Pertanyaan & Penawaran Harga?

9 Cara Menambah (Memperbanyak) Followers Akun Instagram Online Shop

Jika Bermanfaat Bagikan Sekarang..
Iklan Baris Online Gratis Jualme Indonesia

9 Cara Menambah (Memperbanyak) Followers Akun Instagram Online Shop – Saat ini sosial media yang beredar di internet tidak hanya berfungsi sebagai media untuk berkomunikasi dan menjalin hubungan saja. Sosial media juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk menjalankan bisnis online shop.

Bisnis online shop ini merupakan bisnis yang memperjual belikan produk tertentu melalui sosial media. Online shop bisa dilakukan di sosial media, website, dan media digital lainnya. Akhir-akhir ini sosial media yang sering dijadikan untuk jual beli online adalah Twitter dan Instagram.

Ternyata dengan banyaknya jumlah pengguna di sosial media Instagram banyak yang memanfaatkan momen ini untuk berjualan secara online. Oleh sebab itu memiliki banyak followers menjadi suatu keharusan untuk meningkatkan pendapatan dan omset penjualan online shop.

9 Cara Menambah (Memperbanyak) Followers Akun Instagram Online Shop
Instagram – Foto: Teerawut Masawat / Freepik

9 Cara Menambah (Memperbanyak) Followers Akun Instagram Online Shop

Cara menambah followers Instagram untuk akun bisnis online shop sebenarnya hampir sama dengan cara menambah followers untuk akun personal di Instagram. Hanya saja terdapat sedikit perbedaan untuk penanganan akun bisnis online atau online shop. Berikut ini terdapat 10 cara yang bisa dilakukan untuk menambah (memperbanyak) followers akun Instagram bisnis online shop.

1. Menggunakan Metode Endorsement

Menggunakan metode endorse merupakan metode berbayar yang membutuhkan biaya tertentu. Namun cara ini terbukti bisa mendongkrak jumlah followers dan jumlah penjualan bisnis online shop. Mengendorse seorang artis memang membutuhkan biaya yang lumayan besar untuk membayar artis.

Tapi tidak usah bingung, kita bisa memanfaatkan seorang selebgramuntuk mengendorse bisnis online Instagram. Kalau masih belum sanggup membayar endorse selebgram, manfaatkan akun orang biasa yang memiliki banyak followers. Jangan lupa minta mereka untuk mention atau memasang hashtag ke akun instagram untuk online shop.

Catatan: Endorse bisa berbayar bisa pula gratis, tergantung masing-masing orang yang akan kita endorse. Pengalaman pebisnis online shop lain mereka ada yang produknya di endorse oleh artis sungguhan dan tidak dipungut biaya sepeserkan. Namun ada pula yang berbayar yang jumlahnya bisa belasan hingga puluhan juta.

2. Promosi Akun Lewat Instagram Lainnya

Biasanya di Instagram terdapat akun yang bersedia untuk mempromosikan akun Instagram lain. Promosi ini ada yang gratis ada pula yang berbayar. Kembali lagi kepada kita masing-masing ingin memilih cara yang mana. Akun yang bersedia untuk mempromosikan akun Instagram online shop ini bisa berasal dari akun personal atau akun sesama bisnis online.

Artikel Rekomendasi:  Mindtalk, Sosial media asal Indonesia yang berbasis minat

3. Menggunakan Metode SFS (Shoutout for Shoutout)

Metode promosi lewat SFS ini merupakan salah satu metode yang populer digunakan saat ini untuk menambah followers sekaligus menambah penjualan bisnis online. Cara ini dilakukan oleh sesama pebisnis online untuk saling promosi. Agar lebih mudah berikut ini saya berikan ilustrasi dari SFS.

Misalnya grup SFS terdiri dari 5 orang yaitu A, B, C, D, dan E. Nanti akan kelima orang ini bergiliran untuk saling promosi. Misalnya si A akun Instagramnya dipromosikan oleh si B, C, D, dan E. Nantinya si B juga sama, akun Instagramnya di promosikan oleh si A, C, D dan E. Begitulah seterusnya, ini dilakukan secara bergiliran dan rutin.

Sebelum melakukan SFS kita harus mencari grup SFS agar nantinya kita bisa saling promosi. Untuk mempermudah komunikasi bisa membentuk grup chat di Line, WhatsApp atau BBM. Pilih grup SFS yang baik yang bisa mendukung perkembangan bisnis online di Instagram. Bisa juga mengikuti lebih dari satu grup SFS.

Iklan Baris Online Gratis Jualme Indonesia

4. Utamakan Foto dan Konten dengan Kualitas Terbaik

Mendapatkan banyak followers untuk akun bisnis online memang tak semudah mendapatkan followers seperti akun personal atau akun pribadi. Foto dengan dengan resolusi yang baik menjadi wajib dilakukan untuk menarik perhatian orang. Berhati-hatilah dalam memilih foto karena banyak sekali orang yang asal-asalan dalam mengupload foto yang pada akhirnya merusak reputasi akun bisnis onlinenya.

Buatlah akun bisnis online Instagram tidak terlihat seperti akun untuk berjualan, tapi akun yang tetap terlihat profesional. Untuk mendapatkan gambar yang bagus, tingkat kecerahan dan resolusi yang baik perlu teknik fotografi yang mumpuni. Sebagai referensi bisa melihat akun bisnis online Instagram yang sudah besar, bisa dicari sendiri di Instagram.

Penting:Instagram merupakan sosial media yang menitik beratkan pada tampilan visual, semakin bagus foto akan semakin menarik minat orang untuk memfollow akun bisnis online Instagram. Peralatan yang saya rekomendasi untuk keperluan fotografi Instagram adalah kamera DSLR, tripod, komputer beserta aplikas edit foto, agar lebih simpel lagi gunakan kamera iPhone seri 5 keatas.

Artikel Rekomendasi:  Bagimana Cara agar Akun Instagram dengan Followers Kecil dari 500 Bisa Diendorse?

5. Jangan Ragu untuk Memfollow Akun Instagram Lain

Banyak pebisnis online Instagram yang ragu dan tidak mau memfollow akun Instagram lain. Sebenarnya hal ini tidak perlu dilakukan, tidak apa-apa memfollow duluan. Jika nantinya tidak difolback tinggal unfollow saja.

Cara ini tidak bisa dilakukan sembarangan, agar cara ini efektif kita harus memfollow akun yang memiliki minat (ketertarikan) yang berhubungan dengan produk yang kita jual. Misalnya kita menjual produk untuk kategori perempuan, maka akun yang kita follow adalah akun Instagram yang perempuan, agar nantinya lebih sinkron dan berpeluang untuk di folback.

Rekomendasi: Untuk akun bisnis online sebaiknya gunakan tools untuk menganalisis atau memantau akun Instagram. Tools ini ada yang gratis ada pula yang berbayar. Kadang ada juga tools yang bisa melihat siapa yang folback dan yang memfollow akun Instagram ini. Tools ini biasanya berupa website yang lebih dikenal dengan sebutan Instagram Analytics Tools. Pilih tools yang sesuai dengan kebutuhan kita.

6. Gunakan Hashtag di Foto Secukupnya

Hashtag memang bisa memberikan pengaruh untuk menambah followers, tapi memasang hastag yang berlebihan juga tidak baik karena bisa membuat akun Instagram kita terlihat tidak profesional. Oleh karena itu pasang hashtag untuk membidik kata (keyword) tertentu saja.

7. Selalu Aktif dan Mengupdate Konten Terbaru di Akun Instagram

Percuma memiliki akun bisnis online tapi dibiarkan terlantar tidak diurus. Untuk menambah followers akun bisnis Instagram kita harus rajin-rajin mengupload konten baru di Instagram. Periksa terus persedian stok barang, hapus foto atau beri keterangan sold out jika barangnya sudah habis terjual.

8. Hindari Nyepam (Spam) di Akun Instagram Orang Lain

Berjualan secara online bukan hanya sekadar mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya, tapi juga harus menjaga reputasi bisnis online yang dikelola. Reputasi bisa memberikan pengaruh yang baik terhadap bisnis online karena keberadaan kita tidak mengganggu orang lain.

Artikel Rekomendasi:  Bagaimana caranya agar postingan foto atau video di Instagram direpost oleh selebgram?

Meskipun diluar sana ada banyak orang yang sering berkomentar spam di akun artis, atau akun terkenal lainnya. Kita tidak perlu mengikuti jalan yang sama, gunakan cara-cara yang elegan, elit, beradab dan tidak mengganggu kenyamanan orang lain.

Selain itu mengupdate konten baru setiap harinya di akun Instagram. Konten tersebut bisa berupa foto produk, foto artis endorse, atau foto lainnya yang menunjang bisnis online. Update konten misalnya sehari satu foto, dan pilih dan waktu yang tepat agar fotonya bisa terlihat oleh followers.

9. Gunakan Fitur Iklan di Instagram

Salah satu cara yang elegan untuk mendapatkan followers di Instagram dengan menggunakan fitur iklan di Instagram. Fitur ini memiliki kelebihan, karena promosi bisa menjangkau banyak pengguna Instagram. Fitur iklan di Instagram ditandai dengan kalimat SPONSORED.

Fitur ini efektif untuk mendapatkan followers di Instagram, bahkan banyak digunakan oleh perusahaan dan merek terkenal seperti Tokopedia, Bukalapak, Supercell (dengan game Clash of Clans), WeDank, Levi’s dan banyak lagi.

Kesimpulannya

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperbanyak atau menambah followers akun Instagram untuk online shop, namun dipadatkan lagi menjadi delapan cara. Jika dipecah-pecah dan ditambah lagi sebenarnya masih banyak lagi. Namun kembali lagi kepada cara seseorang menerapkan cara atau tips yang diberikan. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan berguna bagi perkembangan bisnis online di Indonesia. #Bravo

*)

Iklan Baris Online Gratis Jualme Indonesia
Jika Bermanfaat Bagikan Sekarang..
1
Hallo, Saya Shelly.
Selamat datang di Bertravel Media.
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by