyak orang tanpa harus menggunakan SEO. Yaps itu betul, tapi membuat konten yang viral tidak semudah yang dibayangkan.

 

SEO atau Search Engine Optimization
Sumber Gambar: Freepik

 

SEO vs Viral

Disini kita perlu mengetahui bahwa SEO dan viral adalah dua hal yang berbeda. SEO difokuskan pada mesin pencari seperti Google dan lainnya, sedangkan viral difokuskan pada media sosial dan instant messenger. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

 

Kelebihan dan Kekurangan SEO

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya SEO memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan SEO adalah..

  • SEO difokuskan pada mesin pencari
  • Mewajibkan kita memiliki konten yang berkualitas di situs web
  • Bertahan dimesin pencari lebih lama
  • Lebih dipercaya oleh banyak orang jika muncul dimesin pencari
  • Bisa dilakukan secara gratis
  • Bisa juga menggunakan jasa berbayar
  • Hasil pekerjaan SEO itu bisa terlihat dan terukur

 

Kekurangan SEO adalah..

  • Membutuhkan waktu yang lama
  • SEO harus dijaga
  • Memiliki persaingan SEO sangat ketat

 

Kelebihan dan Kekurangan Viral

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya viral memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan Viral adalah..

  • Bisa booming dalam waktu sekejap
  • Bisa menjangkau banyak orang dalam waktu yang relatif singkat
  • Tidak membutuhkan skill SEO
  • Hanya dengan kreativitas kita bisa viral
  • Ada yang berbayar dan ada yang gratis
  • Memanfaatkan momen yang banyak dibahas
  • Mudah diterima dimasyarakat
  • Tidak membutuhkan konten yang berkualitas

Kekurangan Viral

  • Harus kreatif sedangkan tidak semua orang memiliki kreativitas
  • Terkesan mencari sensasi
  • Viral berbayar membutuhkan biaya yang besar
  • Konten viral sering bercampur dengan konten hoax
  • Viral itu bersifat untung-untungan

SEO Digunakan oleh Perusahaan Besar

Kita juga perlu tahu bahwa agar situs web perusahaan menjadi lebih SEO, perusahaan mempekerjaan para ahli SEO terkemuka. Para ahli SEO yang bekerja diperusahaan tersebut bisa dibayar mahal setiap bulannya. Ini sudah menjadi bukti bahwa SEO itu penting dan masih dibutuhkan hingga saat ini. Berbeda halnya dengan viral, saat ini agak jarang perusahaan yang khusus mempekerjakan ahli konten viral.

 

Jika kamu menggunakan media sosial Linkedin kamu bisa menemukan ahli SEO atau SEO specialist dari berbagai perusahaan ternama di Indonesia dan dunia. Ahli SEO yang pernah saya temukan di Linkedin berasal dari perusahaan ternama seperti Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, Astra, MNC Group, Liputan6, Vidio, Blibli, dan masih banyak lagi perusahan yang belum disebutkan.

 

Saya dulunya juga bekerja sebagai ahli SEO di perusahaan di Tangerang Selatan, namun sekarang membuka layanan jasa SEO di Pekanbaru. Saya sendiri belum membuka layanan jasa agar viral karena itu merupakan pekerjaan yang sulit bagi saya.

 

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah SEO itu penting dan masih diperlukan. Disaat yang bersamaan kita juga perlu membuat konten yang viral internet dan media sosial. Namun pada SEO jauh lebih penting ketimbang hanya sekadar viral.

Rp115ribu
Deal

Dari Bertravel Media, dapat paket iklan murah. Iklan muncul di FB dan IG sekaligus, CUMA SEKALI BAYAR gaiss... Biaya Rp115ribu untuk 3 hari. Jangan ragu, ambil paket iklan murah ini sekarang juga 😉

More Less
Apakah SEO Masih Penting dan Diperlukan?

Apakah SEO Masih Penting dan Diperlukan?

Apakah SEO Masih Penting dan Diperlukan? – SEO atau Search Engine Optimization adalah upaya untuk mengoptimalkan situs web agar mendapatkan posisi teratas dimesin pencari. Namun ada yang bertanya apakah SEO masih penting? Apalagi sekarang sudah ada media sosial, tinggal membuat konten yang viral kita bisa dikenal oleh banyak orang tanpa harus menggunakan SEO.

 

SEO atau Search Engine Optimization
Sumber Gambar: Freepik

 

SEO vs Viral

Disini kita perlu mengetahui bahwa SEO dan viral adalah dua hal yang berbeda. SEO sangat dibutuhkan karena gratis dan cenderung bertahan lama dimesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, Yandex, Baidu dan yang lainnya. Situs web yang SEO cenderung lebih mudah mendapatkan kepercayaan publik ketimbang situs web yang viral. Apalagi sekarang ini situs web yang viral seringkali masuk dalam daftar situs penyebar hoax, meskipun tidak semuanya begitu.

 

SEO Digunakan oleh Perusahaan Besar

Kita juga perlu tahu bahwa agar situs web perusahaan menjadi lebih SEO, perusahaan mempekerjaan para ahli SEO terkemuka. Para ahli SEO yang bekerja diperusahaan tersebut bisa dibayar hingga puluhan juta perbulan. Ini sudah menjadi bukti bahwa SEO itu penting dan masih dibutuhkan hingga saat ini.

 

Jika kamu menggunakan media sosial Linkedin kamu bisa menemukan ahli SEO atau SEO specialist dari berbagai perusahaan ternama di Indonesia dan dunia. Ahli SEO yang pernah saya temukan di Linkedin berasal dari perusahaan ternama seperti Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, Astra, MNC Group, Liputan6, Vidio, Blibli, dan masih banyak lagi perusahan yang belum disebutkan. Saya dulunya juga bekerja sebagai ahli SEO di perusahaan di Tangerang Selatan, namun sekarang membuka layanan jasa SEO di Pekanbaru.

 

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah SEO itu penting dan masih diperlukan. Namun selain SEO kita juga membutuhkan SEM dan teknik marketing online yang lainnya. Disaat yang bersamaan kita juga perlu membuat konten yang viral internet dan media sosial. Pada intinya jangan tinggalkan SEO.

Apa itu SEO? Fungsi, Tujuan dan Manfaatnya

Apa itu SEO? Fungsi, Tujuan dan Manfaatnya

Apa itu SEO? Fungsi, Tujuan dan Manfaatnya – Mungkin ada orang yang bertanya-tanya apa sih SEO? Berikut ini kami akan menyampaikan makna dari SEO. Berdasarkan informasi dari Wikipedia, SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. SEO juga bisa disebut sebagai optimisasi mesin pencari.

 

SEO atau Search Engine Optimization
Sumber Gambar: Freepik

 

Pengertian SEO

SEO merupakan serangkaian proses yang dilakukan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan trafik situs web baik itu jumlah pengunjung, jumlah halaman yang dibuka, durasi kunjungan dengan memanfaatkan makanisme atau algoritma mesin pencari. Sering juga orang-orang menyebutkan bahwa SEO adalah upaya yang dilakukan agar situs web muncul pada posisi teratas dimesin pencari. Meskipun tidak pada posisi teratas situs web bisa muncul dihalaman pertama mesin pencari.

 

Muncul pada posisi teratas berpeluang besar mendapatkan kunjungan, klik dan mungkin transaksi yang lebih banyak. Berbeda halnya jika muncul dihalaman kedua dan seterusnya. Halaman belakang lebih cenderung sepi dari kunjungan.

 

Fungsi dan Tujuan SEO

Menurut saya sendiri dan mungkin para ahli SEO yang lain, SEO memiliki fungsi dan tujuan diantaranya:

  • Mendapatkan posisi teratas di mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, Yandex, Baidu dan yang lainnya
  • Bisa mendapakan trafik yang lebih banyak
  • Bisa mendapatkan trafik yang berkualitas
  • Bisa meningkatkan jumlah penjualan produk atau jasa, jumlah panggilan telepon, jumlah email yang berlangganan
  • Bisa menghemat anggaran promosi
  • Bisa mendapatkan popularitas lewat mesin pencari

 

Manfaat SEO

Berdasarkan pengalaman ada banyak sekali manfaat yang didapatkan dari penggunaan SEO. Sebagai blogger tentunya yang paling terasa adalah peningkatan jumlah pengunjung dan jumlah halaman di buka. Kalau situs web atau blog memiliki banyak pengunjung tentunya tentulah tawaran iklan banyak yang masuk. Jika blog menghasilkan uang dari Google Adsense tentunya penghasilan dari Google Adsense semakin meningkat.

 

Saya juga pernah mengelola situs web perusahaan, dengan memanfaatkan SEO trafik situs web perusahaan semakin ramai. Tentunya ini berpengaruh terhadap penjualan dan omset perusahaan. Bahkan hampir 80 persen transaksi yang terjadi berasal dari situs web perusahaan.

 

Pada intinya SEO memiliki banyak manfaat untuk siapa pun baik itu perusahaan, blogger, situs berita, e-commerce, sosial media dan juga yang lainnya. Jadi pada intinya jangan meremehkan SEO.

Referensi:

1. Wikipedia

Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan Wikipedia?

Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan Wikipedia?

Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan Wikipedia? –  Wikipedia adalah salah satu situs populer didunia yang berisi beragam informasi. Informasi yang dimuat didalam Wikipedia ada banyak sekali mulai dari sejarah, ilmu pengetahuan, tokoh penting, definisi istilah penting dan informasi menarik lainnya. Bahkan ketika kita membuat tugas dari sekolah ataupun dari kampus, seringkali kita menggunakan referensi dari Wikipedia ini.

Keunikan dari Wikipedia adalah tersedia dalam banyak bahasa didunia mulai dari Wikipedia bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Spanyol, Italia, Prancis, Jerman, Belanda, Rusia, Portugis, Arab, Minang, Jawa dan masih banyak lagi. Jadi dengan banyak pilihan bahasa orang-orang dari seluruh dunia bisa mendapatkan referensi dan informasi sesuai dengan bahasanya masing-masing.

Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan Wikipedia?
Sumber: The Conversation

Tujuan Wikipedia Didirikan

Wikipedia ini adalah situs terkenal yang berasal dari Amerika Serikat. Wikipedia didirikan oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger sejak tahun 2001. Wikipedia juga termasuk dalam situs web non-profit, sehingga tujuan Wikipedia didirikan bukanlah untuk mencari keuntungan semata tapi tujuannya untuk mempermudah masyarakat didunia dalam mendapatkan informasi dan referensi yang berkualitas. Jadi jangan heran Wikipedia tidak ada iklan karena tujuannya bukan untuk mencari keuntungan dari iklan.

Sumber Penghasilan atau Pendapatan Wikipedia

Wikipedia didirikan bukan untuk tujuan bisnis tapi tujuan non-profit. Ketika membuka situs Wikipedia kita pasti tidak pernah mendapati satu iklan pun disana. Tidak seperti situs berita yang sering kita baca, disitus berita ada banyak sekali iklan disana. Begitu juga Facebook dan Google, mereka memanfaatkan situsnya untuk mendapatkan keuntungan dengan cara memasang iklan. Bagi yang masih bingung, Wikipedia mendapatkan penghasilan atau pendapatan berasal dari donasi pengguna dari seluruh dunia.

Makanya untuk periode tertentu, dibagian atas situs Wikipedia ada semacam permintaan notifikasi untuk menyumbangkan donasi dalam bentuk dollar. Donasi uang dollar Amerika ini nominalnya tidak ditentukan secara pasti, tapi biasanya donasi minimal adalah 5 dollar Amerika. Seandainya saja jika pengguna Wikipedia seluruh dunia menyumbangkan uangnya ke Wikipedia, ada jutaan dollar yang bisa diterima oleh Wikipedia setiap bulannya.

Yang menyumbang uangnya ke Wikipedia ini ada banyak, ada orang pribadi, pengusaha dan perusahaan juga ikut menyumbangkan uangnya di Wikipedia. Itulah mengapa Wikipedia tetap bisa bertahan sampai sekarang karena ada banyak orang yang ikut mendonasikan uangnya di Wikipedia.

Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan Google?

Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan Google?

Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan Google? – Google adalah situs mesin pencari yang terbesar di dunia. Diperkirakan lebih dari 85% market share mesin pencari internet dikuasai oleh Google, baru kemudian diikuti oleh Bing, Yahoo, Yandex, Baidu dan lainnya. Google adalah mesin pencari yang berasal dari Amerika Serikat yang memiliki layanan mesin pencari diseluruh dunia. Kita pun sehari-hari tidak bisa lepas dari layanan Google seperti Youtube, Google Maps, Android, Gmail dan Google Search.

Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan Google?
Sumber: Pixabay

Sebagai perusahaan yang sudah terkenal diseluruh dunia, pasti banyak yang bertanya darimanakah sumber penghasilan, sumber pemasukan atau sumber pendapatan Google? Jawabannya  sumber penghasilan, sumber pemasukan atau sumber pendapatan Google itu ada banyak.

1. Google Ads ( dulunya Google Adwords)

Google Ads adalah layanan diberikan oleh Google kepada perusahaan atau pengguna perorangan untuk beriklan di layanan Google. Pasti kita sering melihat, ketika kita sedang mencari sesuatu di pencarian Google kemudian muncul pencarian dengan tulisan iklan/ads. Nah itu salah satu iklan Google. Kita juga pernah membuka situs Youtube tapi kita dipaksa untuk menonton iklan video sampai habis, itu juga termasuk iklan Google. Kita juga sering melihat iklan di kotak masuk email kita di Gmail, nah itu juga termasuk iklan dari Google.

Selain itu Google juga memiliki layanan Google Adsense yang terintegrasi dengan Google Ads. Jadi partner terpilih akan diizinkan oleh Google untuk menampilkan iklan Google Ads melalui program Google Adsense. Program Google Adsense diikuti oleh banyak Youtuber, banyak website, blog dan juga developer aplikasi.

2. Admob

Admob adalah layanan iklan Google yang difokuskan untuk mengiklan aplikasi. Jadi bagi developer aplikasi bisa memanfaatkan Admob untuk mempromosikan aplikasi yang dimiliki di toko aplikasi Google dan layanan Google lainnya. Admob ini memiliki dua fungsi yaitu tempat mempromosikan aplikasi dan juga tempat untuk menambah penghasilan untuk pembuat aplikasi.

Mungkin kamu sering melihat game yang memiliki banyak iklan, nah itu adalah contoh iklan Admob dari Google. Ini juga menjadi sumber penghasilan dan pemasukan bagi Google. Namun pada intinya layanan Admob, Google Adsense dan Google Ads adalah layanan yang terhubung antara satu dengan yang lain.

3. Youtube Red

Youtube Red adalah layanan Youtube premium yang diberikan oleh Google. Youtube adalah layanan sosial media berbagi video yang dimiliki oleh Google. Menggunakan Youtube Red memungkinkan pengguna menonton konten premium dan bebas iklan. Youtube Red ini hanya berlaku di negara tertentu saja, untuk Indonesia masih belum.

4. Bagi Hasil Penjualan di Google Play

Bagi hasil penjualan aplikasi, buku, musik, film dan lainnya di toko Google Play juga menjadi sumber penghasilan dan pendapatan bagi Google. Mungkin kamu pernah melihat di Google Play Store yang terdapat beberapa aplikasi yang berbayar. Hasil penjualan aplikasi di Google Play Store oleh developer juga ada bagian Google sekian persen didalamnya. Misalnya jika harganya 100 ribu, dari 100 ribu itu ada bagian Google didalamnya.

5. Layanan Google Domain

Google juga menjual domain kepada siapapun yang mau membelinya. Google Domain ini memungkinkan pengguna layanan Blogspot atau Blogger.com membeli domain langsung ke Google sehingga tidak perlu lagi membeli di tempat lain.

6. Layanan Google G Suite

Google G Suite adalah layanan Google yang mencakup Gmail, Google Drive, dan lainnya. Layanan G Suite ini ditawarkan oleh Google kepada perusahaan yang membutuhkan dengan biaya yang terjangkau. Google G Suite ini juga termasuk dalam layanan Google Cloud.

7. Layanan Google Marketing Platform

Google Marketing Platform for enterprise adalah layanan marketing dari Google untuk kepentingan bisnis. Layanan ini tentunya memberikan penyajian data yang lebih baik dan lebih lengkap dibandingkan dengan layanan gratis. Layanan Google Marketing Platform diantaranya adalah Display & Video 360, Search Ads 360, Analytics 360, Data Studio, Optimize 360, Surveys 360 dan Tag Manager 360. Layanan berbayar ini juga dberikan oleh Google kepada pemilik bisnis yang sanggup membayar.

8. Penjualan Smartphone dan Gadget Google

Google memiliki smartphone Nexus yang dijual kepada pengguna. Selain itu Google juga menjual produk Google Chromecast. Penjualan produk ini juga menjadi sumber pemasukan, penghasilan dan pendapatan bagi Google.

Itulah beberapa sumber penghasilan, pendapatan dan pemasukan Google. Hampir semua yang menjadi sumber pemasukan atau penghasilan Google adalah layanan berbayar dari Google. Selain sumber yang diatas masih banyak lagi sumber pemasukan Google yang lainnya. Namun beberapa diantaranya ada pula yang menyebabkan Google merugi.

Bolehkah Blog Perusahaan di Pasang Iklan Google Adsense?

Bolehkah Blog Perusahaan di Pasang Iklan Google Adsense?

Bolehkah Blog Perusahaan di Pasang Iklan Google Adsense? – Blog perusahaan sebenarnya boleh-boleh saja dipasang iklan Google Adsense. Pemasangan iklan Google Adsense tentunya bisa menambah pemasukan dan mungkin penghasilan bagi perusahaan. Apalagi kalau lalu lintas blognya cukup ramai, maka potensi pendapatan yang diterima bisa semakin besar. Namun perlu diketahui juga bahwa memasang iklan Google Adsense pada blog perusahaan memiliki beberapa risiko.

Bolehkah Blog Perusahaan di Pasang Iklan Google Adsense?
Sumber: Pixabay

Salah satunya, Munculnya Iklan Kompetitor di Blog Perusahaan

Sudah banyak yang mengetahui bahwa iklan itu bukan hanya di website perusahaan saja, tapi juga ditempat lain. Beberapa perusahaan juga bekerjasama dengan Google untuk pemasangan iklan, sehingga iklan perusahaan kompetitor juga berpeluang muncul di iklan Google Adsense blog perusahaan. Jadi jika kamu tidak sadar, maka iklan Adsense yang muncul nantinya malah mempromosikan iklan milik kompetitor.

Misalnya kamu punya perusahaan yang bergerak di bidang penjualan tiket pesawat. Kemudian kamu memiliki blog perusahaan yang bercerita tentang jalan-jalan. Kemudian kamu juga memasang iklan Adsense disana. Nah nantinya iklan kompetitor seperti Traveloka, Pegi-pegi, Tiketcom dan lainnya akan berpeluang untuk muncul. Otomatis yang makin terkenal malah kompetitor dibandingkan dengan perusahaan kamu sendiri.

Saya sendiri ketika masih bekerja diperusahaan yang sebelumnya, perusahaan kami juga memiliki website memiliki blog, perusahaan kami tidak memasang iklan Google Adsense. Kami tau kompetitor kami banyak yang menggunakan layanan iklan dari Google. Kami tidak ingin website perusahaan kami malah dimasuki iklan dari kompetitor kami sendiri. Lagi pula pendapatan iklan Google Adsense itu tidak seberapa jika dibandingan laba atau keuntungan perusahaan kami.

Ini hanya contoh, kalau sekiranya kompetitor kamu tidak memiliki iklan di Google dan kamu ingin memasang iklan Google Adsense maka ini boleh-boleh saja. Tapi kamu harus pantau kompetitor terus, siapa tau iklannya muncul diblog perusahaan kamu.

uSearch, Search Engine atau Mesin Pencari Milik Indonesia

uSearch, Search Engine atau Mesin Pencari Milik Indonesia – uSearch adalah salah satu mesin pencari yang dimiliki oleh Indonesia. uSearch ini dikembangkan oleh Metranet (Telkom) dan Xertain Media. Metranet adalah anak usaha media yang dimiliki oleh Telkom. Telkom sendiri merupakan salah satu perusahaan BUMN yang terbesar di Indonesia. Telkom sendiri termasuk dalam daftar BUMN yang memiliki pertumbuhan yang cukup bagus dibandingkan dengan perusahaan BUMN lainya yang cenderung merugi.

Xertain Media sendiri saya tidak terlalu mengenal perusahan ini. Saya juga tidak mengetahui apakah Xertain Media ini masuk kedalam perusahaan jenis apa. Dilain waktu kita akan bahas perusahaan Xertain Media ini.

uSearch sendiri dikelola oleh Metranet yang mengelola portal berita Uzone. Uzone adalah portal berita yang dimiliki oleh pemerintah yang memberikan informasi berita yang berhubungan dengan teknologi, gosip, hiburan, kuliner, wisata, informasi viral dan masih ban yak lagi. Selain itu Uzone juga menjadi situs untuk penempatan konten bagi banyak situs berita di Indonesia. Pendek kata Uzone menjadi sumber backlink bagi situs berita lain di Indonesia.

uSearch ini memang kurang kurang populer di Indonesia meskipun sebenarnya uSearch milik Indonesia. Selain itu uSearch juga masih menggunakan fitur dari Google untuk mesin pencarinya. Hal ini ditandai dengan bagian bawah yang masih mencantumkan powered by Google. Ini artinya situs mesin pencari uSearch tidak benar hasil karya anak bangsa.

uSearch juga masih terlihat sepi dari pengguna, ini dibuktikan oleh rangking Alexa situs uSearch masih buruk. Saya masih berharap kedaulatan digital Indonesia masih dipegang oleh Indonesia juga. Selalu berharap juga akan ada situs mesin pencari layaknya Google yang benar-benar buatan Indonesia. Seperti Tiongkok yang punya Baidu, Amerika Serikat punya Google dan Bing, dan Rusia punya Yandex.

Google Flight, Bisa Membantu Kamu Mencari Tiket Pesawat

Google Flight, Bisa Membantu Kamu Mencari Tiket Pesawat – Kamu tentunya mengenal Google, kabarnya Google sudah meluncurkan fitur Google Flight. Kabar dari Wikipedia mengatakan bahwa Google Flights diluncurkan pada 13 September 2011. Peluncurannya dilakukan tak lama setelah akuisisi ITA Software pada April 2011. ITA Software adalah perusahaan pengembang aplikasi mesin pencari khusus informasi penerbangan dan travel.

Kabar ini tentunya akan menjadi kabar gembira bagi seluruh pengguna transportasi udara atau pesawat terbang. Sekarang ini pesawat menjadi layanan transportasi publik yang cukup populer diseluruh dunia.

Selain pengguna layanan Google tentunya akan semakin loyal dengan Google dengan fitur yang ditawarkan. Jika menggunakan browser bisa diakses melalui alamat Google.co.id/flights. Bisa juga menggunakan alamat ini Google.com/flights.

Berdasarkan informasi dari Selular.id, fasilitas yang ditawarkan Google ini, merupakan sebuah layanan yang membantu pengguna membandingkan dan memesan tiket pesawat lebih mudah melalui ponsel, tablet, atau komputer desktop. Layanan ditujukan untuk mereka yang menggunakan pesawat terbang.

Ketika mengakses layanan Google Flight, konten yang ditampilkan juga mendukung bahasa Indonesia dan harga dalam Rupiah. Pengguna Google Flight juga akan disuguhi cuplikan yang berisi informasi penerbangan termurah yang tersedia informasi transit, lama penerbangan, beserta harga.

Layanan Google Flight Sama seperti layanan situs informasi tiket pesawat seperti Tiket.com, Traveloka, Pegipegi, Skyscanner, Kayak dan lain sebagainya. Sama-sama memiliki fitur tanggal berangkat, kota asal, kota tujuan, informasi harga tiket dari yang murah sampai yang paling tinggi, nama meskapai, lama penerbangan, dan transit.

Kamu juga bisa mendapatkan pemberitahuan melalui email. Informasi tiket pesawat nantinya akan dikirim ke email Google yang kamu miliki.

Kehadiran Google untuk mesin pencari tiket pesawat tentunya akan meningkatkan persaingan diranah ini. Mesin pencari tiket pesawat ini sekarang sudah digarap banyak perusahaan diantaranya Momondo, Skyscanner, Kayak, FareCompare, Skiplagged, Bravofly dan banyak lagi.

*)

Google Doodle, Kreasi Unik pada Homepage Pencarian Google

Google Doodle, Kreasi Unik pada Homepage Pencarian Google – Tentunya kita sudah mengenal Google, si mesin pencari raksasa dunia. Google saat ini berhasil menjadi mesin pencari yang paling top dunia, rata-rata negara didunia banyak yang menjadikan Google sebagai mesin pencari andalan. Di Indonesia saja Google berhasil menjadi situs populer urutan pertama sebagai situs yang paling banyak diakses di Indonesia.

Kepopuleran Google juga terbawa pada kehidupan sehari-hari kita. Sebagai contoh kata “googling” seakan-akan sudah menjadi kata kerja dalam kehidupan sehari-hari. Padahal Google adalah nama brand perusahaan mesin pencari Google. Kata yang sering menggunakan “googling” seperti “kalau pusing tinggal googling aja, nanti jawabannya bakal ketemu”. Nah kira-kira itulah contohnya.

Apa itu Google Doodle?

Pernahkah mendengar istilah “Google Doodle”? Mungkin jika teman-teman ditanya akan hal ini mungkin awalnya bingung karena istilah ini jarang digunakan atau diucapkan dalam kehidupan sehari-hari kita.

Tapi, pernahkah sobat menemukan logo unik pada lambang Google? Gambar unik tersebut mengambarkan sesuatu tapi tetap tidak meninggalkan kesan Google. Meski gambar, animasi, atau video tersebut unik dan bagus tapi gambar tersebut tetap membentuk nama Google.

Yaps gambar-gambar unik tersebut disebut dengan Google Doodle. Untuk lebih jelasnya definisi Google Doodle menurut Wikipedia yaitu logo-logo Google yang dimodifikasi sedemikan rupa yang ditampilkan pada halaman Google yang digunakan untuk memperingati event, atau memperingati peristiwa penting tertentu.

Peristiwa penting yang pernah diperingati Google Doodle yaitu hari buruh, kemerdekaan Indonesia, kelahiran tokoh penting, hari ulang tahun pemilik akun google, perayaan natal, dan banyak lagi peristiwa Google Doodle lainnya. Jadi bisa dikatakan Google Doodle merupakan cara yang dilakukan Google untuk ikut merayakan atau memperingati peristiwa tertentu.

Sejarah Singkat Google Doodle

Google Doodle pertama kali diluncurkan pada 1998 yaitu ketika event Burning Man Festival di selenggarakan di gurun Nevada, Amerika Serikat. Google ketika itu hanya menambahkan gambar tongkat menggantikan huruf “L” pada logo Google. Itu adalah tampilan Google Doodle yang relatif sederhana.

Kemudian pada 2000, Larry dan Sergey bertemu dengan seorang webmaster yang sedang magang yaitu Dennis Hwang dan memintanya untuk dibuatkan Google Doodle untuk perayaan hari Bastille. Karena hasilnya yang bagus, akhirnya Dennis Hwang diangkat menjadi pimpinan untuk Google Doodle.

Dulunya Google Doodle hanya untuk perayaan peristiwa penting di kawasan Amerika Serikat saja, tapi kemudian Google ikut merayakan berbagai peristiwa penting baik nasional dan internasional diberbagai negara di belahan dunia termasuk Indonesia.

Gambar unik Google Doodle dikembangkan oleh tim Google Doodle dan juga hasil sumbangan pemikiran dari ilustrator lainnya yang dikirim melalui email. Diperkirakan ada ratusan rancangan atau usulan Google Doodle yang masuk setiap harinya, tapi yang diambil adalah usulan gambar Google Doodle yang unik dan menarik.

Logo Google Doodle yang sudah terpasang di home page Google saat ini jumlahnya mencapai ribuan, hal ini dikarenakan banyaknya perayaan hari besar dan peristiwa penting di dunia, ditambah lagi dengan perayaan nasional di tiap negara juga dirayakan oleh Google. Google Indonesia terkadang juga ikut merayakan berbagai peristiwa penting Indonesia misalnya hari guru, pramuka, pendidikan nasional, hari ibu, dan hari lainnya.

Google juga beberapa kali pernah mengadakan kompetisi lomba membuat logo Google Doodler. Untuk yang menang kompetisi biasanya akan dikasi penghargaan atau hadiah dari Google. Nah bagi teman-teman yang tertarik mengirimkan usulan gambar Google Doodle untuk perayaan tertentu bisa mengirimkan melalui kontak yang tersedia di Google Doodle.

*)

Chat Sekarang!
1
Order Iklan Sekarang? Klik Disini!
Hallo, Saya Mutiara.
Selamat datang di Bertravel Media.
Butuh bantuan, ingin order iklan, ada pertanyaan, konsultasi iklan, ingin buat website, ingin buat landingpage atau yang lainnya.
Klik "Chat Sekarang".