Pertanyaan & Penawaran Harga?

Cara Cek dan Mengetahui SEO Website atau Blog

Cara Cek dan Mengetahui SEO Website atau Blog

Jika Bermanfaat Bagikan Sekarang..
Iklan Baris Online Gratis Jualme Indonesia

Cara Cek dan Mengetahui SEO Website atau Blog – Ada beberapa faktor yang mempengaruhi SEO atau blog. Mulai dari template atau thema yang digunakan, verifikasi websiite, jumlah backlink, jumlah artikel posting, kode meta tag, kecepatan loading, judul, dan banyak faktor lainnya. Bagi pemula tentunya akan merasa sulit bagaimana cara mengetahui apakah wesite sudah SEO atau tidak.

 

SEO atau Search Engine Optimization
Sumber Gambar: Freepik

Cara Cek dan Mengetahui SEO Website atau Blog

1. Cek dengan Bertanya Kepada Ahli SEO

Ada banyak orang yang bisa SEO, tidak harus orang tersebut ahli SEO atau seorang yang expert dibidang SEO. Jika punya teman yang sering mengelola website, sering mengelola blog, bisa jadi orang tersebut bisa mengetahui apakah website kita sudah SEO atau belum.

 

Sebenarnya diluar sana ada banyak orang yang yang ahli dalam SEO namun mereka tidak mendeklarasikan diri sebagai ahli SEO atau SEO profesional. Jika anda memiliki teman yang ahli SEO maka anda beruntung anda bisa bertanya dan konsultasi SEO secara gratis. Jika ingin mengetahui SEO atau tidaknya website memang disarankan kepada ahli SEO.

 

2. Cek SEO dengan Penyedia Jasa SEO Profesional

Mengunakan layanan jasa SEO profesional juga bisa membantu mengetahui apakah website sudah SEO atau belum. Namun kita harus berhati-hati karena diluar sana ada banyak yang mengaku penyedia jasa profesional, tapi kita tidak tau secara pasti beneran SEO profesional atau bukan. Biasanya penyedia jasa SEO juga memberikan layanan jasa SEO website.

 

3. Cek SEO Menggunakan Website Penyedia Layanan Cek SEO

Jika kamu ingin mengetahui suatu website sudah SEO atau belum bisa menggunakan website yang menyediakan tools, alat atau layanan cek SEO gratis. Di internet ada banyak sekali website yang memberikan layanan cek SEO website gratis. Disini kami akan memberikan daftar website penyedia layanan cek SEO website.

 

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah website kita sudah SEO atau belum. Ada cara gratis ada pula cara yang berbayar. Kita bisa memilih sesuai dengan keinginan, kebutuhan dan anggaran yang kita miliki.

Jika Bermanfaat Bagikan Sekarang..
SEO vs Viral: Tinggal Bikin Konten Viral Apakah SEO Masih Penting

SEO vs Viral: Tinggal Bikin Konten Viral Apakah SEO Masih Penting

Jika Bermanfaat Bagikan Sekarang..

SEO vs Viral: Tinggal Bikin Konten Viral Apakah SEO Masih Penting – SEO atau Search Engine Optimization adalah upaya untuk mengoptimalkan situs web agar mendapatkan posisi paling atas dimesin pencari. Jika tidak berada diposisi paling atas setidaknya muncul dihalaman pertama mesin pencari. Namun ada yang bertanya apakah SEO masih penting ? Sekarang sudah ada media sosial, tinggal membuat konten yang viral kita bisa dikenal oleh banyak orang tanpa harus menggunakan SEO. Yaps itu betul, tapi membuat konten yang viral tidak semudah yang dibayangkan.

 

SEO atau Search Engine Optimization
Sumber Gambar: Freepik

 

SEO vs Viral

Disini kita perlu mengetahui bahwa SEO dan viral adalah dua hal yang berbeda. SEO difokuskan pada mesin pencari seperti Google dan lainnya, sedangkan viral difokuskan pada media sosial dan instant messenger. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

 

Kelebihan dan Kekurangan SEO

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya SEO memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan SEO adalah..

  • SEO difokuskan pada mesin pencari
  • Mewajibkan kita memiliki konten yang berkualitas di situs web
  • Bertahan dimesin pencari lebih lama
  • Lebih dipercaya oleh banyak orang jika muncul dimesin pencari
  • Bisa dilakukan secara gratis
  • Bisa juga menggunakan jasa berbayar
  • Hasil pekerjaan SEO itu bisa terlihat dan terukur

 

Kekurangan SEO adalah..

  • Membutuhkan waktu yang lama
  • SEO harus dijaga
  • Memiliki persaingan SEO sangat ketat

 

Kelebihan dan Kekurangan Viral

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya viral memiliki kelebihan dan kekurangan.

Iklan Baris Online Gratis Jualme Indonesia

Kelebihan Viral adalah..

  • Bisa booming dalam waktu sekejap
  • Bisa menjangkau banyak orang dalam waktu yang relatif singkat
  • Tidak membutuhkan skill SEO
  • Hanya dengan kreativitas kita bisa viral
  • Ada yang berbayar dan ada yang gratis
  • Memanfaatkan momen yang banyak dibahas
  • Mudah diterima dimasyarakat
  • Tidak membutuhkan konten yang berkualitas

Kekurangan Viral

  • Harus kreatif sedangkan tidak semua orang memiliki kreativitas
  • Terkesan mencari sensasi
  • Viral berbayar membutuhkan biaya yang besar
  • Konten viral sering bercampur dengan konten hoax
  • Viral itu bersifat untung-untungan

SEO Digunakan oleh Perusahaan Besar

Kita juga perlu tahu bahwa agar situs web perusahaan menjadi lebih SEO, perusahaan mempekerjaan para ahli SEO terkemuka. Para ahli SEO yang bekerja diperusahaan tersebut bisa dibayar mahal setiap bulannya. Ini sudah menjadi bukti bahwa SEO itu penting dan masih dibutuhkan hingga saat ini. Berbeda halnya dengan viral, saat ini agak jarang perusahaan yang khusus mempekerjakan ahli konten viral.

 

Jika kamu menggunakan media sosial Linkedin kamu bisa menemukan ahli SEO atau SEO specialist dari berbagai perusahaan ternama di Indonesia dan dunia. Ahli SEO yang pernah saya temukan di Linkedin berasal dari perusahaan ternama seperti Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, Astra, MNC Group, Liputan6, Vidio, Blibli, dan masih banyak lagi perusahan yang belum disebutkan.

 

Saya dulunya juga bekerja sebagai ahli SEO di perusahaan di Tangerang Selatan, namun sekarang membuka layanan jasa SEO di Pekanbaru. Saya sendiri belum membuka layanan jasa agar viral karena itu merupakan pekerjaan yang sulit bagi saya.

 

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah SEO itu penting dan masih diperlukan. Disaat yang bersamaan kita juga perlu membuat konten yang viral internet dan media sosial. Namun pada SEO jauh lebih penting ketimbang hanya sekadar viral.

Jika Bermanfaat Bagikan Sekarang..
Apa itu SEO? Fungsi, Tujuan dan Manfaatnya

Apa itu SEO? Fungsi, Tujuan dan Manfaatnya

Jika Bermanfaat Bagikan Sekarang..

Apa itu SEO? Fungsi, Tujuan dan Manfaatnya – Mungkin ada orang yang bertanya-tanya apa sih SEO? Berikut ini kami akan menyampaikan makna dari SEO. Berdasarkan informasi dari Wikipedia, SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. SEO juga bisa disebut sebagai optimisasi mesin pencari.

 

SEO atau Search Engine Optimization
Sumber Gambar: Freepik

 

Pengertian SEO

SEO merupakan serangkaian proses yang dilakukan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan trafik situs web baik itu jumlah pengunjung, jumlah halaman yang dibuka, durasi kunjungan dengan memanfaatkan makanisme atau algoritma mesin pencari. Sering juga orang-orang menyebutkan bahwa SEO adalah upaya yang dilakukan agar situs web muncul pada posisi teratas dimesin pencari. Meskipun tidak pada posisi teratas situs web bisa muncul dihalaman pertama mesin pencari.

 

Muncul pada posisi teratas berpeluang besar mendapatkan kunjungan, klik dan mungkin transaksi yang lebih banyak. Berbeda halnya jika muncul dihalaman kedua dan seterusnya. Halaman belakang lebih cenderung sepi dari kunjungan.

 

Fungsi dan Tujuan SEO

Menurut saya sendiri dan mungkin para ahli SEO yang lain, SEO memiliki fungsi dan tujuan diantaranya:

  • Mendapatkan posisi teratas di mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, Yandex, Baidu dan yang lainnya
  • Bisa mendapakan trafik yang lebih banyak
  • Bisa mendapatkan trafik yang berkualitas
  • Bisa meningkatkan jumlah penjualan produk atau jasa, jumlah panggilan telepon, jumlah email yang berlangganan
  • Bisa menghemat anggaran promosi
  • Bisa mendapatkan popularitas lewat mesin pencari

 

Manfaat SEO

Berdasarkan pengalaman ada banyak sekali manfaat yang didapatkan dari penggunaan SEO. Sebagai blogger tentunya yang paling terasa adalah peningkatan jumlah pengunjung dan jumlah halaman di buka. Kalau situs web atau blog memiliki banyak pengunjung tentunya tentulah tawaran iklan banyak yang masuk. Jika blog menghasilkan uang dari Google Adsense tentunya penghasilan dari Google Adsense semakin meningkat.

 

Saya juga pernah mengelola situs web perusahaan, dengan memanfaatkan SEO trafik situs web perusahaan semakin ramai. Tentunya ini berpengaruh terhadap penjualan dan omset perusahaan. Bahkan hampir 80 persen transaksi yang terjadi berasal dari situs web perusahaan.

 

Pada intinya SEO memiliki banyak manfaat untuk siapa pun baik itu perusahaan, blogger, situs berita, e-commerce, sosial media dan juga yang lainnya. Jadi pada intinya jangan meremehkan SEO.

Referensi:

1. Wikipedia

Iklan Baris Online Gratis Jualme Indonesia
Jika Bermanfaat Bagikan Sekarang..
Open chat
1
Hallo, Saya Shelly.
Selamat datang di Bertravel Media.
Ada yang bisa kami bantu?