10 Cara Meningkatkan Pageviews Website Blog

10 Cara Meningkatkan Pageviews Website Blog – Pertanyaan seperti ini seringkali muncul ketika kita ingin meningkatkan pageviews situs blog atau website kita. Sebenarnya pembahasan seperti ini sudah sering dibahas oleh teman-teman yang lain. Dulu pertanyaan seperti ini juga sering muncul dalam benak saya ketika masih newbie.

Dulu itu saya itu sering iri sama orang yang pageviewsnya sudah belasan bahkan puluhan ribu per hari. Ternyata untuk mendapatkan pageview sebanyak itu caranya mudah. Saya itu sudah sering membaca dari beberapa artikel yang memuat tentang SEO. Dan ternyata SEO itu sendiri memiliki pengaruh yang cukup besar dalam meningkatkan pageviews dan unique visitors.

10 Cara Meningkatkan Pageviews Website Blog
Blogging – Gambar: Freepik

10 Cara Meningkatkan Pageviews Website Blog

Nah bukan hanya untuk blogger newbie saja yang menginginkan blognya memiliki banyak pageviews, blogger senior juga pengen. Apalagi blogger yang menggunakan blognya untuk menghasilkan uang dan pendapatan, pageviews menjadi senjata utama yang bisa dibanggakan.

Pageviews dan visitors memiliki hubungan yang erat. Bisa dibilang keduanya menjadi nyawa bagi blog. Situs blog tanpa pageviews dan visitor akan jadi rumah tanpa penghuni. Ih sereeem kaka.

Nih buat yang mengikuti program Google Adsense dari pageviewslah mereka mendapatkan penghasilan dari blognya. Melihat penting dan vitalnya pageviews bagi blog disini saya akan memberikan beberapa tips agar blog kita pageviewsnya bisa meningkat.

1. Perbanyak Jumlah Postingan dan Mengupdate Postingan di Blog

Semakin banyak jumlah postingan yang kita miliki maka semakin banyak pula jalan yang kita buat untuk membawa pengunjung berkunjung ke situs blog kita. Mengapa demikian?

Karena dengan banyak postingan tentu kandungan keyword menuju blog kita semakin banyak. Oleh sebab itu perbanyaklah postingan dengan selalu mengupdate secara rutin, misalnya sehari satu postingan artikel dan seterusnya. Atau dua hari satu postingan.

Hal ini tentunya sejalan dengan pendapat webmaster yang lain. Buktinya bisa dilihat sendiri di sekeliling kita. Kalau tidak percaya coba buka webmaster Google disana ada kueri penelusuran, cek pasti ada keyword yang menjadi sumber pageviews situs blog yang kita miliki.

Untuk memperbanyak jumlah postingan sebaiknya gunakan artikel yang asli buatan sendiri ya. Percuma artikel banyak tapi copy paste, karena copy paste itu berbahaya banget buat blog dan tidak ada untungnya.

Salah satu akibat yang bakal kita dapatkan ketika copy paste artikel orang, yaitu biasanya susah muncul dihalaman pertama Google. Dan itu mengindikasikan jika blog terkena sanksi atau penalti dari Google. Solusinya baca artikel tuliside.com yang lain.

2. Membagikan Hasil Postingan di Blog ke Sosial Media

Dengan modal sosial media kita bisa mendapatkan banyak pageviews bro. Cara mudah, jika punya akun Facebook, Twitter, Pinterest dan sosial media lain, tinggal bagikan link menuju blog kita. Untuk Facebook sebaiknya gunakan fanspage, atau kalau punya grup juga bisa dibagikan di grup Facebook.

Cara membagikan tulisan ke grup Facebook ada tipsnya nih dari saya. Jika ingin membagikan tulisan ke grup Facebook, bagikan ke grup yang memiliki tema yang sama. Misalnya blog kita membahas tentang kuliner, bisa juga tuh membagikan tulisannya ke grup kuliner dan biasanya orang lebih tertarik untuk berkunjung ke blog dengan tema yang sama.

Artikel Rekomendasi:  Klik Mania: Blog berbagi tutorial Google Adsense, Youtube, Wordpress, blog dan SEO

Dan jangan pula membagikan ke grup yang tidak ada kaitannya sama sekali. Misalnya blog kita membahas tentang tips atau tutorial seputar blogger, tapi membagikan tulisannya ke grup Facebook yang temanya agama. Ya ga bakal nyambung bro, soalnya itu beda passion.

Untuk sosial media Twitter tentunya tidak punya pilihan selain membagikannya ke followers yang ada di sosial media Twitter. Membagikan di sosial media Twitter untuk blog untung-untungan, karena kita tidak mengetahui secara pasti ketertarikan followers di bidang apa. Yang penting bagikan saja, mana tau ada yang berkunjung ke situs blog kita.

Untuk blog apalagi jika blognya sudah terkenal, sebaiknya buat fanspage untuk blog yang kita miliki. Begitu pula Twitter, jika perlu buat akun untuk situs blog yang kita miliki. Bukan hanya Facebook dan Twitter, tetapi sosial media lain juga dibuat seperti Youtube misalnya.

3. Menjadi Member dan Aktif di Forum-Forum Tertentu

Dengan aktif di forum kita bisa mendapatkan pageviews untuk situs blog yang kita miliki. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali forum online. Contoh forum yang populer bisa di ikuti contohnya forum Kaskus. Forum Kaskus ini paling ramai dikunjungi, bukan hanya yang menjadi member saja yang berkunjung tapi non member pun mereka mengunjungi forum Kaskus.

Caranya harus membuat tulisan yang sesuai dengan tema blog yang kita miliki. Misalnya jika situs blog kita masuk dalam kategori blog pariwisata bisa membuat tulisan atau thread tentang pariwisata, dan bisa menanamkan link untuk menuju situs blog kita.

Selain forum Kaskus juga tersedia forum yang lain, seperti forum Kompas, Detik, Tribunnews, Viva, Merdeka, Kompasiana, Bhineka, IDFL, forum blogger, dan forum-forum yang lain yang berguna untuk meningkatkan pageviews situs blog. Keuntungan lain yang bisa didapatkan dari forum adalah backlink.

4. Membagikan atau Mensubmit Artikel di Social Bookmarking

Membagikan artikel atau postingan yang ada di situs blog ke social bookmark akan menambah pageviews. Dengan membagikan di social bookmark ada untungnya, terkadang ada dari member bookmark yang melihat tulisan postingan blog kita, sehingga bisa menambah pageviews.

Iklan Baris Online Gratis Jualme Indonesia

Keuntungan lain, social bookmark memiliki page rank dan authority domain yang dipercaya oleh mesin pencari. sehingga jika kita membagikan atau mensubmit artikel biasanya yang dibagikan di social bookmark akan muncul di halaman pertama pencarian Google. Dan sudah pasti taulah, jika situs blog kita berada di halaman pertama pencarian bakal banyak yang liat social bookmark kita. Selain itu juga dapat backlink, tapi banyaknya link nofollow hehe.

Untuk social bookmark di Indonesia yang paling terkenal adalah lintas.me. Saya sendiri lebih suka lintas.me dibandingkan dengan bookmark yang lain. Karena lintas.me sering membawa artikel postingan di situs blog ke halaman pertama. Tapi buat teman-teman yang menggunakan social bookmark yang lain juga boleh. Social bookmark dari luar negeri juga banyak yang bisa digunakan.

Update: Sekarang ini sudah tidak perlu lagi

5. Membuat dan Membangun Link Internal di Situs Blog

Membangun link internal bisa menambah pageviews situs blog. Mengapa? Kok bisa? Nah akan saya jelaskan sedikit. Link internal itu adalah link yang terdapat di situs blog yang digunakan untuk menghubungkan artikel satu dengan artikel yan lain dalam situs yang sama.

Artikel Rekomendasi:  6 Alasan yang Menjadi Motif Pelaku Komentar SPAM di Blog

Bentuk-bentuk umum dari link internal ini misalnya related post atau artikel terkait, popular post atau postingan terpopuler, postingan terbaru, navigasi pada menu, atau link didalam postingan.

Membuat link internal di situs blog lumayan efektif untuk membah pageviews situs blog. Apalagi jika link internak yang ditampilkan masih memiliki kaitan dan hubungan. Misalnya kita membahas Cara Menambah Followers di Instagram, kemudian di dalam artikel yang sama terdapat link yang membahas Cara Menjadi Selebgram. Jika berhubungan seperti ini biasanya kemungkinan besar akan banyak yang tertarik untuk membuka postingan yang terkait tersebut.

Bukan hanya itu saja, manfaat Link internal memiliki manfaat lain misalnya bagus untuk mengurangi bounce rate di situs blog, bagus untuk SEO on page di blog, mempercepat pengindeksan artikel di Google dan banyak lagi.

6. Menjalin Silaturrahmi dengan Blogger yang Lain

Menjalin silaturrahmi dengan blog walking akan membantu menambah pageviews di blog. Kok bisa dengan blog walking pageviews blog bisa bertambah? Ya tentu saja bisa. Caranya ketika blog walking tinggal komentar di blog yang kita kunjungi tersebut.

Tapi komentarnya juga harus berbobot, beretika dan berkelas. Maksud berbobot dan beretika itu seperti apa bang? Satu hal yang penting yaitu jangan berkomentar SPAM. Contoh SPAM yang sering ditemui misalnya Ò€œGan artikelnya bagus, nice post gan.. kunjungi balik ya gan.. namablog.blogspot.com.

Sudah lah komentarnya tidak berbobot, tidak membantu, tidak berhubungan, meninggalkan link, komentar SPAM sudah gitu minta kunjungan balik pulak. Yang seperti ini komentator yang tidak pandai beretika. Padahal tanpa minta kunjungan balik, jika komentarnya berbobot sudah pasti situs blognya dikunjungi.

Nah itu baru satu bentuk komentar SPAM yang sering saya temukan. Selain contoh diatas masih banyak lagi komentar SPAM yang lain. Saya sering menemukan ini di blog orang lain dan di blog saya sendiri juga banyak komentar SPAM seperti ini. Saran, buat blog yang banyak komentar SPAM mending dihapus saja. Karena sangat mengganggu sekali, bukan hanya untuk situs blog tapi juga untuk pengunjung lain yang datang.

7. Judul yang Menarik Perhatian Pembaca (Clickbait)

Judulnya pada kondisi tertentu bisa menambah pageviews situs blog. Mengapa saya mengatakan pada kondisi tertentu? Karena tidak semua judul menarik itu bisa membuat hati pembaca tergerak untuk membuka dan melihat postingan blog kita. Saya sendiri tidak tau, parameter judul yang menarik itu seperti apa.

Karena yang terpenting bagi saya sendiri dan mungkin juga bagi orang lain adalah judul tersebut pas dan sesuai dengan apa yang saya butuhkan. Sesuai dengan yang saya cari. Karena kalau saya butuh sudah pasti akan membukanya, begitu pula sebaliknya. Meskipun judulnya katanya menarik tapi kalau tidak dibutuhkan tidak akan saya buka.

Apalagi artikel yang mucul di halaman pencarian Google. Artikel yang muncul di halaman pencarian Google tidak bisa kita ukur menarik atau tidaknya. Karena walaupun judulnya tidak menarik tapi kalau butuh sudah pasti bakal di klik juga. Tapi dikondisi tertentu mungkin saja ini berlaku, judul menarik bisa menambah pageviews.

8. Kecepatan Loading di Situs Blog

Kecepatan loading ternyata juga mempengaruhi peningkatan pageviews di blog. Blog yang kecepatan loadingnya cepat biasanya akan lebih disukai pengunjung. Nah kalau sudah disukai pengunjung biasanya mereka akan betah berada di situs blog yang kita miliki. Betah atau tidaknya pengunjung ini bahasa kerennya user experience alias pengalaman pengguna.

Artikel Rekomendasi:  6 Risiko Menggunakan Jasa Penyedia Backlink

Ketika pengunjung pertama kali membuka situs blog bisa dengan loading yang cepat setidaknya pengunjung tidak merasa terganggu. Kalau sudah tidak terganggu, sudah pasti nyaman. Kalau pengunjung suka dan nyaman mereka tidak akan ragu untuk membuka postingan yang lain yang ada di situs blog yang kita miliki.

9. Tampilan Situs Blog yang Menarik dan Nyaman Dilihat

Tampilan situs blog ini akan mempengaruhi kenyamanan. User interface atau tampilan antarmuka merupakan sebutan untuk tampilan grafis yang ada di situs blog, seperti warna, fitur, kemudahan navigasi dan lain-lainnya.

Tampilan user interface atau antarmuka blog akan memudahkan pengunjung dalam menjelajahi semua bagian blog kita. User interface akan mempengaruhi kenyamanan pengunjung atau pembaca yang berada di blog kita.

Situs blog yang memiliki tampilan user interface yang bagus akan terlihat lebih profesional. Dan ini membantu pengunjung atau pembaca membuka blog kita, dan tentunya akan menambah pageviews situs blog.

10. Optimasi SEO di Situs Blog dan juga Postingan

Nah inilah yang menjadi inti dari semua penyampaian diatas. Semuanya yang disampaikan diatas jika ingin meningkatkan pageviews adalah optimasi SEO. SEO itu apa? SEO itu adalah suatu upaya optimasi yang dilakukan untuk mempermudah mesin pencari dalam menemukan, menelusuri dan kemudian ditampilkan kepada pembaca blog di mesin pencari. Walaupun optimasi dilakukan untuk mesin pencari, tetapi tetap sasaran kita adalah pembaca di situs blog, bukan mesin pencari.

SEO secara umum terbagi 2 yaitu SEO on page dan seo off page. Dan yang paling mudah dilakukan adalah SEO Onpage. Saya tidak akan menjelaskan secara detail apa itu SEO, karena SEO merupakan topik yang panjang sekali jika di bahas dalam satu artikel.

Nah sekian yang bisa tulis ide sampaikan mengenai cara meningkatkan jumlah pageviews di situs blog atau website. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan bisa memberikan jawaban yang sesuai dengan keinginan sobat.

*)

Rp115ribu
Deal

Dari Bertravel Media, dapat paket iklan murah. Iklan muncul di FB dan IG sekaligus, CUMA SEKALI BAYAR gaiss... Biaya Rp115ribu untuk 3 hari. Jangan ragu, ambil paket iklan murah ini sekarang juga πŸ˜‰

More Less
Chat Sekarang!
1
Order Iklan Sekarang? Klik Disini!
Hallo, Saya Mutiara.
Selamat datang di Bertravel Media.
Butuh bantuan, ingin order iklan, ada pertanyaan, konsultasi iklan, ingin buat website, ingin buat landingpage atau yang lainnya.
Klik "Chat Sekarang".