Logo Shopee

Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan Shopee?

Bagikan:

Darimana Sumber Penghasilan atau Pendapatan Shopee? –  Shopee adalah salah satu marketplace populer di Indonesia bersama dengan Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan Blibli. Shopee menjadi salah satu situs jual beli online yang memiliki banyak pengguna, paling ramai dan perkembangan paling cepat di Indonesia. Namun ada banyak orang yang menanyakan sumber penghasilan, sumber pendapatan, sumber pemasukan Shopee berasal darimana karena kita berjualan disana gratis.

 

Logo Shopee
Sumber Gambar: Shopee

 

Sumber Pendapatan Shopee dari Pedagang Shopee

Berdasarkan data sumber pendapatan Shopee berasal dari pedagang di Shopee yang menggunakan fitur premium atau fitur Iklanku. Jadi fitur Iklanku ini diberikan kepada pedagang Shopee yang ingin mendapatkan fitur berbayar. Tentunya Iklanku ini memiliki fitur yang lebih canggih dan lebih bagus dari fitur gratis yang biasa digunakan orang.

Jasa Digital Marketing Pekanbaru Riau Indonesia

 

Contoh fitur berbayar adalah postingan produk yang mana pedagang Shopee dengan Iklanku bisa muncul diposisi paling atas, paling strategis, paling laris dan paling ramai diklik. Jika menggunakan fitur premium ini tentunya barang yang dijual di Shopee akan lebih cepat laris dibandingkan dengan menjual barang dengan fitur gratisan. Data pembelian di Iklanku juga bisa dipantau dengan baik.

Rekomendasi untuk Kamu:  Pasarwarga.com, situs marketplace bisa cicil tanpa kartu kredit

 

Fitur yang mirip dengan Iklanku ini juga diterapkan oleh Bukalapak, Tokopedia yang merupakan kompetitor dari Shopee. Nah dari sinilah sumber pendapatan, pemasukan dan penghasilan Shopee. Dengan cara ini Shopee juga berhasil mendapatkan penghasilan miliaran rupiah setiap bulannya. Semakin banyak pedagang di Shopee yang menggunakan fitur berbayar Iklanku, maka semakin banyak juga penghasilan Shopee.

 

Induk dari Perusahaan Shopee Merugi

Namun berdasarkan data dari Tirto.id tahun 2016 dan 2017 perusahaan induk dari Shopee yaitu Sea Ltd mengalami kerugian yang cukup besar. Kerugian yang mereka derita juga cukup besar yaitu US$ 224,9 juta pada tahun 2016 dan US$ 561,1 juta pada tahun 2017. Meskipun merugi dalam jumlah yang tidak sedikit anak usahanya seperti Garena, Shopee, dan Airpay cukup laris dipasaran. Jadi meskipun fitur Iklanku ini banyak digunakan penjual di Shoppe, itu tidak menjamin bahwa Shopee bisa menutupi kerugian mereka yang begitu besar.

 

Sumber: Shopee, Tirto.id, Kompasiana

Artikel Rekomendasi untuk Kamu

Rekomendasi untuk Kamu:  Bisakah menghapus akun di Bukalapak?
Bagikan: