Pertanyaan & Penawaran Harga?

7 Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Foto yang Diunggah Upload ke Instagram

Rp115ribu
Deal

Dari Bertravel Media, dapat paket iklan murah. Iklan muncul di FB dan IG sekaligus, CUMA SEKALI BAYAR gaiss... Biaya Rp115ribu untuk 3 hari. Jangan ragu, ambil paket iklan murah ini sekarang juga 😉

More Less

7 Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Foto yang Diunggah Upload ke Instagram – Instagram menjadi aplikasi sekaligus sosial media yang populer dan menurut saya layak untuk dicoba. Sebagai sosial media yang baru populer, Instagram cukup populer digunakan oleh kalangan usia muda. Banyak anak muda yang menggunakan aplikasi sekaligus sosial media Instagram ini.

Di Indonesia pengguna Instagram juga semakin banyak, hal ini ditandai dengan setiap hari selalu ada orang yang mendaftar di Instagram. Instagram semakin populer dengan banyaknya foto yang diunggah ke Instagram bisa dibagikan kesosial media lain seperti Facebook, Twitter, Flickr, Tumblr dan sosial media lain. Sehingga orang-orang disosial media lain bisa mengenal Instagram.

Instagram sebagai sosial media yang fokus sebagai tempat berbagai foto dan video, menjadi populer karena trend memfoto diri sendiri atau selfie berkembang di berbagai belahan dunia. Banyak foto selfie yang akhirnya di unggah kesosial media, dan salah satu pilihan yang sering diambil untuk mengupload foto adalah Instagram. Sebenarnya bukan foto selfie saja yang bisa dibagikan kesosial media Instagram, tapi jenis foto lainnya juga bisa dibagikan di sosial media ini.

Berkat Instagram pula banyak yang menjadi terkenal di Instagram. Orang terkenal di Instagram dikenal dengan sebutan selebgram, tapi sebenarnya bukan selebgram saja yang bisa terkenal, yang mengupload foto tentang kegiatan traveling juga bisa terkenal meski tidak mendapatkan gelar selebgram.

Beberapa waktu yang lalu ada beberapa pertanyaan yang muncul tentang aplikasi edit foto apa yang digunakan oleh selebgram sehingga foto yang dihasilnya menjadi menarik dan bagus. Sebenarnya jika kita melihat lebih jauh, faktor yang menyebabka foto di Instagram menjadi bagus disebabkan oleh banyak faktor.

7 Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Foto yang Diunggah Upload ke Instagram
Instagram – Foto: Teerawut Masawat / Freepik

7 Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Foto yang Upload ke Instagram

Foto yang bagus dan menarik bukan semata disebabkan oleh aplikasi edit foto tapi ada faktor pendukung lainnya. Berikut ini ada beberapa penyebab foto Instagram menjadi bagus dan menarik, diantaranya:

Artikel Rekomendasi:  7 penyebab akun Instagram yang tiba-tiba hilang

1. Kamera yang Berkualitas

Kualitas kamera sangat berpengaruh terhadap hasil gambar yang dihasilkan. Kamera yang berkualitas akan menghasilkan gambar yang bagus. Objek yang seharusnya biasa saja, bisa menjadi bagus karena kamera yang bagus. Gambar yang berkualitas bisa terlihat dari kejernihan gambar. Semakin jernih gambar berarti kamera tersebut masuk dalam ketegori kamera yang berkualitas.

Kualitas kamera tidak dilihat dari harga, meski memang tidak bisa dipungkiri bahwa kamera yang harganya mahal memiliki dan menghasilkan gambar dengan kualitas yang bagus. Untuk yang low budget, saat ini banyak kamera yang bisa menghasilkan gambar yang berkualitas yang bisa dibeli dipasaran seperti kamera jenis DSLR/SLR, kamera pocket, kamera mirrorless, kamera smartphone seperti samsung, Iphone dan jenis smartphone lainnya.

Yang terbaru muncul kamera jenis baru yang sering digunakan oleh orang-orang untuk mengupload foto di Instagram yaitu kamera action. Kamera action merupakan jenis kamera yang banyak digunakan untuk kegiatan adventure, travel, olahraga, dan untuk kegiatan outdoor lainnya.

Keunikan kamera action adalah tahan air, tahan bantingan, simple, dan memiliki ciri khas efek lengkung. Brand atau merek kamera action yang saat ini terkenal diantara GoPro, SJ CAM, Yi Xiaomi dan lain-lain.

Rp497ribu
Deal

Dari Levidio, untuk konten promosi bisnismu di FB, IG, WA, dll. Dapatkan template dengan 5.400++ desain promosi siap pakai. Tinggal edit pakai PowerPoint. Tersedia Panduan Lengkap. BELI SEKARANG juga, sebelum kompetitor mendahuluimu.. 😉

More Less

Iklan Baris Online Gratis Jualme Indonesia

2. Teknik Pengambilan Gambar

Teknik pengambilan gambar menjadi andalan para fotorgrafer dalam menghasilkan gambar yang berkualitas. Ketika kita mengambil gambar untuk diunggah ke Instagram berarti kita harus memahami dan harus mengetahui teknik pengambilan gambar atau objek.

Mengambil gambar untuk diupload ke instagram yang berbentuk polaroid (persegi), berbeda dengan mengambil gambar berbentuk landscape (persegi panjang). Sehingga butuh keahlian agar gambar yang rekam bisa menghasilkan gambar yang sempurna dan cocok untuk diunggah ke Instagram.

Pemilihan posisi untuk mengambil gambar pemandangan dan mengambil gambar orang juga memiliki teknik yang berbeda. Sehingga perlu juga dipelajari bagaimana teknik mengambil gambar orang, dan teknik mengambil gambar pemandangan. Sebenarnya yang menjadi objek foto bukan hanya orang dan pemandangan saja, ada banyak objek foto lain.

Artikel Rekomendasi:  7 Langkah Mudah Untuk Menyalurkan Kreativitas Lewat Youtube

Sehingga kita membutuhkan pengetahuan dasar untuk mendapatkan hasil gambar yang bagus sehingga bisa diunggah ke Instagram. Sebagai tambahan, teknik cropping atau memotong gambar juga dibutuhkan keahlian agar tidak salah potong.

3. Pemilihan Moment yang Tepat

Mendapatkan momen yang tepat merupakan suatu keberuntungan bagi seorang fotografer, karena tidak banyak fotografer yang mendapatkan momen yang bagus. Tapi ada banyak momen yang bisa kita manfaatkan, tergantung bagaimana kita memanfaatkan moment yang ada. Sangat disayangkan jika momen yang bagus tapi tidak dimanfaatkan.

Moment itu beragam dan bermacam-macam, ada momen yang lucu, mengharukan, gembira, tragis, indah, romantis dan banyak lagi moment lainnya. Kembali lagi kekitanya ingin merekam momen yang seperti apa.

4. Pencahayaan Ketika Merekam Gambar

Pemilihan pencahayaan akan mempengaruhi kualitas gambar yang hasilkan. Cahaya terang, redup dan gelap akan mempengaruhi kualitas gambar.

Ada foto dengan pencahayaan yang terang akan menghasilkan gambar yang bagus, tapi ada pula pencahayaan yang redup juga bisa menghasilkan gambar yang bagus. Dan menurut saya jika anda seorang fotografer yang sudah pro, saya yakin anda lebih mengerti akan hal ini.

5. Memilih Objek yang Menarik

Objek ini juga mempengaruhi gambar yang dihasilkan. Cewek cantik bisa dikatakan sebagai objek yang bagus difoto. Dan cewek cantik itu seperti apapun gayanya akan terlihat cantik. Hehe.. Objek foto ini bahasa simpelnya adalah sesuatu yang kita foto entah itu foto, pemandangan, benda, atau lain-lainnya.

6. Angle atau Sudut Pengambilan Gambar

Percaya atau tidak, sudut pengambilan gambar dalam fotografi itu penting. Penerapan angle diterapkan oleh wanita yang suka selfie. Dengan memilih sudut yang tepat seorang wanita bisa membuat bentuk tubuhnya menjadi lebih ramping, wajahnya juga bisa terlihat lebh tirus. Namun itu hanya contoh sederhana saja.

Untuk angle dalam fotografi yang dilakukan oleh fotografer biasanya lebih memilih angle yang berbeda dibandingkan orang pada umumnya. Biasanya orang mengambil gambar hanya dari bagian depan saja, tapi seorang fotografer yang baik akan mengambil gambar dari sudut yang berbeda (bisa atas, bisa kiri ataupun kanan).

7. Mengedit Foto yang akan di Upload

Tahukan kamu bahwa foto yang terlihat bagus sudah melalui proses editing. Tujuan editing ini memiliki tujuan yang berbeda. Ada yang bertujuan untuk mengubah warna, pencahayaan, ukuran foto, kecerahan, dan lain-lain sebagainya.

Artikel Rekomendasi:  SEO vs Viral: Tinggal Bikin Konten Viral Apakah SEO Masih Penting

Salah satu aplikasi edit foto yang menjadi andalan fotografer adalah Adobe Photoshop. Namun banyak juga fotografer yang memposting foto tanpa mengeditnya terlebih dahulu.

Kesimpulan

Sebenarnya ini bersifat teori saja untuk prakteknya nantinya masing-masing akan berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Ini hanya tips dasar fotografi yang umum digunakan, untuk tips dan pengetahuan yang lebih mendalam bisa dipelajari di ilmu fotografi. Fotografer Pro sudah pasti tau tentang hal ini.

Fotografer yang sudah Pro jika memotret objek yang biasa-biasa saja bisa menjadi bagus dan menarik. Kunci keberhasilan fotografer untuk mendapatkan foto yang bagus caranya dengan banyak berlatih.

*)

Rp497ribu
Deal

Dari Levidio, untuk konten promosi bisnismu di FB, IG, WA, dll. Dapatkan template dengan 5.400++ desain promosi siap pakai. Tinggal edit pakai PowerPoint. Tersedia Panduan Lengkap. BELI SEKARANG juga, sebelum kompetitor mendahuluimu.. 😉

More Less

Rp447ribu
Deal

Dari Levidio, dapatkan akses ke 250+ template desain video undangan digital untuk pernikahan dan event. Bisa digunakan untuk membuka jasa pembuatan video undangan pernikahan dan event hanya dengan Powerpoint. Dapatkan penghasilan hingga puluhan juta. BELI SEKARANG JUGA, rasakan manfaatnya. 😉

More Less
Chat Sekarang!
1
Order Iklan Sekarang? Klik Disini!
Hallo, Saya Mutiara.
Selamat datang di Bertravel Media.
Butuh bantuan, ingin order iklan, ada pertanyaan, konsultasi iklan, ingin buat website, ingin buat landingpage atau yang lainnya.
Klik "Chat Sekarang".