Pertanyaan & Penawaran Harga?

10 Tips Aman Berbelanja Online di Instagram

Jika Bermanfaat Bagikan Sekarang..
Iklan Baris Online Gratis Jualme Indonesia

10 Tips Aman Berbelanja Online di Instagram – Sosial media saat ini banyak dijadikan sebagai tempat untuk berbisnis online. Sosial media begitu cocok untuk berjualan online dikarenakan banyak orang yang menggunakan sosial media, sehingga tidak sulit untuk mendapatkan pembeli. Berbeda lagi jika kita berbisnis menggunakan web sendiri, lumayan sulit untuk mendapatkan pembeli karena jumlah orang yang berkunjung ke web sedikit.

Apalagi bisnis yang skala kecil, berjualan atau berbisnis online di sosial media merupakan pilihan yang tepat, karena tidak perlu banyak-banyak mengeluarkan modal, hanya butuh smartphone, akun sosmed dan barang yang di jual.

Salah satu sosial media yang sering dijadikan tempat untuk berjualan atau berbelanja online adalah sosial media Instagram. Sebenarnya sebelum Instagram, sosial media lain seperti Facebook dan Twitter juga sudah dijadikan tempat untuk berjualan online bagi pebisnis online shop.

Banyaknya orang membuka lapak atau toko online di Instagram membuat orang bertanya-tanya tentang bagaimana cara berbelanja online di Instagram. Sebenarnya cara berbelanja online hampir sama ketika kita berbelanja secara online di Kaskus, OLX atau Berniaga (tapi sekarang sudah tutup).

Seperti yang kita ketahui, berbelanja di Instagram tidak ada jaminan keamanan, sehingga besar peluang untuk tertipu. Belajar dari pengalaman teman-teman yang berbelanja secara online, banyak pengalaman baik buruknya. Pengalaman berbelanja ada yang tertipu, barangnya tidak sesuai dengan gambar, barang palsu, barangnya tidak berkhasiat dan ada pula barangnya yang baik-baik saja, aman dan tidak tertipu.

Artikel Rekomendasi:  Apakah saya bisa request untuk mendapatkan lencana verifikasi akun Instagram?
10 Tips Aman Berbelanja Online di Instagram
Instagram – Foto: Teerawut Masawat / Freepik

Secara umum tata cara berbelanja online hampir sama dengan berbelanja di situs jual beli, diantaranya.

• Langkah pertama yang bisa kita lakukan yaitu mencari produk yang ingin kita cari.

Iklan Baris Online Gratis Jualme Indonesia

• Kedua, bisa menghubungi admin akun Instagram melalui kontak yang tersedia.
Cek ketersediaan barang.

• Jika sudah tersedia, konfirmasi ketersediaan kita untuk membeli dan minta si penjual mengirimkan barang ke alamat kita.

• Setelah itu kirim uang pembayaran kerekening penjual dan kirim konfirmasi pembayaran.

• Tunggu konfirmasi pengiriman dari pihak penjual dan minta nomor resi pengiriman dari penjual.

• Setelah barang dikirim oleh penjual dan mendapatkan nomor resi kirim, tunggu dirumah duduk manis menunggu barang sampai.

• Jika barangnya sudah sampai dirumah kirim konfirmasi bahwa barang sudah diterima.

Secara umum tata cara berbelanja online lebih kurang seperti itu. Agar berbelanja online lebih aman ada beberapa tips agar berbelanja online aman, sebenarnya bukan hanya untuk Instagram saya tapi untuk yang lainnya. Berikut ini ada 10 cara berbelanja online di Instagram yang aman.

Artikel Rekomendasi:  Bagaimana Cara Menambah Lokasi Ketika Upload Foto dan Video di Instagram?

1. Pilih akun Instagram yang memiliki reputasi yang baik. Reputasi akun yang baik bisa terlihat dari jumlah follower, komentar, dan tentunya testimoni.

2. Memiliki nama dan data misalnya nama asli penjual, alamat, nomor kontak serta rekening yang asli. Jika terjadi masalah kita bisa menggunakan data dan bukti yang kita miliki.

3. Tidak membeli barang dengan harga yang terlalu tinggi, karena harga yang tinggi rawan penipuan. Belilah kira-kira jika tertipu kita tidak merasa rugi.

4. Beli barang dengan nominal yang rendah, seperti aksesoris dan lain-lainnya.

5. Jika ingin membeli barang dengan nomimal besar ada baiknya berbelanja di tokonya secara langsung atau tidak membeli online.

6. Jangan mudah percaya dengan penawaran dengan harga yang tidak masuk akal misalnya terlalu rendah sedangkan harga pasarannya tinggi. Bisa jadi barangnya palsu, barang rusak, atau memang sengaja menipu.

7. Bertanya dengan teman atau meminta pendapat dan rekomendasi dari orang terdekat karena teman biasanya akan memberikan saran yang baik.

Artikel Rekomendasi:  3 Cara Membuka Instagram di Komputer PC Menggunakan Aplikasi

8. Selalu waspada penipuan.

9. Gunakan referensi tempat berbelanja online hasil rekomendasi akun yang memiliki kredibelitas tinggi, biasanya rekomendasi dari orang lain.

10. Gunakan insting, jika rasanya kurang meyakinkan lebih baik tidak berbelanja online sama sekali.

Sebenarnya bagi yang pengalaman cara mengenali akun yang terpercaya itu mudah, untuk mengetahui tipsnya bisa membaca artikel tips berbelanja online yang aman di internet dan tips aman berbelanja online di Instagram lengkap. Jika bermanfaat bagikan artikel ini.

Selalu waspada dengan Cybercrime ya, karena pada dasarnya mereka dekat sekali dengan kita.

*)

Iklan Baris Online Gratis Jualme Indonesia
Jika Bermanfaat Bagikan Sekarang..
1
Hallo, Saya Shelly.
Selamat datang di Bertravel Media.
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by