Definisi apa itu CTA (Call to Action), Tujuan dan Fungsinya

Komunitas Glosarium Marketing & Digital Marketing Definisi apa itu CTA (Call to Action), Tujuan dan Fungsinya

  • This topic has 0 balasan, 1 suara, and was last updated by .
Melihat 1 tulisan (dari total 1)
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
  • #6099
    Bertravel Media
    Keymaster

      CTA (Call to Action) adalah istilah dalam dunia pemasaran digital yang mengacu pada tindakan spesifik yang diinginkan oleh pemasar dari pengunjung atau pengguna website. CTA memiliki peran penting dalam mengarahkan pengunjung untuk melakukan tindakan yang diinginkan, seperti mengisi formulir, mendaftar, membeli produk, atau menghubungi perusahaan.

      CTA dapat berupa kalimat singkat yang ditempatkan di dalam tombol, tautan, atau bagian tertentu dari sebuah halaman website. Tujuan dari CTA adalah untuk mempengaruhi pengunjung agar melanjutkan langkah selanjutnya sesuai dengan tujuan bisnis yang diinginkan.

      Pentingnya CTA dalam pemasaran digital tidak bisa diremehkan. CTA yang menarik dan tepat dapat mempengaruhi konversi pengunjung menjadi pelanggan yang berkomitmen. Beberapa contoh CTA yang sering digunakan adalah “Beli Sekarang”, “Daftar Gratis”, “Hubungi Kami”, “Unduh Panduan”, “Coba Sekarang”, dan lain sebagainya.

      Namun, membuat CTA yang efektif bukanlah suatu hal yang mudah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar CTA lebih menarik bagi pengunjung, di antaranya:

      1. Pemilihan kata-kata yang tepat: Gunakan kata-kata yang sederhana, jelas, dan menggugah minat pengunjung. Hindari penggunaan kata-kata klise atau ambigu yang mungkin membuat pengunjung bingung.

      2. Fokus pada manfaat: Jelaskan manfaat apa yang akan diterima oleh pengunjung jika mereka melakukan tindakan yang diarahkan oleh CTA. Berikan informasi yang cukup untuk membuat mereka tertarik.

      3. Desain yang menarik: CTA harus terlihat menonjol dan mudah ditemukan. Gunakan warna, ukuran, dan gaya huruf yang berbeda untuk membedakan CTA dari konten lainnya.

      4. Posisi yang strategis: Tempatkan CTA di tempat yang strategis, seperti di atas fold (area yang terlihat segera setelah pengunjung membuka halaman website) atau di akhir konten yang relevan.

      5. Uji coba dan analisis: Lakukan uji coba dengan variasi CTA untuk melihat mana yang paling efektif. Gunakan alat analisis untuk mengetahui seberapa baik CTA Anda dalam menghasilkan konversi.

      Dalam era digital yang semakin berkembang, CTA memiliki peran yang sangat penting dalam mengarahkan pengunjung untuk melakukan tindakan yang diinginkan. Dengan memahami konsep dan prinsip dasar CTA, pemasar dapat meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran online mereka dan mendapatkan hasil yang lebih baik.

    Melihat 1 tulisan (dari total 1)
    • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.
    Chat Sekarang!
    1
    Order Iklan Sekarang? Klik Disini!
    Hallo, Saya Mutiara.
    Selamat datang di Bertravel Media.
    Butuh bantuan, ingin order iklan, ada pertanyaan, konsultasi iklan, ingin buat website, ingin buat landingpage atau yang lainnya.
    Klik "Chat Sekarang".