13 Peluang Usaha untuk Mahasiswa Kampus

13 Peluang Usaha untuk Mahasiswa Kampus – Kita tentunya masih ingat ketika kita masih menjadi pelajar SMP atau SMA. Seorang pelajar biasanya memiliki jadwal sekolah yang sudah diatur dan terjadwal tiap minggunya misalnya dari jam 7 pagi sampai dengan jam 2 siang. Dan begitu saja tiap hari, kecuali hari Jum’at atau Sabtu yang bisa pulang lebih awal.

Nah karena kelebihan waktu luang inilah bisa kita manfaatkan untuk berbisnis. Karena banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan ketika kita sudah berbisnis. Manfaat berbisnis ketika kuliah diantaranya yaitu mengisi waktu luang untuk mengurangi kejenuhan, mendapatkan penghasilan tambahan sendiri dari pendapatan bisnis, bisa mengurangi beban orang tua, dan yang paling penting adalah pengalaman.

13 Peluang Usaha untuk Mahasiswa Kampus
Sumber: Google Image

13 Peluang Usaha untuk Mahasiswa Kampus

Nah langsung saja pada tema yang akan kita bahas yaitu bisnis yang cocok untuk mahasiswa kuliahan. Perlu diketahui bahwa bisnis itu tidak hanya terbatas dalam produk jenis barang tetapi bisnis juga bisa dalam bentuk produk jasa.

1. Menjalankan Bisnis Jasa Konveksi Pembuatan Baju Seragam di Kampus dan Luar Kampus

Bukan hal yang rahasia lagi jika mahasiswa kampus sering membuat baju seragam misalnya seragam jaket himpunan jurusan, BEM, seragam olahraga (baik futsal, basket, volly, sepakbola, atau olahraga lainnya), seragam ikatan mahasiswa daerah dan banyak lagi.

Apalagi dikota tempat aku berkuliah yaitu kota Bandung, disini sangat banyak sekali konveksi atau jasa menjahitkan pakaian. Walaupun kita tidak memiliki mesin konveksi kita bisa menyerahkan proses pembuatan pakaian kepada pihak ketiga. Jadi kita hanya perantara saja, misalnya harga asli pembuatan pakaian perbaju hanya 100 ribu tetapi kita tawarkan dengan harga yang lebih tinggi sedikit misalnya 115 atau 120 ribu.

Dan angka itu terserah kita saja untuk sesama mahasiswa tentunya kita jangan memasang harga yang terlalu tinggi dan bandingkan pula kualitas dan harga dengan tempat lain. Yang terpenting harus masuk akal dan sesuai dengan saku mahasiswa. Jika kita memiliki konveksi sendiri tidak ada salahnya jika kita tawarkan kepada mahasiswa lain untuk menggunakan jasa konveksi yang kita miliki. Kan lumayan juga buat nambah uang jajan kuliah.

2. Membuat Produk Fashion dengan Merek Sendiri

Di kota saya tempat saya kuliah dari zaman dulu sampai sekarang sedang ngetrend yang namanya membangun brand sendiri. Misalnya di kampus saya Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung banyak sekali brand-brand dibidang fashion baik itu celana, baju, sepatu, kaos kaki, dan yang berhubungan dengan fashion yang miliki oleh mahasiswa kampus.

Mereka juga sudah mengikuti pameran di berbagai wilayah di Indonesia. Dan untuk usaha bisnis jenis seperti ini biasanya akan di support oleh pihak kampus dengan memberikan tambahan modal jutaan rupiah untuk meningkatkan bisnis mahasiswanya.

Mungkin karena Bandung sebagai kota kreatif atau bisa dibilang kota fashion di Indonesia sehingga ini bisa memancing tumbuh suburnya brand lokal di Bandung, Indonesia. Dan bahkan dari brand lokal seperti ini, banyak dari mereka yang sudah ekspansi bisnisnya hingga keluar negeri. Sehingga omsetnya bisa mencapai milyaran rupiah.

3. Membuka Usaha Bisnis Kuliner Makanan dan Minuman yang Laku di Kampus

Membuat usaha kuliner disekitar kampus sangat menguntungkan sekali, selain pasarnya jelas, lokasinya juga dekat dengan konsumennya yaitu mahasiswa. Untuk usaha kuliner sebaiknya usahakan harganya tidak terlalu tinggi. Tentunya sebagai mahasiswa kita sudah memiliki gambaran yang jelas mengenai harga yang akan dipatok.

Mahasiswa itu cenderung suka dengan harga yang murah tapi enak. Nah disinilah pelaku bisnis dikalangan mahasiswa memanfaatkan momen ini untuk membuat usaha bisnisnya. Bahkan tidak jarang usahanya bisa menjadi besar dan sudah memiliki beberapa cabang. Dengan pendapatan jutaan rupiah.

Artikel Rekomendasi:  Apa itu Bisnis Dropnshop? Baik dan Buruknya

Untuk makanan misalnya bisa berupa kue-kue baik kue yang biasa atau kue tart yang untuk ulang tahun. Selain kue masih lagi usaha makanan yang lain yang bisa dijual. Untuk minuman juga demikian, ada berbagai macam minuman yang bisa dijual baik itu pop ice, jus buah, es buah, es campur, atau sekedar teh manis yang dikasi es. Pada umumnya minuman atau makanan seperti ini cukup laris di sekitar kampus.

Meskipun kampus saya Universitas Pendidikan Indonesia lebih fokus untuk mencetak tenaga pengajar profesional tetapi kampus saya tidak membatasi minat mahasiswanya untuk berwirausaha. Bahkan pihak kampus UPI juga sudah menyediakan tempat untuk berjualan, tergantung bagaimana mahasiswanya mau atau tidak untuk memanfaatkannya.

4. Membuka bisnis Usaha Percetakan Disekitar Kampus

Kegiatan print dan foto copy merupakan kegiatan yang paling akrab dikalangan mahasiswa. Ini biasanya untuk memenuhi kewajiban tugas yang diberikan oleh dosen. Jika kita jeli dalam menangkap peluang usaha untuk membuka percetakan ini akan sangat menguntungkan sekali. Apalagi jika kita menggunakan harga yang lebih murah dan miring ini akan menjadi incaran mahasiswa.

Bisa dihitung saja jumlah mahasiswa kampus yang jumlahnya ribuan. Bisa dibayangkan jika kampus memiliki mahasiswa sebanyak 30 ribu mahasiswa, jika kita bisa menangkap pangsa pasar ¼ nya saja yaitu 7,5 ribu ini akan menguntungkan sekali bukan.

Selain usaha percetakan print atau foto copy kita juga bisa membuka usaha penjualan alat-alat tulis seperti pulpen, penggaris, pensil, kertas folio, sterofoam, kertas hvs, binder dan berbagai macam peralatan kuliah lainnya. Di jamin laris manis karena semua itu merupakan kebutuhan mahasiswa.

5. Bisnis jual Berbagai Macam Buku untuk Perkuliahan di Kampus

Buku merupakan sesuatu yang sangat penting baik itu bagi mahasiswa baru maupun mahasiswa lama yang ingin menyusun skripsi. Karena buku bisa menjadi sumber untuk membuat tugas, ujian UTS atau UAS, skripsi atau untuk sekedar koleksi.

Walaupun terkadang kampus sudah menyediakan buku di perpustakaan tetapi banyak dari buku yang ada dikampus memiliki beberapa kekurangan diantaranya buku tersebut sudah lama alias jadul, kurang uptodate, tidak lengkap dan kadang ada yang rusak.

Sehingga disaat seperti ini kita bisa mengambil peluang dengan membantu teman-teman untuk menemukan buku yang dicarinya yaitu dengan menjual buku kepada teman-teman yang membutuhkan. Bahkan di sekitar kampus UPI Bandung ada yang menjadi penjual buku bekas. Tetapi meskipun buku bekas tetap saja bukunya laris manis.

6. Membuka Jasa Pembuatan Tugas Teman Kampus 😀

Kalau ini sasarannya yaitu anak-anak yang malas mengerjakan tugas. Perlu diketahui bahwa tidak semua mahasiswa itu rajin mengerjakan tugas dan pintar membuat bahan presentasi. Tidak ada salahnya jika kita memiliki kemampuan itu menawarkan jasa kepada mereka yang malas tersebut. Tentunya dengan syarat mereka harus membayar jasa kita, tentunya dengan harga yang masuk akal.

Iklan Baris Online Gratis Jualme Indonesia

Nah bisnis ini juga pernah diberi tahu ketika saya SMA dulu oleh guru saya. Untuk mendapatkan penghasil dia (guru saya) menawarkan jasa pengetikan dan pembuatan tugas. Walaupun hasilnya tidak banyak tapi cukup lumayan untuk mengatasi kantong kering dan bisa makan gratis.

7. Membuka Bisnis Pembuatan Bahan Presentasi

Membuat presentasi membutuhkan kemampuan yang baik dalam memanfaatkan teknologi yang dipadukan dengan seni. Membuat bahan untuk presentasi memang mudah, namun membuat slide presentasi yang bagus ini sulit.

Jika kamu memiliki kemampuan untuk memuat bahan presentasi yang bagus sebaiknya kamu tawarkan kepada teman-teman kamu. Jika perlu kamu tawarkan jasa pembuatan presentasi ke dosen yang kamu kenal.

Artikel Rekomendasi:  6 Alasan Wanita Cocok untuk Menjalankan Bisnis Online

Pengalaman teman saya dengan menawarkan jasa pembuatan presentasi bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan. Bahkan dia bisa mendapatkan uang jutaan dengan membuat slide presentasi.

8. Membuka Usaha Jasa Les Privat

Membuka usaha les privat juga pernah dikasi tau oleh guru saya ketika SMA dulu. Dan saat ini masih banyak orang yang menerapkan ini. Apalagi kampus saya termasuk kampus pendidikan yang paling populer di Indonesia dan tentunya mahasiswanya akan menjadi tenaga pengajar pendidikan.

Oleh karena itu lah mahasiswa disini banyak yang memanfaat kemampuan dan latar belakang pendidikan yang dimilikinya untuk menjalan bisnis jasa yaitu usaha les privat. Walaupun gajinya tidak begitu besar ini cukup untuk biaya makan sehari-hari, dan yang terpenting adalah pengalaman pernah menjadi guru.

Les privat ini sendiri lokasinya berdekatan sekali dengan kosan saya, mungkin kalau kita melempar sepatu dari kosan saya akan sampai ketempat les privat tersebut. Dan usaha les privat tersebut dimiliki oleh mahasiswa. Mendekati masa-masa ujian, tempat privat ramai dikunjungi.

9. Usaha Bisnis Jual Aksesoris dan Boneka

Aksesoris ini banyak macamnya ada yang berbentuk jam, kalung, gelang, gantungan kunci dan berbagai macam pernak pernik lainnya. Aksesoris ini cukup laris dikalangan mahasiswi karena harga aksesoris tersebut murah dan bentuknya lucu. Karena itu lah bisnis ini lumayan laris dikalangan mahasiswi. Cara atau strategi pemasarannya juga mudah yaitu dengan pembicaraan mulut ke mulut dan ini termasuk promosi gratis.

Untuk produk boneka dikampus juga laku keras karena biasanya boneka sering dijadikan sebagai hadiah baik itu yang ulang tahun, untuk yang pacaran, boneka sebagai souvenir wisuda dan banyak lagi. Dan dikampus saya penjual boneka wisuda ketika datang musim wisuda si pembuat boneka wisuda tersebut bisa mendapatkan omset jutaan karena banyak himpunan atau fakultas dikampus yang meminta pesanan boneka wisuda.

10. Membuka Usaha Bisnis Online di Sosial Media atau Situs Jual Beli

Usaha bisnis online merupakan bisnis yang paling mudah karena kita tidak perlu lagi menenteng barang kemana-mana, cukup memajang foto barang di situs jual beli atau social media kita bisa mendapatkan pembeli. Apalagi saat ini mahasiswa sudah memiliki gadget atau laptop dengan modal wifi dikampus kita bisa memantau bisnis online kita.

Barang-barang yang bisa diperjual belikan sangat banyak sekali baik itu pakaian sehari-hari, pakaian olahraga, sepatu, sendal,aksesoris dan apapun itu yang bisa dijual secara online. Dengan berjualan online kita juga bisa menjangkau pasar yang lebih luas bahkan dari seluruh Indonesia. Bahkan adik tingkat saya di jurusan manajemen UPI dari bisnis online dia bisa mendapatkan omset 24 juta perbulan melalui bisnis di sosial media Instagram.

Bisnis online merupakan bisnis yang pernah saya jalankan, hanya saja ketika memasuki semester tua seperti saat ini saya menghentikan kegiatan bisnis online atau usaha bisnis yang lain. Alasan saya yaitu untuk fokus menyelesaikankan studi dan kuliah saya. Mungkin nanti jika sudah lulus (doakan saya supaya cepat lulus kuliah) barulah saya akan mengembangkan bisnis yang lebih serius lagi.

11. Usaha dengan Menjadi Reseller Produk

Menjadi reseller merupakan kegiatan bisnis yang bisa dilakukan oleh mahasiswa tanpa pusing-pusing lagi untuk kegiatan produksi. Dan kita hanya fokus menjualkan saja. Misalnya ada teman atau orang yang menjual kaos kaki kita bisa menawarkan diri untuk menjadi reseller. Dengan menjadi reseller kita biasanya mendapatkan harga khusus yang lebih miring dan murah.

Banyak teman-teman dan kakak tingkat saya yang mengawali kegiatan bisnis awalnya menjadi reseller terlebih dahulu. Tetapi setelah lama menjadi reseller dan memiliki banyak pengalaman kemudian membuka usaha sendiri dibidang yang sama atau bidang lainnya.

Artikel Rekomendasi:  7 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Mulai Lelah, Bosan dan Jenuh dalam Berbisnis

Untuk bisnis menjadi reseller sebenarnya tidak hanya terbatas pada produk kaos kaki saja. Banyak produk lain yang menerima reseller karena ini menguntungkan kedua belah pihak. Pihak yang menerima reseller beruntung karena penjualannya meningkat sedangkan si resellernya bisa mendapatkan penghasilan dari selisih harga jual.

12. Usaha Jasa Agen Travel di Sekitar Kampus

Di kampus biasanya mahasiswa datang dari berbagai daerah. Untuk kampus Universitas Pendidikan Indonesia mahasiswa berdatangan dari sekitar Bandung, Jawa Barat, luar Jawa Barat, Kalimantan, Sumatra, Sulawasi, Nusa Tenggara, Papua, Maluku, dari seluruh Indonesia dan juga dari luar negeri. Sehingga bagi orang-orang daerah yang pulang biasanya mereka menggunakan jasa travel atau pesawat terbang untuk pulang kampung.

Tentunya momen untuk pulang ke kampung halaman ini bisa dimanfaatkan untuk berjualan tiket transportasi. Dan saya sendiri dan teman-teman yang berasal dari Riau yang berkuliah di Bandung ketika liburan tiba, kita mulai sibuk mencari tiket untuk pulang kampung. Terutama liburan Idul Fitri atau liburan semester.

Di kampus UPI Bandung yang mengembangkan usaha jasa agen travel ini dikelola oleh anak Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Nah dari sini terlihat bahwa latar belakang pendidikan tidak menjadi halangan untuk berbisnis. Buktinya mereka dari jurusan pendidikan yang nantinya menjadi guru bisa menjadi pebisnis agen tiket travel.

13. Jual Kartu Perdana dan Aksesoris Smartphone / Tablet ke Teman Kampus

Perkembangan kemajuan teknologi smartphone dan tablet baik itu Android dan iOS membawa pengaruh positif terhadap penawaran paket data di Indonesia. Banyak kartu perdana murah yang menawarkan paket data internet yang bergiga-giga. Apalagi yang namanya mahasiswa paling suka sama yang murah-murah seperti ini.

Paket data internet sangat berguna bagi mahasiswa terutama untuk mencari tugas kuliah yang diberikan dosen. Atau untuk smartphone atau tablet yang mereka miliki. Sangat sayang sekali jika momen ini tidak dimanfaatkan dengan baik untuk mendapatkan penghasilan.

Selain kartu perdana murah ada bermacam-macam aksesoris smartphone atau tablet yang biasanya disukai oleh mahasiswa apalagi kalau harganya murah dan kualitasnya bagus dijamin pasti laku.

Kesimpulan

Sebenarnya selain yang saya sampaikan diatas tadi masih banyak lagi jenis usaha lain yang bisa dikembangkan jika memang niat. Kenapa niat penting? Karena percuma juga peluang banyak tapi tidak pernah dilaksanakan dengan niat yang sungguh-sungguh. Ini sesuai dengan kata-kata yang pernah diucapkan oleh almarhum Bob Sadino yang disampaikan Deddy Corbuzier di acara Hitam Putih Trans7 “Bisnis yang baik itu bukan bisnis yang ditanyakan, tapi bisnis yang dikerjakan”.

*)

Rp115ribu
Deal

Dari Bertravel Media, dapat paket iklan murah. Iklan muncul di FB dan IG sekaligus, CUMA SEKALI BAYAR gaiss... Biaya Rp115ribu untuk 3 hari. Jangan ragu, ambil paket iklan murah ini sekarang juga 😉

More Less
Chat Sekarang!
1
Order Iklan Sekarang? Klik Disini!
Hallo, Saya Mutiara.
Selamat datang di Bertravel Media.
Butuh bantuan, ingin order iklan, ada pertanyaan, konsultasi iklan, ingin buat website, ingin buat landingpage atau yang lainnya.
Klik "Chat Sekarang".