[Share] Pengalaman pakai Cloudflare untuk Menghemat Pemakaian Bandwith

[Share] Pengalaman pakai Cloudflare untuk Menghemat Pemakaian Bandwith – Sebagian besar webmaster website pasti mengenal Cloudflare. Cloudflare adalah layanan CDN (Content Delivery Network) gratis yang diberikan secara cuma-cuma kepada penggunanya. Meskipun cuma-cuma Cloudflare bisa jadi alternatif jika kamu belum mampu menggunakan layanan CDN berbayar seperti MaxCDN.

Saya pernah bertanya di forum diskusi online Bersosial, karena jatah bandwith website saya dari Idwebhost yang melimpah. Belum sampai satu bulan jatah bandwith sekian giga udah habis terpakai semua. Hal ini disebabkan karena ramainya lalu lintas atau trafik di blog saya dulu. Selain itu gambar dan thema website saya juga lumayan besar.

Karena jatah bandwith saya sempat menambah jatah bandwith saya ke Idwebhost, ketika itu saya pakai Idwebhost. Lumayan juga sih, kalau beli domain dot com lagi juga bisa pakai duit itu.

Gara-gara bandwith penuh harus upgrade lagi dan saya harus bayar lagi ke idwebhost. Haha rugi juga bandar kalau begini terus. Setiap penuh harus bayar terus. Padahal waktu itu pemakaian memory disk hosting masih sedikit tapi bandwithnya gede.

Artikel Rekomendasi:  Reddit: Rumah bagi ribuan komunitas online terbesar di Amerika Serikat

Selain upgrade ke paket hosting yang lebih besar, untuk menambah jatah bandwith saya juga bertanya ke forum diskusi Bersosial mengenai cara mengurangi pemakaian bandwith.

Iklan Baris Online Gratis Jualme Indonesia

Baru lempar pertanyaan, tak lama kemudian banyak member yang ngasi saran ini itu. Salah satunya ada yang menyarankan agar saya pakai CDN gratisan dari Cloudflare.

Penasaran langsung saya coba pakai Cloudflare. Sempat bingung bertanya kesana dan kesini. Sempat tanya juga ke CS idwebhost, boleh pake Cloudflare atau tidak. Soalnya kalau ga dapat izin nanti hosting saya malah disuspended. Setelah ngobrol sebentar ternyata boleh pakai Cloudflare.

Yaelah, kalau tau gitu ga perlu nambah space disk hosting.

Sempat pusing dan bingung, tapi pada akhirnya saya berhasil pakai CDN Cloudflare. Saya coba dalam beberapa hari, ternyata benar penggunaan jatah bandwith website saya langsung hemat. Kalau dulu jatah bandwith selama satu bulan sekitar 20 GB sekarang cuma terpakai sekitar 5 GB perbulan berkat bantuan dari Cloudflare. Kalaupun lebih, lebih sedikit. Kalau kurang, kurang sedikit.

Artikel Rekomendasi:  Apakah SEO Masih Penting dan Diperlukan?

Pokoknya mah Cloudflare TOP banget dah. Kemarin sempat juga lihat situs startup teknologi ojek online seperti Gojek ternyata juga pakai CDN Cloudflare.

Namun kekurangan dari Cloudflare adalah saat tertentu website jadi tidak bisa dibuka.

Itulah pengalaman saya ketika pernah pakai Cloudflare untuk menghemat bandwith. Lumayan hemat bandwith hingga 75%. Semoga bermanfaat. Boleh juga ikutan sharing dan membagikan pengalamannya lewat komentar dibawah..



Rp175ribu
Deal

Tingkatkan penjualan offline di toko atau tempat usaha dengan Google Maps. Promo khusus, disini aja cuma 175 Ribu. Harga Normalnya 200 Ribu. Pesan Sekarang!

More Less

Rp150ribu
Deal

Paket iklan murah. Iklan muncul di FB, CUMA SEKALI BAYAR gaiss... Biaya Rp150ribu untuk 3 hari. Jangan ragu, ambil paket iklan murah ini sekarang juga 😉

More Less

Artikel Rekomendasi untuk Kamu

Artikel Rekomendasi:  Ngonoo: Situs blog teknologi sekaligus komunitas blogger
Chat Sekarang!
1
Order Iklan Sekarang? Klik Disini!
Hallo, Saya Mutiara.
Selamat datang di Bertravel Media.
Butuh bantuan, ingin order iklan, ada pertanyaan, konsultasi iklan, ingin buat website, ingin buat landingpage atau yang lainnya.
Klik "Chat Sekarang".