Peluang Usaha Bisnis Jasa Event Organizer

Peluang Usaha Bisnis Jasa Event Organizer

Peluang Usaha Bisnis Jasa Event Organizer – Event organizer merupakan suatu istilah yang biasa disebutkan bagi mereka yang mengerjakan sebuat event atau jadi panitia event. Namun seperti yang kita ketahui panitia adalah orang yang terlibat dalam suatu acara dan biasanya tidak digaji. Bisnis event organizer sendiri merupakan salah satu bentuk bisnis jasa. Event organizer tidak sama dengan panitia acara kampus (yang gratis).

Peluang Usaha Bisnis Jasa Event Organizer
Sumber: Pixabay

Pengalaman saya sendiri yang sering menjadi panitia untuk kegiatan organisasi dikampus tidak pernah menerima gaji seperserpun karena semuanya dilakukan secara sukarela dengan alasan yang simple yaitu cinta almamater. Namun berbeda dengan event organizer yang bisa jadi lahan bisnis.

Peluang Usaha Bisnis Jasa Event Organizer

Untuk bisnis event organizer biasanya berguna untuk penyelenggaraan acara besar seperi event yang dilakukan oleh instansi atau lembaga tertentu yang menggunakan dana yang besar. Mereka yang menggunakana jasa event organizer biasanya hanya memberikan uang dengan jumlah tertentu untuk mengelola event, sehingga si pihak penyelenggara hanya tau acara tersebut terselenggara dengam baik.

Untuk contoh saya berikan ilustrasinya. Misalnya pemerintah daerah kota Bandung ingin melakukan event konser untuk merayakan hari ulang tahun kota Bandung. Pemerintah kota Bandung sendiri sudah menyediakan anggaran sekitar 1 mliliar untuk acara event.

Pemerintah kota Bandung kurang mengerti cara mengelola event sebesar itu, sehingga mereka menyerahkan program dan rencana yang akan diselenggarakan tersebut kepada pihak event organizer. Yang jelas dengan dana 1 miliar tersebut acara bisa terselenggara dengan baik dan lancer.

Artikel Rekomendasi:  Peluang Usaha : 6 Jenis Budidaya yang Cocok Diterapkan di Wilayah Pesisir Pantai

Jadi dengan anggaran 1 miliar, si pemilik event organizer harus bisa menyelenggarakan acara dengan baik. Kalau perlu kurang dari 1 miliar atau 700 juta acara bisa terselenggara dengan baik. jadi ada sekitar 300 juta keuntungan kotor yang bisa diterima oleh pemilik event organizer.

Mengelola Bisnis Event Organizer Memang Tidak Mudah

Seperti yang saya contohkan, mengerjakan bisnis event organizer terlihat mudah dan keuntungan yang didapatkan bisa banyak sekali. Tapi perlu diingat itu hanya teori saja, akan berbeda lagi jika diterapkan pada dunia nyata.

Iklan Baris Online Gratis Jualme Indonesia

Event organizer nantinya akan mengurus semua hal yang berhubungan dengan acara yang akan diselenggarakan mulai dari logistic, konsumsi, acara, humas atau public relation, dan unit divisi lain sebagian besar dikerjakan oleh event organizer.

Yang jelas menjelang dan tepat di hari H, event organizer harus bekerja keras (ini pekerjaan yang melelahkan sekali) untuk mempersiapkan acara. Jika nantinya acaranya gagal maka yang disalahkan (bertanggungjawab) adalah si event organizer.

Event Organizer Membutuhkan Sumber Daya Manusia yang Banyak

Membangun sebuah event organizer tidak membutuhkan banyak orang, tapi untuk pelaksanaannya yang membutuhkan banyak orang. Tidak bisa menjalan bisnis event organizer hanya dengan orang intinya saja, solusi yang bisa dipilih adalah melakukan open recruitmen.

Artikel Rekomendasi:  Peluang Usaha Sewa Rental Sound System

Merekrut orang luar untuk turut serta membantu berlangsungnya acara. Dengan bantuan yang mereka berikan, maka pemilik event organizer harus memberikan upah atau semacam imbalan balas jasa. Bisa berupa uang ataupun berupa barang.

Modal yang Dibutuhkan untuk Membangun Bisnis Event Organizer

Modal utama yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis event organizer adalah relasi atau jaringan komunikasi yang luas. Misalnya punya banyak kenalan yang bisa membantu bisnis event organizer. Selain itu kemampuan komunikasi, public relation dan negoisasi juga penting dimiliki oleh orang yang menjalan bisnis event organizer.

Tantangan Menjalan Bisnis Event Organizer

Peluang keuntungaan yang didapatkan dari bisnis event organizer memang besar. Tapi pertanggung jawaban untuk acara yang hanya berlangsung dalam beberapa hari juga besar. Di bisnis event organizer kita mempertaruhkan reputasi dan nama baik. Jika penyelenggaraan acaranya buruk, maka jangan harap orang mau menggunakan jasa kita lagi.

Pengalaman Mereka yang Menjalan Bisnis Event Organizer

Saya sendiri memiliki beberapa kenalan yang menggeluti bisnis event organizer. Tapi orang yang saya kenal tersebut hanya menjalankan bisnis event organizer untuk skala kecil. Pada hari H memang memang melelahkan, tapi keuntungan kotor dalam sehari bisa 8 juta – 25 juta. Acara yang mereka selenggarakan biasanya acara konser music, pertunjukan dan pernikahan.

Artikel Rekomendasi:  Peluang Usaha dan Bisnis Jasa Pembuatan Seni Doodle Art

Kesimpulannya

Peluang keuntungan yang besar memang bisa didapatkan dari bisnis event organizer, tapi resiko yang dihadapi dalam menjalankan bisnis ini juga besar. Selain itu bisnis ini tidak cocok diterapkan disemua tempat atau daerah. Untuk kota besar biasanya ada persaingan bisnis event organizer juga lebih ketat. Kunci kesuksesan bisnis event organizer adalah komitmen untuk menyelenggarakan acara, agar acara bisa memuaskan.

Rp115ribu
Deal

Dari Bertravel Media, dapat paket iklan murah. Iklan muncul di FB dan IG sekaligus, CUMA SEKALI BAYAR gaiss... Biaya Rp115ribu untuk 3 hari. Jangan ragu, ambil paket iklan murah ini sekarang juga 😉

More Less
Chat Sekarang!
1
Order Iklan Sekarang? Klik Disini!
Hallo, Saya Mutiara.
Selamat datang di Bertravel Media.
Butuh bantuan, ingin order iklan, ada pertanyaan, konsultasi iklan, ingin buat website, ingin buat landingpage atau yang lainnya.
Klik "Chat Sekarang".