14 Cara Mudah Agar Kamu Terkenal di Youtube

14 Cara Mudah Agar Kamu Terkenal di Youtube – Sebelum membahas cara menjadi terkenal lewat Youtube, ada baiknya kita membahas sosial media Youtube terlebih dahulu. Secara umum yang bisa kita lihat dari Youtube yaitu banyaknya kumpulan-kumpulan video yang dibagikan oleh banyak orang ke Youtube.

Yaps benar, Youtube adalah sosial media berbagi video. Saat ini Youtube menjadi sosial media berbagi foto terbesar di dunia, bahkan Youtube menjadi situs website yang paling populer ke dua di dunia versi Alexa. Tidak seperti sosial media lain yang bisa membagikan berbagai macam konten, tetapi Youtube fokus dengan konten berbagai video saja. Tetapi yang uniknya Youtube bisa membagikan videonya kesosial media yang lain.

Berdasarkan data tahun 2013 lalu pengguna Youtube sudah mencapai 1,1 milyar dari seluruh dunia. Barulah kemudian diikuti oleh sosial media lainnya seperti Facebook, Twitter dan seterusnya. Kemungkin besar jumlahnya juga akan semakin bertambah untuk tahun kedepannya.

Di lihat dari jumlah pengguna Youtube, tentunya ini menjadi peluang yang besar. Salah satu peluang dari sekian banyak peluang yang ada salah satunya bisa menjadi orang terkenal di Youtube. Karena penggunanya saja sudah banyak, jadi bukan tidak mungkin kita bisa dengan mudah terkenal di Youtube. Dari Youtube kita bukan hanya terkenal di Indonesia saja, tetapi dari seluruh dunia bisa mengenali kita.

14 Cara Mudah Agar Kamu Terkenal di Youtube
Sumber: Dailygenius.com

14 Cara ‘Mudah’ Agar Kamu Terkenal di Youtube

Bagaimana cara menjadi orang terkenal di Youtube? Pertanyaan intinya ini. Tapi sebelum djelaskan lebih jauh ada beberapa hal yang perlu digaris bawahi disini. Perlu saya tekankan bahwa terkenal di Youtube belum tentu menjadi seleb Youtube.

Tetapi jika sudah menjadi seleb Youtube, sudah pasti terkenal di Youtube. Terkenal juga dibagi menjadi beberapa macam, ada yang terkenal dari sisi positif ada yang terkenal dari sisi negatif. Nah tanpa perlu panjang lebar akan saya bagikan beberapa tips yang ‘tidak mudah’ agar kamu menjadi orang terkenal di Youtube.

1. Mengunggah Video yang Unik dan Menarik ke Youtube

So pasti bro, karena para pengguna Youtube dan juga sosial media lebih cenderung menyukai sesuatu yang unik dan menarik. Mengapa demikian? Karena bosan coy sama video yang gitu-gitu aja. Membuat video kita unik adalah video yang berbeda.

Contoh simpelnya para pengcover lagu di Youtube. Mengcover lagu merupakan kegiatan yang sama yaitu sama-sama menyanyi. Tapi yang uniknya adalah, pengcover lagu membawakan lagu dengan gaya yang berbeda dengan penyanyi yang aslinya. Walaupun lagunya sama tetapi dinyanyikan dengan cara yang berbeda inilah yang membuat pengcover lagu itu unik.

Misalnya lagu yang akan mereka nyanyikan sebenar bergenre remix, tetapi si pengcover lagu membawakan dengan cara yang unik dan berbeda misalnhya dibawakan dengan genre akustik piano atau gitar. Walaupun lagunya sama, tetapi jika dibawakan dengan gayanya sendiri tetap saja banyak yang suka dan menarik untuk dinikmati. Sehingga tak jarang dari mereka yang menjadi seleb di Youtube, sehingga ada pula yang memiliki fans.

Begitu pula dalam bidang lainnya, contoh yang sering kita lihat misalnya parody-an. Video lipsink dan banyak lagi. Agar kepopuler bertahan lama solusinya bikin karya yang unik dan yang bisa membuat kepopuleran bertahan lama.

2. Konsisten Mengunggah Video ke Youtube

Jika ingin terkenal di Youtube harus konsisten dan rutin mengunggah video di Youtube. Jika perlu buat jadwal khusus. Memiliki banyak video di Youtube akan membuat penguna mudah menemukan video kita. Semakin banyak semakin bagus, tetapi harus di iringi pula dengan kualitas video yang kita suguhkan ke pada pengguna sosial media Youtube.

Sebenarnya banyak orang yang berpotensi menjadi orang terkenal di Youtube tetapi yang disayangkan adalah mereka tidak konsisten mengunggah video hasil karyanya ke Youtube. Agar populer sebaiknya unggah video-video baru ke akun Youtube secara berkala misalnya seminggu sekali atau sebulan sekali. Sehingga videonya tidak itu-itu saja, karena kalau videonya itu-itu saja orang akan mudah jenuh.

3. Unggah Video ke Youtube Sesuai dengan Bakat yang Kita Miliki

Sebenar semua bidang yang kita memiliki potensi untuk membuat kita semakin terkenal. Jadi tidak ada yang namanya hanya bidang tertentu saja yang buat kita terkenal. Saya sendiri tidak setuju jika ada orang yang menjudge langsung jika bidang tertentu tidak bisa membuat kita terkenal. Semua bidang itu memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi terkenal hanya saja porsinya berbeda ada yang besar, ada juga yang kecil.

Ada yang mengatakan kalau mau terkenal itu hanya bidang komedi dan menyanyi saja. Ini salah, semua bidang bisa. Kalau kita bisa mengolahnya. Contohnya jika kita memiliki ketertarikan di bidang multimedia anda bisa membuat desain atau animasi yang di unggah ke Youtube. Jika banyak orang yang suka dengan hasil karya yang kita buat, ini akan menjadikan kita terkenal di bidang desain animasi.

Jika kita suka dengan bidang olahraga futsal dan ahli dalam memainkannya serta memiliki skill. Kita bisa mengupload video tersebut ke Youtube. Apalagi olahraga futsal merupakan olahraga yang sangat di gemari banyak orang. Jika skillnya bagus pasti banyak yang suka dan bisa jadi terkenal.

Bahkan tanpa memiliki bakat tertentu pun kita bisa jadi terkenal, misalnya saja banyak anak bayi kecil yang tidak tahu apa-apa. Taunya nangis dan ketawa doang, tapi ketika di unggah videonya ke Youtube banyak orang yang menyukainya dan jadi bayi yang terkenal. Jadi intinya dengan apapun itu semua orang bisa berpeluang jadi terkenal.

Iklan Baris Online Gratis Jualme Indonesia

4. Buang Paradigma jika Ingin Terkenal Harus Cantik atau Ganteng

Inilah yang paling sering orang-orang bicarakan, katanya kalau ingin terkenal harus ganteng atau cantik. Ini no sense broh. Buat yang ingin terkenal di Youtube tidak ada istilah kalau terkenal harus ganteng atau cantik. Sudah tidak zamannya lagi pandangan seperti ini bisa berlaku. Siapapun itu mau ganteng, jelek, biasa saja, cantik, kulit putih, kulita hitam semuanya memiliki kesempatan yang sama untuk terkenal.

Cantik atau ganteng tidak lagi menjadi syarat untuk menjadi orang terkenal di Youtube. Buktinya banyak yang terkenal walaupun wajahnya biasa saja. Karena yang terpenting itu adalah kreatifitas bro. Semakin kreatif maka semakin banyak orang yang menyukai kita.

5. Video yang di Unggah Harus Berkualitas

Jika ingin mendapatkan video yang berkualitas caranya yaitu dengan menggunakan kamera yang beresolusi tinggi. Kamera yang beresolusi tinggi tentuya akan mendapatkan gambar yang lebih berkualitas. Misalnya gambar yang di hasilkan lebih jernih dan tidak buram. Saya sendiri misalnya lebih menyukai video yang jenih dan bagus dilihat. Mungkin pengguna Youtube yang lain juga demikian.

Video yang berkualitas juga memiliki daya tarik yang lebih kuat ketimbang video yang buram. Ini merupakan salah satu bentuk penerapan konsep marketing dimana kita itu harus mengutamakan kepuasan pengguna. Percuma konten videonya sudah bagus tapi gambarnya kualitas 3gp, yang gambarnya pecah-pecah. Ini tidak manarik dan penonton juga tidak akan puas.

6. Terus Melakukan Inovasi Baru

Bentuk inovasi ini banyak, bisa dari inovasi peralatan, audio, video, materi dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan video yang upload. Inti dari inovasi ini adalah perbaikkan yang terus menerus dan berkelanjutan. Sehingga ada peningkatan dan perkembangan menjadi lebih baik lagi. Dalam bidang apapun itu inovasi merupakan hal yang wajib dilakukan dan di terapkan termasuk mengunggah karya ke Youtube.

7. Membuat Video yang Kontroversi

Membuat video yang kontroversi memang membuat kita menjadi terkenal. Tapi cara ini bukan cara yang tepat karena kontroversi itu lebih cenderung di judge sebagai sesuatu yang negatif. Ya misalnya membuat video tidak senonoh yang akhirnya berhadapan dengan hukum dan juga norma agama. Bentuk lain dari kontroversi juga bisa dengan membuat pernyataan yang frontal, mengancam, atau yang tidak bagus lainnya.

Untuk cara ini penulis tidak menyarankan, karena dianggap kurang beretika. Bukan hanya itu saja dengan melakukan kontroversi juga membuat reputasi diri sendiri menjadi buruk. Padahal dalam dunia maya etika dan kesopanan itu merupakan hal yang harus dijunjung tinggi. Sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.

8. Fokus Pada Niche Tertentu

Niche sering disebut sebagai ceruk. Misalnya kamu seorang pemusik yang memiliki kemampuan bermusik, fokus membuat video yang berkaitan dengan musik. Ini akan membuat kamu lebih dikenal sebagai Youtuber yang ahli dalam bermusik. Salah satu Youtuber yang terkenal di bidang seni musik adalah grup musik Boyce Avenue.

9. Mempostingkan Video Berdasarkan Trend

Penting bagi seorang youtuber untuk selalu uptodate. Youtuber harus mengikuti yang sedang diperbincangkan dikhalayak ramai. Dulu Indonesia sedang hangat membicarakan tentang pemilu, maka banyak youtuber yang membuat video yang berkaitan dengan pemilu. Sudah pasti video yan seperti ini menarik minat orang untuk menonton video kamu. Trend juga bisa diangkat dari fenomena sosial yang sedang terjadi.

10. Melakukan Kolaborasi dengan Youtuber lain

Agar semakin terkenal ada baiknya melakukan kolaborasi dengan sesama youtuber. Cara ini juga direkomendasikan oleh pihak Youtube agar channel Youtube kamu makin terkenal. Dengan melakukan kolaborasi dengan sesama youtuber, ini bisa saling meningkatkan popularitas sesama youtuber.

11. Ikut Serta dalam Komunitas Youtuber

Komunitas youtuber merupakan wadah yang bisa menjadi tempat bersatunya para youtuber. Dengan mengikuti komunitas kamu bisa saling berbagi cerita, pengalaman, tips dan trik dan banyak lagi. Informasi penting juga bisa kamu kumpulkan jika bergabung dalam komunitas youtuber. Sekarang ini ada banyak komunitas youtuber, baik itu tingkat regional maupun tingkat nasional.

12. Selalu Sapa Fans dan Haters di Youtube

JIka kamu sudah memiliki basis penggemar atau fans, sebaiknya kamu harus membuat video yang dikhususkan untuk menyapa mereka. Bukan cuma fans yang harus disapa, tetapi haters juga harus disapa. Dengan cara seperti ini fans dan hater akan merasa dekat dengan dan keberadaanya diakui.

Perlu kamu ketahui bahwa haters itu juga termasuk fans, tetapi fans garis keras yang memerlukan penanganan yang khusus. Haters itu juga mengagumi kamu, tapi dengan cara yang berbeda. Ingatlah bahwa tanpa fans dan haters kamu bukan siapa-siapa di Youtube.

13. Melakukan Optimasi Akun dan Video Youtube

Optimasi ini penting agar video dan channel Youtube kamu bisa kenal dan mudah ditemukan orang, baik itu dimesin pencari maupun di Youtube. Lakukan optimasi dengan dengan cara:

1. Memberikan deskripsi yang lengkap.
2. Memberikan tag.
3. Memberikan link internel yang menghubungkan antara video satu dengan yang lain.

14. Mengelola Fans Base dengan Website Official dan akun Sosial Media

Fans merupakan aset berharga bagi youtuber, sehingga untuk membantu fans ada baiknya kamu membuat website official dan akun sosial media. Cara ini bisa membantu mereka untuk mengenal lebih dekat dengan kamu sebagai youtuber. Selain itu jangan lupa bagikan informasi video terbaru kamu melalui website dan akun sosial media kamu.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar channel Youtube kamu bisa terkenal. Ini hanya tips, untuk prakteknya kembali pada masing-masing orang. Jika kamu paham, kamu bisa mengembangkan tips yang lebih luas lagi. Perlu diingat bahwa tips ini tidak mudah untuk dipraktekkan, karena harus konsisten 😀 Semoga bermanfaat.

*)

3 Cara Mudah dan Cepat Download Video Youtube Tanpa Aplikasi dan Software

3 Cara Mudah dan Cepat Download Video Youtube Tanpa Aplikasi dan Software – Youtube merupakan salah satu situs berbagi video yang populer di dunia. Youtube masuk kedalam ketegori sosial media berbagai video yang gratis dinikmati oleh semua orang. Youtube menjadi situs berbagi video populer nomor satu didunia yang kemudian diikuti oleh Daily Motion, Vimeo dan kawan-kawan.

Kepopuleran Youtube didunia internet, membawa Youtube menjadi situs populer ke 3 setelah Google dan Facebook. Situs Youtube juga berhasil mendatangkan jumlah pengguna aktif sebanyak 1 miliar lebih, jumlah ini mengimbangi jumlah pengguna Facebook. Dengan banyak pengguna Youtube, banyak muncul video Youtube yang menarik untuk di tonton.

Ada berbagai macam video bisa di tonton di Youtube, mulai dari olahraga, acara televisi, video lucu, video adveture, musik, tips trik, teknologi dan berbagai macam kategori ada di Yotube. Karena video yang bagus, kita bukan hanya sekedar untuk ditonton di situs Youtube saja tetapi terkadang kita juga tertarik untuk mendownload video Youtube, agar nanti videonya bisa ditonton kembali.

3 Cara Mudah dan Cepat Download Video Youtube Tanpa Aplikasi dan Software
Sumber: Dailygenius.com

Download Video Youtube Tanpa Aplikasi dan Software

Mendownload video di Youtube tidak menjadi perkara yang sulit jika kita ingin mendownload menggunakan komputer atau laptop milik kita sendiri. Tetapi yang menjadi masalah ketika kita ingin mendownload video Youtube tetapi bukan dikomputer kita sendiri, melainkan dikomputer warnet atau komputer orang lain yang tidak menyediakan aplikasi untuk mendownload video Youtube.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, bagaimanakah cara yang mudah dan cepat untuk mengatasinya? Disini akan saya asumsikan jika sobat sudah mengunjungi situs Youtube. Untuk lebih jelasnya berikut ini cara mudah yang bisa kita lakukan, diantaranya:

1. Download Video Youtube Menggunakan situs SAVEFROM.NET

Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan.

• Pertama, klik untuk mengunjungi situs SAVEFROM.NET
• Kedua, Copy alamat link (URL video) video Youtube. Sebagai contoh misalnya www.youtube.com/watch?v=EImWxxrj6jY
• Kemudian, Paste alamat URL video Youtube di SAVEFROM.
• Pilih jenis format video sesuai dengan yang kita inginkan.
• Setelah di pilih klik Download.
• Tunggu beberapa saat, kemudian video Youtube bisa kita downlaod.
• Untuk kecepatan download bergantung pada kualitas jaringan internet. Semakin bagus akan semakin cepat. Nikmati mendownload menggunakan SAFEFROM.NET

2. Download Video Youtube Menggunakan situs KEEPVID.COM

Mendownload di KEEPVID langkah-langkahnya hampir sama ketika kita mendownload di SAFEFROM, untuk lebih jelasnya tinggal ikuti langkah-langkah berikut ini.

• Pertama, buka situs dengan klik KEEPVID.
• Copy dan Paste alamat URL video Youtube ke KEEPVID.
• Setelah itu klik DOWNLOAD.
• Kemudian muncul beberapa pilihan format dan ukuran video, pilih salah satunya.
• Untuk mendownlad video klik salah satunya, dan teman-teman bisa mendownload video tanpa mengunakan aplikasi.
• Hampir sama seperti SAFEFROM, kecepatan download tergantung kualitas jaringan dan koneksi internet yang kita gunakan.

3. Download Video Yotube Menggunakan situs CONVERT2MP3.NET

Nah CONVERT2MP3 merupakan situs yang berasal dari Jerman yang bisa digunakan untuk mendownload video dari Youtube. Selain mendownload video dari Youtube kita juga bisa mengconvert video dari Youtube menjadi format mp3. Caranya hampir sama seperti situs sebelumnya, caranya lebih kurang seperti ini.

• Pertama kunjungi situs dengan klik CONVERT2MP3.NET
• Kemudian, copy dan paste link yang didapat dari Youtube ke CONVERT2MP3
• Jangan lupa pilih format video (MP4, AVI, WMV,3gp).
• Setelah selesai, Klik tombol convert dan pilih ukuran video.
• Tunggu beberapa saat, muncul tombol download dan klik DOWNLOAD.
• Dan video Youtube pun bisa kita download, proses ini bisa cepat bisa lambat tergantung koneksi internet.

Sebenarnya selain situs diatas ada banyak cara lain yang bisa kita gunakan untuk mendownload video dari Youtube. Cara ini lumayan mudah digunakan dan diterapkan, tanpa menginstall aplikasi di komputer atau laptop kita tetap bisa mendownload video Youtube.

Cara ini juga bisa diterapkan jika kita malas mengistall aplikasi download seperti Internet Download Manager, Youtube Downloader, YTD Downloader, iLivid yang cenderung memberatkan memori komputer. Kita juga tidak perlu lagi khawatir dengan aplikasi yang membutuhkan serial number dan aplikasi downloader yang berbayar lainnya.

Informasi: Sebagai bonus, situs CONVERT2MP3 sering saya jadikan sebagai tempat mendownload lagu mp3. Ketika saya bingung ingin mendownload lagu terbaru, saya sering mendownload lagu dengan mengconvert video di Youtube. Sehingga saya bisa mengikuti semua lagu yang lagi ngetop, lagi populer dan lagu dari penyanyi terkenal baik dalam maupun luar negeri.

*Convert2mp3 situs download konten Youtube populer di Jerman. *)

*)

Rp115ribu
Deal

Dari Bertravel Media, dapat paket iklan murah. Iklan muncul di FB dan IG sekaligus, CUMA SEKALI BAYAR gaiss... Biaya Rp115ribu untuk 3 hari. Jangan ragu, ambil paket iklan murah ini sekarang juga 😉

More Less

5 Sumber Pendapatan bagi Youtuber

5 Sumber Pendapatan bagi Youtuber – Tentunya kita mengenal sosial media berbagi video yaitu Youtube. Saat ini bagi para youtuber Youtube merupakan tambang uang. Jika kita mengetahui trik dan caranya kita bisa mendapatkan uang jutaan rupiah dari Youtube. Bahkan beberapa diantaranya ada yang sudah berhasil mengumpulkan uang puluhan juta, ratusan juta dan juga miliaran yang berasal dari Youtube.

Di dunia akun Youtube dengan nama PewDiePie merupakan akun Youtube yang berhasil mendapatkan uang miliaran rupiah dari Youtube. Selain itu ada banyak lagi akun Youtube yang juga mendapatkan uang miliaran dari Youtube. Di Indonesia sendiri juga banyak youtuber yang berhasil mendapatkan uang dari internet.

Jadi tidak mengherankan para youtuber begitu betah dan suka membuat video baru yang kemudian di upload ke Youtube. Selain bisa menyalurkan hobi, ternyata kita bisa mendapatkan penghasilan dari Youtube.

5 Sumber Pendapatan bagi Youtuber
Sumber: Dailygenius.com

5 Sumber Pendapatan bagi Youtuber

Mungkin inilah yang menjadi pertanyaan bagi banyak orang, yaitu berasal darimana pendapatan yang didapatkan oleh Youtuber. Padahal mereka hanya membuat video saja, edit sedikit lalu diupload dan begitulah seterusnya. Ada yang youtuber komedi, film pendek, review, tutorial, menyanyi cover dan banyak lagi. Untuk lebih jelasnya berikut ini sumber pendapatan yang didapatkan oleh youtuber.

1. Google Adsense

Youtube merupakan anak perusahaan Google. Youtube merupakan perusahaan yang juga dimiliki oleh Google inc. Selain Youtube masih banyak lagi unit usaha lain yang dimiliki oleh Google. Google merupakan sebuah perusahaan raksasa mesin pencari terkemuka di dunia. Google juga membuka ruang iklan untuk para advertiser yang berminat memasang iklan yang dikenal dengan Google Adsense.

Di Youtube sendiri kita juga bisa memasang Google Adsense. Jika kita berhasil diterima menjadi publisher Google Adsense dan menjadi partner Youtube dalam menayangkan iklan video. Semakin banyak yang menonton video kita maka semakin besar peluang dollar yang bisa kita dapatkan dari Youtube.Walaupun harus saya akui bahwa untuk mendapatkan Google Adsense di Youtube tidak semudah yang kita bayangkan.

2. Pihak Sponsor

Sponsor ini bisa berupa pihak tertentu yang ikut serta membantu yang memberikan dukungan terhadap proyek video yang kita kerjakan. Pihak Sponsor ini bisa berupa orang personal, UKM, dan juga perusahaan yang mengikat kontrak untuk periode tertentu dan lain-lain. Ada banyak pihak yang menjadi sponsor untuk youtuber, tapi kebanyakan memang berasal dari pihak perusahaan.

Ada yang berasal dari perusahaan game, mainan, makanan dan minuman, fashion dan banyak lagi. Pihak sponsor inilah yang memberikan dukungan baik itu dukungan moril dan juga dukungan finansial. Dari dukungan finansial inilah pendapatan, Youtuber bisa mereka dapatkan.

Untuk Youtuber yang banyak membahas game, biasanya perusahaan game tertentu akan mensponsori Youtuber game untuk mereview sekaligus mempromosikan game terbaru yang mereka produksi. Salah satu saluran Youtube yang mendapatkan sponsor dari perusahaan game adalah PewDiePie.

3. Pihak Advertiser atau Para Pemasang Iklan

Pihak advertiser atau pengiklan merupakan pihak yang ingin beriklan didalam cuplikan video yang kita buat. Sebagai contoh misalnya kita ingin beriklan makanan ringan, maka dalam durasi beberapa menit ada tayangan yang berhubungan dengan produk makanan ringan tersebut. Dari periklanan ini bisa kita dapatkan penghasilan, sebenarnya sponsor dan advertiser memiliki sedikit kesamaan.

4. Tawaran Job Offline atau Pekerjaan di Dunia Nyata

Untuk para youtuber biasanya mereka mendapatkan tawaran pekerjaan di dunia nyata. Sebagai contoh misalnya mereka merupakan penyanyi Youtube, terkadang mereka mendapatkan tawaran menyanyi untuk mengisi acara tertentu.

Berkat Youtube mereka bisa dikenal dan diminta untuk mengisi acara tertentu. Sebenarnya untuk youtuber yang lain juga sama, mereka akan mendapatkan tawaran berdasarkan bidang yang mereka geluti.

5. Sumber-Sumber Lain yang Bisa Dijadikan Pemasukan

Untuk sumber lain yaitu sumber lain yang bisa dijadikan sumber pendapatan bagi youtuber. Sumber ini bisa berasal darimana saja.

Kesimpulan

Jadi jika dijabarkan lebih jauh lagi, selain yang disebutkan diatas ada banyak lagi sumber lain yang bisa dijadikan sumber pendapatan dan pemasukan bagi para youtuber. Inilah yang menjadi alasan mengapa youtuber begitu nyaman menjalankan profesinya sebagai youtuber atau pembuat video di Youtube.

*)

7 Cara agar akun Youtube Memiliki Banyak Subscribers dan Viewers

7 Cara agar akun Youtube Memiliki Banyak Subscribers dan Viewers – Saat ini banyak yang populer lewat sosial media baik itu Facebook, Twitter, Instagram, Blog dan juga Youtube. Berkat kepopuleran yang dimilikinya banyak orang yang mengais rezeki dari sosial media. Tak sedikit pula orang yang mendapatkan pendapatan berkat sosial media.

Salah satunya Youtube, saat ini sudah banyak artis Youtube yang muncul di Indonesia. Beberapa Youtubers yang populer di Indonesia diantaranya ada Jovial da Lopez dan Andovi da Lopez, Bena Kribo, Eka Gustiwana, Gamaliel dan Audrey, Natasha Farani, Bayu Skak, Aaron Ashab, Sacha Steveson, dan Edho Zell.

Dulunya mereka sama seperti kita yaitu sama-sama orang biasa yang belum terkenal tapi berkat Youtube mereka bisa jadi orang terkenal. Saat ini yang menjadi tolak ukur terkenalnya sebuah akun Youtube dipengaruhi oleh jumlah subscriber (pengikut) dan jumlah viewers (penonton). Semakin banyak jumlah subscriber dan jumlah viewers maka semakin terkenal akun Youtube tersebut.

Tentunya ada diantara teman-teman yang ingin mengikuti jejak mereka menjadi orang terkenal di Youtuber. Berikut ini artis Youtube Jovial da Lopez dan Andovi da Lopez akan memberikan beberapa tips agar terkenal di Youtube yang memiliki banyak subscribers dan viewers.

7 Cara agar akun Youtube Memiliki Banyak Subscribers dan Viewers
Sumber: Dailygenius.com

7 Cara agar akun Youtube Memiliki Banyak Subscribers dan Viewers

Tips agar menjadi terkenal di Youtube yang memiliki banyak subscribers dan viewers disampaikan oleh Jovial da Lopez dan Andovi da Lopez pada acara YouTube FanFest Indonesia yang baru-baru ini dilaksanakan. Dalam acara tersebut menyampaikan beberapa tips agar akun Youtube kita memiliki banyak subscribers dan viewers. Berikut ini jawaban yang mereka berikan atas pertanyaan diatas.

1. Konsisten dalam Mengupload Video ke Youtube

Pertama, kata Jovial kita harus konsisten dan terus menerus dalam mengupload video ke Youtube. Dalam satu minggu minimal kita harus mengupload satu video baru ke akun Youtube yang kita miliki. Tidak perlu khawatir viewersnya sedikit, karena jika kita konsisten nanti lama juga bakal banyak yang nonton. Yang terpenting jangan mudah menyerah, karena dalam banyak kasus seringkali orang langsung menyerah karena viewersnya sedikit.

2. Harus Memperhatikan Kualitas Video yang Diupload Ke Youtube

Sudah pasti, kualitas video yang bagus akan lebih menarik ketimbang video yang buram. Kualitas video akan mempengaruhi kenyamanan penonton di Youtube karena penonton di Youtube biasanya lebih suka yang bagus-bagus ketimbang yang jelek. Kualitas video biasanya dipengaruhi oleh kamera atau Video Recorder.

3. Akun Youtube harus Memiliki Tema atau Konsep yang Menarik

Tema memang diperlukan dalam membangun sebuah akun Youtube. Youtuber yang tadi disebutkan diatas masing mereka sudah memiliki tema yang jelas. Masing-masing mereka memiliki tema yang berbeda antara yang satu dengan yang lain.

Ada yang bertema komedi, musik, cover lagu, video tutorial, game, dan banyak lagi. Oleh karena itu kita juga harus memilih salah satu tema dari banyak tema yang tersedia. Karena tema yang asal-asal atau gado-gado lebih sulit untuk mendapat subscribers dan viewers.

4. Buat Video yang Mainstream Tapi Menarik dan Banyak Dicari Orang

Sebagai Youtuber kita harus peka dengan fenomena yang terjadi disekitar kita. Misalnya sekarang lagi ngetrend tentang goyang dribel yang dibawakan oleh duo penyanyi dangdut. Dengan fenomena tersebut kita harus mampu memunculkan ide dan membuat video tentang goyang dribel. Buat video versi kita agar lebih menarik, tidak garing dan pastinya tidak membosankan.

5. Memanfaatkan Momen yang Terjadi dan Hangat Diperbincangkan

Sebagai Youtuber kita juga kita harus mampu membuat video yang dengan memanfaatkan momen yang ada. Sekarang itu di Indonesia lagi hangat membicarakan tentang melemahnya nilai tukar rupiah. Nah bikin video yang membahas tentang melemahnya nilai tukar rupiah, tapi harus orisinil dan bukan hasil jiplakan dari orang lain.

6. Terus Menerus Menggali Ide Baru yang Menarik bagi Penonton

Sebagai Youtuber kata Andovi kita harus terus menggali ide-ide baru tujuannya agar penonton tidak bosan. Selalu membuat video yang menarik bagi penonton, selalu membuat inovasi baru dalam video Youtube yang kita upload.

7. Jangan Takut dengan Komentar yang Diberikan Para Haters

Ketika kita mengupload video ke Youtube nanti akan banyak tanggapan, kritik berupa komentar yang masuk. Fenomena ini sebenarnya hal yang natural. Dari sekian banyak komentar ada yang membangun ada pula yang menjatuhkan. Komentar yang menjatuhkan ini sering disebut sebagai Haters.

Namun kata Andovi awalnya memang bikin sakit hati tapi nanti lama-lama kita akan terbiasa. Intinya kita jangan terlalu ambil pusing dengan komentar haters. Tapi kalau komentarnya membangun kita terima aja.

Kesimpulan

Nah itu tadi tips agar akun Youtube kita memiliki banyak subscribers dan viewers yang diberikan oleh The da Lopez Brother, mereka ini merupakan dua orang kakak beradik yang terkenal lewat channel Youtube. Mereka ini merupakan Youtubers yang sering membuat video lucu dan cover musik. Artikel ini disadur dari Antaranews.com dalam wawancaranya setelah acara YouTube FanFest Indonesia.

*)

7 Langkah Mudah Untuk Menyalurkan Kreativitas Lewat Youtube

7 Langkah Mudah Untuk Menyalurkan Kreativitas Lewat Youtube – Bingung menyalurkan kreativitas yang dimiliki merupakan sesuatu yang wajar tapi sebaiknya kita jangan terlalu lama berada dalam kebingungan itu. Saatnya kita mulai bangkit dan mengekspresikan kemampuan, bakat, dan kreativitas yang kita miliki.

Saat ini ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menyalurkan hal kreatif yang kita miliki. Cara yang bisa dilakukan diantaranya dengan mengikuti komunitas, ikut ekskul untuk yang masih sekolah, mengikuti lomba dan banyak lagi.

Namun berkat teknologi kita juga bisa menyalurkan bakat yang kita miliki dengan menggunakan sosial media. Dengan cara mendokumentasikan kemampuan yang kita miliki kemudian diunggah atau diupload ke sosial media berbasis video seperti Youtube.

7 Langkah Mudah Untuk Menyalurkan Kreativitas Lewat Youtube
Sumber: Dailygenius.com

7 Langkah Mudah Untuk Menyalurkan Kreativitas Lewat Youtube

Youtube merupakan sosial media yang memiliki banyak pengguna dari seluruh dunia. Ada sekitar 1 miliar lebih orang menggunakan sosial media berbagi video ini. Beberapa diantaranya ada yang menonton video saja, mengupload atau mengunggah video, ada yang menggunakan Youtube untuk mendapatkan penghasilan, ada yang beriklan dan banyak lagi.

Namun kita tentunya memiliki tujuan yang berbeda ketika mengakses Youtube. Salah satu tujuan kita mengakses Youtube adalah untuk menyalurkan kreativitas yang kita miliki. Cara mudahnya dengan mendokumentasikan setiap bakat atau kemampuan yang kita miliki. Agar lebih mudah berikut ini saya akan berikan ilustrasi yang harapannya bisa membantu teman-teman yang masih kebingungan atau sekedar ingin tau.

1. Dokumentasikan Setiap Bakat, Kemampuan dan Hal Kreatif yang Kita Miliki

Banyak orang yang tidak manyadari bahwa bakat yang dimiliki bisa menginspirasi orang lain. Menginspirasi orang lain yang memiliki kemampuan yang sama. Sebagai contoh misalnya kita mendokumentasikan kemampuan memasak lalu semua proses yang kita lewati selama memasak di rekam dengan perekam video. Bisa saja nanti ini bisa berguna untuk orang lain.

2. Edit Video Bakat, Kemampuan dan Hal Kreatif yang Kita Miliki agar Lebih Menarik

Pada tahap ini sebaiknya kita diharapkan memiliki kemampuan edit video yang bisa diandalkan. Namun jika tidak bisa kita bisa menggunakan jasa orang lain seperti teman dekat, kenalan, saudara dekat, kakak, adik dan siapa pun yang bisa diandalkan untuk edit video.

Saat ini ada banyak aplikasi edit video yang bisa digunakan ada yang berbayar ada pula bisa digunakan secara gratis. Jika belum punya bisa didownload di situs download aplikasi di internet. Agar lebih mudah lagi minta saja dengan teman agar tidak susah-susah mendownloadnya.

3. Usahakan Memiliki Akun Google agar Mudah Mengupload Video ke Youtube

Youtube ini awalnya merupakan sosial media yang berdiri sendiri. Tapi karena perkembangannya yang cepat membuat Google tertarik untuk mengakuisisinya. Sehingga Youtube resmi berada dibawah naungan raksasa Google. Oleh karena itu sosial media berbagai video miliki Google ini terintegrasi dengan akun Google.

Jadi jangan heran jika kita login atau mendaftar di Youtube kita diminta untuk login atau mendaftar menggunakan akun email dari Google. Email Google ini memiliki banyak fungsi dan bisa digunakan untuk semua produk yang dimiliki oleh Google seperti Youtube, Google Plus, Hangout, Google Maps, Google Drive, Google Doc, Google Analytics, Google Adsense, Google Play dan banyak lagi.

4. Upload Video ke Youtube dengan Cara Login Terlebih Dahulu

Setelah memiliki akun email dari Google lakukan login ke Youtube untuk memulai kegiatan upload video. Ikuti semua langkah untuk mengupload video ke Youtube. Cara upload video ke Youtube sebenarnya mudah karena semua tombolnya sudah tersedia di Youtube.

Ketika mengupload kita harus memiliki koneksi internet yang kencang dan cepat. Saya sarankan menggunakan sinyal wifi dengan kecepatan stabil. Kita juga perlu mempertimbangkan ukuran video, sebaiknya video yang diupload berukuran yang tidak terlalu besar tapi videonya jernih jika dilihat. Semakin besar ukuran video maka semakin lama proses upload berlangsung tetapi semakin cepat jaringan internet maka semakin cepat pula proses upload selesai.

5. Berikan Judul Pada Video dan Berikan Keterangan pada Video

Berikan judul video sesuai dengan aktivitas yang kita lakukan. Misalnya kita membuat video skill bola maka kita harus memberikan judul yang sesuai dan berkaitan dengan skill yang kita miliki. Jangan berikan judul yang tidak memiliki hubungan sama sekali dengan video yang kita upload. Memberikan judul yang sesuai akan mempermudah pengguna Youtube menemukan video di Youtube dan di pencarian Google.

Berikan juga keterangan video secara lengkap dan panjang. Semakin lengkap, jelas dan panjang keterangan video maka akan semakin besar peluang video kita dilihat oleh pengguna Youtube yang lain. Selain itu berikan keterangan seperti kategori video dan lainnya. Langkah ini dikenal dengan nama teknik SEO (seacrh engine optimization) untuk Youtube.

6. Jangan Lupa Bagikan dan Share Video ke Sosial Media Lain

Untuk mengundang banyak penonton video lakukan share kesosial media lain seperti Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIndan sosial media lainnya. Semakin banyak yang menonton maka akan semakin bagus.

7. Lakukan Upload Video Secara Konsisten

Kita biasanya tidak hanya memiliki satu kreativitas saja oleh sebab itu upload juga secara konsisten bakat, kemampuan dan kreativitas lain yang kita miliki. Sebagai contoh misalnya Deddy Corbuziermemiliki kemampuan sulap yang mumpuni, biasanya mas Deddy selalu mengupload video sulap dan tik barunya ke Youtube secara rutin. Waktunya bisa ditentukan sendiri entah satu kali seminggu atau satu kali sebulan.

Kesimpulan

Jadi itulah langkah yang bisa dilakukan untuk mengekspresikan kemampuan, bakat dan kreativitas yang kita miliki melalui sosial media Youtube. Sebenarnya bukan hanya keterampilan memasak, sulap, skill bola saja yang bisa ditampilan tetapi kreativitas yang lain juga bisa ditampilkan di video Youtube.

Youtuber lain sudah banyak yang mengekspresikan bakatnya lewat Youtube. Ada bakat menyanyi, lips sync, main alat musik, parodi, melawak, skill dan trik game, tutorial, dan banyak lagi. Selain bakat diatas kita yang memiliki bakat lain yang unik juga bisa dibagikan di Youtube.

*)

Youtube Red: Layanan nonton video Youtube berbayar dan bebas iklan

Youtube Red: Layanan nonton video Youtube berbayar dan bebas iklan – Youtube Red adalah layanan nonton video di Youtube berbayar. Menggunakan Youtube Red memungkin kita untuk bisa menonton atau streaming video bebas dari iklan banner atau iklan dalam bentuk video singkat di Youtube.

Menggunakan layanan Youtube Red memungkinkan pengguna bisa menonton film resmi dan legal buatan kreator video di Youtube, bebas biaya berlangganan di Google Play Music, simpan video offline dan lain sebagainya.

Youtube Red: Layanan nonton video Youtube berbayar dan bebas iklan
Sumber: Dezzain.com

Setidaknya dengan adanya layanan Youtube Red ini pengguna bisa merasakan fitur premium. Sebenarnya untuk menonton video di Youtube kita tidak diminta untuk membayar. Semua video di Youtube bisa dinikmati secara gratis. Tapi sebagai ganti atas layanan gratis tersebut pihak Youtube memasang banyak iklan disitus mereka untuk menambah penghasilan perusahaan.

Untuk menikmati layanan Youtube Red pengguna dikenakan biaya sebesar 9.99 dollar setiap bulannya. Biaya tersebut setara dengan 130 ribu rupiah perbulan, jika setahun sekitar 1,5 juta harus dibayar ke Youtube. Kalau dipikir-pikir agar berat juga jika harus menggunakan layanan berbayar Youtube Red ini.

Dianggap memberatkan komsumen, hal ini menyebabkan peminat layanan Youtube Red ini hanya sedikit. Layanan Youtube Red juga tidak dibuka disemua negara hanya beberapa negara saja.
Youtube Red ini populer digunakan di Amerika Serikat, Australia, Meksiko, Selandia Baru, dan Korea Selatan.

Kabarnya kehadiran Youtube Red juga mengundang komplain dari kreator video di Youtube. Kreator video di Youtube yang komplain adalah pemilik saluran PewDiePie. PewDiePie mengeluh karena penghasilannya menurun sejak fitur Youtube Red diluncurkan.

Sebenarnya tanpa perlu membayar ke Youtube semua iklan di Youtube bisa dihilangkan. Cara menghilangkan iklan di Youtube dengan menggunakan adblock pada browser (extention adblock pada Google Chrome atau addon adblock pada Mozilla). Adblock ini hanya berfungsi pada browser desktop.

*Sumber: Youtube, Google, TechCrunch, Tom’s Guide, Wikipedia)

Chat Sekarang!
1
Order Iklan Sekarang? Klik Disini!
Hallo, Saya Mutiara.
Selamat datang di Bertravel Media.
Butuh bantuan, ingin order iklan, ada pertanyaan, konsultasi iklan, ingin buat website, ingin buat landingpage atau yang lainnya.
Klik "Chat Sekarang".