Wikia: Situs hiburan, komunitas, dan hosting wiki gratis yang populer

Wikia: Situs hiburan, komunitas, dan hosting wiki gratis yang populer – Wikia atau Wikia.com adalah situs hiburan, komunitas dan hosting wiki gratis paling populer saat ini. Selain Wikia masih banyak lagi situs hosting wiki gratis yang lainnya seperti Wikispaces, Wikispot, dan Wikidot. Hosting wiki sering juga disebut wiki farm, sekarang sudah banyak penyedia layanan jasa hosting wiki baik yang gratis dan berbayar.

Bukan hanya sekedar situs komunitas dan jasa hosting wiki gratis, Wikia juga menjadi pusat informasi hiburan yang beri nama Fandom. Wikia nampaknya seakan-akan lebih mempopulerkan istilah Fandom dibandingkan dengan istilah Wikia itu sendiri.

Di Fandom Wikia tersedia berbagai konten hiburan seperti film, acara televisi, anime, manga, game, buku, musik, video dan lain sebagainya. Tercatat di Wikia terdapat lebih dari 360 ribu komunitas dan lebih dari 43 juta halaman konten.

Fandom Wikia adalah situs yang dibangun menggunakan software MediaWiki sama dengan software yang digunakan oleh Wikipedia dkk, Wikispaces, Wikispot, Wikidot, WikiHow, dan juga situs wiki lainnya. Sumber penghasilan Wikia berasal dari iklan Google Adsense yang dipasang setiap subdomain Wikia.

Artikel Rekomendasi:  uSearch, Search Engine atau Mesin Pencari Milik Indonesia
Iklan Baris Online Gratis Jualme Indonesia

Awalnya Wikia didirikan oleh Jimmy Wales dan Angela Beesley pada tahun 2004. Ketika itu nama Wikia masih Wikicities. Kemudian pada 27 Maret 2006 nama Wikicities diubah menjadi Wikia. Nama Wikicities diganti untuk menghindari kebingungan orang-orang. Mereka khawatir menggunakan nama Wikicities malah dianggap sebagai situs panduan kota atau informasi kota.

Markas besar perusahaan Wikia terletak di San Mateo, California, Amerika Serikat. Selain memiliki kantor di Amerika, Wikia juga memiliki kantor di Polandia.

Ada beberapa perusahaan yang tercatat pernah berinvestasi di Wikia seperti Bessemer Venture Partners, Amazon, Digital Garage, Institutional Venture Partners dan angel investor lainnya.

Dalam perkembangannya ada banyak yang memasang hosting wiki di Wikia. Tercatat ada beberapa Wikia yang populer di Indonesia seperti Narutopedia, Star Wars, Minangkabau, Tolololpedia, One Piece Indonesia, BoBoiBoy Wiki Indonesia, dan Clash of Clans.

Wikia juga menyedikan fitur WAM Score atau Wiki Activity Monitor Score. WAM Score adalah indikator kekuatan dan popularitas suatu komunitas di Fandom Wikia. Berikut ini subdomain Wikia yang memiliki WAM Score paling tinggi diantaranya runescape.wikia.com, elderscrolls.wikia.com, starwars.wikia.com, dan marvel.wikia.com.

Artikel Rekomendasi:  Yahoo! Answers: Situs dengan layanan tanya jawab dari Yahoo

Untuk mempermudah komunitas, Wikia tersedia dalam bentuk aplikasi Android yang bisa didownlpad di Google Play Store dan iOS yang bisa di download di App Store.

*Sumber: Wikia, Wikipedia, WikiHow, MediaCyber)

_



Rp175ribu
Deal

Tingkatkan penjualan offline di toko atau tempat usaha dengan Google Maps. Promo khusus, disini aja cuma 175 Ribu. Harga Normalnya 200 Ribu. Pesan Sekarang!

More Less

Rp150ribu
Deal

Paket iklan murah. Iklan muncul di FB, CUMA SEKALI BAYAR gaiss... Biaya Rp150ribu untuk 3 hari. Jangan ragu, ambil paket iklan murah ini sekarang juga 😉

More Less

Artikel Rekomendasi untuk Kamu

Artikel Rekomendasi:  Digg: Social bookmark yang pernah berjaya pada masanya
Chat Sekarang!
1
Order Iklan Sekarang? Klik Disini!
Hallo, Saya Mutiara.
Selamat datang di Bertravel Media.
Butuh bantuan, ingin order iklan, ada pertanyaan, konsultasi iklan, ingin buat website, ingin buat landingpage atau yang lainnya.
Klik "Chat Sekarang".