Peluang Bisnis Usaha Kos-Kosan untuk Wilayah Perkotaan

Peluang Bisnis Usaha Kos-Kosan untuk Wilayah Perkotaan – Peluang bisnis yang baik tentu harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Ada beberapa diantaranya peluang bisnis yang bisa kita manfaatkan salah satunya bisnis kos-kosan. Mengapa bisnis kos-kosan bisa menjadi bisnis yang menjanjikan?

Menurut pandangan saya, bisnis kos-kosan begitu menjanjikan dikarenakan semakin meningkatnya kebutuhan orang-orang akan tempat tinggal, baik itu untuk jangka waktu yang pendek maupun untuk jangka waktu yang panjang. Dari zaman dulu hingga zaman sekarang, bisnis kos-kosan tidak pernah ada matinya. Tak jarang pula, banyak peningkatan harga tarif kosan di berbagai wilayah di Indonesia.

Peluang Bisnis Kos-Kosan

Di kota Bandung tempat saya kuliah saat ini harga kosan-kosan dengan jarak beberapa tahun selalu saja naik beberapa juta, mulai dari 500 ribu hingga 2 jutaan. Semakin strategis lokasi kosan dan semakin lengkap perlengkapan kosan semakin mahal pula harga yang akan ditawarkan. Untuk wilayah Bandung berkisar pada harga 2 jutaan rupiah sampai dengan 12 juta pertahun. 12 juta merupakan harga kosan termahal yang pernah saya temui di Bandung, tergantung lokasi dan fasilitas di kosan.

Sehingga, dengan peluang yang ada jika ini benar-benar dimanfaatkan tentunya akan menguntungkan sekali. Bayangkan saja, dengan menyediakan kamar yang sudah tersedia air dan listrik, tanpa menyediakan perlengkapan dikamar didalamnya kemudian dibantu dengan sedikit promosi kita bisa mendapatkan pemasukan. Hanya dengan goyang kaki saja di rumah setiap tahun atau setiap bulan kita sudah menerima pendapatan.

Jika ingin menaikkan tarif menjadi lebih tinggi lagi, kita bisa menambah fasilitas tambahan lainnya seperti tempat tidur, lemari, meja, kursi dan perlengkapan lainnya. Kemudian untuk listrik dan air tinggal dipilih saja mau langsung dibayar pertahun atau dibayar perbulannya.

Artikel Rekomendasi:  11 Bisnis yang Bisa Dijalankan oleh Anak Sekolah atau Pelajar

Mengapa wilayah perkotaan lebih potensial untuk membangun bisnis kos-kosan?

Jawabannya karena wilayah perkotaan memiliki angka permintaan kosan yang tinggi ketimbang wilayah pedesaan. Wilayah perkotaan yang memiliki permintaan kosan yang tinggi ada di pusat kota, di dekat kampus, sekolah, perusahaan dan pusat perbelanjaan.

Pusat kota memiliki angka permintaan kosan yang tinggi karena banyaknya orang dari daerah lain atau dari pedesaan yang datang ke kota (urbanisasi) untuk bekerja sehingga mereka membutuhkan tempat tinggal ketika di kota. Di dekat kampus, tingginya angka permintaan kosan datang dari mahasiswa yang kuliah di kampus yang datang dari berbagai daerah. Untuk kosan mahasiswa seperti ini sebaiknya jangan memberikan tarif kosan yang terlalu mahal, karena sebagai mahasiswa saya memahami betul bagaimana kondisi keuangan mahasiswa.

Di dekat sekolah juga hampir sama dengan wilayah yang dekat kampus, permintaan kosan datang dari siswa sekolah yang datang dari daerah yang jauh. Hampir sama seperti mahasiswa, ada baiknya jangan memasang tarif kosan yang terlalu tinggi. Selain itu permintaan kosan dari siswa sekolah angkanya tidak begitu besar.

Iklan Baris Online Gratis Jualme Indonesia

Begitu pula untuk sekitar perusahaan atau pusat perbelanjaan, permintaan kosan datang dari pekerja atau pegawai yang bekerja di tempat perbelanjaan atau perusahaan.

Bagaimana caranya memulai bisnis kos-kosan tetapi tidak memiliki modal yang banyak?

Jika kita terkendala pada modal, caranya mengatasinya mudah yaitu dengan menyewakan kamar yang tersedia di rumah. Jika ada dikamar dirumah yang tidak terpakai sewakan pada yang membutuhkan, untuk tarif tinggal disesuaikan saja. Agar lebih menarik, tinggal di dekor saja sedemikian rupa entah itu warna cat atau yang lainnya.

Artikel Rekomendasi:  7 Dampak Buruk Bisnis yang Menggunakan Sistem Pemasaran Multi Level Marketing

Untuk yang memiliki banyak modal jangan rugi untuk berinvestasi bisnis kos-kosan, karena bisnis bidang ini tidak pernah ada ruginya. Tarif kosan tidak pernah turun, dan tambah pula permintaan kosan yang senantiasa meningkat yang datang dari berbagai penjuru. Jika ada uang ratusan juta atau miliaran jangan takut berinvestasi di bisnis kos-kosan, karena untungnya besar sekali.

Bayangkan saja tanpa bekerja tapi uang tiap bulan tiap tahun selalu mengalir. Berbeda jika uang yang kita miliki hanya disimpan dalam bentuk tabungan atau deposito, keuntungan yang akan diperoleh tidaklah seberapa dibandingkan dengan investasi bisnis kos-kosan. Jika ada sebidang tanah yang kira-kira cocok dan strategis, ada baiknya peluang tersebut dimanfaatkan dengan membangun kosan.

Jika kosan yang sebelumnya sudah ada tapi kapasitasnya masih kecil ada baiknya uang yang ada dimanfaatkan untuk menambah kapasitas kamar kosan entah itu dengan memperluas kosan atau menambah tingkat bangunan kosan menjadi lebih tinggi lagi misalnya dari 1 menjadi 2 tingkat dan seterusnya.

Apa fasilitas yang harus disediakan untuk bisnis kos-kosan?

Untuk bisnis kos-kosan, fasilitas yang paling penting adalah kamar, kamar mandi, air, listrik, jemuran, dan parkir. Jika semua fasilitas ini ada dan lengkap, dengan tarif yang mahal pun orang akan sanggup membayar.

Bagaimana peluang bisnis kos-kosan di daerah atau pedesaan?

Sebenarnya dipedesaan pun bisnis kos-kosan juga bisa dijalankan, hanya saja menurut saya kurang menguntungkan. Mengapa kurang menguntungkan? Karena permintaan kosan didesa itu sedikit dan sebagaian besar orang didesa lebih memilih tinggal di rumah sendiri atau dirumah saudara ketimbang di kosan.

Artikel Rekomendasi:  Peluang Usaha Boneka Wisuda Menjelang Musim Wisuda di Indonesia

Intinya, untuk bisnis kos-kosan di pedesaan kurang menjanjikan karena pasarnya sedikit dan dikhawatirkan bukan untung tapi malah rugi. Kalau pun tetap ingin membuat bisnis kos-kosan di pedesaan ada baiknya tidak berinvestasi dalam jumlah yang besar.

Tapi jika ada orang dipedesaan ingin membuat bisnis kos-kosan bisa dilakukan dengan berinvestasi bisnis kos-kosan di kota dan nanti uangnya pendapatannya bisa dibawa pulang kedesa. Hanya saja cara seperti sedikit melelahkan karena kita harus bolak balik desa-kota untuk mengontrol bisnis kos-kosan yang kita buat.

Kesimpulannya
Peluang bisnis kos-kosan di wilayah perkotaan memang memang menjanjikan. Namun untuk memulai bisnis ini memang dibutuhkan usaha> Tapi cara mudah untuk membangun bisnis kos-kosan dengan cara menyewakan kamar dirumah untuk dijadikan kamar kos.

*)

Rp115ribu
Deal

Dari Bertravel Media, dapat paket iklan murah. Iklan muncul di FB dan IG sekaligus, CUMA SEKALI BAYAR gaiss... Biaya Rp115ribu untuk 3 hari. Jangan ragu, ambil paket iklan murah ini sekarang juga 😉

More Less
Chat Sekarang!
1
Order Iklan Sekarang? Klik Disini!
Hallo, Saya Mutiara.
Selamat datang di Bertravel Media.
Butuh bantuan, ingin order iklan, ada pertanyaan, konsultasi iklan, ingin buat website, ingin buat landingpage atau yang lainnya.
Klik "Chat Sekarang".