7 Karakter yang Harus Kamu Miliki agar Menjadi Pengusaha Sukses

7 Karakter yang Harus Kamu Miliki agar Menjadi Pengusaha Sukses – Semua orang pasti ingin sukses, termasuk pengusaha. Pengusaha itu bukan hanya para bos-bos yang sudah tajir, memiliki kantor dan pabrik, tetapi para wirausahawan seperti pengusaha tahu tempe, pengusaha keripik, pengusaha batik, dan pegusaha kecil yang lain juga bisa disebut pengusaha. Namun pertanyaan yang muncul adalah bagaiman caranya agar bisa menjadi pengusaha sukses?.

7 Karakter yang Harus Kamu Miliki agar Menjadi Pengusaha Sukses
Sumber: Pixabay

7 Karakter yang Harus Kamu Miliki agar Menjadi Pengusaha Sukses

Setelah Membaca banyak kisah sukses para pengusahan dan mengikuti banyak seminar motivasi bisnis dan berbagai buku yang saya baca intinya adalah kerja keras dan pantang menyerah. Namun ada beberapa karakter yang dimiliki oleh sukses, jika kita ingin berhasil maka kita juga harus memiliki karakter demikian yaitu sebagai berikut.

1. Kerja Keras

Dalam berwirausaha kerja keras merupakan faktor penting yang harus dimiliki seorang pengusaha, tanpa kerja keras mustahil kita bisa bisa bertahan di bisnis, tanpa kerja keras mustahin kita bisa mengembangkan bisnis.

Dengan kerja keras kita bisa mendapatkan hasil yang diharapkan. Kerja keras ini kata lainnya adalah berusaha. Seorang pengusaha jika tidak berusaha sungguh-sungguh, tidak akan mendapakan hasil yang maksimal. Tidak pernah ada orang yang malas berusaha lantas menjadi sukses.

Artikel Rekomendasi:  Peluang Usaha Makanan atau Minumana yang Cocok Dijual untuk Para Pelajar dan Anak Sekolah

2. Pantang Menyerah

Banyak kisah orang sukses yang saya baca dari berbagai sumber dan semua mereka itu dulunya pernah gagal bahkan sering gagal dalam melakukan usaha. Misalnya Chairul Tanjung, Bob Sadino, dan lain-lainya.

Iklan Baris Online Gratis Jualme Indonesia

Namun karena memiliki sikap pantang menyerah, tidak mudah putus asa mereka selalu mencoba lagi dan lagi akhirnya mereka berhasil dan sukses. Tidak ada orang yang memiliki sikap mudah putus asa lantas mereka menjadi pengusaha sukses.

Contohnya saja perusahaan Blue Bird Group, mereka berdiri sejak tahun 70-an. Selama itu mereka sudah beberapa mengalami kejatuhan namun bangkit lagi dan lagi dan akhirnya mereka sukses menjadi perusahaan taksi terbesar se-Asia Tenggara.

3. Berani Mengambil Risiko

Memang benar risiko yang besar jika bisa kita hadapi maka kita akan bisa mendapatkan keuntungan yang besar pula. Seorang pengusaha dalam mengambil risiko harus cerdas.

4. Pandai Memanfaatkan Peluang

Ada pepatah mengatakan seperti ini “mencari kesempatan dalam kesempitan”, ini mengambarkan bahwa kesempitan saja bisa kita jadikan tempat untuk menemukan peluang. Sedangkan dalam keadaan sempit saja kita bisa memanfaatkan waktu, masa ketika waktu luang atau waktu lapang kita tidak bisa memanfaatkan keadaan. Dengan seluruh potensi yang ada masa kita tidak bisa memanfaatkan peluang untuk menjadi pengusaha sukses.

Artikel Rekomendasi:  8 Peluang Usaha yang Cocok Untuk Daerah Pesisir Pantai

5. Fokus

Pengusaha sukses itu memulai usahanya itu tidak sekaligus menjalankan berbagi macam usaha namun fokus di satu bidang saja. Misalnya fokus di bidang properti, mereka hanya fokus dibidang properti tidak dicampurkan dengan bidang yang lain.

Kalau pun mereka yang sukses memiliki banyak bidang usaha, mereka itu dulunya memperkokoh satu bidang tersebut terlebih dahulu, ketika sudah kokoh baru kemudian menambah bidang usaha yang lainnya.

6. Jujur

Dalam menjalankan usaha kita harus menjalankan prinsip kejujuran, kejujuran bukan hanya diterapkan dalam bermasyarakat tetapi juga dalam berbisnis. Banyak orang yang melakukan usaha dan kemudian menawarkan kepada konsumen tetapi tidak sesuai dengan apa yang mereka sampaikan.

Misalnya ketika menawarkan produk properti dengan fasilitas ini itu tetapi ketika sudah deal fasilitas tersebut tidak sesuai dengan apa yang telah dijanjikan kepada konsumen. Lebih baik tidak menjanjikan yang muluk-muluk tetapi apa yang kita sampaikan sesuai dengan dengan yang kita janjikan.

Ingat, perusahaan tidak akan hidup tanpa ada konsumen dan pelanggan. Jika jujur orang-orang akan percaya kepada kita, bukan kita yang mencari orang tapi orang yang datang kepada kita. Secara tidak langsung ini akan menambah relasi dalam berwirausaha.

Itulah cara bagaimana kita bisa mnjadi pengusaha sukses, yang di ambil dari beberapa kisah orang sukses yang ada dunia dan juga Indonesia. Mereka memiliki karakter seperti itu. Penulis berharap semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua.

Artikel Rekomendasi:  7 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Mulai Lelah, Bosan dan Jenuh dalam Berbisnis

*)



Rp175ribu
Deal

Tingkatkan penjualan offline di toko atau tempat usaha dengan Google Maps. Promo khusus, disini aja cuma 175 Ribu. Harga Normalnya 200 Ribu. Pesan Sekarang!

More Less

Rp150ribu
Deal

Paket iklan murah. Iklan muncul di FB, CUMA SEKALI BAYAR gaiss... Biaya Rp150ribu untuk 3 hari. Jangan ragu, ambil paket iklan murah ini sekarang juga 😉

More Less
Chat Sekarang!
1
Order Iklan Sekarang? Klik Disini!
Hallo, Saya Mutiara.
Selamat datang di Bertravel Media.
Butuh bantuan, ingin order iklan, ada pertanyaan, konsultasi iklan, ingin buat website, ingin buat landingpage atau yang lainnya.
Klik "Chat Sekarang".